Perbedaan Windows 10 dan Windows 11

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru milik Microsoft yang menyediakan beragam fitur baru seperti Cortana, Edge browser, dan juga pengaturan yang lebih dinamis.

Bagi Anda yang sudah nyaman dengan sistem operasi pendahulunya yaitu Windows 10 pasti ingin membandingkan terlebih dahulu apa saja perbedaan antara Windows 10 dan Windows 11 sebelum memutuskan untuk pindah.

Berikut ini adalah perbedaan Windows 10 dan Windows 11:

1. Tampilan windows explorer

1 perbedaan windows 10 dan windows 11 1

Windows 11 memiliki tampilan baru pada fitur windows explorer sehingga pengguna dapat membuat folder baru hanya dengan satu kali klik saja. Dengan demikian, pengguna tidak perlu lagi untuk memilih menu new folder setiap ingin menyimpan file atau berbagai dokumen lainnya.

2. Desain dan antarmuka

Perbedaan utama antara Windows 11 dan Windows 10 adalah dalam desainnya. Windows 11 menawarkan antarmuka yang lebih seperti Mac, dengan warna pastel, sudut membulat untuk semua jendela dan antarmuka yang lebih bersih dari pendahulunya. Microsoft menyederhanakan antarmuka pengguna sebanyak mungkin untuk menciptakan ruang bersih untuk bekerja dan bermain.

Desain dan tata letak antarmuka Windows 11 jauh lebih maju dan selangkah lebih maju dari Windows 10 sebelumnya. Windows 11 terutama berfokus untuk menghadirkan pengalaman seperti Android ke perangkat Windows dengan berbagai UI multi-tasking dan interaktif. Tetapi Windows 11 membawanya ke tingkat berikutnya dengan menciptakan pengalaman macOS. Windows 11 memungkinkan pengguna untuk mengizinkan lebih banyak fitur personalisasi. Ada gerakan baru, ikon, dan tombol start baru juga.

3. Integrasi Aplikasi Android

4 perbedaan windows 10 dan windows 11

Windows 11 memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi Android di komputer Windows mereka. Amazon app store telah mengintegrasikan dirinya dengan Windows store sehingga pengguna dapat menginstall dan menjalankan aplikasi Android mereka di PC mereka.

Hal ini memungkinkan pengguna untuk menjalankan aplikasi yang sama yang mereka gunakan pada smartphone di PC mereka dengan teknik sinkronisasi yang efektif. Ini adalah fitur yang sama dengan pengguna Apple di perangkat Mac mereka pada ekosistem Apple.

4. Peningkatan dukungan virtual desktop

Windows 11 akan membuat lebih banyak fitur penyebaran dan pengeditan untuk dukungan desktop virtual. Pengguna sekarang dapat dapat mengakses file mereka hampir dari mana saja. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan komputer yang jauh dari mereka dan benar-benar mengaksesnya dari perangkat lain.

5. Peningkatan Widget

2 perbedaan windows 10 dan windows 11

Widget bukanlah hal baru di Windows 11 karena sejatinya fitur ini berasal dari Windows 7. Tetapi Windows 11 menghadirkan tab Widget baru dengan semua jenis informasi dalam bentuk kartu interaktif seperti Berita, Cuaca, Peta, Foto, dan musik.

6. Dukungan yang lebih baik untuk layar sentuh, suara, dan pena

Windows 11 juga dapat digunakan melalui sentuhan, suara, atau gaya. Inovasi baru ini telah meningkatkan dukungan pada layar sentuh dan stylus di tablet Windows. Mode tablet juga dapat digunakan di PC untuk mode sentuh dan mode stylus.

7. Upgrade game

Windows 11 memiliki fitur khusus untuk bermain game seperti penyimpanan langsung dan HDR otomatis untuk meningkatkan kualitas grafis. Windows 11 juga memiliki aplikasi Xbox yang benar-benar baru yang dirancang bagi pengguna untuk mendapatkan akses ke game terbaik yang dibuat oleh Microsoft. Xbox juga memungkinkan pengguna untuk melakukan streaming game mereka di platform media sosial lain seperti YouTube dan Twitch.

8. Peningkatan kinerja

Windows 11 memiliki peningkatan kinerja utama dari Windows 10. Hal ini dapat membawa optimalisasi yang baik dari aplikasi sistem yang berjalan di latar belakang dan memastikan masa pakai baterai yang lebih awet dalam kondisi kinerja tinggi.

9. Mengganti Skype dengan Teams

3 perbedaan windows 10 dan windows 11

Di Windows 10, aplikasi utama untuk konferensi video adalah Skype yang harus diinstal secara terpisah. Namun di Windows 11, Microsoft telah mengganti Skype dengan Teams dan menjadikannya aplikasi default, bukan Skype. Microsoft Teams sangat terintegrasi dengan Windows 11 dan bekerja lebih lancar dari sebelumnya.

10. Microsoft Store Yang Didesain Ulang

Microsoft Store baru diluncurkan pada Windows 11 dan memiliki serangkaian aplikasi dan game baru di dalamnya. Berkat integrasi dengan Amazon, sekarang pengguna sudah bisa menemukan aplikasi android di sana. Perubahan ini memiliki desain yang sama sekali baru yang sangat mirip dengan Mac Store.

11. Snap Layouts

Windows 11 memiliki fitur baru untuk mengatur dengan cepat tata letak windows. Kita sekarang dapat melakukan berbagai fitur multi-tasking dalam versi ini, juga dapat melakukan mengubah layout dari aplikasi.

Itulah beberapa perbedaan Windows 10 dan Windows 11 sejauh ini yang bisa kami rangkum, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Leave a Comment