Mengatasi Error 0x000007b Application Unable to Start Correctly

Salah satu masalah yang umum terjadi pada pengguna Windows adalah error ketika ingin membuka sebuah aplikasi dengan keterangan pop up yang muncul berbunyi “The application was unable to start correctly (0x000007b). Click OK to close the application”.

Masalah ini biasanya terjadi setelah melakukan update Windows 10 dan Windows 11 dan terjadi kesalahan yang menyebabkan sistem tidak bisa menjalankan aplikasi yang ingin Anda buka. Untuk mengatasinya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, berikut kami akan berikan panduan untuk memperbaiki error ini.

Penyebab error “The application was unable to start correctly (0x000007b)”

Error ini terjadi karena adanya kesalahan pada file Microsoft Visual C++ Redistributable Package yang menyebabkan aplikasi tidak bisa dijalankan, bisa karena file yang secara tidak sengaja terhapus atau korup. Microsoft Visual C++ Redistributable Package adalah runtime component yang bertanggung jawab untuk menjalankan berbagai aplikasi di sistem operasi Windows, saat file ini mengalami masalah maka aplikasi yang membutuhkannya jadi tidak bisa dibuka.

Cara mengatasi “The application was unable to start correctly (0x000007b)”

Untuk mengatasi masalah error 0x000007b di Windows 10 dan Windows 11 terdapat beberapa langkah perbaikan yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Restart komputer

Langkah pertama yang perlu Anda coba ketika menghadapi masalah ini adalah dengan melakukan restart. Ini merupakan langkah perbaikan dasar yang perlu dicoba ketika error terjadi di sistem operasi Windows, termasuk error The application was unable to start correctly ini.

Kasus yang mungkin terjadi adalah Anda baru saja melakukan update Windows namun belum melakukan restart sehingga file yang sudah didownload ke komputer belum terinstall dengan sempurna, melakukan restart akan menyelesaikan masalah ini.

2. Reinstall aplikasi yang bermasalah

Solusi selanjutnya untuk mengatasi error The application was unable to start correctly (0x000007b) adalah dengan menginstall ulang aplikasi yang bermasalah. Seiring dengan penggunaan, aplikasi yang sudah terinstall terkadang mengalami kerusakan pada file programnya, bisa karena korup atau ada file yang secara tidak sengaja terhapus.

Jika ini adalah penyebabnya maka melakukan reinstall akan menyelesaikan masalah. Silakan hapus terlebih dahulu aplikasi tersebut, kemudian install lagi dengan menggunakan file isntaller terbaru.

  1. Buka Windows Settings
  2. Pilih menu Apps
  3. Pada bagian Apps and Features temukan aplikasi yang bermasalah
  4. Klik satu kali pada aplikasi tersebut
  5. Klik tombol Uninstall
Mengatasi Error 0x000007b Application Unable to Start Correctly 1

Cara alternatif bisa juga menggunakan Control Panel yang ada di Windows 10 dan Windows 11

  1. Buka Control Panel, jika kesulitan menemukannya bisa dengan mengetik “control” pada kolom pencarian di samping Start Menu (search bar)
  2. Setelah Control Panel terbuka pilih menu Programs and Features
  3. Temukan aplikasi yang ingin diuninstall
  4. Klik kanan aplikasi tersebut lalu pilih Uninstall
Mengatasi Error 0x000007b Application Unable to Start Correctly 2

Setelah aplikasi berhasil dihapus dari sistem, selanjutnya silakan restart dulu komputer Anda, kemudian baru install lagi aplikasi yang tadi dihapus. Usahakan untuk menggunakan file installer versi terbaru.

3. Jalankan aplikasi dengan izin Administrator

Menjalankan aplikasi dengan izin administrator akan memberikan akses penuh kepada pengguna, termasuk fungsi di level administrator. Saat mengalami error 0x000007b pada aplikasi tertentu Anda bisa mencoba untuk mengatasinya dengan menjalankan aplikasi sebagai administrator.

Untuk melakukan hal ini cukup mudah, saat akan membuka aplikasi klik kanan pada icon program untuk memunculkan context menu kemudian pilih Run as administrator.

Mengatasi Error 0x000007b Application Unable to Start Correctly 3

4. Reinstall Microsoft Visual C++ Redistributable Packages

Microsoft Visual C ++ Redistributable Package adalah komponen runtime pada eskosistem Windows yang diperlukan untuk menjalankan beberapa aplikasi.

File dalam Microsoft Visual C ++ Redistributable Package biasanya rusak karena berbagai alasan. munculnya error 0xc000007b. Untuk mengatasinya Anda perlu menginstal ulang komponen ini.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Control Panel
  2. Pada opsi View by gunakan pilihan Small icons
  3. PIlih menu Program and Features
  4. Temukan program dengan nama Microsoft Visual C++ (tahun) Redistributable
  5. Contoh Microsoft Visual C++ 2008 Redistributable
  6. Klik kanan pada program tersebut kemudian pilih Uninstall
Mengatasi Error 0x000007b Application Unable to Start Correctly 4

Setelah menghapus semua program Microsoft Visual C++ Redistributable yang ada, selanjutnya Anda bisa menginstall versi terbaru dengan mendownload file aplikasinya di situs Microsoft.

Download Microsoft Visual C++ Redistributable

Silakan pilih file yang sesuai dengan versi arsitektur prosesor (x86/32-bt, x64/64-bit, ARM64) pada laptop atau PC masing-masing.

5. Reinstall Microsoft .NET framework

.NET Framework merupakan teknologi framework buatan Microsoft yang berfungsi untuk menjalankan berbagai aplikasi pada sistem operasi Windows yang membutuhkan teknologi .NET

Ketika terjadi masalah pada .NET Framework ini maka aplikasi mejadi tidak bisa dijalankan dan muncul pesan error Application Unable to Start Correctly. Untuk mengatasinya maka Anda bisa melakukan reinstall .NET Framework.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Control Panel
  2. Pilih menu Program and Features
  3. Temukan program yang bernama Microsoft .NET Framewrok
  4. Klik kanan program tersebut kemudian pilih Uninstall
  5. Download dan install kembali program .NET Framework versi terbaru di sini: Download
Mengatasi Error 0x000007b Application Unable to Start Correctly 5

6. Jalankan Check Disk (CHKDSK)

Kesalahan yang ada pada file system dan partisi di drive penyimpanan juga bisa menyebabkan terjadinya error 0xc000007b ini. Untuk mengatasinya Anda menjalankan check disk untuk melalukan pemindaian dan perbaikan pada drive penyimpanan di komputer Anda.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Command Prompt dengan akses administrator
  2. Ketik perintah: chkdsk c: /r /f /x
  3. Tekan Enter
  4. Tunggu hingga proses scan selesai
  5. Restart komputer
Mengatasi Error 0x000007b Application Unable to Start Correctly 6

7. Update Windows

Melakukan update Windows 10 memastikan sistem operasi yang Anda gunakan selalu dalam kondisi terbarukan, selain itu di dalam paket update yang dirilis oleh Microsoft juga terdapat patch untuk bug yang sudah ditemukan pada versi sebelumnya. Dengan ini maka masalah yang di alami pengguna karena bug bisa teratasi.

Tidak hanya itu saja, melakukan update juga bisa mengatasi masalah kompatibilitas Windows terhadap aplikasi atau perangkat keras tertentu. Saat mengalami masalah aplikasi tidak bisa dibuka, maka melakukan update adalah salah satu langkah perbaikan yang tidak bisa Anda lewatkan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Windos Settings
  2. Pilih menu Update & Security
  3. Klik tombol Check for updates / Download
  4. Tunggu hingga proses download dan install selesai
  5. Restart komputer Anda
Mengatasi Error 0x000007b Application Unable to Start Correctly 7

8. Reset PC

Solusi terakhir yang masih bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini tanpa harus melakukan install ulang adalah Reset PC. Melakukan reset PC akan mengembalikan kondisi Windows 10 dan Windows 11 seperti pada saat baru diinstall. Semua program pihak ketiga akan terhapus dan pengaturan yang sudah dibuat oleh pengguna akan direset. Dengan reset PC biasanya semua error yang sulit diatasi akan hilang.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke Windows Settings
  2. Pilih menu Security & Update
  3. Pada tab sebelah kiri klik menu Recovery
  4. Pada jendela sebelah kanan di bagian Reset this PC klik tombol Get started
  5. Pilih menu Keep my files (opsi agar data-data Anda tidak hilang)
  6. Lanjutkan prosesnya hingga selesai
Mengatasi Error 0x000007b Application Unable to Start Correctly 8

Setelah melakukan reset, Anda bisa mulai menginstall kembali program-program yang diperukan. Sekarang seharusnya error 0x000007b Application Unable to Start Correctly sudah tidak muncul lagi. Demikian, semoga bisa membantu.

Leave a Comment