Software Yang Wajib Diinstall Setelah Install Ulang Windows 10

Setelah melakukan install ulang Windows 10 ada beberapa software yang wajib diinstall untuk melakukan tugas-tugas dasar di komputer. Dikatakan wajib karena software ini yang paling sering dibutuhkan dan digunakan.

Pada artikel ini kami sudah merangkum daftar sofware apa saja yang harus ada di laptop setelah migrasi ke Windows 10. Silakan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing.

Windows 10 memang sudah dibekali dengan aplikasi-aplikasi bawaan seperti video player, photo editor, browser, text editor dan aplikasi dasar lainnya yang bisa langsung Anda pakai. Namun fitur-fiturnya sangat terbatas sehingga tidak cukup untuk memenuhi semua kebutuhan kita. Oleh karena itulah kita memerlukan aplikasi tambahan untuk memudahkan pekerjaan yang sedang dilakukan.

Berikut ini adalah daftar software yang wajib Anda install setelah install ulang Windows 10:

1. Driver

driver yang wajib diinstall setelah install windows 10

Proses install driver di Windows 10 sebenarnya bisa dilakukan secara otomatis yaitu dengan melakukan update.

Windows akan mendeteksi semua perangkat keras yang ada di laptop dan mencari drivernya di server, jika ada yang sesuai maka akan diinstall secara otomatis. Dengan demikian Anda tidak perlu lagi mencarinya satu per satu secara manual.

Akan tetapi Windows mungkin tidak memiliki driver untuk beberapa perangkat tertentu seperti kartu grafis (terutama dedicated VGA), keyboard dan mouse gaming, perangkat sensor, dan sejenisnya. Oleh karena itu Anda harus cek lagi driver apa saja yang belum terinstall di laptop Anda.

Driver yang harus diinstall setelah install ulang Windows 10:

  1. Dedicated Graphics driver (NVIDIA, AMD)
  2. Integrated Graphics driver (Intel HD Graphics)
  3. Wi-Fi driver
  4. Ethernet (LAN) driver
  5. Bluetooth driver
  6. Audio driver (Intel HD Audio, Realtek)

Panduan berikut ini akan membantu Anda:

2. Browser

browser

Software pertama yang akan Anda butuhkan setelah install ulang Windows 10 adalah browser, yang akan digunakan mengakses internet dan download software-software lainnya.

Microsoft Edge

Di Windows 10 sudah ada browser bawaan yang bernama Microsoft Edge, browser ini sudah cukup bagus dan siap digunakan. Microsoft Edge dibangun dari kode sumber Chromium, sama seperti Google Chrome. Sudah banyak peningkatan pada versi terbaru browser ini dan saat dijalankan di Windows 10 juga cukup ringan.

Fitur-fitur pada Microsoft Edge sudah teroptimasi untuk bekerja dengan baik pada ekosistem Windows 10. Microsoft Edge terintegrasi dengan layanan Microsoft lainnya seperti Bing, Office 365, Outlook, dan OneDrive.

Bagi Anda yang full menggunakan produk-produk Microsoft dan sangat nyaman dengan ekosistem Windows maka browser ini adalah pilihan yang cocok.

Kekurangan Microsoft Edge terletak pada ketersediaan ekstensi yang masih sangat minim. Hal ini disebabkan karena belum adanya dukungan dari komunitas pengembang seperti pada Google Chrome dan Mozilla Firefox.

Google Chrome

Google Chrome adalah browser buatan Google yang paling banyak penggunanya. Browser ini bisa berjalan dengan baik di Windows 10. Salah satu kelebihan Google Chrome adalah ketersediaan ekstensi yang lengkap untuk berbagai keperluan. Google Chrome ada di bawah lisensi freeware milik Google dan siapa saja bebas menggunakannya.

Download Google Chrome

Mozilla Firefox

Pilihan kedua adalah Mozila Firefox yang juga merupakan browser populer yang paling banyak digunakan setelah Google Chrome. Firefox merupakan free open source software yang bisa Anda gunakan secara gratis, dan bisa dimodifikasi kode programnya sesuai kebutuhan

Firefox juga memiliki dukungan ekstensi yang cukup lengkap. Salah satu kelebihan Firefox adalah fitur privacy protection yang akan melindungi privasi Anda saat melakukan kegiatan berselancar di internet.

Download Mozilla Firefox

2. Multimedia Player

media player

Software yang wajib Anda install setelah install ulang laptop yang selanjutnya adalah Multimedia Player. Software ini akan Anda butuhkan untuk membuka file video, audio, animasi, dan berbagai format multimedia lainnya.

Di Windows 10 sebenarnya sudah ada software bawaan yang bisa digunakan, akan tetapi fitur dan dukungan formatnya sangat terbatas. Berikut ini adalah beberapa software yang cukup bagus.

VLC Media Player

Untuk memutar file video Anda bisa menggunakan VLC Media Player. Software ini merupakan salah satu video player terbaik dengan dukungan format yang sangat luas dan ringan dijalankan di Windows 10. VLC merupakan open source software sehingga bisa digunakan secara gratis pada semua perangkat yang Anda miliki.

Media Player Classic Home Cinema

Sebagai alternatif Anda juga bisa menggunakan Media Player Classic (MPC-HC) yang memiliki fungsi sama sebagai pemutar video. Software ini juga berbasis open source yang didedikasikan untuk berjalan di sistem operasi Windows. MPC-HC sangat ringan dan mendukung hampir semua format video populer sepeti mp4, mkv, dan avi.

AIMP

Software yang wajib Anda install setelah install ulang Windows 10 selanjutnya adalah pemutar audio (mp3). Anda bisa menggunakan AIMP secara gratis. Software ini cukup ringan dengan tampilan yang bagus dan mudah digunakan.

Winamp

Sebagian dari Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan Winamp. Software ini juga berfungsi untuk memutar mp3 di PC dan laptop dengan tampilan yang bisa dikostumasi dengan skin sesuai selera.

3. File Archiver

file archiver

Software yang harus diinstall pertama kali setelah install ulang berikutnya adalah file archiver. Software ini berfungsi untuk mengelola file dengan format arsip (zip, rar, 7z, tar, gz).

7Zip

7zip adalah software yang bisa Anda andalkan untuk mengekstrak dan mengarsipkan file dalam berbagai format arsip. Setelah diinstall 7zip akan terintegrasi dengan context menu pada explorer Windows sehingga mempermudah dalam penggunaannya.

Untuk mengekstrak dan mengarsipkan file Anda tinggal klik kanan pada file mana saja yang diinginkan kemudian pilih menu 7zip yang muncul pada context menu. 7zip merupakan aplikasi open source yang 100% gratis.

WinRAR

WinRAR juga bisa jadi pilihan Anda untuk mengelola file arsip. Aplikasi ini juga bisa digunakan secara gratis dengan status trial. WinRAR juga mendukung integrasi dengan context menu explorer Windows sehingga bisa diakses dengan mudah melalui menu klik kanan. Apabila muncul permintaan untuk melakukan upgrade ke versi berbayar maka Anda jawab No, WinRAR bisa dipakai selamanya dalam status trial.

4. Office Software

software office

Office Software merupakan kategori software yang dipergunakan untuk keperluan pekerjaan kantor dan pendidikan. Microsoft memiliki aplikasi office yang sangat populer (Microsoft Office), namun aplikasi ini tidak gratis. Anda harus membeli versi berbayar agar bisa menggunakannya.

Sebagai alternatif Anda bisa menggunakan aplikasi office yang gratis, seperti:

Libre Office

Software office rekomendasi yang pertama adalah Libre Office yang bisa Anda gunakan secara gratis sepenuhnya karena merupakan free open source software.

Libre Office dikembangkan dari kode sumber Open Office dengan banyak sekali peningkatan, terutama dari segi UI dan kemudahan dalam penggunaannya. Di dalamnya berisi aplikasi office yang lengkap sebagai pengganti Microsoft Office yaitu Writer (word), Calc (spreadsheet/excel), Impress (presentations/ppt), Draw (diagrams), Base (database/access), Math (formula editor).

Apache Open Office

Open Office adalah pionir software office berbasis open source yang sudah dikembangkan selama 20 tahun belakangan ini. Aplikasi ini bisa digunakan secara cross platform pada Windows, macOS, dan Linux. Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif dari aplikasi Microsoft Office yang berbayar.

Office 365 Online (web)

Anda bisa menggunakan software Microsoft Office secara gratis dengan mengakses aplikasi Office 365 versi web. Di dalamnya juga terdapat program Word, Excel, dan PowerPoint, namun hanya bisa digunakan lewat browser. Untuk mengaksesnya yang Anda butuhkan adalah akun Microsoft atau email outlook.

Akses Office 365 dari sini: https://www.office.com/

Google Docs, Sheets, Slides (web)

Alternatif software office lainnya adalah aplikasi berbasis web yang diciptakan oleh Google. Software ini juga berbasis web dan bisa digunakan dengan gratis, syaratnya Anda harus memiliki akun Google (gmail).

Anda bisa mengakses aplikasinya dari sini: https://docs.google.com/

5. Windows Photo Viewer

windows photo viewer

Di Windows 10, software untuk membuka foto bukan lagi Windows Photo Viewer melainkan diganti menjadi Microsoft Photos. Bagi yang migrasi dari Windows 7 pasti akan merasa kurang nyaman menggunakannya karena tampilannya yang berbeda dan menu navigasinya yang tidak selengkap Windows Photo Viewer.

Untuk mengembalikan Windows Photo Viewer di Windows 10 kita harus mengaktifkannya terlebih dahulu dengan melakukan modifikasi pada registry entry. Lihat caranya di sini: Cara mengembalikan Windows Photo Viewer

6. Photo Editor

aplikasi pesan singkat

Software yang harus ada setelah install Windows 10 yang selanjutnya adalah editor foto. Di Windows 10 sebenarnya sudah ada software edit foto bawaan yaitu Paint, namun aplikasi ini punya fitur yang sangat minim sehingga kita perlu software tambahan dengan fitur yang lebih lengkap.

Berikut ini adalah rekomendasi editor foto di Windows 10 yang bagus dan bisa digunakan secara gratis.

PhotoScape X

PhotoScape X adalah versi PhotoScape yang dibuat khusus untuk Windows 10 dan macOS. Di dalamnya terdapat fitur-fitur editing yang cukup lengkap dan bisa digunakan secara gratis. Tersedia juga opsi untuk upgrade ke versi Pro jika Anda benar-benar menyukainya, tapi menggunakan versi gratis saja sebenarnya sudah cukup.

GIMP

Jika membutuhkan software edit foto yang lebih lengkap maka Anda bisa menggunakan GIMP, terutama jika yang Anda butuhkan adalah aplikasi yang lengkap seperti Photoshop. GIMP merupakan software berbasis open source yang bisa Anda gunakan secara gratis. Di dalamnya terdapat fitur yang tidak kalah canggihnya dengan editor foto profesional berbayar.

7. Video Editor

video editor

Untuk keperluan mengedit video maka kita membutuhkan software video editor. Sayangnya Windows 10 tidak menyediakan aplikasi edit video bawaan yang bisa kita gunakan sehingga harus menginstall software tambahan.

Ada beberapa pilihan aplikasi edit video gratis yang bisa Anda gunakan di Windows 10, yaitu:

OpenShot

Openshot adalah aplikasi video editor berbasis open source yang bisa digunakan pada Windows dan Linux secara gratis. Aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti multi-layer editing dan audio mixing. Bagi para Youtuber pemula yang ingin mendapatkan hasil editan yang terlihat profesional maka software satu ini wajib dicoba.

Shotcut

Pilihan software edit video yang selanjutnya adalah Shotcut yang juga berbasis open source dan gratis. Shotcut cocok untuk Anda yang menggunakan laptop dengan spesifikasi low-end alias pas-pasan. Software ini cukup ringan namun punya fitur yang cukup untuk melakukan editing video dengan hasil yang bagus.

8. Screen capture

screen capture

Untuk mengambil screeshot di Windows 10 kita membutuhkan aplikasi screen capture. Di Windows 10 sudah ada software bawaan seperti snip and sketch dan snipping tool yang bisa Anda gunakan, namun jika ingin mendapatkan fitur yang lebih lengkap maka bisa gunakan software tambahan.

Lightshot

Lightshot merupakan salah satu aplikasi screenshot yang direkomendasikan. Aplikasi ini sangat ringan dan bisa digunakan untuk menangkap layar secara cepat dengan menekan tombol pada keyboard. Hasil screenshot juga bisa langsung diupload ke server dan kita bisa membagikannya dalam bentuk link.

Streamlab

Untuk mengambil tangkapan layar dalam bentuk video maka kita membutuhkan software screen recorder. Salah satu yang cukup bagus dan gratis adalah Streamlab. Software ini bisa Anda gunakan untuk membuat konten-konten game dan tutorial dari laptop Anda.

9. Kamus Indonesia-Inggris

aplikasi kamus

Software yang wajib Anda install setelah install ulang Windows 10 berikutnya adalah kamus bahasa Indonesia-Inggris. Aplikasi kamus akan memudahkan kita untuk menerjemahkan bahasa Inggris yang tidak diketahui artinya dengan cepat.

Ada beberapa pilihan aplikasi kamus yang bisa Anda gunakan, yaitu:

Kamus 2.04 Ebsoft

Merupakan aplikasi kamus PC offline yang ringan untuk menerjemahkan kata-kata dalam Bahasa Inggris ke Indonesia maupun sebaliknya. Aplikasi kamus ini sangat ringan dengan database kosakata yang lengkap. Di dalamnya terdapat lebih dari 41.000 kata terjemahan Inggris-Indonesia, 35.000 kata terjemahan Indonesia Inggris, dan lebih dari 64.000 frasa.

IndoDic

IndoDic adalah aplikasi kamus PC yang bisa digunakan secara offline dan online, aplikasi ini merupakan freeware yang bisa Anda gunakan secara gratis di Windows 10. IndoDic punya kelebihan dari kemampuannya untuk menerjemahkan semua bentuk variasi kata yang ada, termasuk kata yang diimbuhkan sufiks dan prefiks.

QTranslate

QTranslate merupakan software kamus yang bisa digunakan untuk menerjemahkan kata dan kalimat yang panjang dari Bahasa Inggris ke Indonesia maupun sebaliknya. QTranslate menggunakan engine dari translator online populer seperti Google Translate, Bing, Yandex, Baidu, dan Babylon sehingga memiliki database yang sangat besar. Software ini harus digunakan secara online.

10. Antivirus (optional)

antivirus

Windows 10 sebenarnya sudah dibekali dengan software antivirus bawaan yang cukup tangguh, sehingga menginstall antivirus tambahan di Windows 10 adalah pilihan yang tidak wajib.

Windows Security

Windows Security adalah nama dari fitur keamanan di Windows 10, di dalamnya sudah terdapat semua yang Anda butuhkan untuk membuat komputer tetap aman seperti antivirus, antimalware, real-time protection, dan safe brwosing.

Windows Security adalah antivirus bawaan yang sudah ada pada setiap versi Windows 10, yang perlu Anda lakukan adalah update dan mengaktifkannya.

Lihat caranya di sini: Cara mengaktifkan antivirus bawaan Windows 10

BitDefender

Bila Anda merasa perlu menginstall software antivirus tambahan maka yang cukup bagus untuk Anda gunakan adalah BitDefender. Aplikasi ini tidak gratis, namun Anda bisa mencoba versi trialnya terlebih dahulu selama 30 hari, jika cocok bisa upgrade ke versi berbayar.

Avast

Jika ingin menggunakan software antivirus yang gratis maka Anda bisa menggunakan Avast Free. Pada versi gratis ini Anda akan mendapatkan fitur-fitur perlindungan dasar seperti pendeteksi virus dan malware secara real-time, safe browsing, dan keamanan jaringan.

11. System Cleaner (optional)

system cleaner

Untuk membersihkan file sampah seperti cache, temporary files, dan leftover files Anda membutuhkan software pembersih. Berikut ini adalah beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan.

Windows Storage Sense

Storage Sense adalah fitur bawaan untuk membersihkan file sampah pada penyimpanan Windows 10. Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan drive C agar tidak penuh. Storage Sense juga bisa diatur untuk melakukan pembersihan secara otomatis.

Berdasarkan uji coba yang sudah kami lakukan, Storage Sense cukup efektif untuk membersihkan file sampah di laptop walau tanpa menginstall aplikasi tambahan lainnya.

CCleaner

Sebagai alternatif, Anda juga bisa menginstall software PC Cleaner tambahan jika dirasa memang perlu. Salah satu yang gratis dan cukup bagus adalah CCleaner. Fungsi aplikasi ini pada dasarnya sama dengan Storage Sense, hanya saja di dalamnya terdapat beberapa fitur tambahan seperti uninstaller, duplicate finder, dan startup management.

12. Cloud storage

cloud storage

Software yang harus ada setelah install Windows 10 yang berikutnya adalah Cloud storage. Untuk mencegah file penting di laptop terhapus secara tidak sengaja maka Anda bisa menggunakan penyimpanan berbasis cloud seperti One Drive, Google Drive, dan Dropbox. Di Windows 10 Anda bisa menginstall aplikasi desktopnya untuk memudahkan dalam menyimpan data.

One Drive

One Drive adalah layanan cloud storage yang disediakan oleh Microsoft. Anda bisa menggunakannya secara gratis dan menginstall aplikasi desktopnya. Syaratnya adalah sebuah akun Microsoft (email outlook). Pada versi gratis Anda akan diberikan jatah penyimpanan sebesar 5GB.

Google Drive

Google Drive adalah penyimpanan cloud milik Google. Anda juga bisa menggunakannya secara gratis menggunakan akun Google (gmail). Pada versi gratis Anda akan diberikan jatah penyimpanan yang lebih besar dari One Drive yaitu 15GB.

13. Aplikasi pesan singkat

aplikasi pesan singkat

Aplikasi perpesanan seperti WhatsApp dan Telegram biasanya digunakan di smartphone, namun pada beberapa kondisi mungkin Anda juga perlu membukanya di laptop. Di Windows 10 Anda bisa menginstall aplikasi versi desktopnya. Saat ini sudah ada aplikasi Telegram dan WhatsApp desktop yang bisa Anda dapatkan dari situs resminya.

Itulah beberapa software yang harus dinstall setelah install ulang Windows 10. Semoga bisa membantu.

Leave a Comment