5 Monitor 4K Terbaik untuk Nonton Film dan Game

Rekomendasi Monitor 4K Terbaik 2021 untuk berbagai kebutuhan seperti nonton film dan game. Jika dulu monitor yang umum hanya ada FullHD saja maka sekarang monitor 4K telah menjadi hal yang umum digunakan oleh banyak orang.

Kehadiran monitor 4K semakin lama semakin populer terutama untuk kalangan gamer yang membutuhkan tampilan visual terbaiknya.

Buat kamu yang ingin mendapatkan monitor dengan kinerja multitasking lebih baik, maka resolusi 4K menjadi pilihan terbaik saat ini.

Ada banyak sekali kelebihan fitur pada monitor 2160p ini. Jika dahulu harganya mahal sekali maka seiring dengan berjalannya waktu sekarang menjadi lebih terjangkau.

Baru-baru ini harganya mulai turun karena kehadiran monitor 8K yang tampil sebagai monitor kasta tertinggi saat ini menggantikan monitor 4K.

Nah, jika kamu sedang mencari monitor PC untuk kebutuhan gaming atau nonton film layaknya bioskop, monitor 2160p berikut ini bisa kamu pertimbangkan.

Rekomendasi Monitor 4K Terbaik 2021

1. LG OLED48CXPUB

01 LG OLED48CXPUB

Spesifikasi:

  • Layar: 47,6 inci
  • Panel: OLED
  • Resolusi: 4K Ultra HD (3,840 x 2,160)
  • Rasio: 16:9
  • Refresh Rate: 120Hz

Kebanyakan orang awam masih belum mengerti bahwa monitor dengan layar besar belum tentu memiliki resolusi yang tinggi.

Untuk kebutuhan bermain game saat ini sebenarnya monitor gaming 1080p sudah termasuk cukup, namun jika kamu seorang gamer maniak maka pastinya butuh sesuai yang lebih.

LG OLED48CXPUB hadir sebagai monitor TV yang memiliki ukuran 48 inci dan tentunya memiliki resolusi 2160p atau 4K. Jika kamu ingin sesuatu yang lebih besar tapi dengan performa yang lebih besar pula maka LG OLED48CXPUB adalah jawabannya.

Ini adalah sebuah monitor yang tidak memiliki dudukan ergonomis seperti monitor lainnya, namun memiliki panel OLED untuk mematikan piksel secara individual.

Kinerjanya tentu sangat memuaskan, dengan rasio kontras tak terbatas dan keseragaman hitam yang sempurna, monitor ini cocok kamu gunakan untuk nonton film.

Terlebih jika film horror pada adegan gelap dan dalam ruangan gelap, LG OLED48CXPUB mampu memberikan output gelap yang sempurna.

Adapun dukungan HDMI 2.1 yang memudahkan kamu untuk memainkan PS5 atau Xbox Series X dalam resolusi game 4K 120Hz. Monitor LG ini pastinya sanggup memberikan kinerja terbaiknya agar para penggunanya bisa mendapatkan kepuasan yang maksimal.

2. LG 32UD99-W

02 LG 32UD99 W

Spesifikasi:

  • Layar: 32 inci
  • Panel: IPS
  • Resolusi: 4K UHD 3840 x 2160
  • Rasio: 16:9
  • Bit: 10 bits (8bits+FRC)
  • Refresh Rate: 61Hz

Layar ukuran 32 inci memang lebih cocok menggunakan resolusi 4K ketimbang resolusi FullHD. Dengan demikian tampilannya akan terlihat lebih tajam tanpa terlihat titik-titik kecil sama sekali.

Monitor LG 32UD99-W ini sudah bertipe IPS yang cocok untuk kebutuhan serbaguna mulai dari pekerjaan desain grafis hingga home theater dengan speaker 5.1.

Desainnya yang ramping sangat mudah kamu pindahkan ke tempat yang sesuai kamu kehendaki. Ini memiliki sudut pandang yang bagus sehingga kamu tidak kehilangan akurasi gambar dari samping.

Apabila kamu punya ruangan dengan sofa yang letaknya di samping maka penonton yang duduk situ juga tetap dapat melihat layar ini dengan jelas.

Karena kerapatan piksel yang tinggi sehingga monitor ini mampu menghasilkan teks dan gambar yang sangat tajam. Terlebih jika kamu selalu menghabiskan waktu di depan monitor hingga seharian maka monitor ini sangat cocok menemani sepanjang hari.

Meskipun waktu responsnya agak lambat tetapi cukup baik untuk beberapa game kasual dan bahkan ada dukungan FreeSync untuk meminimalkan robekan layar.

3. DELL S3221QS

03 DELL S3221QS

Spesifikasi:

  • Layar: 32 inci
  • Panel: VA
  • Resolusi: 4K UHD 3840 x 2160
  • Rasio: 16:9
  • Bit: 8bits
  • Refresh Rate: 60Hz

Jika kamu menginginkan monitor yang lebih cocok untuk ruangan gelap, Dell S3221QS merupakan pilihan tepat. Ini adalah monitor 4K 32 inci dengan model melengkung dan tipe panelnya VA.

Output gambarnya sudah pasti tajam dan detail, dengan rasio kontras lebih tinggi maka gambar menjadi lebih jelas lagi.

Sudut pandangnya sudah termasuk bagus untuk sekelas panel VA, meskipun masih ada beberapa kehilangan keakuratan gambar saat melihat dari samping.

Jadi kurang cocok untuk penggunaan tontonan bersama karena yang menonton dari samping akan melihat penurunan kualitas warna pada layar.

Refresh rate DELL S3221QS hanya support sampai 60Hz saja, karena itu kurang cocok untuk penggunaan gaming. Jauh lebih cocok untuk nonton film dan pekerjaan komputer lainnya.

4. Dell U2720Q

04 Dell U2720Q

Spesifikasi:

  • Layar: 27 inci
  • Panel: IPS
  • Resolusi: 4K UHD 3840 X 2160
  • Rasio: 16:9
  • Refresh Rate: 60Hz

Apabila kamu butuh monitor 27 inci yang sudah resolusi 2160p maka bisa pilih Dell U2720Q. Monitor ini cocok sekali untuk penggunaan kantor dan memiliki ergonomi yang sangat baik.

Kamu bisa melakukan penyesuaian ketinggian, kemiringan, dan putar agar posisi layar bisa pas untuk dilihat. Dell U2720Q ini sangat cocok untuk membuat konten karena memiliki sRGB penuh dan cakupan Adobe RGB yang bagus.

Panel IPS-nya memiliki sudut pandang yang lebar, yang berarti kamu tidak akan kehilangan akurasi gambar saat melihat dari samping.

Pihak Dell juga telah melengkapi monitor U2720Q ini dengan banyak pilihan port. Contohnya seperti tiga USB 3.0 dan dua USB-C.

Salah satu input USB-C pada monitor ini mendukung Mode Alt DisplayPort, yang memungkinkan pengguna bisa menyambungkan laptop dan mengisi dayanya dengan satu kabel.

Selain itu slot lainnya juga dapat digunakan untuk mengisi daya bahkan saat monitor mati dan letaknya di samping untuk memudahkan akses.

Kehadiran fitur cas ini tentunya sangat membantu Anda untuk bisa mengisi gadget ketika cas utama sedang digunakan oleh yang lain.

Kelebihan lainnya juga terlihat pada fitur filter cahaya biru untuk membantu mengurangi ketegangan mata. Namun sebaiknya hindari penempatan di seberang cahaya terang karena bisa terkena pantulan yang membuat output menjadi tidak jelas.

Secara keseluruhan, ini adalah monitor kantor 4K yang bagus yang bisa memenuhi kebutuhan para pengguna modern saat ini.

5. LG 27GN950-B

05 LG 27GN950 B

Spesifikasi:

  • Layar: 27 inci
  • Panel: IPS
  • Resolusi: 4K UHD 3840 X 2160
  • Rasio: 16:9
  • Refresh Rate: 144Hz

Jika kamu ingin monitor 2160p yang lebih berorientasi pada game, silakan coba merek LG 27GN950-B. Mirip Seperti Dell U2720Q yang memiliki panel IPS 27 inci dengan sudut pandang lebar, namun bedanya pada kecepatan refresh yang lebih tinggi yaitu 160Hz.

Seperti kita ketahui bahwa monitor dengan refresh rate 60Hz saat ini tidak cocok untuk main game-game bergenre FPS karena bisa buram saat gerakan cepat.

Untuk itulah monitor LG 27GN950-B hadir menawarkan refresh rate tinggi hingga 160Hz agar saat menampilkan gerakan cepat tidak buram.

Selain refresh rate yang lebih tinggi, input lagnya juga lebih rendah. Sehingga bisa menghadirkan pengalaman bermain game yang jauh lebih responsif, dan tentunya harus dibarengi dengan kartu grafis mumpuni juga.

LG 27GN950-B memiliki akurasi yang jauh lebih baik dari luar kotak dan menjadi lebih cerah dalam HDR. Fitur ini tentunya cukup untuk memberikan pengalaman yang cukup baik ketika kamu sedang nonton film melalui layar ini.

Monitor 4K dari LG ini juga memiliki tampilan desain yang menawan tanpa bingkai dari segala sisi. Dengan demikian tampilan layar 27 inci menjadi terlihat lebih bersih dan luas.

Jika kamu punya rencana menggunakan monitor yang lebih berorientasi untuk bekerja, pilihlah Dell U2720Q karena monitor ini memiliki ergonomi yang lebih baik dan port USB-C.

Namun, jika tujuan awal kamu memang ingin untuk kebutuhan game maka pilihlah LG 27GN950-B.

Leave a Comment