Mengatasi Windows 10 Tidak Bisa Buka Foto

Secara default file foto di Windows 10 akan dibuka dengan aplikasi Microsoft Photos yang merupakan aplikasi bawaan pada sistem operasi ini. Meskipun tampilannya terlihat lebih modern, namun aplikasi ini sering mengalami masalah sehingga menyebabkan foto tidak bisa dibuka di Windows 10 (JPG, PNG, GIF, WebP).

Jika Anda adalah salah satu pengguna yang sedang mengalami masalah ini, jangan panik. Pada postingan kali ini kami akan berikan beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi Windows 10 tidak bisa buka foto.

1. Repair atau Reset aplikasi Microsoft Photos

Pertama Anda bisa mencoba melakukan repair dan reset aplikasi Photos yang ada di Windows 10. Untuk melakukannya sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik tombol Start > pilih Settings

2. Pilih menu Apps

windows 10 tidak bisa buka foto 1

3. Pada panel aplikasi di sebelah kanan temukan aplikasi yang bernama Microsoft Photos

4. Klik satu kali pada aplikasi tersebut > lalu pilih menu Advanced options

windows 10 tidak bisa buka foto 2

5. Klik tombol Repair untuk mencoba melakuakn perbaikan

6. Klik tombol Reset untuk melakukan reset aplikasi

windows 10 tidak bisa buka foto 3

7. Setelah selesai Restart komputer Anda

Setelah melakukan langkah di atas, coba lagi Anda buka beberapa file foto yang ada di laptop dan lihat apakah sudah bisa terbuka dengan normal seperti biasa. Jika belum lanjutkan ke langkah selanjutnya di bawah ini.

2. Gunakan Windows Photo Viewer sebagai aplikasi pembuka foto

Bagi Anda yang dulu menggunakan Windows 7 selama bertahun-tahun, pasti sudah merasa sangat nyaman dengan aplikasi Windows Photo Viewer yang merupakan aplikasi pembuka foto bawaan pada sistem operasi tersebut.

Memang aplikasi Windows Photo Viewer jauh lebih ringan dengan navigasi yang simpel dan mudah digunakan. Sayangnya di Windows 10 aplikasi ini tidak aktif, agar bisa menggunakannya kita harus memanipulasi system registry terlebih dahulu.

Apabila Windows 10 Anda mengalami masalah tidak bisa buka foto, atau aplikasi Microsoft Photo bermasalah maka salah satu solusinya adalah mengaktifkan kembali Windows Photo Viewer dan menggunakannya sebagai aplikasi pembuka foto default.

Berikut ini caranya:

Cara mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10

3. Reinstall aplikasi Microsoft Photos

Apabila Anda lebih suka menggunakan aplikasi Microsoft Photos daripada Windows Photo Viewer maka masih ada satu lagi cara untuk memperbaikinya selain repair dan reset yaitu dengan cara install ulang aplikasi tersebut.

Untuk melakukan ini kita harus mengakses Windows Power Shell dan memasukkan baris perintah untuk melakukan install ulang aplikasi.

Ikuti langkah-langkan berikut ini:

1. Klik Search bar atau tombol Windows kemudian ketik: Power Shell

2. Pada menu yang muncul pilih Run as administrator

windows 10 tidak bisa buka foto 4

3. Setelah program Windows Power Shell terbuka copy-paste kode berikut ini:

get-appxpackage *Microsoft.Windows.Photos* | remove-appxpackage

4. Tekan Enter

5. Program Microsoft Photos akan terhapus, selanjutnya buka aplikasi Windows Store kemudian download ulang aplikasi Microsoft Photos.

4. Gunakan aplikasi Photo Viewer pihak ketiga

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menggunakan aplikasi pembuka foto tambahan. Saat ini tersedia beberapa aplikasi yang bisa dipakai secara gratis, kami sudah merangkum beberapa aplikasi pilihan yang cukup bagus, Anda bisa melihatnya di sini:

7+ Aplikasi pembuka foto terbaik di Windows 10

Menggunakan aplikasi tambahan akan memberikan Anda beberapa fitur ekstra yang tidak ada pada aplikasi bawaan. Selain itu aplikasi yang kami rekomendasikan di atas juga cukup ringan dan bisa berjalan dengan baik di Windows 10. Silakan Anda coba mana yang paling cocok.

Demikian tutorial singkat cara mengatasi Windows 10 yang tidak bisa membuka foto. Semoga bisa membantu, jika masih menemukan kesulitan jangan sungkan untuk berkomentar di bawah.

Leave a Comment