Spesifikasi Minimum Windows 10 Untuk PC dan Laptop

Sebelum Anda memutuskan untuk install Windows 10, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu apakah spesifikasi laptop atau PC yang Anda gunakan sudah memenuhi syarat minimum (system requirements).

Hal ini cukup penting agar nanti ketika Anda sudah menggunakan Windows 10 tidak ditemui masalah-masalah seperti kinerja yang terasa lambat atau driver yang sulit ditemukan.

Apa itu Windows 10?

Windows 10 adalah salah satu seri dari sistem operasi yang dikembangkan oleh Microsoft untuk perangkat komputer, laptop, tablet, dan perangkat IoT (internet of things). Windows 10 termasuk dalam dalam keluarga Windows NT yang kabarnya akan menjadi seri terakhir (the last version of Windows), artinya tidak ada lagi seri di atasnya.

Inilah yang membuat Windows 10 diklaim akan menjadi OS paling powerful yang pernah diciptakan oleh Microsoft karena hingga saat ini mereka terus melakukan peningkatan-peningkatan. Bagi para pengguna PC, tidak ada pilihan lain selain melakukan upgrade karena versi Windows di bawahnya dalam beberapa tahun ke depan akan berhenti mendapatkan dukungan.

Spesifikasi minimum Windows 10

CPU1Ghz
RAM1GB untuk 32-bit dan 2GB untuk 64-bit
Harddisk16GB untuk 32-bit dan 20GB untuk 64-bit
Kartu grafisDirectX 9 ke atas dengan WDDM 1.0 driver
Display800 x 600
Tabel 1. Spesifikasi minimum Windows 10

Spesifikasi di atas adalah data dari Microsoft, yang merupakan syarat paling minimal untuk bisa menjalankan Windows 10. Tetapi perlu diingat jika menjalankan Windows 10 dengan spesifikasi terendah tidak akan memberikan pengalaman yang memuaskan. Tidak banyak yang bisa Anda lakukan oleh CPU 1Ghz dan RAM 2GB hari ini.

Jika Anda mengalami masalah seperti sistem yang terasa sangat berat dan lambat, mungkin sudah saatnya Anda memikirkan untuk membeli laptop yang baru.

Spesifikasi rekomendasi untuk Windows 10

CPUIntel Core i3 5th 2,5Ghz atau yang setara
RAM4GB untuk 32-bit dan 8GB untuk 64-bit
SSD128GB
Kartu grafisIntel HD Graphics 4000 ke atas, Dedicated VGA (AMD, NVIDIA)
Display1366 x 768, 1920×1080
Tabel 2. Spesifikasi minimum rekomendasi

Untuk mendapatkan performa yang cepat maka spesifikasi minimum di atas bisa dikatakan cukup ideal. Anda bisa mengharapkan Windows 10 akan bekerja lebih smooth dan nyaman saat menjalankan berbagai aplikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan Anda.

Untuk meningkatkan performa Windows 10, kita juga bisa melakukan modifikasi pada beberapa pengaturan, kami sudah merangkumnya di sini: Cara mempercepat Windows 10.

Cara melihat apakah spesifikasi laptop Anda bisa menjalankan Windows 10 atau tidak

Berikut ini beberapa cara untuk melihat spesifikasi hardware pada laptop:

Menggunakan Computer Properties

  1. Temukan icon Computer di desktop
  2. Klik kanan icon Computer
  3. Pilih Properties

Menggunakan perintah msinfo32

  1. Tekan tombol Windows+R pada keyboard
  2. Ketik msinfo32
  3. Klik OK

Menggunakan Directx Diagnostic

  1. Tekan tombol Windows+R pada keyboard
  2. Ketik dxdiag
  3. Klik OK

Menggunakan Command Prompt (CMD)

  1. Buka Command Prompt
  2. Ketik perintah systeminfo
  3. Tekan enter

Beberapa metode di atas adalah perintah yang bisa digunakan untuk melihat spesifikasi hardware pada PC dan laptop.

Selanjutnya Anda tinggal mencocokkan dengan tabel spesifikasi minimum yang sudah kami berikan, lebih bagus lagi jika laptop Anda masuk dalam kategori spesifikasi yang direkomendasikan.

Semoga membantu.

Leave a Comment