Cara Menghidupkan HP Android Tanpa Tombol Power

Saat tombol power HP Android rusak maka kita jadi kesulitan untuk mematikan maupun menghidupkannya karena biasanya tombol yang berfungsi untuk melakukan tugas tersebut adalah tombol power.

Lalu bagaimana solusinya? Apakah bisa menghidupkan HP Android tanpa tombol power. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas beberapa trik yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Alasan tombol power di HP rusak mungkin berbeda-beda pada tiap orang. Umumnya tombol power pada HP yang masa pakainya sudah lama akan rusak dengan sendirinya, atau minimal responnya berkurang ketika ditekan. Ini adalah hal yang wajar karena seiring waktu kondisi fisik HP kita pasti akan mengalami penyusutan.

Penyebab lainnya bisa karena HP terjatuh atau terbentur pada bagian power, tombol power terlalu sering digunakan untuk screenshot atau mengunci layar, atau bahkan tombol power memang sudah cacat bawaan pabrik.

Cara menghidupkan HP Android tanpa tombol power

Menghidupkan dalam hal ini bisa berarti dua hal. Pertama menghidupkan HP dalam keadaan mati (power off), kedua menghidupkan layar HP karena terkunci (screen off). Keduanya memiliki solusi yang berbeda jauh, oleh karena itu agar tidak membingungkan kita akan membahasnya satu per sattu.

Menghidupkan HP Android tanpa tombol power dalam keadaan mati (power off)

1. Menggunakan bantuan alat untuk menekan tombol power

Ini adalah cara yang paling mudah dan umum dilakukan oleh mereka yang mengalami kerusakan HP pada bagian tombol powernya. Biasanya saat tombol power lepas atau patah, Anda masih bisa melihat ada tombol kecil dibalik celah casing yang bisa ditekan untuk menghidupkan HP.

Apabila tombol power masih ada namun tidak berfungsi, maka Anda bisa membuka casing HP dan lepaskan tombol powernya, di siana akan terlihat tombol power kecil yang bisa ditekan.

Selanjutnya gunakan benda kecil seperti pena bekas untuk menekan tombol tersebut hingga HP menyala. Bila memungkinkan Anda bahkan bisa menggunakan kuku untuk menghidupkan HP tanpa tombol power.

2. Melepaskan baterai lalu pasang kembali

Dalam keadaan tombol power benar-benar tidak merespon meskipun sudah ditekan-tekan menggunakan alat maka bisa disimpulkan kalau tombol power di HP Anda memang sudah benar-benar tidak berfungsi.

Jika kondisinya begini maka tinggalkan cara pertama tadi karena besar kemungkinan cara tersebut tidak akan berhasil dan malah membuat kita frustasi. Sebagai solusinya Anda bisa mencabut baterai HP kemudian pasang kembali.

Beberapa tipe HP Android (terutama model lama) akan menyala dengan sendirinya ketika baterai dilepas lalu dipasang kembali. Syaratnya Anda harus memastikan kalau baterai tidak dalam keadaan kosong, bila perlu charge dulu baterai hingga minimal lebih dari separuh baru kemudian lepaskan baterai dan pasang kembali, maka HP Anda akan menyala dengan sendirinya tanpa menekan tombol power.

3. Masuk ke Recovery Mode kemudian boot to normal screen

Apabila yang rusak hanya tombol power namun tombol lainnya seperti tombol volume dan tombol home masih berfungsi maka Anda bisa menghidupkan HP Android dalam keadaan mati tanpa tombol power dengan cara masuk ke Recovery Mode.

Pertama tekan dan tahan tombol Home + tombol Volume bawah hingga HP menyala. Tunggu hingga menu Recovery Mode muncul. Setelah itu pilih menu Reboot system now. Hp akan menyala ke mode normal dan bisa digunakan seperti biasa.

menghidupkan hp android tanpa tombol power 2

4. Menggunakan ADB Commands

Ini adalah cara terakhir untuk menghidupkan HP Android dalam keadaan mati tanpa tombol power. Berbeda dengan tiga cara sebelumnya, untuk bisa menggunakan ADB Commands maka kita memerlukan bantuan laptop atau PC, ADB Driver, Fastboot, USB debugging dalam keadaan aktif, dan kabel data.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama hubungkan HP ke laptop dengan kabel data.

Install driver ADB ke laptop Anda: Download

Buka File Explorer pada Windows kemudian masuk ke direktori di mana ADB driver terinstall.

Klik kanan pada area kosong di folder ADB kemudian pilih menu Open PowerShell Window here.

menghidupkan hp android tanpa tombol power 3

Setelah jendela PowerShell terbuka ketik perintah berikut ini:

ADB devices

Tekan Enter. Bila berhasil maka kode HP Anda akan terlihat di sana.

Setelah itu ketik lagi perintah:

ADB reboot

Tekan Enter. HP Anda akan segera melakukan reboot dan menyala seperti biasa.

menghidupkan hp android tanpa tombol power 4

Catatan: cara ini hanya bisa dilakukan apabila USB Debugging pada HP Android Anda dalam keadaan aktif dan ketika dihubungkan ke laptop terdeteksi dalam mode transfer file, bukan hanya charging. Bila syarat ini tidak terpenuhi maka cara ini tidak bisa dilakukan.

Menghidupkan layar HP Android tanpa tombol power (screen off / screen lock)

1. Mengaktifkan fitur double tap to wake up screen (ketuk dua kali untuk menghidupkan layar)

menghidupkan hp android tanpa tombol power 1

Ini adalah cara yang paling mudah untuk mengatasi masalah tombol power yang tidak berfungsi untuk menghidupkan layar, yaitu dengan mengaktifkan fitur double tap atau ketuk dua kali untuk menghidupkan layar.

HP keluaran terbaru saat ini hampir semuanya memiliki fitur ini, berikut ini cara untukmengaktifkannya.

HP Samsung:

  • Masuk ke Settings
  • Pilih Advanced features
  • Pilih Motions and gestures
  • Centang opsi Double tap to wake

HP Xiaomi:

  • Masuk ke Pengaturan
  • Pilih menu Tampilan
  • Centang pilihan Ketuk layar 2x untuk bangunkan

HP Oppo:

  • Buka menu Settings
  • Tarik ke bawah lalu pilih menu Gesture & Motion
  • Pilih pada opsi Screen Off Gesture
  • Aktifkan Double Tap to Screen On

HP Vivo:

  • Masuk ke menu Settings
  • Kemudian pilih menu Smart motion
  • Pilih pada opsi Screen Off Gesture
  • Aktifkan Smart turn on/off screen

HP Realme:

  • Masuk ke menu Settings atau Pengaturan
  • Selanjutnya pilih menu Gesture atau Gerakan
  • Pilih pada opsi Screen Off Gesture atau Gerakan layar mati
  • Aktifkan Double tap to wake atau Ketuk dua kali untuk aktifkan layar

Setelah Anda mengaktifkan fitur tap dua kali untuk menghidupkan layar maka selanjutnya Anda bisa menghidupkan layar yang mati dengan mengetuk dua kali pad layar tanpa harus menekan tombol power.

Sayangnya tidak semua HP memiliki fitur ini, terutama HP Android model lama. Bagaimana untuk mengatasinya? Nah, sebagai alternatif maka kita bisa menggunakan aplikasi untuk melakukan hal ini atau mengubah fungsi tombol power ke tombol volume. Ikuti tutorial selanjutnya di bawah ini.

2. Memindahkan fungsi tombol power ke tombol volume

Alternatif yang kedua adalah melakukan remapping atau memindahkan fungsi tombol power ke tombol volume yang masih berfungsi. Ini merupakan pilihan bagi Anda apabila HP yang digunakan tidak memiliki fitur double tap to wak.

Untuk bisa melakukan trik ini kita membutuhkan bantuan aplikasi yang bernama Power Button to Volume Button. Aplikasi ini tersedia di Playstore dan bisa digunakan secara gratis.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama install dulu aplikasinya ke HP Anda dari sini: Download

Setelah itu jalankan aplikasi Power Button to Volume Button dengan menekan tombol Open begitu proses install dari Playstore sudah selesai.

Selanjutnya tap satu kali pada Enable/Disable Volume Power untuk mengaktifkannya.

Centang pada pilihan Boot dan Screen Off.

menghidupkan hp android tanpa tombol power 5

Kemudian tap satu kali pada menu Activate this device administrator.

menghidupkan hp android tanpa tombol power 6

Setelah melakukan langkah di atas, maka pada notification bar akan terlihat menu baru yang bisa Anda tekan untuk mematikan layar.

menghidupkan hp android tanpa tombol power 7

Gunakan menu tersebut untuk mematikan layar, dan apabila ingin menghidupkan layar kembali maka gunakan tombol volume.

Dengan cara ini maka kita bisa menghidupkan layar HP Android tanpa tombol power, tapi menggunakan tombol volume.

Selamat mencoba.

Leave a Comment