Mengatasi “No Internet Access” dan “No Internet, Secured” di Laptop

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna Windows 10 saat menyambungkan PC dan laptop dengan internet adalah koneksi yang tidak jalan. Saat kita konek ke jaringan LAN atau WiFI terlihat pada icon kalau laptop sudah tersambung tapi tidak bisa dipakai untuk internet.

Di sana juga akan terlihat pesan “No Internet Access” dan “No Internet, Secured“. Jadi meskipun internet sudah terhubung namun saat digunakan untuk browsing, download, dan membuka game online internetnya tidak bisa jalan.

Ada beberapa penyebab terjadinya masalah ini, bisa karena sinyal sedang gangguan, kesalahan pengaturan IP address dan DNS, kuota internet habis, atau karena masalah pada modem dan router.

Cara mengatasi No Internet Access dan No Internet, Secured:

  1. Identifikasi sumber masalah
  2. Restart komputer
  3. Restart router dan modem
  4. Pastikan ISP yang digunakan tidak sedang gangguan
  5. Forget jaringan WiFi kemudian reconnect
  6. Coba gunakan kabel LAN yang lain
  7. Flush DNS dan reset jaringan dengan CMD
  8. Gunakan IP Address dan DNS otomatis
  9. Pastikan driver WiFi dan LAN berjalan dengan baik
  10. Jalankan Network Reset
  11. Jalankan Network Troubleshooter
  12. Reset router dan modem
  13. Reset PC

Langkah-langkah di atas di atas merupakan solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini, mulai dari yang paling sederhana hingga yang lebih rumit.

Anda bisa mencobanya satu per satu secara berurutan, berikut ini penjelasannya.

1. Identifikasi sumber masalah

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencari tahu terlebih dahulu sumber masalah ini berada di mana, apakah pada modem dan router atau pada laptop kita.

Cara termudah untuk mengetahuinya adalah dengan mengakses jaringan menggunakan perangkat lain, lihat apakah perangkat tersebut juga mengalami hal yang sama atau tidak.

Anda bisa menggunakan laptop lain, PC, atau smartphone kemudian hubungkan ke jaringan yang sama. Jika ternyata internet bisa diakses berarti yang bermasalah bukanlah modem atau routernya, tapi laptop yang digunakan untuk mengakses jaringan tersebut.

Dengan melakukan hal sederhana ini kita bisa tahu apa yang harus diperbaiki. Jika masalahnya ada pada laptop yang digunakan, biasanya penyebabnya adalah driver rusak atau hilang dan kesalahan konfigurasi.

Untuk mengatasinya bisa dengan reinstall driver, reset koneksi, flush dns, dan menggunakan konfigurasi IP otomatis (caranya akan dijelaskan di bawah).

2. Restart komputer

Seperti mengatasi error lain di Windows pada umumnya, melakukan restart merupakan langkah yang tidak boleh dilewatkan. Jika beruntung, hanya dengan melakukan restart maka error-error kecil biasanya bisa teratasi.

Untuk mengatasi masalah no internet di laptop, coba dulu lakukan restart. Setelah laptop menyala kembali, hubungkan lagi dengan jaringan internet yang tadi tidak bisa digunakan.

3. Restart router dan modem

Masalah yang terjadi pada jaringan tidak akan terlepas dari modem dan router. Setelah melakukan langkah pertama dengan meresetart komputer namun koneksi masih bermasalah, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan restart modem dan router.

Mengapa dengan melakukan restart bisa mengatasi masalah no internet di laptop? Karena dengan restart modem dan router, artinya kita melakukan refresh pada perangkat tersebut.

Modem dan router pada dasarnya mirip seperti komputer mini dengan prosesor dan memori yang lebih terbatas. Jika digunakan terus menerus dan dibebani banyak tugas maka error bisa saja terjadi.

Modem dan router juga berperan sebagai perangkat yang menghubungkan ke jaringan ISP, jika koneksi ke ISP gagal maka dengan melakukan restart modem akan melakukan reconnect dan jaringan bisa terhubung dengan normal kembali.

4. Cek apakah jaringan ISP tidak sedang gangguan

Ketika laptop sudah berhasil terhubung ke WiFi namun internet tidak bisa dipakai, maka yang perlu Anda cek selanjutnya adalah status ISP.

Jika jaringan ISP ternyata sedang mengalami gangguan maka masalah no internet pada laptop tersebut menjadi hal yang wajar. Ini artinya laptop berhasil terhubung ke router, namun router tidak mendapatkan akses internet dari ISP karena sedang gangguan.

Cara untuk mengecek apakah jaringan ISP sedang gangguan atau tidak bisa dengan mengunjungi halaman media sosial dari ISP yang digunakan. Biasanya akan ada pemberitahuan di sana jika sedang terjadi gangguan. Anda juga bisa menghubungi call center untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas.

5. Forget jaringan WiFi kemudian reconnect

Jika laptop Anda terhubung ke internet lewat jaringan WiFi dan mengalami masalah “No Internet Access” atau “No Internet, Secured” maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah forget jaringan kemudian reconnect.

Forget jaringan artinya melepas semua konfigurasi yang ada dan ketika melakukan reconnect maka koneksi ke laptop akan kembali ka pengaturan awal.

Bagi pengguna Windows 10 bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk melakukannya.

Klik pada icon WiFi di taskbar

Klik satu kali pada jaringan WiFi yang sedang terhubung

Klik kanan lagi pada jaringan yang terhubung

Klik pada tombol Forget

cara mengatasi no internet access di laptop 1

Tunggu sebentar, kemudian reconnect ke jaringan WiFi tersebut.

Cara kedua bisa juga dengan masuk ke menu Settings > pilih Network & Internet > pilih WiFi > klik pada menu Manage known networks > pilih jaringan WiFi yang diinginkan > klik tombol Forget.

cara mengatasi no internet access di laptop 2

6. Coba gunakan kabel LAN yang lain

Selain menggunakan WiFi, untuk terhubung ke internet juga bisa via kabel LAN. Bagi Anda yang menggunakan kabel LAN maka bisa mencoba untuk menukar kabel yang dipakai.

Masalah No Internet Access yang muncul pada koneksi internet di laptop bisa juga disebabkan karena kabel LAN yang digunakan rusak, sehingga koneksi juga akan menjadi bermasalah.

Jika Anda bekerja dalam satu ruangan dengan rekan lain yang menggunakan jaringan yang sama, akan tetapi hanya laptop Anda yang tidak bisa mengakses internet, maka kemungkinan besar yang bermasalah adalah kabel yang digunakan atau konfigurasi yang salah pada laptop Anda.

7. Flush DNS dan reset jaringan dengan CMD

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan flush DNS dan reset network.

Di Windows 10 kita bisa menggunakan Command Prompt (cmd) untuk mengatasi masalah no internet access. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama buka Command Prompt dengan izin akses administrator, caranya klik pada tombol Start > ketik cmd > program Command Prompt akan muncul > klik pada Run as administrator.

cara mengatasi no internet access di laptop 3

Setelah jendela cmd terbuka, lakukan reset network dengan perintah berikut ini:

netsh winsock reset
netsh int ip reset

Setelah itu refresh IP Adress dengan perintah berikut ini:

ipconfig /release
ipconfig /renew

Terakhir lakukan flush DNS dengan perintah berikut ini:

ipconfig /flushdns

Setelah selesai menjalankan semua baris perintah di atas, tutup program cmd, kemudian restart laptop Anda.

Sampai di sini seharusnya koneksi internet sudah berjalan normal lagi.

8. Gunakan IP Address dan DNS otomatis

Penggunaan IP dan DNS statis yang diatur secara manual terkadang juga bisa menjadi salah satu penyebab mengapa internet di laptop sudah terhubung namun muncul keterangan No Internet Access.

Untuk mengatasinya maka kita harus mengembalikan pengaturannya menjadi otomatis.

Ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama masuk ke Control Panel > pilih Network and Sharing Center.

Pada jendela sebelah kanan klik pada koneksi yang sedang terhubung, WiFi atau Ethernet (LAN).

cara mengatasi no internet access di laptop 4

Selanjutnya klik pada tombol Properties > pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > klik tombol Properties.

cara mengatasi no internet access di laptop 5

Centang pada pilihan Obtain an IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically.

cara mengatasi no internet access di laptop 6

Klik OK > tutup semua jendela pengaturan > restart komputer.

Dengan melakukan pengaturan seperti di atas maka laptop Anda akan terhubung ke internet dengan IP dan DNS yang didapat secara otomatis (dinamis), hal ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya masalah no internet access.

9. Cek driver WiFi dan LAN

Driver merupakan program yang berfungsi sebagai penggerak perangkat keras yang ada pada sebuah komputer. Driver WiFi dan LAN bertanggung jawab pada kerja Wireless dan Ethernet Card yang ada di laptop.

Jika drivernya bermasalah, maka kerja perangkat juga akan bermasalah, inilah yang bisa menyebabkan gangguan pada koneksi internet seperti WiFi hilang bahkan bisa menyebabkan laptop tidak bisa konek WiFi sama sekali.

Coba cek status driver WiFi dan LAN di laptop, lihat apakah berjalan dengan baik atau terdapat masalah.

Buka Device Manager dengan cara menekan tombol Windows+X pada keyboard > lalu pilih Device Manager.

Klik pada driver Network adapters > klik tanda panah kecil di sampingnya untuk expand > daftar driver jaringan akan muncul.

cara mengatasi no internet access di laptop 7

Lihat apakah semua driver dalam keadaan normal. Driver yang bermasalah akan memiliki icon tanda seru berwarna kuning. Ini artinya driver tersebut tidak bekerja dengan baik dan perlu diperbaiki.

Lakukan juga update driver bila diperlukan, lihat caranya di sini:

Cara update driver Windows 10

Jika ada driver yang belum diinstall ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mencari driver yang tepat dan menginstalnya:

Cara mencari driver Windows 10

Cara cek driver yang belum terinstall

10. Jalankan Network Reset

Di Windows 10 terdapat fitur untuk reset jaringan yang bisa kita gunakan. Jika sampai di sini masalah No Internet Access masih terjadi, maka langkah ini perlu dicoba.

Pertama klik pada menu Start > kemudian pilih Settings > pilih menu Network & Internet.

Klik pada tab Status > pada panel sebelah kanan klik tombol Network Reset > klik Reset Now.

cara mengatasi no internet access di laptop 8

Tunggu hingga prosesnya selesai.

Setelah melakukan reset maka semua adapter jaringan dan konfigurasinya akan dikembalikan ke pengaturan awal. Anda mungkin perlu konek ulang ke jaringan dan melakukan konfigurasi yang dibutuhkan.

11. Jalankan Network Troubleshooter

Troubleshooter adalah fitur yang bisa kita andalkan ketika mengalami masalah yang tidak diketahui penyebab dan cara mengatasinya, termasuk masalah pada koneksi internet.

Anda bisa mencoba untuk menjalankan network troubleshooter untuk mengatasi internet yang tidak jalan di laptop.

Pertama klik pada tombol Start > pilih Settings > pilih Network & Internet.

Kemudian klik pada tab Status > temukan dan klik pada menu Network troubleshooter.

cara mengatasi no internet access di laptop 9

Ikuti langkah-langkahnya hingga selesai.

Troubleshooter akan memberitahu apa yang menjadi penyebab masalah dan memberikan rekomendasi untuk mengatasinya.

12. Reset router dan modem

Jika di awal tadi kita sudah mencoba untuk restart router dan modem, maka kali ini kita akan melakukan reset. Restart dan reset adalah dua proses yang berbeda, melakukan reset artinya kita mengembalikan router dan modem ke pengaturan pabrik.

Dengan cara ini semua kesalahan pada konfigurasi bisa teratasi. Untuk melakukan reset router dan modem, Anda bisa melihat panduannya berdasarkan merek perangkat yang dipakai. Anda bisa buka buku manual atau mengunjungi situs resminya.

Cara ini berlaku baik pada pengguna modem GSM yang menggunakan layanan Telkomsel, 3, XL, Axis, Indosat, maupun internet berlangganan seperti Indihome, Biznet, First Media, dan MNC Play.

13. Reset PC

Jika sampai di sini namun masalah No Internet Access masih juga belum teratasi maka pilihan yang tersisa adalah melakukan reset PC. Ini adalah solusi terbaik tanpa install ulang, karena melakukan install ulang tentu akan lebih repot karena harus backup data-data yang ada di drive C.

Untuk melakukan reset PC bisa lihat caranya di sini:

Cara reset PC Windows 10

Anda bisa memilih opsi untuk menjaga agar data-data personal tidak hilang pada proses reset nanti. Sedangkan semua aplikasi yang bukan bawaan Windows harus tetap diinstall lagi satu per satu.

Demikian beberapa cara untuk mengatasi masalah tidak bisa internetan di laptop. Semoga membantu. Kalau masih ada pertanyaan silakan komentar pada kolom yang sudah kami sediakan.

4 thoughts on “Mengatasi “No Internet Access” dan “No Internet, Secured” di Laptop”

Leave a Comment