Mengatasi No device drivers were found di Windows 7/10/11

Salah satu masalah yang umum terjadi ketika melakukan install ulang Windows 7, Windows 10, dan Windows 11 adalah munculnya pesan error “No device drivers were found”. Pesan error ini mengindikasikan seolah-olah tidak ada driver yang bisa dipasang atau driver pada installer mengalami kerusakan atau korup, padahal seringkali bukan ini sumber masalahnya.

Masala ini bisa dialami oleh pengguna yang melakukan instalasi menggunakan bootalbe USB, DVD, atau media lainnya. Ketika terjadi maka proses install tidak bisa dilanjutkan karena Anda tidak diberikan opsi untuk melewati tahapan ini, jendela installer akan memaksa Anda untuk memasukkan driver agar bisa melanjutkan proses instalasi.

Pesan error yang muncul secara lengkap adalah sebagai berikut:

“No device drivers were found. Make sure that the installation media contains the correct drivers, and then click OK”

Bagaimana cara mengatasinya? Pertama Anda harus keluar dulu dari installer dengan cara menekan tombol close/cancel dan reboot komputer Anda. Proses perbaikan akan dilakukan di luar installer. Berikut kami berikan beberapa solusi yang bisa Anda coba.

1. Coba pindahkan bootable drive ke port USB 2.0

Apabila Anda melakukan instalasi menggunakan bootable USB, sebelum mencoba yang lain-lain, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memindahkan bootable USB ke port lain. Jika saat ini Anda pasang pada port USB 3.0 maka coba pindahkan ke port USB 2.0.

Tips ini memang terdengar agak aneh, namun pada banyak kasus justru berhasil mengatasi masalah dengan sangat mudah. Hal ini disebabkan karena proses pembuatan perangkat bootable yang mungkin berbeda-beda dan belum support pada USB 3.0, sehingga dengan memindahkannya ke port 2.0 Anda bisa melanjutkan proses install dengan lancar.

2. Atur partisi menjadi Active

Cara mengatasi No device drivers were found yang selanjutnya adalah mengubah partisi tempat Anda akan mengisntall Windows menjadi Active. Ini bisa Anda lakuan dengan menggunakan aplikasi diskpart pada Command Prompt.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Colok bootable drive ke port di laptop atau PC Anda

2. Booting ke installer Windows

3. Pada halaman installer klik tombol Next lalu klik pada opsi Repair your computer

No device drivers were found 1

4. Anda akan dibawa ke halaman WinRE (Windows Recovery Environtment)

5. Pilih menu Troubleshoot > Advanced Options > Command Prompt

No device drivers were found 2

6. Setelah berada pada Command Prompt ketik perintah berikut ini dengan menekan Enter pada setiap barisnya:

diskpart
select disk X
list partition
select partition X

7. Catatan: X adalah disk dan partisi tempat Anda akan menginstall Windows.

8. Terakhir ketik perintah:

Active

Tekan Enter

9. Tutup jendela Command Prompt kemdian Restart komputer Anda.

10. Mulai ulang proses instalasi dari awal, bila berhasil maka sekarang Anda sudah bisa menginstall Windows ke komputer seperti biasa.

3. Buat ulang Bootable media

Kesalahan pada bootable media seperti ada file yang korup, konfigurasi yang tidak sesuai, dan beberapa faktor lain juga bisa menyebabkan munculnya masalah ini. Karena cukup sulit untuk mengidentifikasi sumber masalahnya secara spesifik maka solusi yang paling praktis adalah dengan membuat ulang bootable media yang Anda gunakan.

Untuk menginstall Windows ada beberapa pilihan media yang bisa digunakan mulai dari USB Flashdisk, Hard disk eksternal, atau DVD. Bila Anda menggunakan Flashdisk maka cara terbaik untuk membuat bootable media adalah menggunakan apliaksi Rufus.

Kami sudah membuat panduannya secara lengkap di sini:

Silakan ikuti tutorial tersebut secara teliti, setelah itu coba lagi lakukan proses install.

4. Mengubah pengaturan BIOS

Solusi selanjutnya yang perlu Anda coba adalah mengubah pengaturan BIOS. Ada beberapa hal yang perlu diubah, yaitu opsi xHCI hand-off, Secure boot, dan Legacy support.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Restart komputer Anda
  2. Sesaat setelah komputer menyala tekan tombol Del/Esc/F2 untuk masuk ke BIOS. Tombol ini mungkin berbeda-beda pada tiap merek, selengkapnya bisa lihat di sini: Cara masuk BIOS
  3. Setelah berada pada halaman BIOS, pilih menu Advanced > USB Configuration > BIOS EHCI Hand-Off/BIOS xHCI Hand-Off > Enabled
  4. Pergi ke menu Security > Secure Boot Configuration > Secure Boot > Disabled
  5. Tekan F10 lalu tekan Enter

5. Download ulang file ISO

Solusi selanjutnya yang perlu Anda coba setelah semua metode sebelumnya tidak ada yang berhasil adalah mendownload ulang file ISO dari situs Microsoft. Tidak jarang masalah No device drivers were found saat install ulang ini terjadi karena file ISO yang digunakan tidak sempurna. Mungkin Anda mendapatkannya dari situs selain Microsoft atau memang file tersebut sudah korup sejak awal.

Untuk itu kita perlu mencoba mengganti file ISO baru yang didapatkan langsung dari situs Microsoft. Anda bisa download ISO dengan mudah mengikuti panduan ini: Cara download file ISO tanpa Media Creation Tool

Setelah mendapatkan file ISO yang baru silakan ikuti panduan sebelumnya untuk membuat Flashdisk bootable kemudian coba lagi lakukan instalasi ke komputer Anda.

Leave a Comment