Cara Mengatasi Proxy Server Error di Windows 10

Saat menggunakan proxy server di Windows 10 Anda mungkin akan mengalami error yang bisa disebabkan karena beberapa hal, yang paling umum adalah kesalahan konfigurasi atau ada program yang memblokir akses ke server proxy. Biasanya program seperti antivirus dan firewall adalah yang paling sering memblokir akses ke server proxy sehingga koneksi menjadi gagal.

Beberapa pesan error yang sering muncul akibat masalah pada proxy di Windows 10 adalah sebagai berikut:

  • Err_proxy_connection_failed
  • Can’t connect to the proxy server
  • The proxy server isn’t responding
  • Unable to connect to the proxy server
  • There is something wrong with the proxy server or the address is incorrect
  • The proxy server is refusing connection

Pernah mengalami salah satu error di atas? Itu adalah beberapa masalah pada proxy server yang sering terjadi pada pengguna Windows 10. Pada postingan ini kita akan membahas langkah-langkah untuk mengatasinya. Tapi sebelum itu, ada baiknya kita pelajari sedikit lebih dalam mengenai proxy server.

Apa itu proxy server?

Proxy server adalah sebuah komputer atau program komputer yang berperan sebagai perantara antara komputer pengguna dengan komputer server penyedia konten.

Semua paket request yang berasal dari komputer klien akan diterima oleh proxy server, baru kemudian request tersebut diteruskan ke komputer server tujuan.

Begitu pula sebaliknya, data yang berasal dari komputer server tujuan akan diterima oleh proxy server terlebih dahulu barulah kemudian diteruskan ke komputer pengguna.

cara kerja proxy server

Misalnya Anda menggunakan proxy server untuk mengakses sebuah situs di internet, maka semua lalu lintas data yang terjadi akan melewati proxy server tersebut. Komputer server (website) tidak akan mengetahui dari mana asal request itu berasal (komputer Anda), yang tercatat pada server mereka adalah IP proxy server.

Dengan mekanisme seperti ini maka pengguna proxy server bisa menjaga privasi mereka di internet karena alamat IP asli dan data-data komputer mereka tidak tercatat di situs yang diakses.

Fungsi proxy server dan kapan harus digunakan

Pada umumnya penggunaan proxy server adalah untuk menjaga privasi pengguna. Fungsi proxy server sendiri bisa sangat banyak, tergantung dari kebutuhan penggunannya.

Beberapa fungsi proxy server di antaranya seperti:

  1. Menjaga privasi Anda di internet
  2. Mengirim paket data secara anonymous
  3. Meningkatkan keamanan data-data pribadi maupun perusahaan
  4. Menyeimbangkan traffic keluar masuk sehingga server tidak crash
  5. Mengontrol penggunaan internet pada sebuah jaringan
  6. Meningkatkan kecepatan internet dan menghemat bandwith

Mengatasi proxy server error di Windows 10

Error pada proxy server bisa terjadi di Windows 10 saat Anda menggunakan koneksi internet dari WiFi, Lan, modem usb, atau tethering dari smartphone. Pada umumnya masalah ini terjadi karena adanya kesalahan pada jaringan internet di komputer Anda.

Proxy server error sering juga muncul saat sedang mengakses situs menggunakan browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, maupun Microsoft Edge. Masalah seperti ini bisa diatasi dengan memperbaiki sumber masalahnya yaitu koneksi internet di PC atau laptop yang Anda gunakan.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi proxy server error di Windows 10:

1. Reset Internet options

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah proxy di Windows 10 adalah dengan mereset pengaturan internet di komputer. Hal ini biasanya cukup ampuh untuk memperbaiki akar permasalahan yang disebabkan karena kesalahan pengaturan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik search box kemudian ketik kata kunci: internet options

2. Pilih menu Internet Options yang muncul pada menu Start

mengatasi proxy server error 1

3. Pada jendela Internet Options klik tab Advanced

4. Perhatikan pada bagian bawah kemudian klik tombol Reset

mengatasi proxy server error 2

5. Centang pada opsi Delete personal settings

6. Klik tombol Reset

mengatasi proxy server error 3

Setelah proses reset selesai, coba lagi gunakan komputer Anda untuk mengakses internet. Lihat apakah internet sudah bisa digunakan dan proxy server sudah tidak error lagi. Jika sudah bisa berarti benar jika penyebab error adalah kesalahan pengaturan internet di komputer Anda.

2. Gunakan proxy default

Jika proxy settings di Windows 10 yang Anda gunakan tidak bisa mengakses internet maka coba untuk mematikannya terlebih dahulu dan gunakan proxy default. Hal ini bertujuan untuk menguji apakah masalah ada pada pengaturan proxy atau pada koneksi internet yang Anda gunakan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Control Panel
  2. Pilih menu Network and Internet
  3. Pilih Internet Options
  4. Klik pada tab Connections
  5. Klik tombol LAN Settings
  6. Hilangkan centang pada Use a proxy server for your LAN
  7. Centang pada Automatically detect settings
  8. Klik OK lalu tutup semua jendela pengaturan
mengatasi proxy server error 4

Setelah mengembalikan pengaturan proxy server menjadi default maka server yang digunakan akan kembali menjadi server ISP atau penyedia internet yang Anda pakai. Coba gunakan laptop untuk browsing atau streaming, lihat apakah koneksi sudah kembali normal. Jika ternyata koneksi lancar, berarti yang salah adalah konfigurasi proxy Anda sebelumnya.

3. Cek antivirus yang Anda gunakan

Seperti yang sudah dijelaskan di awal jika antivirus yang Anda pasang di komputer bisa mengganggu koneksi pada proxy server. Masalah ini umumnya terjadi pada mereka yang menggunakan antivirus pihak ketiga, terutama yang terkenal spammy.

Di Windows 10 sendiri sebenarnya sudah ada antivirus bawaan yang bagus yaitu Windows Security, selama dalam keadaan update maka Anda bisa menggunakannya tanpa harus menginstall aplikasi antivirus tambahan.

Lihat di sini caranya: Cara mengaktifkan antivirus bawaan Windows 10

Kembali ke pembahasan awal, untuk mengatasi proxy server error di Windows 10 yang disebabkan karena diblokir antivirus maka yang perlu Anda lakukan adalah mematikan terlebih dahulu antivirus tersebut. Setelah itu coba lagi gunakan proxy server untuk mengakses internet, jika bisa berarti antivirus yang digunakanlah yang menjadi sumber masalahnya.

4. Reset atau reinstall Google Chrome

Saat browsing menggunakan Google Chrome Anda juga mungkin akan mengalami proxy error dengan pesan Unable to connect the proxy server. Masalah ini terjadi bisa disebabkan karena kesalahan pengaturan proxy pada Google Chrome.

Untuk mengatasinya bisa dengan cara reset atau install ulang Google Chrome (hapus lalu install kembali).

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser Google Chrome di laptop Anda
  2. Klik pada tombol Menu
  3. Pilih Settings
  4. Klik pada tab Advanced
  5. Klik pada pilihan Reset and clean up
  6. Klik pada pilihan Restore settings to their original defaults
  7. Klik tombol Reset settings
mengatasi proxy server error 5

Setelah melakukan reset, coba gunakan Google Chrome untuk browsing dan lihat apakah pesan proxy server error masih muncul. Jika masih muncul maka pilihan selanjutnya adalah reinstall Google Chrome. Hal ini juga berlaku untuk browser lainnya seperti Microsoft Edge atau Mozilla Firefox.

Caranya:

  1. Masuk ke Control Panel
  2. Pilih menu Programs and Features
  3. Temukan aplikasi Google Chrome
  4. Klik kanan pada Google Chrome
  5. Pilih Uninstall
  6. Ikuti langkah-langkah uninstall hingga selesai
  7. Setelah itu download Google Chrome yang baru: Download
  8. Install ke komputer Anda

5. Menggunakan Command Prompt (CMD)

Cara mengatasi proxy server error di Windows 10 yang selanjutnya adalah menggunakan CMD. Yang akan kita lakukan adalah mereset konfigurasi IP pada komputer, karena biasanya IP juga bisa menyebabkan masalah pada proxy.

Pertama buka Command Prompt dengan izin akses administrator, kemudian ketik atau copy-paste perintah berikut ini satu per satu di akhiri dengan menekan enter:

ipconfig /release

ipconfig /renew

Mengoptimalkan penggunaan proxy server

Saat melakukan pengaturan proxy di Windows 10 Anda harus melakukannya dengan benar. Salah memasukkan konfigurasi bisa menyebabkan proxy server tidak bisa connect atau error. Jika Anda tidak yakin apa yang Anda lakukan, sebaiknya gunakan pengaturan proxy default.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Settings
  2. Pilih menu Network & Internet
  3. Klik pada tab Proxy
  4. Aktifkan Automatically detect settings
  5. Aktifkan Use setup script
  6. Masukkan alamat script layanan proxy yang Anda gunakan. Script address biasanya terlihat seperti ini: http://my.proxy.server:8000/
  7. Klik Save

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi proxy server error di Windows 10. Semoga bisa membantu.

Leave a Comment