5+ VGA Cooler Terbaik untuk PC Gaming

VGA Cooler adalah sistem pendinginan yang digunakan pada GPU (Graphics Processing Unit) dengan menggunakan ventilator yang biasanya diletakan di atas VGA. Tujuan utama dari penggunaan VGA cooler adalah untuk mencegah overhat atau panas berlebihan yang berpotensi menyebabkan kerusakan.

VGA cooler biasanya terdiri dari beberapa fan yang berputar, berfungsi sebagai pendingin (cooler) dan heat sink sebagai penyimpan panas. Apabila Anda sedang mencari VGA cooler untuk PC gaming, berikut ini kami berikan beberapa rekomendasi yang bisa jadi pertimbangan Anda.

VGA Cooler Terbaik untuk PC Gaming

1. Arctic Accelero Xtreme III

Arctic Accelero Xtreme III

Arctic Accelero Xtreme III dilengkapi dengan 200mm fan dan dapat membuat VGA anda lebih stabil dan tidak panas. Selain itu, produk ini juga didesain agar tidak menimbulkan bising ketika digunakan untuk bermain game berat. Selain itu, material yang digunakan untuk membuat heatpipe juga sudah terbuat dari besi tembaga murni (copper).

2. MSI Torx Fan 2.0

MSI Torx Fan 2.0

MSI adalah brand yang sudah tidak diragukan lagi untuk urusan pc gaming. Banyak produk yang dikeluarkan oleh MSI dan semuanya sukses di pasaran. Salah satunya adalah vga cooler MSI Torx Fan 2.0 yang kali ini akan kita bahas.

MSI Torx Fan 2.0 mempunyai bentuk yang unik, sehingga sangat cocok untuk kalian yang mengedepankan penampilan dan performa.

Ukuran panjang vga cooler ini adalah 11 inci dan lebar 4 inci. MSI Torx Fan 2.0 memiliki dua buah fan yaitu Twin Frozr VI Thermal Design dengan ukuran fan yang besar, dan vga cooler ini juga dilengkapi dengan 3 buah LED yaitu LED merah, hijau dan biru.

Kinerja dari MSI Torx Fan 2.0 ini sangat handal karena untuk menghasilkan pendinginan yang optimal, pada bagian kipasnya memakai teknologi Airflow Control Technology (ACT) dan Zero Frozr Technology agar sistem pendingin berjalan secara maksimal.

3. Corsair Hydro Series H55

Corsair Hydro Series H55

Corsair Hydro Series H55 adalah salah satu rekomendasi vga cooler untuk PC gaming yang bisa kamu coba. Selain performanya baik, harganya pun terbilang murah.

Corsair Hydro Series H55 adalah water cooler yang paling ideal untuk PC gaming. Corsair Hydro Series H55 memiliki radiator dengan ukuran yang sangat kecil sehingga mudah ditempatkan di dalam casing PC gaming. Selain itu, Corsair Hydro Series H55 juga dilengkapi dengan fan PWM 120mm yang dapat bekerja secara otomatis menyesuaikan suhu prosesor.

4. Raijintek Morpheus II Core Edition

Raijintek Morpheus II Core Edition

Raijintek baru saja merilis produk VGA cooler terbarunya yang bernama Morpheus Core II Edition. Produk ini dibanderol dengan harga kurang dari 1 juta rupiah saja.

Dibandingkan dengan generasi pendahulunya, Morpheus Core II Edition memiliki beberapa perbedaan dari segi desain dan material. Untuk tipe ini Raijintek menggunakan 12 heatpipe yang berbentuk “U” dengan diameter 6mm dan panjang 60mm serta kepadatan 782 FPI (fins per inch).

5. NZXT Kraken M22

NZXT Kraken M22

NZXT Kraken M22 merupakan salah satu cooler liquid yang paling banyak dicari oleh para gamer. NZXT Kraken M22 ini memiliki spesifikasi berbeda dengan yang lain, karena hanya memiliki 1x120mm fan saja.

NZXT Kraken M22 memiliki dimensi sebesar 80 x 80 x 52.9 mm dan berbobot sekitar 695 gram. Ukuran dan beratnya yang tidak terlalu besar membuat VGA Cooler ini sangat cocok untuk dipasangkan pada beberapa jenis motherboard baik itu Intel ataupun AMD.

VGA Cooler NZXT Kraken M22 memiliki 3 buah fan bertipe Aer P120 yang akan menyebabkan suhu vga anda dapat terjaga dengan baik. Desain radiator nya pun dibuat sedemikian rupa agar sirkulasi udara menjadi lebih lancar.

6. ID-Cooling Frostflow 120 VGA

ID Cooling Frostflow 120 VGA

Apabila kalian ingin melakukan upgrade VGA cooler, ID-Cooling Frostflow 120 VGA bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi kamu masih memiliki budget pas-pasan. ID-Cooling Frostflow 120 VGA adalah salah satu rekomendasi untuk upgrade VGA cooler pada PC gaming.

VGA Cooler tersebut bekerja dengan baik jika dipasangkan dengan VGA berbasis NVIDIA atau AMD seperti GTX 1080, GTX 1070, RX 480 dan RX 470.

Dengan harga yang terjangkau, Frostflow 120 VGA menghadirkan performa pendinginan yang sangat baik pada VGA AMD atau NVIDIA dibandingkan dengan heatsink bawaan dari masing-masing produsen VGA.

Fungsi dari VGA cooler untuk PC gaming

1. Mengurangi suhu internal yang berlebihan

2. Memperpanjang masa pakai komponen internal seperti CPU, GPU, Motherboard maupun komponen lainnya

3. Mencegah terjadinya overheat

4. Menjaga kestabilan peforma hardware PC Anda walaupun digunakan selama 24 jam non stop.

Penggunaan VGA cooler lebih banyak digunakan untuk PC karena system pendinginannya terkadang tidak mampu mengurangi suhu komponen yang panas saat digunakan. Seperti halnya pada prosesor, sebuah prosesor dapat menjadi lebih optimal apabila bekerja pada suhu kurang dari 60 derajat celcius. Penggunaan VGA cooler akan membantu menurunkan suhu dari GPU dan membuat semua komponen lainnya dalam keadaan stabil.

PC gaming disarankan menggunakan VGA cooler

Mempertahankan kinerja VGA saat bermain game sangatlah penting, terutama ketika Anda memilih untuk bermain game berat seperti Call of Duty, atau Overwatch. Biasanya, ketika Anda mengalami masalah terlalu panas pada VGA, maka akan muncul pesan error yang mengatakan “Display Driver has stopped responding and has recovered” yang disebabkan karena overhat.

VGA Cooler akan membantu mendinginkan VGA saat Anda bermain game sehingga masalah overhat bisa dicegah. VGA cooler juga wajib digunakan bagi gamer yang gemar melakukan overclocking untuk menambah kecepatan prosesor dan grafis mereka, karena pada proses overclock prosesor dan kartu grafis akan dipaksa untuk bekerja lebih keras sehingga panas yang dihasilkan juga akan meningkat. Inilah yang sering menjadi penyebab overhat pada PC gaming Anda.

Apabila suhu VGA berada di atas normal, maka akan muncul masalah yang disebut dengan throttling. Throttling ialah suatu keadaan ketika prosesor tidak bisa bekerja secara penuh karena suhunya terlalu tinggi.

Throttling akan melebihi batas Maximum Operating Temperature (MOT), yang jika terus dibiarkan akan menyebabkan kerusakan pada PCB VGA.

Leave a Comment