Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 11

Untuk Anda yang ingin melakukan upgrade dari Windows 7 ke Windows 11 hanya punya satu pilihan yaitu dengan cara clean install atau sering juga disebut dengan install ulang. Berbeda dengan upgrade Windows 7 ke Windows 10 yang bisa dilakukan tanpa install ulang, khusus untuk sistem operasi terbaru ini pengguna tidak diberikan pilihan tersebut.

Bagi Anda yang tertarik ingin upgrade dari Windows 7 naik ke Windows 11 maka harus melakukan install ulang. Tapi sebelum melakukannya kami sarankan untuk memastikan bahwa komputer Anda memenuhi syarat minimum agar bisa menjalankan Windows 11.

Berikut ini adalah spesifikasi minimal PC dan laptop yang bisa upgrade ke Windows 11:

  • Prosesor: 1GHz, 2 Cores, 64-bit compatible
  • RAM: 4GB
  • Graphics: Compatible with DirectX 12 or later with WDDM 2.0 driver
  • Display: 720p
  • Storage: 64GB
  • Firmware: UEFI
  • Mendukung fitur TPM 2.0 dan Secure Boot

Mengecek apakah komputer Anda bisa upgrade ke Windows 11

Sebelum memutuskan melakukan upgrade alangkah baiknya jika Anda memastikan terlebih dahulu apakah laptop atau PC yang Anda gunakan memenuhi syarat untuk menjalankan Windows 11. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak terjadi masalah ketika proses upgrade sedang berjalan.

Untuk mengecek apakah komputer bisa menjalankan Windows 11 atau tidak bisa dilakukan dengan sangat mudah menggunakan tool yang bernama PC Health Check. Silakan download aplikasinya terlebih dahulu.

Setelah didownload, silakan install aplikasinya dengan cara klik dua kali pada file WindowsPCHealthCheckSetup.msi kemudian lanjutkan proses install hingga selesai.

Buka apliaksi PC Health Check kemudian klik di bagian Introducing Windows 11 klik pada tombol Check now.

Hasilnya akan muncul dengan dua kemungkinan.

Apabila hasilnya adalah This PC can run Windows 11 > artinya komputer Anda bisa melakukan upgrade Windows 11.

4 cara upgrade windows 7 ke windows 11

Apabila hasilnya adalah This PC can’t run Windows 11 > artinya komputer Anda tidak bisa melakukan upgrade Windows 11.

5 cara upgrade windows 7 ke windows 11

Setelah memastikan komputer Anda memenuhi syarat selanjutnya kita bisa memulai proses upgrade dari Windows 7 ke Windows 11.

Cara upgrade Windows 7 ke Windows 11

1. Backup semua data penting yang ada di partisi sistem

Sebelum melakukan upgrade, langkah pertama yang wajib Anda lakukan adalah memindahkan data-data penting yang tersimpan di partisi sistem (drive C) ke lokasi penyimpanan lain. Ini bertujuan untuk menyelamatkan data-data Anda, karena nantinya proses upgrade akan dilakukan dengan cara install ulang dan partisi C akan diformat.

2. Download file ISO dan aplikasi Rufus

Untuk melakukan upgrade kita membutuhkan media installer, bisa menggunakan Flashdisk atau Hardisk eksternal. Pada tutorial ini kita akan menggunakan Flashdisk. Untuk membuat Flashdisk installer ada dua hal yang Anda butuhkan yaitu ISO Windows 11 dan aplikasi Rufus.

3. Buat Flashdisk installer

Setelah selesai download file ISO dan aplikasi Rufus selanjutnya Anda colok Flashdisk ke komputer. Setelah itu install dan jalankan aplikasi Rufus.

Langkah selanjutnya kita akan membuat Flashdisk tersebut menjadi installer Windows 11.

Pada aplikasi Rufus lakukan pengaturan sebagai berikut:

  • Pertama pada menu Device¬†pastikan¬†Flashdisk Anda sudah terdeteksi oleh Rufus
  • Selanjutnya pada menu Boot selection¬†klik pada tombol¬†SELECT¬†lalu pilih file¬†ISO Windows 11 yang tadi sudah didownload
  • Pada menu Image option¬†pilih¬†Partition Scheme: GPT¬†dan¬†Target system UEFI (non CDM)
  • Pada menu Volume label¬†silakan isi dengan nama sesuai keinginan
  • Pada bagian File system¬†dan¬†Cluster size¬†bisa dibiarkan seperti default
  • Selanjutnya Anda centang pada pilihan Quick format¬†dan¬†Create extended label and icon files
  • Klik pada tombol¬†START untuk memulai proses pembuatan installer
1 cara upgrade windows 7 ke windows 11

4. Boot komputer menggunakan Flashdisk

Setelah selesai membuat Flashdisk installer dengan Rufus, selanjutnya restart komputer Anda kemudian masuk ke pengaturan BIOS.

Untuk masuk ke BIOS caranya dengan menekan tombol F1, F2, ESC, Delete, atau tombol lainnya sesuai dengan merek laptop atau motherboard yang Anda gunakan. Tombol ini akan berbeda-beda pada tiap perangkat, silakan disesuaikan dengan komputer yang Anda gunakan.

Setelah masuk ke BIOS kemudian gunakan tombol panah untuk masuk ke menu pengaturan Boot > Boot Device Priority > jadikan Flashdisk menjadi urutan pertama.

2 cara upgrade windows 7 ke windows 11

Tekan tombol F10 untuk menyimpan pengaturan.

5. Upgrade Windows 7 ke Windows 11

Apabila semua dilakukan dengan benar maka sekarang komputer Anda akan booting ke Flashdisk dan masuk ke installer Windows 11.

Tahap selanjutnya adalah menginstall Windows 11 ke komputer Anda.

3 cara upgrade windows 7 ke windows 11

Dokumentasi langkah-langkah yang lebih lengkap bisa Anda lihat di sini:

Cara install Windows 11

Tips penting yang harus dilakukan setelah upgrade Windows 11 dari Windows 7

Setelah proses install Windows 11 selesai masih ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan hingga komputer siap digunakan. Berikut ini adalah beberapa langkah awal yang cukup penting untuk dilakukan.

1. Konfigurasi koneksi internet

Pertama adalah menghubungkan komputer ke internet. Silakan Anda cek apakah fitur koneksi internet sudah berfungsi atau belum dengan cara klik pada icon Network pada Taskbar sebelah kanan kemudian sambungkan ke WiFi.

Apabila Anda menggunakan modem USB atau kabel LAN maka bisa langsung sambungkan ke port yang tersedia dan lanjutkan hingga prosesnya hingga komputer terhubung ke internet.

Apabila ternyata WiFi dan koneksi LAN masih belum bisa berfungsi, maka ini kemungkinan disebabkan karena driver Wireless dan LAN belum terinstal.

Untuk mengatasinya maka Anda harus mencari drivernya terlebih dahulu secara manual, caraya bisa dilihat pada tutorial berikut ini:

2. Menjalankan Update Windows 11

Setelah berhasil menghubungkan komputer ke internet, langkah selanjutnya yang wajib dilakukan adalah menjalankan update. Ini bertujuan untuk mendapatkan pembaruan sistem, menginstall driver-driver yang belum terinstall secara otomatis, serta mendapatkan update keamanan terbaru.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik pada tombol Windows
  • Pilih Settings
  • Pilih menu Update & Security
  • Pada tab Windows Update klik tombol Check for updates

Setelah proses download dan install update selesai restart komputer Anda.

3. Menginstall aplikasi-aplikasi penting

Jika sudah sampai pada tahap ini maka komputer Windows 11 Anda sudah siap digunakan. Selanjutnya Anda bisa mulai menginstall aplikasi-aplikasi yang diperlukan. Jangan lupa untuk menginstall aplikasi-aplikasi yang paling penting terlebih dahulu.

Lihat rekomendasi dari kami di sini: Aplikasi yang wajib ada di laptop

4. Login akun Microsoft

Di Windows 11 Anda bisa menginstall aplikasi langsung dari Microsoft Store dengan syarat komputer sudah login menggunakan akun Microsoft. Selain itu dengan login akun Microsoft Anda juga bisa mendapatkan beberapa fitur lebih seperti sinkronisasi antar perangkat dan aplikasi Microsoft lainnya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Klik pada tombol Windows
  • Pilih Settings
  • Pilih menu Accounts
  • Pada jendela sebelah kanan klik pada Sign in with a Microsoft account instead
  • Login dengan email outlook jika sudah punya
  • Jika belum punya maka klik pada pilihan Create one
  • Isi data-data Anda dan ikuti prosesnya hingga selesai

Selesai, sampai di sini kita sudah berhasil melakukan upgrade dari Windows 7 ke Windows 11 dan komputer Anda sudah siap digunakan. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

Leave a Comment