Mengatasi Tidak Bisa Install Update Windows 10

Anda sudah download update Windows 10 tapi tidak bisa diinstall? Bila Anda lihat riwayatnya melalui menu Update history, maka akan terlihat keterangan “failed to install updates” yang berarti bahwa update gagal diinstall.

Update yang sudah didownload tidak bisa diinstall karena adanya kerusakan pada file, ini bisa terjadi ketika Anda melakukan update Windows 10 secara langsung dari menu pengaturan atau dari proses update yang berjalan sendiri secara otomatis.

Untuk mengatasi masalah tidak bisa install update ini bisa dilakukan dengan menggunakan DISM tool atau download file update secara langsung dari situs Microsoft update catalog dan menginstallnya secara manual. Artikel ini akan menjelaskan langkah demi langkah bagaimana cara melakukannya.

Cara mengatasi tidak bisa install update Windows 10

1. Buka Command Prompt dengan akses administrator

Langkah pertama adalah membuka program Command Prompt dengan akses administrator. Untuk melakukannya bisa dengan klik pada tombol Start > ketik: cmd > pada Start menu akan muncul program Command Prompt > klik pada Run as administrator.

1 mengatasi tidak bisa install update windows 10

2. Jalankan fitur RestoreHealth menggunakan tool DISM

Selanjutnya setelah program Command Prompt terbuka ketik atau copy-paste perintah berikut ini lalu tekan Enter:

DISM.exe /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Tunggu hingga proses selesai 100%

3. Restart komputer

Setelah proses download dan replace image selesai dilakukan oleh DISM, selanjutnya tutup program Command Prompt dan restart komputer Anda.

4. Buka lagi program Command Prompt

Setelah komputer menyala kembali, buka lagi program Command Prompt dengan akses administrator. Caranya sama seperti yang sudah dijelaskan pada langkah nomor 1.

5. Jalankan System File Checker

Langkah selanjutnya adalah menjalankan System File Checker dari Command Prompt, tool ini berfungsi untuk memperbaiki file sistem yang rusak secara otomatis.

Pada program Command Prompt ketik perintah berikut ini:

sfc /scannow

Tekan Enter.

Tunggu hingga proses selesai 100%

6. Update Windows

Terakhir, setelah melakukan semua langkah-langkah di atas Anda bisa coba lagi untuk melakukan update Windows 10 seperti biasa. Apabila berhasil maka proses download dan install update akan berjalan dengan normal.

Menggunakan bootable media sebagai source untuk memperbaiki Windows update yang rusak

Saat Anda menjalankan DISM pada langkah pertama tadi proses perbaikan terjadi dengan cara mengganti file sistem yang rusak dengan mengambil file baru secara online. Ini hanya bisa berjalan apabila Windows update client masih dalam keadaan normal dan bisa berfungsi.

Pada beberapa kasus, Windows update client ini bisa mengalami kerusakan sehingga melakukan perbaikan dengan cara pertama tidak bisa dilakukan. Sebagai solusinya maka kita bisa menggunakan bootable media sebagai source untuk mengganti file-file yang rusak secara offline.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buat media bootable Windows 10

Pertama Anda memerlukan media bootable yang akan digunakan sebagai source, Anda bisa menggunakan flashdisk, DVD, atau hardisk eksternal.

Untuk membuatnya tidaklah sulit, silakan lihat tutorial ini:

2. Buka program Command Prompt dengan akses administrator

Selanjutnya buka program Command Prompt dengan izin akses sebagai administrator, caranya bisa lihat pada langkah sebelumnya.

3. Jalankan DISM RestoreHealth menggunakan source dari media bootable

Setelah program CMD terbuka, selanjutnya Anda bisa menjalankan tool DISM dengan menggunakan media bootable sebagai sumber file untuk melakukan perbaikan.

Ketik atau copy-paste perintah berikut ini:

DISM.exe /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth /Source:E:\RepairSource\Windows /LimitAccess

Catatan: ganti E: dengan drive letter media bootable Anda, ini mungkin berbeda-beda pada tiap komputer, bisa F:, G:, I: dan seterusnya. Silakan sesuaikan dengan komputer Anda masing-masing.

Tekan Enter pada keyboard untuk mengeksekusi perintah.

Tunggu hingga prosesnya selesai.

4. Restart komputer Anda

Setelah proses perbaikan selesai hingga 100% selanjutnya tutup program Command Prompt dan cabut media bootable dari komputer Anda. Restart komputer untuk menyegarkan sistem.

5. Coba jalankan lagi Windows Update

Sekarang proses perbaikan menggunakan DISM tool sudah berhasil dilakukan, selanjutnya Anda bisa coba untuk menjalankan Windows Update seperti biasa dan lihat apakah sudah berjalan dengan normal lagi.

Solusi gagal install update Windows 10: lakukan update secara manual

Apabila proses install update otomatis tidak bisa dilakukan dan selalu muncul keterangan “failed to install” update maka sebagai alternatif solusinya Anda bisa mencoba download dan install file update tersebut secara manual.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Lihat file kode file update yang gagal diinstall

Pertama Anda buka Settings > Update & Security > Windows Update > View update history.

2 mengatasi tidak bisa install update windows 10

Di sana kan terlihat daftar update yang sudah didownload beserta statusnya apakah gagal atau berhasil diinstall. Di ujungnya akan ada kode yang diawali dengan huruf KB, contohnya KB5003173.

3 mengatasi tidak bisa install update windows 10

Anda tinggal lihat status udpatenya, update yang gagal diinstall akan ada keterangan Failed to install > lihat kode filenya dan salin di Notepad.

2. Buka situs Microsoft Update Catalog

Selanjutnya buka browser kemudian masuk ke situs Microsoft Update Catalog di sini: https://www.catalog.update.microsoft.com/Home.aspx

3. Search file update menggunakan kode yang tadi disalin ke Notepad

Buka Notepad yang tadi Anda gunakan untuk menyimpan kode file, copy-paste kode tersebut ke kolom search situs Microsoft Update Catalog. Klik tombol Search untuk memulai pencarian.

4. Download file udpate yang sesuai dengan sistem komputer Anda

Hasil pencarian akan muncul, di sana akan muncul semua versi update dengan kode yang sama dengan yang Anda gunakan. Pilih update yang sesuai dengan sistem pada komputer Anda.

Sebagai contoh komputer kami menggunakan Windows 10 versi 21H1 64bit, maka file yang dipilih adalah Version 21H1 for x64-based Systems.

4 mengatasi tidak bisa install update windows 10

5. Klik tombol Download untuk memulai proses download file

Setelah menemukan file yang sesuai dengan komputer Anda selanjutnya klik tombol Download untuk menyimpan file ke komputer

6. Install file update secara manual

Terakhir, install file update yang sudah selesai didownload dengan cara klik dua kali pada file tersebut untuk menjalankannya > klik Yes > Next > ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.

Setelah proses install selesai restart komputer Anda.

Itulah beberapa solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tidak bisa install update di Windows 10. Semoga bisa bermanfaat, apabila masih mengalami problem silakan komentar di bawah, kami akan berusaha membantu.

Leave a Comment