Printer Epson Lampu Power Tinta dan Kertas Berkedip

Pada printer Epson terdapat empat buah lampu indikator yaitu lampu power, kertas, WiFI, dan tinta. Menyala atau berkedipnya lampu-lampu tersebut bisa diartikan dalam dua kategori, pertama menunjukkan bahwa printer sedang bekerja dan yang kedua sebagai indikasi adanya masalah tertentu pada printer.

Untuk bisa mengatasi dengan tepat apabila printer sedang bermasalah, maka kita harus memahami terlebih dahulu maksud dari berkedip atau menyalanya lampu indikator pada printer tersebut.

Pada tabel di bawah ini Anda bisa melihat daftar indikator lampu pada printer Epson dan artinya.

Lampu IndikatorPenjelasan
Lampu power berkedipPrinter sedang menjalankan print job, melakukan pergantian catridge tinta, mengisi ulang tinta, atau sedang menjalankan print head cleaning
Lampu kertas menyala dan lampu power berkedipKertas habis ditengah proses printing atau kertas tertarik oleh roller lebih dari satu
Lampu kertas dan lampu power berkedip bersamaanKertas tersangkut (jammed) ketika proses printing tengah berjalan
Lampu power berkedip dan lampu kertas menyalaPrinter tidak mengalami masalah namun tidak ada kertas pada feeder
Lampu tinta berkedipSalah satu catridge pada printer hampir melewati masa pakai atau tinta hampir habis
Lampu tinta dan lampu power menyala bersamaanSalah satu catridge tidak berfungsi, mengalami kerusakan, atau tidak terpasang
Lampu power mati, lampu kertas dan lampu tinta berkedip bersamaanPergerakan print head terhalang oleh kertas yang tersangkut
Lampu power berkedip, lampu kertas dan lampu tinta berkedip cepatPenahan kertas (tray) bagian depan tidak dalam posisi yang benar
Lampu kertas dan lampu tinta berkedip bergantian, lampu power menyalaTerdapat perangkat yang bermasalah atau tidak di support terhubung ke port USB
Lampu kertas dan lampu tinta berkedip bergantian, lampu power matiPrinter mengalami internal error
Lampu power, tinta, dan kertas berkedip bersamaanBantalan tinta (ink pads) mengalami masalah atau hampir melewati masa pakai
Lampu WiFI berkedip warna orangeTerjadi masalah pada koneksi WiFi
Lampu tinta menyala, lampu kertas menyala, lampu WiFi menyalaTerjadi error ketika sedang melakukan update firmware
Lampu power, tinta, WiFi, dan kertas berkedip bersamaanTerjadi error pada printer yang tidak diketahui dengan pasti penyebabnya

Lampu indikator pada printer Epson akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

lampu indikator epson berkedip 1

Cara mengatasi lampu power, tinta, dan kertas berkedip atau menyala pada printer Epson

Setelah Anda mengetahui maksud lampu indikator pada printer berkedip atau menyala maka selanjutnya Anda bisa melakukan langkah-langkah untuk mengatasi masalah yang terjadi. Tips-tips di bawah ini mungkin bisa membantu Anda.

1. Lampu kertas menyala dan lampu power berkedip

Ini bisa terjadi karena dua penyebab, pertama karena kertas habis sementara print job masih ada, dan kedua bisa juga karena printer menarik kertas lebih dari satu sehingga menyebabkan macet.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah, jika kertas habis maka Anda bisa memasukkan kembali kertas ke printer kemudian tekan tombol resume (tombol kertas). Pastikan juga Anda sudah membuka penahan kertas bagian depan dan posisinya tidak menghalangi keluarnya kertas.

2. Lampu kertas dan lampu power berkedip bersamaan

Masalah ini terjadi karena adanya kertas yang tersangkut atau sering juga disebut dengan istilah jammed. Ketika masalah ini terjadi maka proses printing akan terhenti karena posisi kertas yang tidak bisa berjalan. Biasanya terjadi karena kertas ditarik lebih dari satu atau karena terdapat lipatan atau lekukan pada kertas.

Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa menekan tombol kertas untuk mengeluarkan kertas yang macet. Apabila cara ini tidak berhasil maka Anda harus mengeluarkannya secara manual.

Caranya: pertama matikan dulu printer Anda, kemudian buka cover printer. Tarik kertas yang tersangkut secara perlahan. Setelah kertas berhasil dikeluarkan, coba cek apakah masih ada sisa-sisa kertas yang tersisa, bila ada pastikan Anda membersihkannya hingga benar-benar bersih.

3. Lampu power berkedip dan lampu kertas menyala

Ini terjadi pada saat Anda akan melakukan printing. Lampu power berkedip dan lampu kertas menyala menandakan printer dalam kondisi normal namun tidak ada kertas pada feeder. Untuk mengatasinya sangat mudah, cukup masukan kertas secukupnya ke printer lalu tekan tombol resume.

4. Lampu tinta berkedip

Pada saat hanya lampu tinta yang berkedip artinya ada masalah pada catridge atau tinta. Biasanya disebabkan karena tinta hampir habis atau salah satu catridge hampir melewati masa pakai dan perlu diganti.

Anda bisa mengecek peringatan yang muncul di layar dan lihat apakah penyebabnya karena tinta habis atau ada catridge yang bermasalah. Jika tinta habis maka hentikan proses printing dan lakukan pengisian tinta.

lampu indikator epson berkedip 4

Tutorial mengisi tinta pada printer Epson bisa Anda lihat di sini: Cara mengisi tinta printer Epson

Masalah ini biasanya dibarengi dengan hasil print yang pudar atau bergaris, oleh karena itu setelah melakukan pengisian tinta disarankan untuk melakukan print head cleaning terlebih dahulu untuk memastikan tinta sudah keluar dengan lancar.

Silakan lihat tips berikut ini: Cara mengatasi hasil print Epson bergaris dan putus-putus

5. Lampu tinta dan lampu power menyala bersamaan

Lampu tinta dan lampu power menyala bersamaan juga mengindikasikan adanya masalah pada catridge, namun ini lebih mengarah pada adanya salah satu catridge yang tidak berfungsi atau melewati masa pakai.

Anda bisa melihat catridge mana yang bermasalah pada pesan error yang muncul di layar. Cek apakah tinta pada catridge masih ada? Coba lepaskan catridge dan pasang kembali, apabila masalah masih terus muncul maka Anda bisa mengganti dengan catridge yang baru.

6. Lampu power mati, lampu kertas dan lampu tinta berkedip bersamaan

Ini mengindikasikan adanya masalah yang mengakibatkan print head tidak bisa bergerak, akibatnya proses printing tidak bisa dilanjutkan. Penyebab masalah ini bisa disebakan karena adanya sisa kertas yang masih tersangkut dan menghalangi pergerakan print head.

Untuk mengatasinya coba matikan printer kemudian buka cover, cek apakah ada kertas yang tersangkut. Bila ada segera bersihkan. Setelah itu coba nyalakan printer dan lanjutkan proses printing.

7. Lampu power berkedip, lampu kertas dan lampu tinta berkedip cepat

Lampu printer akan menyala dengan pola ini apabila landasan kertas pada bagian depan tidak terbuka dengan sempurna atau bahkan belum dibuka sama sekali. Akibatnya kertas akan tersangkut dan tidak bisa keluar.

Untuk mengatasinya cukup dengan membuka penutup atau landasan kertas bagian depan printer, setelah itu tekan tombol resume.

8. Lampu kertas dan lampu tinta berkedip bergantian, lampu power menyala

Masalah ini terjadi karena perangkat tidak didukung oleh printer, biasanya terjadi ketika Anda akan melakukan printing file langsung dari kamera atau perangkat USB lainnya. Solusinya adalah memindahkan terlebih dahulu file tersebut ke komputer baru kemudian Anda cetak.

9. Lampu kertas dan lampu tinta berkedip bergantian, lampu power mati

Pola lampu indikator seperti ini mengindikasikan terjadinya internal error pada printer. Untuk mengatasinya pertama coba matikan dulu printer Anda kemudian cabut kabel power, diamkan selama 5-10 menit. Setelah itu coba nyalakan printer dan lanjutkan pekerjaan.

Apabila error masih muncul maka coba hapus semua print job kemudian restart printer. Bila belum juga normal maka Anda bisa melakukan reset.

10. Lampu power, tinta, dan kertas berkedip bersamaan

Bila lampu power, tinta, dan kertas berkedip secara bersamaan pada printer Epson Anda maka ini menandakan adanya masalah pada ink pad waste, bisa disebabkan karena sudah melewati masa pakai atau karena penuh.

Pada layar biasanya juga akan muncul pesan error seperti pada gambar di bawah ini:

lampu indikator epson berkedip 3

Untuk mengatasinya bisa dengan membuka ink pad waste kemudian bersihkan, setelah itu pasang lagi dan lakukan reset printer menggunakan resetter. Masalah ini sudah pernah dibahas pada tutorial sebelumnya.

Silakan lihat caranya di sini: Cara reset printer Epson

Anda bisa menggunakannya cara tersebut pada semua printer Epson L Series di antaranya:

L3110, L3150, L6550, L6580, L14150, L15150, L15160, Inkjet Photo L800, L100 Inkjet Printer, L110, L120, L200 All-In-One Printer, L210, L220, L300, L310, L350, L355, L360, L365, L385, L405, L455, L485, L550, L555, L565, L605, L655, L805, L810, L1110, L1300, L1455, L1800, L3156, L4150, L5190, L6160, L6170, L6190

11. Lampu WiFi berkedip warna orange

Lampu WiFi pada printer Epson yang berkedip menandakan adanya masalah pada jaringan. Apabila lampu WiFi berkedip warna orange itu artinya koneksi WiFi gagal atau error. Solusinya coba cek koneksi yang Anda gunakan, bila ada masalah maka coba perbaiki terlebih dahulu, setelah itu restart printer.

12. Lampu tinta, lampu kertas, dan lampu WiFi menyala

Lampu indikator dengan pola seperti ini hanya akan terjadi pada saat melakukan update firmware printer. Penyebabnya karena adanya masalah atau error pada saat proses update sedang berjalan, bisa karena interupsi pada jaringan atau masalah lainnya.

Untuk mengatasinya hentikan proses update, restart printer, kemudian coba ulangi proses update. Pastikan juga jaringan yang digunakan dalam keadaan normal.

13. Lampu power, tinta, WiFi, dan kertas berkedip bersamaan

Pola lampu indikator printer Epson seperti ini juga mengindikasikan terjadinya internal error. Langkah pertama untuk mengatasinya adalah matikan printer dan cabut kabel power, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu coba lagi nyalakan printer dan lanjutkan pekerjaan Anda. Apabila error masih muncul maka hapus semua print job dan reset printer.

Menjalankan printer check untuk mengetahui sumber masalah

Menjalankan printer check merupakan salah satu langkah untuk mengidentifikasi apakah sumber masalah berasal dari printer atau dari faktor lain. Ini diperlukan agar kita bisa mengambil langkah yang tepat karena sudah tahu apa yang menjadi penyebab masalah terjadi.

Untuk menjalankan printer check ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Matikan printer dan komputer kemudian cabut kabel USB dari printer
  2. Masukkan beberapa lembar kertas ke printer
  3. Tekan tombol kertas dan tombol power secara bersamaan hingga lampu indikator pada tombol power berkedip
  4. Setelah itu lepaskan kedua tombol
  5. Printer akan mencetak ROM version number, kode ink counter, dan nozzle check pattern
  6. Melalui hasil print test tersebut Anda bisa melihat apakah ada masalah pada nozzle atau masalah pada software
  7. Setelah selesai matikan printer kemudian sambung lagi kabel USB ke komputer
lampu indikator epson berkedip 2

Setelah menjalankan check printer dengan langkah-langkah di atas selanjutnya Anda bisa melakukan langkah yang diperlukan. Misalnya dari hasil print test ternyata terdapat pola bergaris pada nozzle chek maka Anda bisa melakukan clean print head. Apabila terjadi masalah pada software maka bisa coba melakukan update firmware atau reset printer.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan untuk mengatasi masalah lampu power, kertas, dan tinta yang menyala dan berkedip di printer Epson. Semoga bisa membantu.

Leave a Comment