Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10

Touchpad laptop yang tidak berfungsi pada umumnya disebabkan karena driver yang terhapus atau fitur touchpad yang dimatikan secara tidak sengaja pada laptop.

Laptop biasanya memiliki memiliki tombol atau kombinasi tombol tertentu yang bisa ditekan sebagai shortcut untuk mengaktifkan atau mematikan touchpad, ini adalah hal pertama yang harus Anda cek ketika mengalami touchpad yang tidak berfungsi di laptop Anda.

Anda juga perlu melihat apakah driver touchpad sudah terinstall dan dalam keadaan bekerja dengan normal. Tanpa adanya driver maka touchpad di laptop tidak akan bisa digunakan.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi touchpad yang tidak berfungsi di Windows 10 pada laptop Asus, HP, Acer, Samsung, Toshiba, MSI, dan Dell.

Penyebab touchpad laptop tidak berfungsi

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa touchpad laptop tidak berfungsi? Masalah ini memang muncul secara tiba-tiba, padahal sebelumnya touchpad masih berfungsi dengan normal.

Berikut ini adalah beberapa penyebab touchpad laptop tidak berfungsi:

  1. Touchpad dalam keadaan tidak aktif (disable)
  2. File Explorer Not Responding
  3. Driver touchpad korup atau terhapus
  4. Terjadi konflik dengan program atau perangkat lain
  5. File sistem yang korup

Cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi

1. Aktifkan Touchpad pada Windows Settings

Hal pertama yang perlu Anda lakukan sebelum mencoba hal lain adalah memastikan pengaturan touchpad di Windows 10 sudah dalam keadaan aktif. Karena apabila pengaturan dimatikan maka touchpad tidak akan berfungsi dan kursor tidak bisa digerakkan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tombol Start
  2. Pilih Settings
  3. Pilih menu Devices
  4. Klik pada tab Touchpad
  5. Aktifkan touchpad menjadi On
mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi 1

Apabila Anda ingin touchpad mati secara otomatis pada saat laptop menggunakan mouse maka centang pada opsi Leave touchpad on when a mouse is connected.

Dari pengaturan ini Anda juga bisa mengatur kecepatan, sensitivitas dan arah scrolling pada touchpad.

2. Restart explorer atau restart Windows

Cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi yang selanjutnya adalah melakukan restart file explorer. Kursor yang tidak bisa digerakkan dengan touchpad bisa disebabkan karena masalah file explorer not responding.

File Explorer merupakan program yang dibutuhkan oleh setiap aplikasi di Windows untuk bisa berjalan, apabila File Explorer mengalami masalah maka semua aplikasi dan perangkat juga menjadi tidak berfungsi. Hal ini biasanya bisa diatasi dengan melakukan restart.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik kanan pada Taskbar
  2. Pilih Task Manager
  3. Klik pada tab Processes
  4. Temukan program bernama Windows Explorer
  5. Klik kanan pada Windows Explorer
  6. Pilih Restart
mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi 2

Saat melakukan restart explorer, Anda akan melihat tampilan desktop menjadi blank sebentar lalu kembali lagi seperti normal. Coba cek apakah touchpad sudah bisa digunakan kembali. Jika masih belum, restart Windows.

Apabila touchpad di laptop Anda menjadi tidak berfungsi bersamaan dengan penggunaan perangkat lain seperti mouse, keyboard tambahan, atau perangkat yang dihubungkan dengan USB lainnya, maka coba dulu untuk lepas semua perangkat tersebut. Touchpad bisa tidak berfungsi disebabkan konflik dengan perangkat lain atau bisa juga disebabkan karena bug.

3. Lepas perangkat USB lain yang terpasang

Apabila touchpad tidak bisa digerakkan ketika Anda menggunakan mouse di Windows 10 maka coba Anda cek pengaturannya, seperti pada langka nomor 1 di atas. Pastikan opsi Leave touchpad on when a mouse is connected dalam keadaan aktif (On).

4. Reinstall driver

Setelah melakukan tiga langkah awal di atas dan touchpad masih belum kembali normal, maka langkah selanjutnya Anda bisa mulai mengecek apakah driver touchpad sudah terinstall dan berfungsi dengan baik. Bila perlu reinstall driver touchpad dengan cara menghapusnya lalu menginstallnya kembali.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Tekan tombol Windows+R untuk memunculkan dialog box RUN
  2. Ketik: devmgmt.msc
  3. Pada program Device Manager temukan driver touchpad
  4. Klik kanan pada driver touchpad
  5. Pilih Uninstall device
  6. Restart laptop Anda
mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi 3

Setelah laptop menyala kembali maka driver touchpad akan diinstall kembali secara otomatis.

Anda juga bisa mendapatkan file driver touchpad terbaru dengan mengunduhnya secara langsung dari situs merek laptop Anda.

Berikut ini sudah kami kumpulkan berdasarkan merek:

5. Install Synaptic atau ELAN driver

Cara mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi di Windows 10 yang selanjutnya adalah menginstall driver touchpad.

Terdapat dua jenis driver yang bisa Anda gunakan yaitu Synaptic atau Elan. Anda cek dulu pada Device Manager untuk mengetahui jenis touchpad Anda, setelah itu download dan install drivernya.

File driver dan cara menginstallnya bisa Anda dapatkan di postingan ini:

Cara setting touchpad di Windows 10

6. Update Windows 10

Pada saat melakukan update Windows 10 maka apabila ada pembaruan pada driver Windows akan mendownloadnya secara otomatis. Selain itu update juga berfungsi untuk mendapatkan security patch dan menutup apabila ada bug. Hal ini bisa kita lakukan untuk mengatasi apabila masalah pada touchpad tersebut muncul karena adanya bug di Windows.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Settings Windows 10
  2. Pilih menu Update & Security
  3. Pilih pada tab Windows Update
  4. Klik pada tombol Check for updates
  5. Proses update akan dimulai
mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi 5

Proses download dan install update akan memakan waktu beberapa saat, pastikan Anda menggunakan koneksi internet yang stabil. Setelah selesai update Windows, cek apakah masalah touchpad tidak berfungsi sudah hilang.

7. Jalankan Troubleshooter

Menjalankan Troubleshooter di Windows 10 merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi touchpad laptop ASUS tidak berfungsi, begitu pula pada merek lainnya seperti Lenovo, Acer, HP, Dell, MSI.

Troubleshooter merupakan fitur di Windows yang bisa mendeteksi penyebab error dan apabila memungkinkan akan melakukan perbaikan secara otomatis. Karena masalah touchpad yang tidak berfungsi ini bisa disebabkan karena kompatibilitas dan konflik dengan program lain maka troubleshooter akan membantu mendeteksinya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk menjalankannya:

  1. Klik tombol Start
  2. Pilih Settings
  3. Pilih menu Update & Security
  4. Klik pada tab Troubleshoot
  5. Pada panel sebelah kanan klik pada menu Additional troubleshooters
  6. Pilih Program Compatibility Troubleshooter
  7. Klik pada tombol Run the troubleshooter
mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi 6

Proses troubleshoot akan berjalan, Windows akan mencoba untuk mendeteksi apakah ada masalah pada sistem dan memperbaikinya. Anda biasanya akan diberikan beberapa pilihan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

8. Jalankan system scan dengan CMD

Cara untuk mengatasi touchpad tidak berfungsi dan kursor tidak bisa digerakkan pada laptop yang berikutnya adalah menjalankan system scan menggunakan Command Prompt.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik pada tombol Start
  2. Ketik: cmd
  3. Pada menu yang muncul pilih Run as administrator
  4. Pada Command Prompt ketik perintah: sfc /scannow
  5. Tekan Enter
mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi 7

Proses system scan akan berjalan, apabila ada file system yang korup atau rusak maka akan dicoba untuk diperbaiki secara otomatis, Anda bisa melihat semua prosesnya di layar.

9. Roll back ke versi driver lama

Apabila touchpad menjadi tidak berfungsi setelah melakukan update driver atau update Windows maka hal tersebut bisa disebabkan karena driver baru yang tidak kompatibel atau ada bug. Cara untuk mengatasinya adalah dengan mengembalikan versi driver ke versi sebelumnya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka program Device Manager
  2. Temukan driver laptop Anda (biasanya bernama sesuai merek seperti Asus touchpad, HP touchpad, Dell touchpad, Lenovo touchpad, dll)
  3. Klik kanan pada driver touchpad
  4. Pilih Properties
  5. Klik pada tab Driver
  6. Klik pada tombol Roll Back Driver
mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi 4

10. Uninstall program terakhir yang diinstall

Apabila touchpad tiba-tiba tidak bisa digerakkan dan tidak berfungsi sama sekali setelah menginstall suatu program tertentu maka bisa jadi karena program tersebut konflik dengan driver touchpad.

Untuk mengatasinya Anda bisa coba untuk menghapus dulu program baru tersebut dan lihat apakah masalah masih ada. Bila ternyata touchpad kembali normal maka program tersebutlah yang menjadi penyebabnya.

11. Jalankan system restore

System restore adalah fitur backup untuk mengembalikan Windows pada keadaan terbaik pada saat backup dibuat. Apabila Anda rutin membuat backup dengan restore point maka saat inilah waktu yang tepat untuk menggunakannya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Control Panel
  2. Pilih menu Recovery
  3. Klik pada pilihan Open System Restore
  4. Klik Next
  5. Pilih Restore Point saat touchpad masih berfungsi dengan normal
  6. Klik Next
  7. Klik Finish
mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi 8

System restore tidak akan menghapus data-data Anda, hanya saja aplikasi terakhir yang Install setelah restore point dibuat akan terhapus. Pada tahap akhir sebelum melakukan restore Anda akan diberitahu program-program apa saja yang akan terhapus akibat proses ini.

12. Reset PC

Pilihan terakhir, apabila sudah mencoba cara-cara di atas namun masih belum bisa mengatasi masalah touchpad yang tidak berfungsi adalah melakukan Reset PC. Ini adalah satu-satunya pilihan yang tersisa selain melakukan install ulang Windows 10.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Settings Windows 10
  2. Pilih menu Update & Security
  3. Pilih menu Recovery
  4. Klik tombol Get started pada bagian Reset this PC
  5. Pilih Keep my files
  6. Klik Next
  7. Klik tombol Reset
mengatasi touchpad laptop tidak berfungsi 9

Reset PC akan menghapus program-program pihak ketiga, namun apabila Anda memilih opsi Keep my files maka file-file lama yang ada di drive C tidak akan terhapus.

Setelah melakukan reset maka kondisi Windows 10 akan kembali seperti pada saat pertama kali Anda membeli laptop dan touchpad sekarang seharusnya sudah berfungsi dengan normal lagi.

Semoga berhasil. Jika masih mengalami kesulitan Anda bisa jelaskan di kolom komentar. Kami akan berusaha membantu.

Leave a Comment