Cara Menggunakan WhatsApp di PC Tanpa Hp

Menggunakan WhatsApp di PC tanpa HP bisa dilakukan dengan mudah baik di sistem operasi Windows 10 / 8 / 7 maupun macOS. Kita bisa memanfaatkan aplikasi emulator untuk menjalankan sistem operasi Android sehingga PC atau laptop yang digunakan dapat berfungsi layaknya perangkat smartphone.

Berbeda dengan menggunakan WhatsApp pada aplikasi WhatsApp Web atau WhatsApp Desktop yang memerlukan HP aktif, saat menggunakan emulator, WhatsApp tetap bisa berjalan meskipun tidak ada HP yang aktif. Bisa dibilang WhatsApp yang ada pada emulator bisa berdiri sendiri dan bisa digunakan kapan saja selama ada koneksi internet di komputer Anda.

Cara menggunakan WhatsApp di PC tanpa HP

1. Install aplikasi emulator di komputer

Pertama Anda harus menginstall aplikasi emulator terlebih dahulu di komputer Anda. Saat ini ada beberapa aplikasi yang cukup bagus dan bisa digunakan secara gratis, untuk yang pertama ini kita akan menggunakan emulator yang bernama NOX.

Silakan download aplikasinya dari sini: https://www.bignox.com/

Setelah itu install seperti biasa ke PC atau laptop Anda, kemudian jalankan aplikasinya.

2. Buka Playstore kemudian login dengan akun Google Anda

Pada emulator NOX sudah terinstall aplikasi Playstore, silakan Anda buka aplikasinya kemudian login menggunakan akun Google (Gmail) milik Anda.

cara membuka whatsapp di pc tanpa hp 1

3. Install aplikasi WA

Setelah berhasil login di Playstore selanjutnya Anda bisa menginstall aplikasi WhatsApp ke emulator. Silakan gunakan kolom pencarian untuk menemukan aplikasi WhatsApp setelah itu tekan tombol Install untuk memasangnya.

cara membuka whatsapp di pc tanpa hp 2

4. Buka WhatsApp dan login dengan nomor HP

Pada saat proses install sudah selesai maka icon app WhatsApp akan muncul di layar utama emualtor.

cara membuka whatsapp di pc tanpa hp 3

Buka aplikasi WhatsApp tersebut kemudian login menggunakan nomor HP yang ingin Anda gunakan.

cara membuka whatsapp di pc tanpa hp 4

Pada saat proses login ini pastikan nomor HP dalam keadaan aktif karena nanti akan diperlukan untuk menerima kode verifikasi via SMS.

5. WhatsApp siap digunakan

Setelah berhasil login maka WhatsApp di PC atau laptop Anda sudah siap digunakan. Aplikasi WhatsApp hanya bisa diakses dari emulator, jadi setiap kali ingin membukanya maka Anda harus membuka aplikasi emulator terlebih dahulu.

Dengan menggunakan cara ini ada beberapa kelebihan yang akan Anda dapatkan bila dibandingkan dengan menggunakan WhatsApp Web, di antaranya:

  • Tidak perlu login berulang kali. Selama Anda tidak melakukan logout pada WhatsApp di emulator maka untuk WhatsApp akan tetap bisa dibuka kapan saja.
  • Tidak memerlukan adanya HP aktif. Anda tetap bisa menggunakan WhatsApp di PC dan laptop tanpa HP sama sekali. Tidak seperti WhatsApp Web yang mengharuskan adanya HP aktif yang terhubung dengan WhatsApp
  • Semua fitur yang ada pada WhatsApp emulator sama persis dengan WhatsApp yang ada di HP.
  • Bisa membuka banyak akun WA sekaligus

Untuk bisa menggunakan NOX berikut ini spesifikasi minimal yang harus dipenuhi:

  • CPU: 2,2GHz
  • GPU: 1GB
  • RAM: 2GB
  • OS: Windows 10/7/8.1/8/XP/Mac

Cara alternatif ke-2

Selain menggunakan NOX masih terdapat beberapa pilihan emulator yang bisa Anda gunakan untuk membuka WhatsApp di laptop tanpa HP. Pada cara yang kedua ini kita akan menggunakan emulator MEmu Player.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Download dan install aplikasi MEmu Player ke komputer Anda. Aplikasinya bisa didownload dari sini: https://www.memuplay.com/download.html

2. Setelah aplikasi selesai diinstall, jalankan dengan cara klik dua kali pada icon MeMu yang ada di desktop.

3. Pada halaman utama aplikasi MEmu akan ada beberapa aplikasi dasar yang sudah terinstall, termasuk PlayStore. Buka aplikasi PlayStore kemudian login menggunakan akun Google (Gmail) Anda.

4. Pada aplikasi Playstore gunakan fitur search untuk menemukan aplikasi WhatsApp setelah itu klik tombol Install untuk memasangnya ke emulator MEmu.

5. Setelah aplikasi WhatsApp selesai diinstall tap satu kali icon WhatsApp pada layar MEmu untu membukanya kemudian login menggunakan nomor HP yang ingin digunakan.

Membuka WhatsApp di PC tanpa HP menggunakan emulator MEmu juga sama dengan metode pertama yang sudah di bahas di awal tadi, kita hanya perlu mengaktifkan nomor satu kali pada saat proses login. Setelah berhasil login maka WhatsApp akan bisa digunakan meskipun nomor atau HP sedang dalam keadaan tidak aktif.

Untuk bisa menggunakan MEmu berikut ini spesifikasi PC yang harus dipenuhi:

  • CPU: 2 cores x86/x86_64 Processor (Intel or AMD CPU)
  • GPU: Windows DirectX 11 / Graphics driver with OpenGL 2.0
  • RAM: 2GB of RAM (4GB for x64 system)
  • STORAGE: 5GB
  • OS: WinXP SP3 / Win7 / Win8 / Win10

Cara altenatif ke-3

Cara menggunakan WhatsApp di PC tanpa HP yang selanjutnya adalah menggunakan emulator BlueStacks. Emulator ini punya beberapa kelebihan di antaranya fiturnya yang lebih lengkap dan tampilannya yang lebih modern, namun BlueStacks memerlukan spesifikasi komputer yang lebih tinggi.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Download dan install aplikasi emulator BlueStacks ke komputer Anda. Silakan download dari sini: https://www.bluestacks.com/download.html

2. Setelah aplikasi selesai diinstall jalankan emulator dengan cara klik dua kali pada icon yang ada di desktop. Pastikan pada saat menjalankannya komputer Anda tetap terhubung dengan internet.

3. Pada emulator sudah terinstall aplikasi Playstore yang siap digunakan. Buka aplikasi Playstore tersebut kemudian login menggunakan akun Gmail Anda.

4. Install aplikasi WhatsApp dari Playstore, gunakan fitur pencarian untuk menemukan aplikasi WhatsApp setelah itu klik tombol Install dan tunggu hingga prosesnya selesai.

5. Keluar dari aplikasi Playstore kemudian buka aplikasi WhatsApp yang baru saja diinstall ke emulator. Kemudian login meggunakan nomor HP yang Anda inginkan.

Sama seperti metode-metode sebelumnya, pada proses login, nomor HP yang digunakan harus dalam keadaan aktif dan bisa menerima SMS. Setelah proses login berhasil maka nomor HP bisa dilepas kembali dan WhatsApp di BlueStacks tetap bisa digunakan meskipun tanpa HP sama sekali.

Kelebihan menggunakan cara ini:

  • Bisa menggunakan WhatsApp di laptop dan PC tanpa harus ada HP yang aktif
  • Nomor yang sudah digunakan bisa disimpan tanpa harus diaktifkan
  • Tidak perlu login berulang kali karena WhatsApp pada emulator tidak akan logout kecuali Anda melakukan logout
  • Emulator BlueStacks memiliki fitur yang lebih lengkap

Spesifikasi komputer yang dibutuhkan:

  • CPU: Dual Core, Intel atau AMD
  • GPU: Intel HD, Nvidia, AMD
  • RAM: 4GB
  • STORAGE: minimal 5GB
  • OS: Windows 10 / 8 / 7 / macOS

Itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuka WhatsApp di PC dan laptop tanpa HP. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

Leave a Comment