Mengatasi Setup Needs the Next Disk

Salah satu error yang sering terjadi ketika menginstall aplikasi di Windows adalah munculnya pesan pop up yang berbunyi “Setup Needs the Next Disk.” “Please Insert Disc 1 and click OK.” “If the files on this disc can be found somewhere other than the one displayed below, enter the correct path or click Browse.”

Masalah ini biasanya terjadi karena file setup atau installer diubah menjadi bentuk arsip dengan metode split sehingga menjadi beberapa part, biasanya part 1, part 2, part 3 atau disc 1, disc 2, disc 3, dan seterusnya. File installer yang berukuran besar seperti installer game, atau aplikasi berat lain yang ukurannya cukup besar memang lebih mudah didistribusikan apabila dipecah menjadi beberapa bagian, dan pada saat menginstallnya maka pengguna harus mengekstraknya terlebih dahulu sehingga file bergabung menjadi satu.

Saat Anda mengalami error ini maka kemungkinan besar penyebabnya adalah karena file installer yang Anda gunakan tidak lengkap, bisa karena salah satu part terhapus, rusak atau korup, atau memang pada saat didownload tidak lengkap. Untuk mengatasinya maka Anda perlu memastikan setiap part dari file installer lengkap dan harus diekstrak terlebih dahulu untuk membuatnya menjadi file installer yang utuh.

Cara mengatasi Setup Needs the Next Disk

Pada saat menginstall sebuah program atau game yang installernya terbagi menjadi beberapa part Anda akan melihat pesan error seperti di bawah ini:

cara mengatasi setup needs the next disk 1

Ini terjadi karena installer tidak bisa menemukan part lanjutan untuk melanjutkan instalasi. Untuk mengatasinya maka Anda bisa mengekstrak ulang file installer kemudian letakkan dalam satu folder baru. Setelah itu arahkan installer ke folder tersebut.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pada jendela pop up yang muncul jangan tekan Cancel, biarkan saja dulu

cara mengatasi setup needs the next disk 2

2. Buka file explorer kemudian masuk ke direktori di mana file installer mentah (belum diekstrak berada)

3. Klik kanan pada file tersebut kemudian pilih Extract files

cara mengatasi setup needs the next disk 4

4. Pilih lokasi Extract di folder baru sesuai keinginan, misalnya Desktop > Folder

5. Setelah proses ekstrak selesai, kembali ke jendela installer yang tadi error

6. Klik tombol Browse kemudian pilih folder tadi yang berisi file installer baru

cara mengatasi setup needs the next disk 3

7. Klik tombol OK

cara mengatasi setup needs the next disk 5

Apabila berhasil maka proses instalasi program akan berjalan kembali melanjutkan progress yang tadi sudah berjalan.

Untuk file installer yang dipecah menjadi beberapa bagian, khususnya file Game yang berukuran besar maka semua part harus berada dalam satu folder pada saat melakukan ekstrak.

Misalnya Anda download file Game berukuran 10GB yang dipecah menjadi 5 part, berarti 1 part berukuran 2GB. Nah semua file ini harus didownload secara lengkap terlebih dahulu.

Kemudian gunakan aplikasi archiver seperti 7zip atau WinRAR untuk mengekstraknya. Pada saat melakukan ekstrak, semua file harus berada dalam direktori atau folder yang sama. Setelah proses ekstrak selesai maka file yang tadi dipecah akan menjadi sebuah file installer tunggal.

File inilah yang Anda gunakan untuk menginstall Game atau program tersebut. Apabila prosesnya dilakukan dengan benar dan setiap part dalam keadaan baik, maksudnya tidak ada yang rusak atau korup maka seharusnya proses install berjalan dengan lancar.

Leave a Comment