Cara Mengatasi This media file appears to be missing Whatsapp

Ketika Anda ingin membuka foto, video, audio, atau dokumen lama yang dikirimkan lewat WhatsApp seringkali muncul pesan error “This media file appears to be missing” yang menyebabkan file tersebut tidak bisa dibuka atau di download. Padahal sebelumnya file bisa di download ke galeri atau memori hp. Biasanya ini terjadi ketika file asli sudah dihapus sehingga tidak bisa dibuka kembali.

Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa dilakukan, mulai dari mereset DNS, meminta kirim ulang oleh pengirim file, atau memeriksa apakah ada kerusakan pada SD card atau memori hp Anda. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Cara Mengatasi This media file appears to be missing Whatsapp

1. Buka Pengaturan atau Settings di hp Anda

Langkah pertama Anda masuk dulu ke menu Pengaturan dengan cara klik icon Settings yang ada di bilah notifikasi atau di dalam folder aplikasi.

2. Pilih menu Konektivitas atau Connection

Selanjutnya temukan dan pilih menu pengaturan Konektivitas atau Connection dalam bahasa Inggris.

This media file appears to be missing 7

3. Pilih menu Jaringan seluler atau Mobile Networks

Di dalam menu koneksi Anda akan melihat beberapa pilihan pengaturan. Tap pada menu yang bernama Jaringan seluler, Jaringan mobile, atau Mobile networks jika menggunakan bahasa Inggris.

This media file appears to be missing 8

4. Pilih menu Access Point Names (APN)

Selanjutnya temukan menu yang bernama APN atau Access Point Names lalu tap satu kali untuk melihat opsi yang ada.

This media file appears to be missing 9

5. Reset APN

Pada halaman selanjutnya tap tanda titik tiga yang ada di pojok kanan atas kemudian pilih Reset to default.

This media file appears to be missing 10
This media file appears to be missing 11

6. Reset Network operators

Kembali ke halaman sebelumnya kemudian temukan dan tap menu yang bernama Network operators atau Network provider, nama menu bisa berbeda-beda, intinya ini adalah menu untuk memilih operator seluler.

This media file appears to be missing 14

Pada halaman selanjutnya akan ada opsi untuk memilih Network operator secara otomatis, saat ini posisinya dalam keadaan aktif. Anda matikan opsi Select automatically tersebut, kemudian diamkan selama 1 menit.

This media file appears to be missing 12

Setelah satu menit, nyalakan kembali pengaturan pemilihan Network operator secara otomatis dengan cara menghidupkan opsi Select automatically.

This media file appears to be missing 13

7. Keluar semua jendela pengaturan dan buka WhatsApp

Setelah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar, tutup semua jendela pengaturan. Kemudian jalankan WhatsApp, jangan lupa untuk menjalankan WhatsApp dari awal, caranya dengan clear memory dulu baru jalankan ulang WhatsApp.

Bila trik ini berhasil seharusnya semua media Anda yang ada di chat WhatsApp sudah bisa di download kembali.

Tips 2: cek koneksi internet yang Anda gunakan

Masalah tidak bisa download media di WhatsApp dengan pesan “This media file appears to be missing” ini terkadang disebabkan karena masalah sepele seperti koneksi internet yang sedang mengalami gangguan.

Anda bisa coba gunakan hp untuk browsing atau membuka aplikasi lain dan lihat apakah internet bisa berjalan? Jika ternyata tidak maka besar kemungkinan yang menjadi masalah adalah koneksi internet Anda.

Apabila Anda menggunakan provider tertentu maka bisa menanyakan teman atau keluarga yang menggunakan provider yang sama, apakah mereka juga mengalami error ini?

Alternatif lainnya Anda juga bisa memastikan dengan cara mengganti koneksi internet menggunakan WiFi atau sumber lain, jangan lupa untuk restart terlebih dahulu aplikasi WhatsApp dengan cara menutupnya dan clear memory kemudian jalankan lagi. Jika masalah ada pada koneksi internet seharusnya langkah ini bisa memperbaikinya.

Tips 3: minta kirim ulang file kepada pengirim

Penyebab paling umum This media file appears to be missing di Whatsapp adalah file media tersebut sudah terhapus dari hp Anda. Ini sering terjadi ketika Anda bersih-bersih galeri dan menghapus foto, video, audio, pdf, word, dan dokumen lain yang dikirim dari WhatsApp. Ketika membukanya kembali dari chat maka media tersebut tidak bisa didownload ulang.

Selain itu, memindahkan WhatsApp ke hp baru tanpa ikut memindahkan media juga bisa menyebabkan semua file yang ada di chat tidak bisa didownload di hp baru. Ini sering terjadi ketika Anda memilih opsi backup chat tanpa backup media kemudian memindahkannya ke hp lain.

Untuk mengatasi masalah ini bisa dengan tips pertama yang kami berikan di atas. Namun jika tidak berhasil dan file tersebut sangat Anda butuhkan maka solusi paling jitu adalah dengan meminta pengirim untuk mengirim ulang.

Tips 4: periksa izin akses WhatsApp ke storage

Setiap aplikasi yang ada di hp Anda membutuhkan izin (permission) agar bisa mengakses semua file yang ada di memori hp, baik itu SD card maupun internal. Jika izin tidak diberikan maka aplikasi tidak bisa mengakses memori Anda, termasuk WhatsApp.

Secara default izin akan diminta ketika pertama kali menginstall WhatsApp, namun ini bisa berubah sewaktu-waktu karena tidak kesengajaan atau berubah pada saat pembaruan aplikasi. Oleh karena itu Anda perlu mengecek ulang izin akses WhatsApp ke storage dan pastikan izin sudah diberikan.

ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka menu Pengaturan atau Settings
  2. Tap pada menu Apps atau Aplikasi atau Manajer Aplikasi
  3. Temukan aplikasi WhatsApp
  4. Tap satu kali pada aplikasi WhatsApp
  5. Tap lagi pada menu Persmissions atau Izin
  6. Pastkan menu Storage atau Penyimpanan dalam keadaan aktif
This media file appears to be missing 3
This media file appears to be missing 4

Tips 5: restore chat Whatsapp

Cara lain untuk mengatasi This media file appears to be missing adalah dengan melakukan restore dari backup yang Anda buat ke Google drive (cloud) maupun local backup yang tersimpan di memori hp. Untuk bisa mengembalikan media, syarat wajibnya adalah pada saat membuat backup Anda memilih opsi untuk backup media. Jika tidak maka silakan lewati langkah ini.

Perhatian! metode ini membutuhkan Anda melakukan reisntall aplikasi WhatsApp. Cek ulang apakah Anda memiliki backup. Jika tidak maka semua chat yang ada sekarang akan hilang dan tidak bisa dikembalikan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Hapus atau Uninstall aplikasi WhatsApp di hp Anda
  2. Install kembali aplikasi WhatsApp yang baru dari Playstore bagi pengguna Android atau Appstore bagi pengguna iPhone
  3. Buka aplikasi yang sudah diinstall
  4. Login kembali menggunakan nomor WhatsApp Anda
  5. Pada halaman setelah login akan muncul opsi untuk mengembalikan chat, tekan tombol RESTORE > pilih akun Gmail Anda > pilih Allow.
  6. Proses restore akan dimulai dan Anda hanya perlu menunggu hingga selesai
  7. Whatsapp siap digunakan kembali
This media file appears to be missing 6

Setelah melakukan restore, semua chat Anda yang ada sebelumnya akan kembali seperti semula. Coba periksa apakah file dan media yang ada di chat bisa dibuka? Jika bisa maka Anda bisa download kembali file yang dibutuhkan.

Tips 6: periksa apakah ada masalah pada penyimpanan

Penyimpanan hp yang bermasalah sering kali menyebabkan file yang ada di dalamnya menjadi korup atau rusak. Ini sering terjadi pada penyimpanan SD card, namun tidak menutup kemungkinan bisa juga terjadi pada memori internal.

Ketika Anda tidak bsia dowload media dari chat WhatsApp dengan pesan error This media file appears to be missing Whatsapp maka salah satu langkah yang perlu dilakukan adalah memeriksa apakah ada masalah pada penyimpanan Anda.

Tips 7: set tanggal secara otomatis

Tanggal dan waktu pada hp bisa diatur secara manual atau otomatis dengan mengikuti provider yang Anda gunakan (menggunakan jaringan). Ketika di atur secara otomatis maka jam dan tanggal akan selalu sinkron dengan jaringan dan selalu tepat, namun jika di atur secara manual maka bisa terjadi kesalahan pengaturan waktu terutama ketika melakukan restart atau reset hp.

Meskipun terlihat tidak ada hubungannya, namun pengaturan waktu yang tidak sesuai ini juga bisa menyebabkan WhatsApp tidak bisa download media dari chat yang sudah diterima. Untuk mengatasi masalah ini Anda bisa melakukan langkah sederhana dengan menyetel pengaturan waktu secara otomatis.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Pengaturan atau Settings
  2. Scroll ke bawah kemudian temukan menu Date and Time atau Pengaturan waktu
  3. Tap satu kali
  4. Centang pada pilihan Automatic date and time atau Pengaturan waktu otomatis
  5. Centang pada pilihan Automatic time zone atau Zona waktu otomatis
This media file appears to be missing 5
This media file appears to be missing 1

Penutup

This media file appears to be missing di WhatsApp merupakan masalah yang pernah dialami banyak orang, ketika mengalami masalah ini Anda tidak perlu panik. Masih ada beberapa langkah yang bisa dilakukan seperti yang sudah kami jelaskan di atas.

Penyebab paling umum masalah ini terjadi karena file asli yang didapat dari chat sudah terhapus di memori hp Anda, baik itu secara sengaja seperti melakukan bersih-bersih galeri atau bahkan melakukan factory reset maupun secara tidak sengaja seperti masalah pada storage atau file yang korup.

Untuk mencegah terjadinya masalah ini terhadap file-file yang penting, maka tidak ada salahnya jika Anda membuat backup secara rutin ke media penyimpanan cloud seperti Google drive atau layanan lainnya yang saat ini sudah banyak tersedia secara gratis.

Masih mengalami kesulitan? Coba tanyakan lewat kolom komentar, sebisa mungkin kami akan membantu Anda.

Leave a Comment