Cara Mengatasi Printer Canon iP2770 Error 5b00

Printer Canon iP2770 Anda mengalami error 5b00? Berikut kami berikan beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengatasinya. Error ini bisa muncul saat sedang melakukan printing, di layar akan tempil peringatan yang berbunyi “Error Number: 5B00. Printer error has occurred. Contact the service center“.

Canon iP2770 merupakan salah satu printer ekonomis yang cocok digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pelajar, mahasiswa, UKM, hingga di kantor-kantor. Harganya yang murah dan performanya yang cukup bandel membuat printer ini menjadi salah satu printer Canon yang cukup laris.

Meskipun demikian, sama seperti alat elektronik lainnya, printer Canon iP2770 juga bisa mengalami masalah. Salah satu yang cukup umum adalah error dengan kode 5b00. Apa sebenarnya penyebab error ini adan bagaimana cara memperbaikinya? Coba simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab printer Canon error 5b00

Penyebab printer error 5b00 pada printer Canon adalah ink absorber dan waste ink counter yang penuh, atau bisa juga karena adanya tumpahan tinta.

Setiap kali Anda melakukan printing akan ada sisa tinta yang perlu dibersihkan. Printer Canon sudah dilengkapi dengan mekanisme untuk menyerap sisa tinta tersebut menggunakan ink absorber.

Seiring dengan penggunaan maka akumulasi sisa tinta akan semakin bertambah banyak. Pada level tertentu ketika waste ink absorber ini penuh maka pesan error 5b00 akan muncul.

Cara mengatasi printer Canon iP2770 Error 5b00

Untuk mengatasi error 5b00 pada printer Canon ini ada dua tahap yang bisa dicoba, pertama melakukan reset untuk bypass error dan bila tidak berhasil maka harus membersihkan terlebih dahulu waste ink absorber (bantalan penyerap tinta buangan) pada printer baru kemudian melakukan reset.

1. Siapkan program resetter Canon iP2770

Untuk melakukan reset waste ink counter pada printer Canon iP2770 kita membutuhkan program resetter yang bernama Service tool v3400. Ini merupakan program resetter yang berfungsi untuk mengatasi berbagai macam error teknis yang sering terjadi pada printer Canon.

Silakan download dulu programnya di sini:

Catatan: file masih dalam bentuk zip, silakan ekstrak dulu menggunakan aplikasi seperti 7zip atau winrar. Apabila terdeteksi sebagai virus maka bisa diabaikan saja karena program ini bukanlah virus.

2. Kondisikan printer pada service mode

Agar bisa menjalankan program resetter maka printer harus berada dalam kondisi service mode. Untuk masuk ke service mode caranya dengan mengikuti langkah di bawah ini:

  1. Colok kabel power ke sumber listrik tapi jangan dinyalakan
  2. Tekan dan tahan tombol Resume selama 5 detik
  3. Tetap tahan tombol Resume kemudian tekan dan tahan tombol Power hingga lampu indikator menyala berwarna hijau
  4. Tetap tahan tombol Power lalu lepaskan tombol Resume
  5. Tetap tahan tombol Power lalu tekan lagi tombol Resume sebanyak 5 kali
  6. Lepaskan kedua tombol secara bersamaan
  7. Bila berhasil maka lampu indikator akan berkedip-kedip berwarna hijau
  8. Ini artinya printer sudah berada dalam kondisi service mode

3. Reset printer

Setelah printer dalam kondisi service mode selanjutnya Anda sudah bisa melakukan reset menggunakan service tool.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Sambung printer ke laptop atau PC Anda kemudian masukkan beberapa lembar kertas ke dalam printer.

2. Buka folder hasil ekstrak kemudian klik dua kali file yang bernama Service tool v3400.exe

3. Pada bagian Clear Ink Counter klik pada tombol Set.

1 cara mengatasi printer canon ip2770 error 5b00

Printer akan melakukan reset pada Ink Counter apabila telah selesai maka printer akan mencetak test print. Jika proses berhasil maka Anda akan melihat tulisan D=000*0 pada hasil print.

4. Selanjutnya pada bagian Ink Absorber Counter klik tombol Set.

2 cara mengatasi printer canon ip2770 error 5b00

Printer akan melakukan reset pada Ink Absorber Counter, tunggu hingga proses selesai. Apabila berhasil maka akan muncul pesan โ€œA function was finishedโ€ kemudian klik pada tombol OK.

5. Langkah berikutnya klik pada tombol EEPROM > pada bagian Paper Source pilih Rear Tray > kemudian klik tombol OK.

3 cara mengatasi printer canon ip2770 error 5b00

6. Printer akan melakukan test print yang berisi data-data printer, apabila proses berhasil Anda akan melihat tulisan TPAGE(TTL=00000).

Sampai di tahap ini Anda sudah berhasil melakukan reset Ink Counter dan Ink Absorber Counter yang akan membuat printer bisa bekerja normal lagi.

4. Restart printer

Setelah selesai melakukan reset dengan program resetter langkah selanjutnya adalah merestart printer. Silakan matikan printer Anda kemudian diamkan sebentar, setelah itu coba nyalakan kembali.

5. Cek apakah printer sudah normal

Setelah printer menyala kembali, coba masukkan beberapa lembar kertas dan gunakan printer untuk mencetak dokumen. Apabila berhasil maka printer seharusnya sekarang sudah bisa digunakan dengan normal tanpa muncul error 5b00.

Solusi kedua apabila reset printer tidak berhasil

Melakukan reset menggunakan program resetter seperti yang sudah kita lakukan di atas akan memberikan hasil yang berbeda-beda. Ada yang berhasil ada yang tidak. Mungkin ada yang berhasil membuat printer bekerja normal, namun tidak lama error 5b00 akan kembali muncul.

Perlu diketahui jika mereset Ink Counter dan Ink Absorber Counter tidak benar-benar menghilangkan sumber masalah. Sebenarnya yang kita lakukan tersebut hanyalah mem-bypass error, membuat seolah-olah bantalan tinta pembuangan pada printer sudah dikosongkan, padahal pada kenyataannya kita tidak melakukan apa-apa.

Logikanya bagian Ink Absorber yang ada pada printer tidak akan bersih dengan sendirinya hanya dengan menggunakan software. Itulah alasan kenapa mereset printer terkadang tidak berhasil pada sebagian orang, mungkin karena Ink Absorber sudah penuh atau bahkan banjir sehingga perlu dibersihkan secara manual.

Lalu bagaimana solusinya?

Untuk Anda masih mengalami error, maka solusinya adalah membuka printer dan membersihkan busa penyerap tinta pembuangan (ink absorber) dengan cara mencucinya hingga bersih lalu keringkan busa dan pasang kembali. Setelah itu barulah Anda lakukan reset printer seperti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas.

Busa penyerap tinta buangan pada printer Canon iP2770 akan terlihat seperti foto di bawah ini:

4 cara mengatasi printer canon ip2770 error 5b00

Yang perlu Anda lakukan:

  1. Matikan printer kemudian cabut kabel power
  2. Buka casing bagian atas hingga terlihat bagian roller dan ink absorber
  3. Tutorial cara membuka casing bisa Anda cari di Youtube (ada banyak)
  4. Setelah berhasil angkat busa ink absorber secara hati-hati, jangan sampai mengotori komponen yang lain
  5. Cuci busa absorber hingga bersih, bisa menggunakan air hangat dan sabun
  6. Setelah itu keringkan
  7. Setelah bersih dan kering pasang kembali busa ink absorber ke printer
  8. Pasang casing bagian atas printer
  9. Nyalakan printer dan lakukan reset menggunakan Service tool v3400 dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan
  10. Selesai

Bila proses berjalan lancar seharusnya sekarang printer Anda sudah bisa digunakan dengan normal.

Demikian beberapa tips yang bisa kami berikan untuk mengatasi error 5b00 pada Canon iP2770, selamat mencoba dan semoga bisa membantu.

Leave a Comment