Cara Mengirim File Lewat Bluetooth di Windows 10

Mengirim file lewat Bluetooth masih menjadi cara paling praktis untuk memindahkan file dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Kita bisa menggunakan fitur bluetooth untuk menyalin file baik gambar, video, dan dokumen dari hp ke komputer atau sebaliknya.

Windows 10 memiliki fitur bluetooth yang bisa digunakan, pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan tutorial bagaimana cara mengirim file lewat bluetooth di Windows 10.

Agar bisa berfungsi dengan baik, driver bluetooth harus sudah terinstall dengan benar. Anda bisa melihat tutorial Cara Mencari Driver Yang Tepat di Windows 10 dan Cara Cek Driver Yang Belum Terinstall di Windows 10 untuk memastikan driver Bluetooth sudah terpasang dan bekerja dengan baik. Setelah itu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara mengirim file lewat Bluetooth di Windows 10

1. Hidupkan Bluetooth di hp

Langkah pertama, pastikan Bluetooth di hp sudah hidup dan dalam mode phone visibility on atau bisa ditemukan atau discoverable.

gambar 8 cara mengirim file lewat bluetooth di windows 10

2. Masuk ke menu Settings Windows 10

Selanjutnya buka PC atau laptop Anda. Klik pada tombol Start lalu pilih Settings.

3. Pilih Devices

Setelah menu Settings muncul Anda akan melihat banyak opsi, pilih pada menu Devices.

gambar 1 cara mengirim file lewat bluetooth di windows 10

4. Klik tombol Add Bluetooth or other device

Jendela Devices akan terbuka, di sini kita bisa melakukan pengaturan bluetooth, printer, dan mouse. Pilih pada tab Bluetooth & other devices > klik pada tombol Add Bluetooth or other devices.

gambar 3 cara mengirim file lewat bluetooth di windows 10

5. Pilih Bluetooth

Selanjutnya akan muncul jendela baru untuk memilih perangkat apa yang ingin kita hubungkan. Klik pada pilihan Bluetooth.

gambar 4 cara mengirim file lewat bluetooth di windows 10

6. Tunggu hingga Bluetooth hp terdeteksi

Windows 10 akan melakukan scan untuk menemukan perangkat-perangkat yang bisa dihubungkan. Bluetooth hp Anda nanti akan terdeteksi dan muncul di layar, tunggu saja hingga scan selesai.

gambar 5 cara mengirim file lewat bluetooth di windows 10

7. Pilih Bluetooth hp yang ingin dihubungkan lalu klik Connect

Selanjutnya Anda klik pada perangkat yang ingin dihubungkan, dalam hal ini adalah hp. Klik pada nama Bluetooth hp Anda, setelah itu jendela pop up akan muncul yang berisi pin. Pin ini juga akan muncul pada hp. Langsung saja klik pada tombol Connect.

gambar 6 cara mengirim file lewat bluetooth di windows 10

8. Kirim file lewat Bluetooth dari Windows 10 ke hp

Setelah Bluetooth pada Windows 10 terhubung dengan hp maka Anda sudah bisa mengirim file. Caranya dengan buka explorer > klik kanan pada file yang ingin dikirim > pilih Send to > pilih Bluetooth device > pilih Bluetooth hp.

gambar 7 cara mengirim file lewat bluetooth di windows 10

Pada hp akan muncul notifikasi untuk meminta izin file masuk, tap pada pilihan Allow. Proses pengiriman file akan berjalan, Anda tinggal menunggu saja hingga selesai.

Cara mengirim file dari hp ke Windows 10 lewat Bluetooth

Kita juga bisa menggunakan Bluetooth untuk mengirim file dari hp ke komputer di Windows 10. Hal ini akan mempermudah kita untuk memindahkan file yang ada di hp ke PC atau laptop tanpa harus menggunakan kabel data.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama hubungkan atau pairing hp Anda dengan Windows 10 menggunakan cara yang sama seperti di atas.

Setelah Bluetooth pada kedua perangkat terhubung selanjutnya pada Windows 10 klik kanan pada icon Bluetooth > pilih Receive a File > jendela transfer file akan terbuka.

gambar 9 cara mengirim file lewat bluetooth di windows 10

Selanjutnya buka hp Anda > pilih file yang ingin dikirim > klik tombol options atau bisa juga tap tahan pada file > pilih Share > pilih Bluetooth > pilih nama Bluetooth komputer.

Anda akan melihat pada pop up muncul pada Windows 10 yang meminta izin untuk menerima file > klik OK > transfer file akan segera di mulai.

Anda juga bisa mengirim file sekaligus banyak dengan menyeleksi file-file mana saja yang ingin dikirim lalu lakukan langkah yang sama dengan di atas.

Demikian tutorial cara mengirim file lewat Bluetooth di Windows 10, semoga bisa membantu.

Leave a Comment