Mengatasi Tidak Bisa Extend Volume Drive C dan Drive D

Masalah yang sering dihadapi saat menambah ukuran partisi hardisk menggunakan Disk Management adalah menu Extend volume yang tidak bisa dijalankan.

Anda mungkin akan mengalami masalah sepreti ini: Disk Managemenr bisa digunakan untuk mengecilkan partisi (shrink), tetapi ketika ingin menambahkannya ke partisi lain menu Extend volume tidak bisa diklik.

Partisi unallocated hasil shrink bisa dibuat menjadi partisi baru namun tidak bisa untuk Extend volume ke partisi lainnya, baik itu drive C, drive D, maupun partisi lain di hardisk.

Jika Anda mengalami masalah yang sama, coba ikuti tutorial berikut ini.

Cara mengatasi tidak bisa extend drive C dan drive D di Windows 10

1. Download dan install aplikasi partition manager

Untuk bisa extend partisi drive C dan drive D di Windows kita membutuhkan bantuan software partition manager. Aplikasi berfungsi untuk extend partisi pada hardisk atau membuat partisi yang baru.

Misalnya drive C pada komputer Anda hanya memiliki kapasitas yang terlalu kecil, maka kita bisa extend agar partisinya bertambah dengan menggunakan software ini. Ada beberapa software bisa Anda gunakan secara gratis, tapi yang akan kita gunakan pada tutorial ini adalah AOMEI Partition Assistant.

Download software AOMEI Partition Assistant di sini: Download

Setelah selesai download, install software ke komputer Anda seperti biasa. Apabila ada penawaran untuk melakukan upgrade klik tombol Skip.

2. Jalankan aplikasi Partition Assistant

Langkah kedua jalankan software partisi yang sudah diinstall dengan cara klik dua kali pada icon yang ada di desktop.

3. Resize partisi yang ingin diambil untuk extend

Selanjutnya kita perlu melakukan resize pada partisi yang ada di sebelah partisi yang ingin di extend. Misalnya Anda ingin extend partisi drive C maka harus resize partisi yang ada di sebelahnya yaitu drive D. Begitu juga sebaliknya.

Pada aplikasi AOMEI > klik kanan drive D > pilih Resize Partition.

cara mengatasi tidak bisa extend partisi 1

Pada jendela selanjutnya tentukan kapasitas yang ingin diambil untuk extend drive C. Caranya dengan menggeser slider ke kanan hingga mendapatkan ukuran yang diinginkan.

cara mengatasi tidak bisa extend partisi 2

Perhatikan pada bagian Unallocated space before, nilai yang ada di kolom tersebut adalah ruang yang akan ditambahkan ke drive C. Silakan tentukan sendiri sesuai kebutuhan masing-masing.

Setelah selesai klik pada tombol OK>

4. Klik Apply untuk memulai proses resize

Setelah kembali ke jendela utama AOMEI, klik pada tombol Apply yang ada di pojok kiri atas untuk memulai proses resize.

cara mengatasi tidak bisa extend partisi 3

5. Extend drive C

Langkah selanjutnya adalah melakuakn extend pada drive C. Caranya klik kanan pada drive C lalu pilih Resize Partition.

cara mengatasi tidak bisa extend partisi 4

Pada jendela selanjutnya tarik slider ke arah kanan hingga penuh ke ujung. Setelah itu klik tombol OK.

cara mengatasi tidak bisa extend partisi 5

Selanjutnya klik tombol Apply > Proceed. Tunggu hingga proses extend selesai.

Sampai di sini kita sudah berhasil melakukan extend drive C. Trik ini juga bisa Anda pakai untuk extend drive lainnya seperti drive D, E, dan seterusnya.

Beberapa penyebab drive C dan drive D tidak bisa extend

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa drive C dan drive D tidak bisa extend menggunakan Disk Management di Windows 10?

Pada program Disk Management di Windows 10, unallocated space bisa digunakan untuk membuat volume baru atau digabungkan ke partisi yang lain.

Pada saat ingin melakukan extend volume maka harus ada unallocated space di sebelah partisi tersebut, dan untuk menciptakan unallocated space hanya ada dua cara yaitu menghapus atau shrink (mengurangi) partisi lain disebelahnya.

Disk Management punya banyak kekurangan dalam hal ini, sehingga seringkali kita tidak bisa melakukan extend volume. Karena itulah kami lebih menyarankan untuk menggunakan program partisi pihak ketiga.

Beberapa penyebab lain mengapa Disk Management bisa extend volume adalah karena format hardisk yang digunakan dan jenis partisinya. Disk Management tidak bisa extend hardisk atau drive lain dengan format FAT32. Disk Management juga tidak bisa extend volume hardisk dengan kapasitas melebihi 2TB pada tipe partisi MBR.

18 thoughts on “Mengatasi Tidak Bisa Extend Volume Drive C dan Drive D”

  1. Gan kalau di opsi D nya ngga ada resize/mkve partition gimana ya? Ane baru beli laptop buat ade dan partisi C nya cuma 32gb soalnya.

    Reply
  2. Setelah saya selesai dan berhasil, data/file di Local Disk (D:) khusus untuk Microsoft Office semua menjadi 0 kb, apakah ada solusi untuk memperbaikinya ?

    Reply
    • coba jalankan command prompt dengan akses administrator,
      lalu ketik perintah:

      chkdsk d: /f /r /x

      tekan Enter, tunggu sampai proses selesai.

      Reply
  3. Bang tetep gabisa, bisa tapi cuma bisa ke C sedangkan yg saya mau tambahin itu partisi E, udh coba pake software lain yg emng bisa tapi gagal di tengah jalan, alhasil sebagian besar aplikasi yg saya punya eror semua gabisa dibuka dan malah disuruh insert disc.
    saya udh tau masalah disuruh insert disc itu karena drive letter yg saya pake untuk apk apk itu adalah E sedangkan skrng sudah berganti jadi D dan disc itu skrng di huruf Etapi saya tidak tahu cara mengubah Drive letter disc tersebut. Tolong petunjuknya ya bang

    Reply
    • Mengganti drive letter bisa dilakukan lewat Disk Management gan.
      Langkah-langkahnya sangat mudah:
      – Buka program Disk Management. Caranya: tekan tombol Windows+R > ketik diskmgmt.msc > klik OK.
      – Nanti akan terlihat semua partisi di hardisk
      – Klik kanan partisi E
      – Pilih Change drive letter and paths

      Reply
  4. Bang apakah NTFS Bitlocker Encrypted pengaruh ke extend partisi C? Karena sudah dicoba tetap tidak bisa klik resize, mohon petunjuknya.

    Reply
    • BitLocker Encryption-nya dimatiin dulu gan.

      Caranya masuk ke Control Panel > BitLocker Drive Encryption > Turn off BitLocker

      Setelah itu restart komputer.

      Reply
  5. Bang laptop saya cuma ada ssd 512gb terus disk c saya 115gb udah penuh sedangkan masih ada free space 300gb lebih. Supaya free spacenya itu bisa digunain gimna bang?

    Reply
    • Ini maksudnya yang 300GB lebih itu statusnya masih unallocated alias belum di-partisi ya? kalo mau dipake tinggal dibuat partisi baru aja gan, pake format NTFS.

      Reply

Leave a Comment