Cara Mengganti Wallpaper Desktop & Lock Screen Windows 10

Menggunakan wallpaper desktop dengan gambar yang enak dipandang bisa memberikan kesenangan tersendiri saat sedang bekerja. Di Windows 10 Anda bisa mengganti wallpaper dengan foto-foto pemandangan alam, foto yang diambil sendiri, gambar dari internet, dan gambar apa saja yang Anda sukai.

Wallpaper pada dasarnya adalah background pada tampilan paling depan Windows 10 (desktop) dan pada halaman login (lock screen). Wallpaper desktop dan lock screen bisa diganti dengan foto-foto Anda sendiri, atau menggunakan layanan wallpaper dari Microsoft untuk menggantinya secara otomatis. Selain menggunakan gambar dan foto, Anda juga bisa menggunakan tema bergerak (live wallpaper) atau warna polos (solid color) jika lebih menyukainya.

Cara mengganti wallpaper Windows 10

1. Klik tombol Windows lalu pilih Settings

2. Pilih menu Personalization

cara mengganti wallpaper dan background lock screen 1

3. Pada menu Background pilih Picture

4. Pada opsi Choose your picture klik tombol Browse

cara mengganti wallpaper dan background lock screen 2

5. Pilih foto atau gambar yang ingin Anda jadikan background

6. Klik tombol Choose picture

Mengatur agar wallpaper terlihat pas dengan ukuran layar

Wallaper yang Anda dapat dari internet tau foto-foto yang diambil dengan kamera akan memiliki resolusi yang sangat beragam.

Saat Anda menggunakannya sebagai background desktop di Windows 10 maka tampilannya mungkin akan terpotong atau melebar.

Untuk membuat agar wallpaper terlihat pas dengan ukuran monitor pada PC dan laptop Anda maka gambar yang akan dijadikan wallpaper sebaiknya diubah dulu resolusinya mengikuti resolusi monitor.

Anda bisa menggunakan aplikasi editor foto untuk mengubah resolusi wallpaper menjadi pas dengan resolusi monitor.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Temukan resolusi layar komputer Anda

Cara paling mudah adalah dengan klik kanan pada area kosong di desktop lalu pilih menu Display Settings. Pada menu Display resolution klik menu dropdown untuk melihat daftar resolusi yang ada, resolusi dengan label Recommended adalah resolusi yang pas untuk layar Anda.

cara mengganti wallpaper dan background lock screen 3

2. Buka aplikasi PhotoScape X

Setelah mengetahui berapa resolusi yang sesuai untuk layar komputer Anda, selanjutnya buka aplikasi editor foto PhotoScape X. Jika belum punya download dan install dulu aplikasinya.

3. Ubah ukuran resolusi wallpaper sesuai layar

Selanjutnya ubah resolusi gambar atau foto yang akan dijadikan wallpaper, langkah-langkahnya bisa lihat di sini: Cara mengubah resolusi foto

4. Simpan hasilnya di komputer

Setelah selesai simpan hasil foto yang sudah disesuaikan dengan ukuran layar, ulangi langkah ini untuk mengubah foto-foto lainnya. Jika tidak ingin mengubahnya satu per satu maka bisa gunakan trik ini untuk mengubahnya sekaligus: Cara resize foto sekaligus banyak

5. Gunakan foto yang sudah diedit sebagai wallpaper

Terakhir Anda tinggal menggunakan hasil editan sebagai wallpaper desktop atau lockscreen. Caranya masuk ke Settings > Personalization > Background > pilih foto hasil edit > pada bagian Choose a fit pilih Fill.

cara mengganti wallpaper dan background lock screen 4

Cara mengganti wallpaper lockscreen Windows 10

Lock screen adalah halaman login di Windows 10. Ketika Anda baru saja menghidupkan laptop dan diminta untuk memasukkan password, itu adalah halaman lock screen.

Untuk mengganti background pada lock screen ada tiga opsi yang tersedia, bisa menggunakan Windows spotlight, menggunakan gambar atau foto sendiri, dan terakhir menggunakan solid color.

Berikut ini adalah cara mengganti wallpaper lock screen Windows 10:

Windows spotlight adalah fitur yang akan mengganti background pada lock screen secara otomatis setiap hari. Ketika laptop terhubung dengan internet maka Windows spotlight akan mengunduh gambar dari Bing Wallpaper dan mengaturnya sebagai background lock screen. Proses ini berlangsung secara otomatis, setiap hari Anda akan melihat sebuah foto baru tanpa harus menggantinya secara manual.

1. Klik tombol Windows lalu pilih Settings

2. Pilih menu Personalization

3. Klik pada tab Lock screen

4. Pada menu Background pilih Windows Spotlight

cara mengganti wallpaper dan background lock screen 5

5. Pilih Picture jika ingin mengganti wallpaper dengan foto sendiri

6. Pilih Slideshow jika ingin mengganti wallpaper lock screen dengan beberapa gambar

Mengganti wallpaper secara otomatis dengan Bing Wallpaper

Microsoft telah meluncurkan sebuah aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengganti wallpaper secara otomatis dengan foto-foto yang sangat bagus. Aplikasi tersebut bernama Bing Wallpaper.

Anda wajib mencobanya karena foto-foto yang diberikan merupakan karya fotografer kelas dunia dengan tema yang beragam mulai dari pemandangan alam, foto-foto hewan liar, hingga landmark di tempat-tempat terkenal di dunia.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Download dan install aplikasi Bing Wallpaper dari sini

2. Setelah diinstall klik icon aplikasi Bing Wallpaper di tray icon area

3. Klik Change Wallpaper untuk mengganti wallpaper

4. Aktifkan Enable daily refresh untuk mengganti wallpaper secara otomatis setiap hari

cara mengganti wallpaper dan background lock screen 6

Mengganti background dengan foto melalui explorer

Mengganti background desktop juga bisa dilakukan langsung dari file explorer. Ketika Anda punya file foto yang sangat banyak mungkin akan sulit untuk memilihnya dari menu Settings seperti cara petama tadi.

Untuk itu Anda bisa menggunakannya langsung sebagai wallpaper, caranya:

  1. Pergi ke folder tempat foto berada
  2. Klik kanan pada foto
  3. Pilih Set as desktop background
  4. Cek tampilannya pada desktop
  5. Ulangi langkah di atas jika ingin mengganti background dengan foto lain

Mengganti wallpaper pada semua perangkat Anda

Jika Anda memiliki beberapa komputer dengan sistem operasi Windows 10 maka Anda bisa mengganti wallpaper pada semua perangkat tersebut sekaligus. Syaratnya setiap komputer harus terhubung dengan satu akun Microsoft yang sama.

Saat semua komputer tersebut sudah terhubung dengan satu akun Microsoft yang sama, maka untuk menyamakan wallpaper desktop pada tiap perangkat bisa dilakukan dengan mengaktifkan fitur sync.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik tombol Windows lalu pilih Settings

2. Pilih menu Accounts

3. Klik tab Sync your settings pada panel sebelah kiri

4. Klik Sync settings hingga menjadi ON

5. Pada bagian Individual sync settings klik Theme menjadi ON

Setelah fitur sync dihidupkan dan Anda mengganti wallpaper pada satu komputer maka komputer lain juga akan ikut terganti dengan wallpaper yang sama secara otomatis. Hal ini juga berlaku untuk perubahan tampilan lain seperti warna taskbar, border, hingga warna jendela aplikasi.

Leave a Comment