Mengatasi Tidak Bisa Klik Icon Taskbar dan Start Menu

Icon pada taskbar adalah shortcut yang biasa digunakan untuk membuka aplikasi dan pengaturan dengan cepat di Windows 10, pada umumnya lokasinya ada di bagian bawah layar komputer Anda. Dalam keadaan normal, klik satu kali pada icon akan membukanya dan klik kanan akan menampilkan menu alternatif.

Tapi ada satu masalah yang mungkin akan dialami oleh pengguna yaitu tidak bisa klik dan klik kanan pada icon Taskbar. Masalah ini juga biasanya diikuti dengan tidak bisa klik Start menu dan icon pada notification area, dan tray icon area seperti tombol volume (speaker), WiFi, pengaturan bahasa, serta tanggal dan jam.

Menggunakan komputer menjadi cukup merepotkan karena semua akses cepat menjadi tidak bisa digunakan, sebagai contoh jika ingin mengatur volume atau ingin konek ke WiFi maka Anda harus masuk ke settings terlebih dahulu karena tombol speaker dan WiFi tidak bisa diklik.

Penyebab icon taskbar dan start menu tidak bisa diklik

Penyebab masalah tidak bisa klik icon taskbar dan start menu di Windows 10 bisa adalah karena adanya bug, terjadi kerusakan pada system files, atau bisa juga karena adanya masalah pada Windows Explorer.

Beberapa pengguna mengalami masalah ini setelah melakukan update, setelah menginstall atau menghapus program tertentu, atau ada juga yang mengalaminya setelah mengaktifkan cortana.

Cara mengatasi tidak bisa klik icon taskbar dan start menu di Windows 10

  1. Restart Windows Explorer dari Task Manager
  2. Jalankan System File Checker
  3. Cek bad sector pada disk dengan CHKDSK
  4. Register ulang Windows Apps dengan Windows PowerShell
  5. Gunakan Windows Troubleshooter untuk mendeteksi sumber masalah
  6. Restore Windows Health menggunakan DISM Tool
  7. Jalankan System Restore Point
  8. Reset PC

1. Restart Windows Explorer dari Task Manager

Saat mengalami masalah icon taskbar dan start menu tidak bisa diklik maka hal pertama yang harus Anda coba lakukan adalah merestart Windows Explorer. Mengapa? Karena Windows Explorer bisa saja mengalami masalah sehingga menyebabkan elemen lain seperti taskbar dan start menu menjadi tidak responsive.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Tekan tombol Windows+R untuk memunculkan jendela RUN

2. Setelah kotak dialog RUN muncul ketik perintah: taskmgr

tidak bisa klik icon taskbar dan start menu 2

3. Klik tombol OK

4. Setelah program Task Manager terbuka klik pada Tab Processes

5. Temukan program yang bernama Windows Explorer

6. Setelah ketemu klik satu kali pada program tersebut untuk memilihnya

7. Terakhir klik pada tombol Restart

tidak bisa klik icon taskbar dan start menu 3

Sesaat Anda menekan tombol Restart maka layar akan berkedip dan semua tampilan akan hilang, jangan panik, ini adalah bagian dari proses restart. Setelah selesai maka layar akan kembali ke kondisi semula.

Selanjutnya Anda bisa coba klik icon pada taskbar dan start menu apakah sudah bisa? Cek juga tombol volume, WiFi, dan notifikasi, apakah sudah bisa? Jika bisa maka masalah sudah berhasil diatasi.

Untuk mengecek apakah masalah ini benar-benar sudah hilang maka Anda bisa coba restart dulu komputer Anda, kemudian cek lagi apakah icon-icon pada taskbar sudah bisa diklik dan berfungsi normal.

2. Jalankan System File Checker

File sistem yang rusak atau terhapus bisa menyebabkan masalah dengan gejala yang berbeda-beda di Windows 10, salah satunya bisa menyebabkan icon taskbar dan start menu tidak bisa diklik. Untungnya di Windows 10 ada sebuah tool bawaan yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini yaitu System File Checker (SFC).

Anda bisa menjalankan tool ini dari Command Prompt. Nanti tool akan melakukan scanning dan berusaha mendeteksi kesalahan-kesalahan yang ada pada file sistem dan memperbaikinya secara otomatis.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama buka Command Prompt dengan akses administrator.

2. Ini biasanya bisa dilakukan dari start menu, namun karena saat ini start menu tidak bisa diklik maka Anda harus membukanya secara manual dengan mengakses langsung file programnya.

Caranya dengan masuk ke direktori:

C:\Windows\System32

3. Temukan program yang bernama cmd > klik kanan program tersebut > pilih Run as administrator.

tidak bisa klik icon taskbar dan start menu 4

4. Setelah program Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut ini:

sfc /scannow

Tekan Enter.

5. Proses scan akan dimulai, tunggu hingga selesai.

Setelah selesai Anda akan melihat apabila ada error yang berhasil dideteksi dan keterangan apakah masalah tersebut berhasil diatasi secara otomatis oleh SFC.

6. Terakhir restart komputer Anda.

Setelah komputer menyala kembali, coba cek apakah icon di taskbar dan start menu sudah bisa diklik lagi? Bila belum silakan lanjut ke langkah selanjutnya.

3. Cek bad sector pada disk dengan CHKDSK

Baik hardisk atau SSD yang digunakan sebagai media penyimpanan di komputer Anda merupakan komponen terpenting yang harus selalu dalam kondisi terbaik. Apabila terjadi masalah maka semua sistem dan program yang ada akan ikut terganggu.

Saat mengalami masalah seperti icon taskbar yang tidak bisa diklik maka salah satu langkah yang perlu dicoba adalah mengecek apakah ada kesalahan pada disk dan memperbaikinya. Hal ini bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan tool yang bernama Check Disk (CHKDSK).

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Command Prompt dengan akses administrator. Untuk caranya bisa melihat pada langkah sebelumnya.

2. Setelah program Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut ini:

chkdsk /r /f c:

Tekan Enter.

3. Apabila muncul keterangan:

Chkdsk cannot run because the volume is in use by another
process. Would you like to schedule this volume to be
checked the next time the system restarts? (Y/N)

maka ketik Y lalu tekan Enter.

tidak bisa klik icon taskbar dan start menu 5

4. Restart komputer Anda.

5. Sesaat setelah komputer menyala, proses scanning akan dimulai. Anda tinggal menunggu saja hingga prosesnya selesai.

Setelah itu komputer akan booting ulang dan masuk ke desktop. Setelah komputer menyala sempurna dan kembali ke desktop, coba cek lagi apakah icon taskbar dan start menu sudah bisa diklik.

4. Register ulang Windows Apps dengan Windows PowerShell

Cara mengatasi tidak bisa klik icon taskbar dan start menu yang selanjutnya adalah melakukan register ulang semua aplikasi bawaan Windows 10 dan aplikasi lain yang diinstall dari Microsoft Store. Tujuannya adalah untuk memperbaiki apabila terdapat kesalahan pada salah satu atau beberapa aplikasi tersebut yang menyebabkan error terjadi. Untuk melakukannya Anda harus membuka program Windows PowerShell dengan akses administrator.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Tekan tombol Windows+X pada keyboard

2. Tunggu hingga menu executable program muncul

3. Selanjutnya pilih program Windows PowerShell (Admin)

tidak bisa klik icon taskbar dan start menu 6

4. Setelah program PowerShell terbuka, copy-paste perintahh berikut ini:

Get-AppXPackage -AllUsers | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register "$($_.InstallLocation)\AppXManifest.xml"}

Tekan Enter.

5. Tunggu hingga prosesnya selesai 100%. Apabila muncul keterangan error di layar maka Anda bisa mengabaikannya. Yang perlu Anda lakukan adalah menunggu hingga proses selesai.

Setelah selesai restart komputer Anda dan cek lagi apakah masalah sudah berhasil diatasi.

5. Gunakan Windows Troubleshooter untuk mendeteksi sumber masalah

Apabila langkah ke 4 di atas sudah dilakukan namun belum ada perubahan maka solusi yang wajib dicoba selanjutnya adalah menjalankan Troubleshooter untuk mencari tahu apakah benar ada masalah pada Windows Apps yang menjadi penyebab taskbar tidak bisa diklik.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama masuk ke Settings dengan cara menekan tombol Windows+i pada keyboard

2. Pilih menu Update & Security

3. Pada panel sebelah kiri klik pada tab Troubleshoot

4. Pada panel sebelah kanan klik menu Additional troubleshooters

tidak bisa klik icon taskbar dan start menu 7

5. Tarik ke bawah lalu klik pada pilihan Windows Store Apps

6. Klik tombol Run the troubleshooter

tidak bisa klik icon taskbar dan start menu 8

Proses troubleshoot akan berjalan dan berusaha mendeteksi apakah ada masalah pada Windows Store Apps di komputer Anda. Setelah proses scanning selesai Anda akan melihat keterangan error di layar beserta rekomendasi langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Lanjutkan dengan melakukan langkah yang direkomendasikan oleh troubleshooter tersebut.

6. Restore Windows Health menggunakan DISM Tool

DISM adalah singkatan dari Deployment Image Servicing and Management, sebuah tool yang berfungsi untuk memperbaiki Windows Image dan Windows Installation Media. tool ini juga bisa digunakan untuk melakukan scan atas file-file sistem operasi yang korup dan menggantinya dengan file baru.

Bila semua langkah sebelumnya sudah dicoba namun belum berhasil maka menjalankan DISM adalah langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pastikan komputer yang Anda gunakan terhubung ke internet.

2. Buka Command Prompt dengan akses administrator, caranya bisa Anda lihat pada langkah nomor 2 di atas.

3. Setelah program Command Prompt terbuka ketik perintah berikut ini:

DISM.exe /Online /Cleanup-image /Restorehealth

Tekan Enter.

4. Tunggu hingga prosesnya selesai 100%

5. Selanjutnya maka DISM akan terhubung ke Windows Update secara otomatis dan mendownload file-file yang diperlukan untuk mengganti file sistem yang rusak.

6. Setelah semua proses selesai langkah terakhir adalah restart komputer Anda.

7. Jalankan System Restore Point

System Restore Point adalah fitur backup dan restore yang ada di sistem operasi Windows 10. Ini adalah fitur yang akan sangat berguna sekali ketika Anda mengalami error yang sulit ditemukan solusinya. Untuk mengatasi icon taskbar dan start menu yang tidak bisa diklik maka menjalankan System Restore Point adalah solusi dengan kemungkinan berhasil yang besar.

Tapi sebelumnya perlu Anda ketahui terlebih dulu, agar bisa menjalankan fitur ini maka sebelumnya Anda harus sudah mengaktifkan System Restore Point di komputer Anda dan membuat backup. Jika belum maka langkah ini tidak bisa dilakukan dan silakan skip ke langkah terakhir di bawah.

Untuk membuat Restore Point di Windows 10 bisa melihat tutorial ini: Cara membuat System Restore Point

Untuk memperbaiki tidak bisa klik icon taskbar dengan Restore Point silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama masuk ke Control Panel.

2. Gunakan opsi View by small icons lalu pilih menu Recovery.

tidak bisa klik icon taskbar dan start menu 9

3. Selanjutnya klik pada menu Open system Restore.

4. Klik tombol Next.

5. Tunggu hingga program System Restore akan terbuka setelah itu Anda akan melihat daftar Restore Point yang pernah dibuat.

6. Jika di sana terdapat lebih dari satu Restore Poin maka perhatikan tanggalnya, pilih yang memiliki tanggal paling baru.

7. Klik pada salah satu Restore Point yang akan digunakan (dengan tanggal paling baru) lalu klik tombol Next.

tidak bisa klik icon taskbar dan start menu 10

8. Terakhir klik tombol Finish.

Tunggu hingga proses restore selesai.

Perlu diketahui bahwa menjalankan System Restore ini tidak akan menghilangkan data-data Anda, namun akan berdampak pada aplikasi yang diinstall setelah Restore Point dibuat. Misalnya Restore Point dibuat pada tanggal 1, maka aplikasi yang diinstall pada tanggal 2 dan setelahnya akan terhapus ketika menjalankan restore. Namun data-data Anda tetap aman.

8. Reset PC

Solusi terakhir untuk mengatasi icon taskbar tidak bisa diklik adalah melakukan reset, ini merupakan jalan terakhir tanpa harus melakukan install ulang. Apabila Anda sudah mencoba semua cara di atas namun tidak ada yang berhasil maka melakukan reset PC dijamin akan menyelesaikan masalah Anda.

Reset PC berbeda dengan install ulang karena kita tidak memerlukan media bootable untuk melakukannya. Di Windows 10 mereset PC bisa dilakukan dengan mudah, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Tekan tombol Windows+i untuk masuk ke Settings

2. Pilih menu Update & Security

3. Pada panel sebelah kiri klik tab Recovery

4. Selanjutnya perhatikan pada menu Reset this PC > klik tombol Get started yang ada di bawahnya

tidak bisa klik icon taskbar dan start menu 11

5. Pada jendela selanjutnya akan ada dua pilihan: Keep my files dan Remove everything. Agar data-data tidak terhapus pilih opsi Keep my files.

tidak bisa klik icon taskbar dan start menu 12

6. Klik tombol Next > klik tombol Reset.

Proses reset akan dimulai, Anda tinggal menunggu saja hingga selesai. Setelah reset berhasil dilakukan maka Windows 10 Anda akan kembali seperti kondisi baru install ulang. Anda bisa mulai menginstall kembali program-program yang diperlukan.

Setelah melakukan reset maka masalah icon taskbar dan start menu yang tidak bisa diklik akan hilang dan komputer Anda menjadi normal kembali.

Semoga bisa membantu. Apabila masih mengalami kesulitan jangan sungkan untuk berkomentar di bawah.

Leave a Comment