Cara Menjalankan Troubleshooting di Windows 10 Untuk Mengatasi Error

Pada sistem operasi Windows 10 terdapat sebuah fitur bernama troubleshoot yang berfungsi untuk mengidentifikasi dan memperbaiki error secara otomatis.

Saat Anda mengalami sebuah masalah yang tidak diketahui apa penyebabnya, dan tidak tahu harus melakukan apa untuk memperbaikinya, maka melakukan troubleshooting adalah salah satu solusi yang wajib dicoba.

Apa itu Troubleshooting?

Troubleshooting adalah bentuk pemecahan masalah yang sistematis dan logis untuk memperbaiki masalah pada sebuah sistem komputer. Troubleshooting bekerja dengan mengidentifikasi sumber masalah lalu berusaha memperbaikinya secara otomatis.

Cara menjalankan Troubleshooting di Windows 10

1. Tekan tombol Windows+i pada keyboard untuk masuk ke Settings

2. Pilih menu Update & Security

1 troubleshoot windows 10

3. Klik pada tab Troubleshoot

4. Klik pada menu Additional troubleshooters

2 troubleshoot windows 10

5. Pilih troubleshooter yang ingin dijalankan

6. Klik pada tombol Run the troubleshooter

3 troubleshoot windows 10

Troubleshooting yang bisa dijalankan di Windows 10

Di Windows 10 sudah disediakan fitur troubleshoot yang sangat lengkap untuk mengatasi berbagai error yang mungkin terjadi pada komputer Anda.

Daftar troubleshoot di bawah ini bisa Anda gunakan sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi, jika beruntung maka hanya dengan menjalankan troubleshoot mungkin error tersebut bisa diatasi.

TroubleshootFungsi
Internet ConnectionUntuk memperbaiki masalah koneksi internet, seperti tidak bisa connect Wi-Fi, tidak bisa connect LAN, atau tidak bisa membuka website tertentu.
Playing AudioUntuk memperbaiki masalah yang berkaitan dengan sound dan speaker di Windows 10
PrinterUntuk memperbaiki berbagai masalah yang berhubungan dengan printer, sharing printer, dan driver printer.
Windows UpdateMengatasi masalah saat melakukan update, seperti update yang tidak bisa berjalan, berhenti di tengah jalan, dan tidak bisa install update.
BluetoothUntuk mengatasi error pada perangkat Bluetooth seperti Bluetooth tidak bisa connect, tidak bisa mengirim file, dan icon Bluetooth hilang.
Connection to a Workplace Using DirectAccessMemperbaiki masalah yang terjadi pada koneksi Workplace Network yang menggunakan DirectAccess.
Incoming ConnectionUntuk mengatasi error pada incoming connection di Windows Firewall
KeyboardMemperbaiki masalah pada keyboard seperti keyboard tidak berfungsi, tombol yang tertukar, dan keyboard tidak terdeteksi.
Network AdapterMendeteksi dan mengatasi masalah pada adapter Wi-Fi dan network adapter lainnya.
PowerUntuk memperbaiki masalah pada semua yang berhubungan dengan power dan baterai, serta untuk memperpanjang daya tahan baterai.
Program Compatibility TroubleshooterMengatasi error akibat masalah kompatibilitas aplikasi versi lama dengan versi Windows yang digunakan.
Recording AudioUntuk memperbaiki semua error yang berhubungan dengan perekaman suara (audio recording).
Search and IndexingMengatasi masalah pada Windows Search dan indexing file pada Windows Explorer.
Shared FoldersMengatasi error pada saat melakukan sharing folder dengan komputer lain yang berada pada satu jaringan.
SpeechUntuk memperbaiki masalah pada microphone dan input suara.
Video PlaybackMengatasi masalah pada program-program yang berfungsi untuk memutar video dan TV.
Windows Store AppsMengatasi masalah pada program Windows Store dan aplikasi yang ada di dalamnya, seperti Microsoft Store tidak bisa dibuka, tidak bisa install atau update aplikasi.

Yang harus dilakukan setelah menjalankan Troubleshooting

Saat troubleshoot dijalankan maka Windows akan berusaha mendeteksi apa yang menjadi sumber masalah dan bila memungkinkan akan memperbaiki secara otomatis.

Pada tahap akhir proses toubleshoot juga akan ditampilkan penyebab error yang bisa Anda jadikan sebagai petunjuk untuk mengambil langkah selanjutnya.

Sebagai contoh, misalnya Anda mengalami masalah pada Wi-Fi adapter, maka troubleshoot yang harus dijalankan adalah Network Adapter. Tunggu hingga proses troubleshoot selesai, apabila Windows bisa memperbaikinya secara otomatis maka akan muncul keterangan Fixed, Completed.

4 troubleshoot windows 10

Jika demikian maka menjalankan troubleshoot saja sudah bisa mengatasi masalah dan tidak perlu melakukan hal lain.

Namun apabila troubleshoot bisa mendeteksi masalah namun tidak bisa memperbaikinya secara otomatis maka akan muncul keterangan Problems found, Not fixed.

5 troubleshoot windows 10

Seperti contoh di atas, troubleshooter berhasil mendeteksi masalah yang menyebabkan error pada proses update Windows 10. Akan tetapi tidak berhasil memperbaikinya secara otomatis.

Jika demikian maka Anda punya dua pilihan, pertama menekan tombol Explore additional options untuk mencoba opsi troubleshoot lainnya.

Pilihan kedua adalah menekan tombol Close the troubleshooter dan menggunakan informasi error yang berhasil ditemukan untuk melakukan langkah selanjutnya.

Pada contoh kasus di atas error yang berhasil dideteksi oleh troubleshooter adalah Service registration is missing or corrupt, nah selanjutnya Anda bisa menggunakan informasi ini sebagai kata kunci untuk melakukan pencarian di Google, biasanya akan ada situs yang memberikan tutorial untuk mengatasinya.

Leave a Comment