10+ Software untuk Memperbaiki Bad Sector Hard Disk

Seperti perangkat keras pada umumnya, komponen-komponen yang ada pada sebuah komputer juga dapat mengalami kerusakan. Setiap komponen yang ada di dalam komputer memiliki masa pakai dan daya tahan yang berbeda-beda.

Diantara perangkat keras komputer yang paling rawan terhadap kerusakan adalah Hard Disk. Kerusakan yang sering terjadi pada hardisk adalah bad sector atau bad cluster. Bad sector atau bad cluster adalah kondisi di mana sebagian data biner tidak dapat disimpan dan dibaca oleh sistem operasi.

Untuk mengecek dan memperbaiki bad sector di Hard Disk, kita bisa memanfaatkan software repair yang saat ini sudah banyak tersedia. Pada kesempatan kali ini kami akan berikan beberapa rekomendasi software yang bisa Anda gunakan.

Bad sector disebabkan oleh kesalahan file sistem dan raw disk, sehingga ketika disk dipaksa untuk dibaca akan menghasilkan bad sector. Namun bad sector bisa juga disebabkan oleh hardware yang rusak, seperti hardisk yang sudah tua atau kondisi hardisk yang tidak bagus.

1. HDD Regenerator

HDD Regenerator

HDD Regenerator merupakan software untuk memperbaiki bad sector pada hard disk dengan cara membuat ulang data-data yang rusak menjadi normal.

Software HDD Regenerator mampu memperbaiki bad sector pada hard disk internal ataupun eksternal (external) tanpa menghilangkan data penting anda. Selain itu juga software ini dapat dijalankan pada semua jenis hard disk baik itu IDE, SATA, SCSI, ATA dan juga USB.

Cara kerja dari HDD Regenerator ini tidak seperti software pembersih bad sector hard disk pada umumnya yang mengandalkan teknik penghapusan data.

Proses perbaikan dari HDD Regenerator ini dilakukan dengan mengirimkan sebuah pulser yang mendeteksi dan memperbaiki bad sector pada hard disk. Dengan demikian, anda bisa melakukan akses kembali data-data penting anda.

2. PartitionGuru

PartitionGuru

PartitionGuru merupakan sebuah software yang digunakan untuk memperbaiki bad sector hard disk pada komputer atau laptop. PartitionGuru dapat melakukan banyak fungsi, misalnya mengekstrak data dari hard drive yang rusak, memperbaiki file system, dan menyelamatkan partisi yang hilang.

Partition Guru dapat digunakan secara gratis alias freeware dan juga tersedia versi Pro yang memiliki fitur lebih lengkap. Selain itu, Partition Guru juga mendukung berbagai format file system seperti FAT16, FAT32, EXT2, EXT3, NTFS, exFAT dan NTFS5.

3. TestDisk

TestDisk

TestDisk adalah software yang dapat digunakan untuk memperbaiki bad sector yang ada di Hard Disk. Software ini juga dapat mengembalikan data yang telah terhapus. Selain itu, TestDisk juga dapat digunakan untuk mengembalikan bootloader GRUB pada Linux dan NTLDR pada Windows agar sistem operasi bisa terbaca oleh komputer atau laptop.

TestDisk juga dapat melakukan pencarian file yang hilang pada partisi yang rusak atau dihapus dan juga mendeteksi bad sector. TestDisk merupakan aplikasi open source yang bisa anda download secara gratis dan dapat digunakan untuk memperbaiki bad sector pada hard disk.

TestDisk dapat digunakan pada berbagai sistem operasi seperti Windows, Linux, Mac OS dan FreeBSD. Selain itu, TestDisk juga mendukung banyak jenis File System yang tidak terbatas hanya pada FAT dan NTFS saja melainkan juga ext2fs/ext3fs, BeFS, UFS, JFS, XFS, ReiserFS dan UFS2.

4. Seagate Seatools

Seagate Seatools

Seagate Seatools adalah salah satu aplikasi software hard disk testing yang cukup sering digunakan karena fitur-fiturnya yang cukup lengkap serta mudah dioperasikan. Aplikasi ini bekerja untuk mengetes dan memperbaiki bad sector pada harddisk.

Seagate Seatools tidak hanya dapat digunakan untuk hard disk Seagate saja tetapi juga digunakan untuk hard disk jenis lainnya, seperti Western Digital, Samsung, Toshiba dan juga Hitachi. Selain itu aplikasi ini bisa saja juga digunakan pada PC maupun laptop.

Seagate Seatools ini juga memiliki kelebihan, yaitu dapat melakukan deep diagnostic pada hard disk. Di mana dengan cara ini anda pun bisa mengetahui kondisi hard disk secara menyeluruh selama proses perbaikan bad sector pada hard disk tersebut berlangsung.

5. MiniTool Partition Wizard Free Edition

MiniTool Partition Wizard Free Edition

Aplikasi MiniTool Partition Wizard Free Edition bisa digunakan untuk memperbaiki bad sector pada harddisk yang ada di PC dan laptop. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membuat partisi hardisk (pembagian ruang penyimpanan).

Dalam kondisi tertentu bad sector yang terdapat pada hard disk dapat menyebabkan kerusakan data atau data tersebut tidak dapat diakses lagi. Dengan menggunakan MiniTool Partition Wizard Free Edition, maka bad sector yang ada pada hard disk dapat diperbaiki dengan cara menghilangkannya.

Kemudahan dalam menggunakan aplikasi MiniTool Partition Wizard Free Edition menjadikan sebagai pilihan utama. Aplikasi ini juga sangat ringan, hanya membutuhkan ruang penyimpanan sebesar 10MB saja.

6. HDDScan

HDDScan

HDDScan adalah software yang di gunakan untuk memperbaiki bad sector pada hardisk. Sekarang ini HDDScan menjadi salah satu aplikasi yang paling populer untuk memperbaiki berbagai masalah pada hardisk. HDDScan sudah mendukung berbagai macam jenis teknologi baru termasuk Serial ATA dan IDE, IEE 1394 (Firewire), SCSI, USB Mass Storage, dan RAID.

Software HDDScan mendukung berbagai merek hard disk seperti Western Digital, Seagate, Samsung, Hitachi dan lainnya. Selain itu, aplikasi ini menyediakan fitur benchmarking hard disk yang dapat digunakan untuk melihat kecepatan hard disk dalam membaca dan menulis data.

HDDScan merupakan salah satu software gratis terbaik untuk memperbaiki bad sector pada hard disk yang ada di PC dan laptop.

7. EaseUS Partition Master Free Edition

EaseUS Partition Master Free Edition

EaseUS Partition Master Free Edition adalah aplikasi untuk memperbaiki bad sector pada hard disk yang ada di PC atau laptop. Aplikasi ini juga mendukung hampir semua jenis file sistem populer saat ini seperti FAT, FAT32, NTFS, EXT2 dan EXT3.

Bad sector yang terdapat pada hard disk dapat menjadi penyebab komputer atau laptop menjadi lambat, sering hang, dan kerusakan lainnya. Bad sector ini merupakan bagian dari hard disk yang terdapat sektor-sektor kecil yang tidak dapat digunakan. Jika bad sector ini tidak segera diperbaiki maka dapat merusak data-data penting yang ada di PC atau laptop kamu.

Dengan menggunakan software ini, Anda dapat memperbaiki bad sector pada Hard Disk yang sering terjadi akibat penggunaan berlebihan atau karena masalah lainnya. Selain itu, ada juga fitur untuk membuat partisi baru, menggabungkan beberapa partisi menjadi satu, atau mengubah ukuran (expand/shrink) partisi sesuai kebutuhan dengan mudah.

8. Stellar Phoenix Windows Data Recovery Professional

Dengan menggunakan aplikasi Stellar Phoenix Windows Data Recovery Professional ini, anda dapat memperbaiki bad sector pada hardisk (HDD) di komputer atau laptop anda. Selain itu software ini juga berguna untuk mengembalikan data-data pada bad sector tersebut yang masih bisa dibaca sehingga file-file tersebut tidak hilang saat diperbaiki.

Kerusakan pada bagian fisik Hard Disk dapat menyebabkan data yang telah tersimpan di dalamnya menjadi terhapus sendiri, atau bahkan berubah menjadi tidak bisa diakses lagi. Hal inilah yang membuat bad sector sangat berbahaya untuk semua data yang tersimpan di dalamnya.

Data untuk sementara waktu masih tetap bisa diakses, tetapi tidak dapat tertulis kembali di dalam hardisk. Jika hal ini terjadi, maka aplikasi Stellar Phoenix ini patut untuk dicoba.

9. Hard Disk Sentinel

Jika bad sector yang terjadi pada hard disk anda tidak banyak, masih ada harapan kerusakan ini bisa diperbaiki dengan menggunakan software. Untuk mencoba mengatasi hal ini anda dapat download aplikasi Hard Disk Sentinel, aplikasi ini berfungsi untuk mendeteksi dan memperbaiki bad sector secara otomatis.

Hard Disk Sentinel adalah Software yang berfungsi untuk memantau kesehatan Hardisk SSD maupun HDD agar tidak terjadi kerusakan seperti bad sector. Biasanya bad sector diakibatkan oleh adanya magnet yang terkelupas atau terlalu lama data disimpan di hardisk.

Dengan aplikasi ini anda bisa melakukan scan pada hard disk agar tahu dengan lebih baik keadaan hard disk tersebut. Selain itu aplikasi ini juga bisa menampilkan informasi detil mengenai hard disk yang ada di PC atau laptop, seperti kapasitas, serial numbernya, dan lain-lain

10. Stellar Data Recovery

Solusi untuk memperbaiki bad sector pada hard disk adalah dengan menggunakan software Stellar Data Recovery for Windows. Aplikasi ini memiliki banyak fungsi utama, salah satunya adalah mendeteksi dan memperbaiki bad sector pada hard disk sehingga dapat kembali digunakan.

Bila dibiarkan, bad sector bisa mengganggu performa komputer dan membuat data yang tersimpan pada hard disk menjadi terganggu. Untuk itu, Anda harus segera melakukan proses perbaikan untuk mendapatkan performa PC ideal kembali.

Ada beberapa tahapan proses yang perlu anda ikuti agar bisa diperbaiki dengan cepat. Pertama anda harus memilih satu dari tiga mode scan yaitu Quick Scan, Advance Scan dan Raw Recover. Kemudian pilih partisi yang terdapat bad sector untuk kemudian dilakukan scan. Selanjutnya anda bisa menggunakan pemulihan data untuk dapat mengembalikan data-data yang terhapus secara permanen.

11. Recoverit Data Recovery

Software Recoverit Data Recovery merupakan salah satu tool yang dapat memperbaiki bad sector hard disk dan memulihkan data yang hilang.

Berikut cara menggunakan aplikasi Recoverit Data Recovery untuk memperbaiki bad sector hard disk:

  • Download dan install aplikasi Recoverit Data Recovery di PC atau laptop kamu.
  • Setelah itu, buka aplikasi tersebut dan jalankan proses scanning untuk melihat bad sector yang ada pada hard disk.
  • Pilih lokasi tempat file hilang berada, lalu klik Start untuk mulai men-scan file yang hilang.
  • unggu proses pengecekan berjalan hingga selesai, kemudian lakukan perbaikan dan recovery data.

12. Remo Hard Drive Recovery

Software Remo Hard Drive Recovery merupakan aplikasi yang bisa mendeteksi dan mengambil kembali data yang hilang maupun terhapus secara permanen dari hard disk. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi jika saat menjalankan proses defragmentasi hard disk dan terjadi error, sehingga muncul bad sector. Dengan aplikasi ini Anda bisa memperbaiki bad sector tersebut dengan mudah dan cepat.

Aplikasi Remo Hard Drive Recovery menawarkan cara yang cepat dan mudah untuk mengecek kondisi atau status dari hard disk untuk mengetahui apakah ada bad sector atau tidak. Aplikasi ini juga memiliki kemampuan untuk memperbaiki bad sector dengan cukup efektif.

Software ini juga mendukung banyak format file, seperti :

  • FAT16
  • FAT32
  • NTFS
  • NTFS5
  • ExFAT

Remo Hard Drive Recovery ini sangatlah cocok untuk memperbaiki semua jenis masalah dengan hard disk. Seperti bad sector, sistem file yang rusak, dan lainnya. Selain itu, software Remo Hard Drive Recovery juga dapat memperbaiki harddisk hilang atau terhapus dari laptop ataupun PC anda.

Leave a Comment