11 Hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Install Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi paling populer saat ini. Fitur-fiturnya yang lengkap dan kompatibilitasnya yang tinggi membuat Windows 10 menjadi OS sempurna untuk digunakan oleh siapa saja.

Untuk mendapatkan performa maksimal, ada beberapa hal penting yang harus kita lakukan setelah menginstall Windows 10, yaitu:

1. Install update

update windows 10

Melakukan update adalah hal yang paling pertama kali harus Anda lakukan ketika menggunakan Windows 10. Hal ini berguna untuk memastikan kita mendapatkan fitur-fitur terbaru, bug fix, dan security patch.

Saat pertama kali diinstall, Windows 10 juga akan mendeteksi driver seadaanya berdasarkan library bawaan yang ada dalam paket ISO. Hal ini terkadang menyebabkan beberapa driver di laptop kita masih belum terinstall sehingga perangkat keras belum bisa berjalan.

Biasanya yang paling sering adalah display driver (VGA), card reader, sensor biometrik, dan perangkat peripheral tambahan lainnya.

Dengan melakukan update, Windows bisa mencari driver yang sesuai dengan perangkat tersebut pada library yang ada di server Microsoft. Biasanya setelah melakukan update semua driver akan terinstall dengan benar.

Berdasarkan pengalaman, saya tidak perlu menginstall driver apa-apa lagi setelah melakukan update karena semua driver sudah terinstall dan perangkat pada laptop semuanya bisa berjalan dengan baik. Tapi hal ini mungkin akan berbeda-beda pada laptop atau PC yang lain tergantung dari perangkat keras yang ada di dalamnya.

2. Cek driver yang masih belum terinstall

device manager windows 10

Untuk memastikan laptop bisa berjalan dengan optimal kita harus mengecek lagi apakah semua driver sudah terinstall.

Meskipun setelah melakukan update hampir semua driver akan terinstall secara otomatis, tapi mungkin akan ada beberapa perangkat yang masih belum terdeteksi. Biasanya perangkat ini membutuhkan driver khusus yang disertakan pada paket pembelian, atau bisa juga mencarinya di situs vendor produk tersebut.

Cara cek driver di Windows 10:

  1. Klik tombol Windows
  2. Pada search bar ketik “device manager” (tanpa tanda kutip).
  3. Pilih menu Device Manager.
  4. Cek satu-satu driver yang masih belum terinstall, biasanya ada tanda seru yang menunjukkan kalau driver tersebut masih belum terinstall atau mengalami masalah.
  5. Temukan driver yang sesuai lalu install.

Tutorial berikut ini akan membantu Anda menemukan dan menginstall driver yang tepat untuk laptop Anda:

3. Login akun Microsoft

Beberapa fitur yang ada di Windows 10 hanya bisa digunakan saat kita sudah login dengan akun Microsoft. Hal ini juga bermanfaat untuk melakukan sinkronisasi dengan perangkat Windwos lainnya seperti Windows Phone dan PC yang menggunakan Windows 10, oleh karena itu sangat di sarankan untuk login.

Jika belum punya akun Anda bisa membuatnya terlebih dahulu. Caranya klik pada tombol Windows > klik Accounts > Create new account > isikan data yang sesuai.

4. Install aplikasi office

Aplikasi yang pertama wajib diinstall tentu saja adalah aplikasi Office. Ini merupakan aplikasi yang akan digunakan setiap hari untuk bekerja, membuat tugas sekolah dan kuliah.

Anda bebas menggunakan aplikasi Office mana saja, tapi salah satu aplikasi Office terbaik menurut pengalaman saya adalah Office 365.

Jika lebih suka dengan aplikasi Open Source yang gratis Anda bisa menginstall aplikasi seperti Libre Office atau Open Office yang punya fitur tidak kalah lengkap dengan Office milik Microsoft.

Aplikasi yang bermanfaat dan wajib ada di Windows 10 lainnya sudah kami rangkum di sini:

15+ Aplikasi Wajib Terbaik di Windows 10

5. Install aplikasi multimedia

install aplikasi multimedia

Windows 10 sudah dilengkapi dengan aplikasi Multimedia bawaan yang bisa digunakan untuk memutar musik dan video, namun bagi sebagian orang tampilannya dan fiturnya masih kurang familiar dan lebih suka untuk menginstall aplikasi Multimedia yang biasanya digunakan.

Untuk memutar file musik (mp3) biasanya saya menggunakan AIMP, dan untuk memutar file video aplikasi yang terbaik adalah Media Player Classic. Kedua aplikasi ini adalah aplikasi Freeware yang bisa dipakai secara gratis.

6. Install aplikasi editor foto dan video

aplikasi edit video openshot

Aplikasi yang wajib diinstall selanjutnya adalah editor foto dan video.

Lihat rekomendasi apilkasi editor foto dan video terbaik versi Winpreso di sini:

10 Aplikasi edit video gratis terbaik untuk PC (Update 2021)

10 Aplikasi edit foto gratis terbaik untuk PC (Update 2021)

7 Aplikasi edit video untuk YouTuber pemula

Di Windows 10 ada sebuah aplikasi editor foto yang simpel namun sangat powerful, yaitu PhotoScape X. Ini adalah aplikasi yang saya gunakan setiap hari, saya sangat suka dengan tampilannya yang modern dan fitur-fiturnya yang sangat mudah digunakan.

Untuk video editor Anda bisa menggunakan aplikasi open source seperti Shotcut atau Openshot. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, tidak kalah dengan aplikasi video editor yang mahal. Selama Anda kreatif hasilnya juga bisa bagus.

7. Install browser

aplikasi google chrome

Download Google Chrome

Download Mozilla Firefox

Aplikasi yang wajib diinstall di Windows 10 selanjutnya adalah browser. Meskipun Windows 10 sudah memiliki browser bawaan tapi saya sangat yakin tidak banyak orang yang setia menggunakannya.

Biasanya browser bawaan Windows (Internet Explorer dan Edge) hanya digunakan saat pertama kali install Windows saja, yaitu untuk download Browser lain. Terdengar kejam tapi memang seperti itulah faktanya.

Sejauh ini, seperti biasa, aplikasi browser terbaik untuk Windows 10 adalah Google Chrome dan Mozilla Firefox. Dua browser ini adalah yang paling banyak digunakan karena memang sangat lengkap fiturnya. Kita juga dengan mudah bisa menemukan berbagai macam ekstensi yang bisa diinstall untuk berbagai keperluan kita.

Update: Saat ini browser Microsoft Edge sudah banyak mengalami peningkatan, ringan dan cepat, tampilannya juga semakin modern. Anda harus mencobanya.

8. Aktifkan System Restore Point

membuat restore point di windows 10 untuk backup

System Restore Point sangat berguna untuk melakukan roll-back sistem pada saat terjadi error yang tidak bisa diatasi.

Sewaktu-waktu akan ada saja masalah pada laptop yang membuat pekerjaan kita terganggu, seperti misalnya ada aplikasi yang tidak bisa dibuka, Windows sering blue screen, dan perangkat yang tidak bisa berfungsi seperti biasanya.

Meskipun sudah mencoba berbagai cara namun tetap saja hasilnya nihil, nah di saat seperti inilah kita bisa memanfaatkan Restore Point untuk mengembalikan laptop pada keadaan sebelumnya dimana sistemnya masih “sehat”.

Cukup dengan melakukan restore menggunakan Restore Point yang sudah dibuat maka sistem akan melakukan roll-back, dan biasanya error yang ada akan teratasi dengan sendirinya.

Pada postingan sebelumnya saya sudah buatkan tutorial lengkap bagaimana cara mengaktifkan dan membuat System Restore Point di Windows 10, Anda bisa melihatnya di sini:

Cara membuat System Restore Point di Windows

9. Pastikan Windows Security aktif dan semuanya “hijau”

settingan windows security di windows 10

Windows Security adalah antivirus terbaik untuk Windows 10 dengan syarat kita selalu memastikannya dalam keadaan update dan aktif. Jika Anda termasuk orang yang malas menginstall antivirus maka menggunakan Windows Security saja sudah cukup untuk menjaga laptop kita tetap bebas dari virus.

Fitur keamanan dari Microsoft ini akan aktif secara otomatis sejak pertama kali kita menginstall Windows 10. Untuk mengeceknya Anda bisa masuk ke Settings > Update & Security > Windows Security.

Pastikan semua tanda centang di sana berwarna hijau. Jika ada tanda seru maka segera lakukan perbaikan yang disarankan.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat di sini:

Cara mengaktifkan dan menggunakan antivirus bawaan Windows 10

Rekomendasi antivirus terbaik untuk Windows 10

10. Setting email

Untuk mendapatkan notifikasi email di laptop kita bisa menggunakan aplikasi Mail yang ada di Windows 10. Dengan cara ini kita bisa tahu dengan segera setiap kali ada email baru yang masuk dan langsung membalasnya tanpa harus membuka browser.

Aplikasi Mail di Windows 10 bisa digunakan untuk semua jenis email, baik itu Gmail, Yandex Mail, Outlook, email perusahaan tempat bekerja, email kampus, atau email custom menggunakan domain sendiri.

Cara menambahkan akun email di Windwos 10:

  1. Buka aplikasi Mail, caranya bisa dengan mengetik “mail” pada search bar lalu pilih aplikasi Mail.
  2. Klik tombol Settings (icon gear).
  3. Pilih Manage accounts.
  4. Klik tombol Add account.
  5. Pilih email provider.
  6. Login atau buat email baru.
cara menambahkan akun email baru di windows 10

Setelah email baru berhasil ditambahkan nanti setiap kali ada inbox maka notifikasinya akan muncul di laptop.

11. Optimasi settingan power plan

Salah satu cara mempercepat Windows 10 adalah menyesuaikan pengaturan Power Plan. Mungkin ini terdengar agak unik, karena terkesan antara pengaturan power dan performa Windows 10 tidak ada hubungannya. Tapi nyatanya hal ini memang cukup berpengaruh.

Windows 10 memiliki algoritma untuk menurunkan kinerja laptop pada saat baterai laptop mencapai level tertentu, terutama saat dalam keadaan low.

Hal ini tentu saja akan membuat performa laptop menjadi melambat. Mungkin Anda akan merasakan sedikit lag saat melakukan kerja berat dalam kondisi baterai mendekati low.

Untuk mencegah hal ini maka kita bisa mengubah pengaturan Power Plan agar kinerja laptop tetap kencang meskipun sedang tidak tersambung dengan charger.

Caranya:

  1. Masuk ke Control Panel
  2. Pilih Power Option
  3. Pada power plan yang aktif, klik opsi Change plan settings
  4. Pada opsi paling bawah, klik Change advanced power settings
  5. Pilih High performance atau Balanced
  6. Klik OK
ganti settingan power plan

12. Ubah pengaturan tampilan untuk performa maksimal

Memiliki tema Windows 10 yang cantik dengan efek transparan dan animasi memang sangat menyenangkan, tapi hal ini berarti kita telah mengorbankan sejumlah resource yang seharusnya bisa dimaksimalkan untuk performa.

Saya lebih suka dengan tampilan Windows yang minimalis dan flat karena hal ini bisa membuat Windows 10 terasa lebih ringan. Anda juga bisa melakukannya.

Caranya:

  1. Masuk ke Settings
  2. Pilih Personalization
  3. Klik menu Color
  4. Matikan opsi Transparency effects hingga menjadi Off
matika transparency effects

Matikan juga efek animasi, caranya:

  1. Buka Control Panel
  2. Pilih System
  3. Klik pada Advanced system settings
  4. Pilih tab Advanced
  5. Pada opsi Performance klik Settings
  6. Pada tab Visual Effects centang pada Adjust for best performance
  7. Klik OK
pengaturan untuk performa maksimal windows 10

13. Aktifkan Cortana

Cortana adalah visual assistant dengan basis AI (artificial intelligence) yang ada di Windows 10. Menggunakan Cortana adalah hal yang sangat menyenangkan sekaligus cukup bermanfaat, terutama untuk melakukan pencarian cepat tanpa harus mengetik kata kunci menggunakan keyboard.

Mengaktifkan Cortana sebenarnya tidak wajib, tapi kalau Anda ingin mencobanya maka bisa lihat caranya di sini:

Cara mengaktifkan Cortana di Windows 10

Ada banyak sekali hal yang bisa dilakukan Cortana mulai dari mematikan komputer, membuat notes, mengecek dan membacakan email masuk, melakukan pencarian web, mendefinisikan kata-kata dalam bahasa Inggris dan bahasa lainnya, hebatnya semua itu bisa kita lakukan hanya dengan perintah suara.

Setelah melakukan tips-tips di atas maka Windows 10 Anda sudah sempurna dan siap untuk digunakan. Jangan lupa untuk melakukan update secara berkala agar tetap mendapatkan fitur-fitur terbaru, semakin ke sini Windows 10 semakin bagus dan ringan. Sejauh ini Windows 10 adalah sistem operasi terbaik yang pernah saya gunakan. Selamat mencoba!

2 thoughts on “11 Hal Yang Wajib Dilakukan Setelah Install Windows 10”

Leave a Comment