Cara Menggunakan Microsoft Office 365 Secara Gratis

Bagi Anda yang ingin menggunakan Microsoft Office secara gratis maka bisa mencoba Office 365 versi web. Microsoft sudah memberikan akses resmi kepada pengguna yang ingin menggunakan Office 365 secara gratis.

Khusus untuk Anda yang belum atau tidak ingin mengeluarkan biaya tambahan untuk membeli lisensi, maka ini adalah opsi yang sangat menguntungkan dan patut Anda coba.

Cara menggunakan Microsoft Office 365 secara gratis

1. Buat akun Microsoft

Syarat utama agar bisa mengakses Microsoft Office 365 secara gratis adalah memiliki akun Microsoft. Jika Anda belum punya maka buat akun Anda terlebih dahulu, langkah-langkahnya bisa lihat di sini: Cara membuat akun Microsoft.

2. Login ke situs office.com

Setelah memiliki akun Microsoft, selanjutnya buka browser di laptop Anda. Di sarankan untuk menggunakan Google Chrome.

Selanjutnya buka situs office.com

Klik menu Sign in atau icon user di pojok kanan atas untuk login. Pada halaman login isi dengan email dan password akun Microsoft Anda.

login ke situs microsoft office

3. Pilih aplikasi Microsoft Office yang ingin digunakan

Setelah berhasil login Anda akan dibawa ke jendela utama aplikasi Microsoft Office 365 versi web. Dari sana Anda bisa memilih aplikasi office mana yang ingin digunakan.

Pada menu bar sebelah kiri, klik pada icon menu untuk memunculkan semua aplikasi office.

Aplikasi Microsoft Word, Excel, PowerPoint, Outlook, dan One Drive akan muncul. Klik salah satu aplikasi tersebut untuk membukanya.

menggunakan microsoft office 365 secara gratis

4. Buat dokumen baru atau upload dari komputer

Untuk untuk membuat dokumen baru klik pada New blank dokumen. Jika Anda ingin mengedit dokumen yang sudah ada di komputer maka harus menguploadnya terlebih dahulu.

Caranya klik pada menu Upload and open > pilih file dokumen di komputer.

membuat dokumen baru dengan office 365 gratis

5. Simpan dokumen di One Drive atau download ke komputer

Setelah selesai mengedit dokumen selanjutnya Anda bisa menyimpannya di One Drive (otomatis) atau mendownload filenya ke komputer.

Jika Anda menyimpannya di One Drive maka sebaiknya ganti nama file agar tidak bingung saat akan menggunakannya kembali. Caranya klik pada menu Saved to One Drive > beri nama file Anda sesuai keinginan.

menyimpan dokumen office 365 online

Untuk mendownload file ke komputer klik pada menu File > Save as > Download a Copy.

download dokumen office 365 gratis

Tips agar Microsoft Office 365 versi web tidak berat saat digunakan

Pada saat menggunakan Microsoft Office 365 gratis versi web mungkin Anda akan mengalami sedikit lag, terutama saat mengedit dokumen yang panjang dalam waktu lama.

Salah satu penyebabnya adalah karena cache pada browser yang semakin lama semakin besar sehingga memenuhi memori komputer. Apalagi jika Anda menggunakan browser yang digunakan juga untuk browsing situs lain.

Untuk mengatasi hal ini maka kita bisa membuat profile baru pada browser yang dikhususkan untuk membuka Microsoft Office 365. Tujuannya agar cache browser tidak bercampur dengan situs lainnya sehingga akan menjadi lebih ringan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser Google Chrome
  2. Klik pada profile icon
  3. Klik tombol Add
  4. Beri nama Office 365
  5. Klik tombol Add
membuat profile browser baru

Profil browser ini nantinya digunakan khusus untuk membuka aplikasi web Office 365 saja. Untuk keperluan browsing Anda bisa menggunakan profil utama. Dengan cara ini kita bisa meminimalisir cache yang bertumpuk sehingga Chrome menjadi lebih ringan. Selain itu, dengan cara ini kita juga jadi tidak perlu login berulang kali.

Membuat shortcut desktop agar lebih mudah membuka Office 365 online

Anda juga bisa membuat shortcut desktop ke aplikasi Office 365 versi web agar lebih mudah pada saat akan menggunakannya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Gunakan profil browser Office 365 yang tadi sudah dibuat
  2. Login ke Office 365
  3. Klik menu browser Google Chrome yang ada di pojok kanan atas (icon titik tiga)
  4. Pilih More tools > Create shortcut
  5. Beri nama shortcut dengan Office 365
  6. Klik tombol Create
membuat shortcut desktop microsoft office 365

Shortcut aplikasi web Microsoft Office 365 akan muncul di desktop. Anda bisa menggunakan shortcut ini untuk membuka aplikasi secara langsung. Selama Anda tidak clear cache maka tidak perlu login lagi karena informasi akun masih melekat pada profil browser.

Sofware office desktop offline alternatif Microsoft Office yang gratis

Microsoft Office didistribusikan dalam bentuk bundle (paket), yang di dalamnya terdapat beberpa software untuk keperluan berbeda. Yang paling sering digunakan adalah Word untuk membuat dokumen, Excel untuk pengolah data, dan PowerPoint untuk membuat presentasi.

Untuk Anda yang mencari alternatif Microsoft Office yang gratis namun punya fitur-fitur yang mirip maka bisa menggunakan software open source seperti Libre Office dan Open Office. Kedua aplikasi ini juga hadir dalam bentuk bundle yang lengkap, di dalamnya terdapat software pengolah kata, data, pembuat diagram, dan presentasi.

Secara garis besar fungsinya sama dengan Microsoft Office, hanya sedikit berbeda pada tampilan UI dan navigasi menunya. Perbedaan besarnya adalah kedua aplikasi ini 100% gratis dan bebas digunakan siapa saja.

Open Office

Open Office adalah pionir software office berbasis open source yang sudah dikembangkan selama 20 tahun belakangan ini. Aplikasi ini bisa digunakan secara cross platform pada Windows, macOS, dan Linux. Anda bisa menggunakannya sebagai alternatif Microsoft Office secara gratis.

Download Open Office

Libre Office

Libre Office dikembangkan dari kode sumber Open Office dengan banyak sekali peningkatan, terutama dari segi UI dan kemudahan dalam penggunaannya. Di dalamnya berisi aplikasi office yang lengkap sebagai pengganti Microsoft Office, yaitu Writer (word), Calc (spreadsheet/excel), Impress (presentations/ppt), Draw (diagrams), Base (database/access), Math (formula editor).

Download Libre Office

Penutup

Microsoft Office merupakan software pengolah dokumen yang paling banyak digunakan oleh pengguna Windows, terutama bagi para pekerja kantoran, pelajar, mahasiswa, dan tenaga pendidik.

Berbeda dengan software office open source seperti Open Office dan Libre Office yang gratis, Microsoft Office adalah software berbayar. Untuk bisa menggunakannya secara penuh maka pengguna harus membeli lisensi dari Microsoft.

Office 365 versi web adalah solusi untuk Anda yang tetap ingin menggunakan Microsoft Office secara gratis dan menghindari pembajakan.

Leave a Comment