Windows Security Tidak Bisa Dibuka di Windows 11

Windows Security merupakan fitur keamanan di sistem operasi Windows 11 yang berperan sebagai antivirus untuk melindungi komputer Anda dari virus, malware, ransomware, dan program-program berbahaya lainnya yang dapat merusak sistem dan merugikan pengguna. Bahkan bisa dikatakan jika Windows Security termasuk salah satu antivirus terbaik untuk Windows 11 dengan syarat selalu update untuk mendapatkan database virus terbaru.

Pada umumnya pengguna hanya mengandalkan Windows Security tanpa antivirus tambahan lain di komputer mereka, dan memang antivirus buatan Microsoft ini cukup bagus untuk mencegahnya masuknya virus ke komputer. Selain itu, Windows Security juga tidak akan memunculkan notifikasi pop up yang terus menerus menawarkan untuk melakukan upgrade ke versi pro karena program ini sepenuhnya gratis.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada pengguna adalah Windows Security yang tidak bisa dibuka, akibatnya kita tidak bisa melakukan perubahan pengaturan yang diperlukan. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan tips bagaimana cara mengatasi Windows Security tidak bisa dibuka di Windows 11 yang bisa Anda coba.

1. Update Windows 11

Coba periksa kembali, apakah kondisi Windows 11 Anda saat ini dalam kondisi update tau tidak. Jika sudah beberapa versi Update Anda lewati maka ini bisa menjadi sumber berbagai masalah. Seperti yang kita tahu, Windows 11 merupakan sistem operasi baru yang masih terus ditingkatkan. Masalah seperti Windows Security yang tidak bisa dibuka bisa disebabkan karena bug yang bisa diperbaiki dengan cara melakukan udpate.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan komputer terhubung ke internet
  2. Klik tombol Start lalu klik Settings (icon gear)
  3. Pilih menu Update & Security
  4. Pada jendela sebelah kanan klik tombol Check for updates / Download
  5. Tunggu hingga proses update selesai
mengatasi windows security tidak bisa dibuka 2

2. Hapus atau matikan antivirus pihak ketiga

Windows Security merupakan antivirus bawaan yang akan terpasang secara otomatis pada setiap perangkat yang menginstall Windows 11. Beberapa pengguna mungkin merasa perlu menambahkan antivirus pihak ketiga lain untuk meningkatkan keamanan sistem mereka.

Namun antivirus pihak ketiga ini terutama yang punya fitur-fitur “nakal” terkadang malah menyebabkan masalah di komputer kita, termasuk menyebabkan Windows Security tidak bisa dibuka. Oleh karena itu mematikan sementara antivirus pihak ketiga ini dan melihat apakah ada pengarunya merupakan langkah yang perlu Anda coba.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Settings dengan cara menekan tombol Windows+i pada keyboard
  2. Pilih menu Apps & features
  3. Temukan antivirus pihak ketiga yang Anda pasang
  4. Klik tombol menu titik tiga
  5. Pilih Uninstall

Langkah di atas akan menghapus aplikasi antivirus, namun jika yang Anda inginkan adalah hanya mematikan (disable) saja maka bisa dilakukan langsung dari dashboard antivirus.

Setelah disable atau uninstall antivirus, restart dulu komputer Anda. Setelah itu coba lagi buka Windows Security, apakah sudah bisa? Jika belum lanjutkan ke langkah selanjutnya.

3. Reset Windows Security

Berbeda dengan versi sebelumnya, di Windows 11 sudah terdapat fitur untuk mereset Windows Security. Saat mengalami masalah Windows Security tidak bisa dibuka atau hal lain yang berhubungan maka melakukan reset adalah solusi yang bisa Anda coba. Ini akan memperbaiki kesalahan pengaturan dan mengembalikan kondisi Windows Security seperti semula.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Menu Settings dengan cara menekan tombol Windows+i pada keyboard
  2. Pilih menu Apps
  3. Pilih Apps & features
  4. Pada kolom pencarian ketik: windows security
  5. Klik pada tombol titik tiga untuk memunculkan menu
  6. Pilih Advanced options
    Pada jendela sebelah kanan temukan menu Reset
  7. Klik pada tombol Reset
mengatasi windows security tidak bisa dibuka 3

Tunggu hingga proses reset selesai, setelah itu restart komputer Anda. Setelah menyala kembali coba buka lagi Windows Security dengan cara masuk ke Settings > Update & Security > Windows Security. Seharusnya sekarang sudah berfungsi dengan normal kembali.

4. Perbaiki file sistem yang rusak

Kerusakan file sistem seringkali terjadi tanpa disadari pengguna, ini merupakan sumber penyebab berbagai masalah pada komputer Anda termasuk Windows Security yang tidak bisa dibuka. Untuk mengatasinya kita bisa memanfaatkan fitur System File Checker yang ada di Windows 11. Program ini akan mendeteksi masalah dan memperbaikinya secara otomatis bila memungkinkan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Command Prompt dengan akses administrator
  2. Ketik perintah: sfc /scannow
  3. Tekan Enter
  4. Tunggu hingga proses scan selesai 100%
  5. Keterangan error dan perbaikannya akan terlihat pada CMD
System file checker SFC 1

5. Restore image dengan DISM

DISM adalah singkatan dari Deployment Image Servicing and Management yang merupakan sebuah fitur untuk melakukan restore image sistem operasi Windows. Apabila masalah ini terjadi karena kerusakan image maka fitur ini akan bisa memperbaikinya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tekan tombol Windows+X pada keyboard
  2. Pilih Windows PowerShell (Admin)
  3. Pada program PowerShell ketik atau copas perintah:
    DISM /Online /Cleanup-Image /CheckHealth
  4. Tunggu hingga proses selesai
  5. Lihat keterangan yang muncul, apabila terdeteksi error copas lagi perintah berikut:
    DISM /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
    DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth
DISM Tool

6. Reset PC

Sampai di sini namun masalah masih tetap tidak bisa diperbaiki? Jika demikian, maka tersisa satu lagi solusi yang bisa kita lakukan tanpa harus melakukan install ulang yaitu dengan Reset PC. Melakukan reset akan memperbaiki semua error pada komputer dan mengembalikan Windows 11 seperti layaknya baru melakukan install ulang. Bedanya kita punya opsi untuk tetap menjaga agar data-data tidak terhapus.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Windows Settings
  2. Pilih menu Update & Security
  3. Pada tab sebelah kiri klik menu Recovery
  4. Pada jendela sebelah kanan di bagian Reset this PC klik tombol Get started
  5. Pilih menu Keep my files agar data-data tidak terhapus
  6. Pilih Local reinstall
  7. Klik tombol Next
  8. Klik tombol Reset
  9. Tunggu hingga proses selesai
Reset PC

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk mengatasi Windows Security tidak bisa dibuka di Windows 11, semoga bisa membantu. Jika masalah Anda masih belum teratasi dan ada yang ingin ditanyakan silakan tuliskan di kolom komentar yang sudah kami sediakan.

Leave a Comment