Cara Mengetahui dan Install Driver Unknown Device

Saat selesai melakukan install ulang biasanya akan ada beberapa driver yang masih belum terinstall. Apabila Anda cek lewat Device manager maka akan terlihat ada beberapa driver dengan label Unknown device dan tanda seru berwarna kuning yang menandakan driver dari perangkat tersebut belum diinstall.

Jika Anda baru melakukan install ulang Windows 10 atau Windows 11 maka untuk mendapatkan driver dari perangkat Unknown device tersebut bisa dilakukan dengan melakukan update. Pada proses update nanti sistem akan mendeteksi secara otomatis dan menginstall driver yang sesuai. Masalahnya terkadang masih ada beberapa driver yang belum terpasang dan harus diinstall secara manual. Begitu pula bagi Anda yang baru menginstall Windows 7 yang tidak ada lagi fitur update sehingga harus mencari driver sendiri.

Pada kesempatan kali ini kami akan berikan panduan bagaimana cara mengetahui driver dari perangkat Unknown device, mencarinya di internet, download ke komputer, dan cara menginstallnya ke komputer Anda.

Cara Mengetahui dan Install Driver Unknown Device

1. Buka Device Manager

Langkah pertama buka program Device Manager, bisa dengan cara menekan tombol Windows+R pada keyboard lalu ketik: devmgmt.msc > klik OK.

2. Buka direktori perangkat Unknown device

Pada program Device Manager klik tanda panah pada Other devices, di sana akan terlihat semua perangkat yang belum terinstall drivernya termasuk perangkat yang tidak diketahui yaitu Unknown device.

Unknown device 0

3. Klik kanan Unknown device lalu pilih Properties

Masih pada program Device Manager, setelah menemukan letak perangkat Unknown device selanjutnya kita harus masuk ke jendela Properties perangkat tersebut. Klik kanan pada Unknown device lalu pilih Properties.

Unknown device 1

4. Salin informasi Hardware Ids dari perangkat

Pada jendela Properties Anda klik pada tab Details > kemudian pada bagian Property klik untuk memunculkan menu dropdown lalu pilih Hardware Ids. Pada kolom di bawahnya salin nilai atau kode yang ada di baris pertama, caranya dengan klik kanan lalu pilih Copy.

Unknown device 2

5. Download driver dari internet menggunakan informasi Hardware Ids

Setelah mendapatkan Hardware Ids dari perangkat Unknown device, selanjutnya kita bisa menggunakan informasi tersebut untuk mencari driver yang sesuai di internet.

Silakan buka browser Anda kemudian masuk ke halaman situs berikut ini:

https://driverpack.io/id/catalog

Klik kanan pada kolom pencarian lalu pilih Paste untuk memasukkan kode Hardware Ids yang tadi sudah disalin, setelah itu klik tombol Find.

Unknown device 3

Tunggu hingga hasil pencarian muncul, situs akan mencari driver yang sesuai dengan Hardware Ids perangkat Anda. Setelah hasilnya muncul maka Anda bisa mengetahui apa perangkat dari Unknown device tersebut. Seperti pada contoh di bawah ini, perangkat Unknown device adalah Chipset Intel.

Unknown device 4

Selanjutnya download driver ke komputer. Klik pada pilihan Download ZIP yang ada di bagian bawah, kemudian tunggu hingga proses download selesai.

Unknown device 5

6. Install driver ke komputer

Setelah mendapatkan file driver yang sesuai dengan Unknown device di komputer Anda, langkah selanjutnya adalah menginstall driver. Untuk menginstall driver dalam format zip pertama kita harus ekstrak dulu file menggunakan aplikasi arsip seperti 7zip atau WinRAR yang gratis.

Klik kanan pada driver > pilih 7zip/WinRAR > pilih Extract to.

Unknown device 6

Selanjutnya kembali ke program Device Manager > klik kanan pada perangkat Unknown device > pilih Update Driver Software.

Unknown device 7

Kemudian pilih opsi Browse my computer for driver software.

Unknown device 8

Pada jendela selanjutnya yang muncul, klik pada tombol Browse kemudian pilih folder hasil ekstrak file zip tadi.

Unknown device 9

Kemudian klik tombol Next. Pastikan Anda sudah memilih folder yang benar agar proses instalasi bisa berjalan.

Unknown device 10

Apabila muncul warning Windows can’t verify the publisher of this driver software seperti gambar bawah ini maka pilih opsi Install this driver software anyway.

Unknown device 11

Proses install driver akan berjalan, pada tahap ini Anda hanya tinggal menunggu saja hingga selesai.

Unknown device 12

Apabila proses install driver sudah berhasil maka Anda bisa kembali ke program Device Manager kemudian cek kembali perangkat Unknown device, sekarang seharusnya sudah tidak ada lagi. Perangkat tersebut sudah terpasang driver dan sudah bisa berfungsi seperti biasa.

Solusi driver Unknown device yang tidak bisa diinstall

Berdasarkan pengalaman kami, meskipun kita sudah mengetahui driver dari perangkat Unknown device namun tetap tidak bisa menginstall driver tersebut. Masalah ini umum terjadi pada versi Windows lawas seperti Windows 7 atau XP, jika Anda masih menggunakannya.

Solusinya adalah dengan mengganti versi Windows Anda menjadi Windows 10 atau Windows 11 yang memiliki database driver lebih lengkap dan mendukung lebih banyak perangkat-perangkat komputer modern saat ini. Selain itu proses install driver pada versi Windows 10 dan 11 juga akan berlangsung secara otomatis ketika Anda melakukan Update setelah install ulang sehingga kasus Unknown device cukup jarang terjadi.

Leave a Comment