Mengatasi Setup incomplete because of a metered connection

Masalah ini muncul ketika Anda akan menggunakan perangkat Bluetooth saat fitur Metered connection di Windows 10 dan 11 dalam keadaan aktif. Ketika mencoba menyambungkan perangkat Bluetooth, pesan error akan muncul dengan keterangan “Setup incomplete because of a metered connection” yang menyebabkan Anda tidak bisa menggunakan perangkat tersebut.

Apa yang menyebabkan munculnya error ini?

Penyebabnya bisa karena dua hal, pertama karena Anda mengatur koneksi yang sedang digunakan sekarang sebagai Metered connection dan pengaturan pada bagian Device yang mencegah sistem melakukan download driver pada saat Metered connection diaktifkan.

Apabila masalah ini muncul tiba-tiba padahal sebelumnya perangkat Bluetooth bisa bekerja dengan baik, maka bisa jadi penyebabnya adalah Windows Update yang mereset pengaturan secara otomatis.

Untuk mengatasinya, ada dua pilihan yang bisa digunakan, pertama dengan mengaktifkan opsi Download over metered connections, jika ini tidak berhasil maka bisa menggunakan cara kedua dengan mematikan fitur Metered connection.

Mengatasi Setup incomplete because of a metered connection

1. Buka Windows Settings dengan cara menekan tombol Windows+i atau klik tombol Start lalu pilih Settings

2. Pilih menu Devices

Setup incomplete because of a metered connection 6

3. Pada tab sebelah kiri pilih Bluetooth and other devices

4. Pada jendela sebelah kanan centang opsi Download over metered connections

5. Tutup jendela pengaturan dan coba lagi hubungkan perangkat Bluetooth Anda.

Setup incomplete because of a metered connection 3

Setelah mengaktifkan fitur Download over metered connections dengan langkah-langkah di atas, seharusnya perangkat Anda sudah bisa digunakan kembali. Apabila masih belum bisa maka coba remove/hapus dulu perangkat > restart laptop > kemudian coba tambahkan kembali perangkat Bluetooth.

Jika masih belum juga bisa, maka coba lanjutkan ke langkah selanjutya di bawah ini.

Mematikan fitur Metered Connection

Dari pesan error yang muncul sudah bisa diketahui jika penyebab utamanya adalah fitur Metered connection yang diaktifkan. Mematikan fitur ini akan bisa menyelesaikan masalah Anda. Jika khawatir Windows melakukan update secara otomatis dan menghabiskan kuota internet Anda maka Anda bisa mengaktifkan Metered connection kembali ketika perangkat Bluetooth berhasil dihubungkan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Tekan tombol Windows+i untuk membuka jendela Windows Settings

2. Pilih menu Network & Internet

Setup incomplete because of a metered connection 4

3. Pada tab Status di jendela sebelah kanan akan terlihat koneksi internet yang sedang digunakan sekarang

4. Klik tombol Properties yang ada di bawahnya

Setup incomplete because of a metered connection 5

5. Pada opsi Set as metered connection klik tombol switch hingga menjadi Off untuk mematikannya

Setup incomplete because of a metered connection 1

6. Tutup jendela pengaturan dan coba hubungkan kembali perangkat Bluetooth

Apabila masih belum bisa maka Anda perlu remove terlebih dahulu perangkat Bluetooth dari komputer > restart > dan coba sambungkan kembali.

Sekarang seharusnya sudah berhasil. Jangan lupa untuk mengaktifkan kembali fitur Metered connection untuk mencegah penggunaan data yang berlebihan jika Anda sedang menggunakan internet dengan kuota terbatas. Setelah perangkat terhubung seharusnya fitur ini sudah tidak menjadi masalah lagi meskipun diaktifkan.

Leave a Comment