Mempercepat Startup dan Booting Windows 10 yang Lambat

Mengalami booting yang lama di Windows 10? Tenang, Anda tidak sendirian. Masalah startup yang lambat memang menjadi masalah yang cukup umum dan dialami banyak pengguna. Apabila Anda adalah salah satunya, maka beberapa tips berikut ini akan membantu untuk mempercepatnya.

Berbagai faktor bisa memperngaruhi cepat atau lambatnya startup Windows 10 di laptop atau PC yang Anda gunakan, seperti banyaknya software yang diinstall dan dimuat pada saat startup, spesifikasi, dan versi Windows yang digunakan.

Masalah booting yang lambat juga bisa muncul dalam bentuk yang berbeda-beda antara satu perangkat dengan perangkat lainnya, di antaranya seperti:

  • Booting menjadi lambat setelah melakukan update
  • Windows 10 hanya menampilkan layar hitam pada saat booting
  • Proses booting berhenti di logo Windows sangat lama bahkan tidak bisa masuk ke desktop
  • Booting berhenti di layar BIOS

Masalah-masalah di atas bisa terjadi bahkan pada laptop dengan spesifikasi tinggi yang sudah menggunakan SSD. Masalahnya terkadang bukan hanya karena spesifikasi, tapi lebih pada kesehatan sistem Windows 10 itu sendiri.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi startup dan booting lambat di Windows 10.

1. Kurangi program yang dimuat pada saat startup

Pada saat masuk ke desktop, Windows akan memuat program-program yang diatur untuk berjalan pada saat startup. Beberapa di antaranya memang diperlukan seperti graphics driver, desktop manager, dan program lain yang berperan agar sistem dapat berjalan.

Akan tetapi, beberapa program terutama yang berasal dari aplikasi pihak ketiga seperti antivirus, PC cleaner, dan aplikasi lainnya sebaiknya dibatasi jumlahnya. Atur aplikasi yang benar-benar penting saja untuk berjalan pada saat startup.

Terlalu banyak program yang berjalan pada startup adalah salah satu alasan yang membuatnya menjadi lemot karena Windows jadi butuh waktu yang lebih lama untuk memuat semua program tersebut.

Untuk mengurangi program yang berjalan pada startup ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Task Manager dengan cara klik kanan pada Task Bar lalu pilih Task Manager

2. Pada program Task Manager klik pada tab Startup

3. Di sana akan terlihat semua program yang berjalan di Startup laptop Anda

4. Pilih program yang tidak penting untuk berjalan pada Startup

5. Matikan program tersebut dengan cara menekan tombol Disabled

mempercepat startup lambat windows 10

2. Persingkat durasi Boot Menu Timeout

Boot Menu Timeout (BMT) adalah waktu yang diberikan untuk menu boot tampil di layar. Secara default waktu yang diatur oleh Windows 10 adalah 30 detik yang bisa dipersingkat untuk mempercepat proses startup.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama masuk ke Control Panel Windows 10

2. Pada Control Panel pilih mode View by Small icons

3. Pilih menu System

4. Pilih pada menu Advanced system settings

5. Klik pada tab Advanced

6. Pada bagian Startup and Recovery klik tombol Settings

7. Pada pilihan Time to display list of operating systems ganti menjadi 10 seconds (10 detik)

7. Klik OK.

1 mempercepat booting lambat windows 10

3. Matikan fitur Fast Startup

Fitur ini seharusnya berfungsi untuk mempercepat booting Windows 10, namun pada kenyataannya banyak pengguna yang mengalami sebaliknya. Ketika fitur ini aktif maka proses booting dan startup Windows 10 justru menjadi lebih lama daripada saat Fast Startup dalam keadaan tidak aktif.

Anda mungkin perlu bereksperimen terlebih dahulu untuk memastikan mana yang terbaik untuk mempercepat Windows 10 pada saat startup, apakah pada kondisi fitur Fast Startup aktif atau tidak aktif.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Control Panel kemudian pilih menu Power Options

2. Pilih pada menu Choose what the power buttons do

3. Klik pada pilihan Change settings that are currently unavailable

4. Hilangkan centang pada pilihan Turn on fast startup

5. Klik Save changes

1 mempercepat startup lambat windows 10

4. Update Windows 10

Melakukan update Windows 10 merupakan salah satu solusi umum untuk mengatasi berbagai masalah yang terjadi pada laptop Anda. Hal ini karena dengan melakukan update Windows 10 akan mendapatkan paket pembaruan yang mungkin saja menutup bug yang menjadi penyebab error tersebut.

Dalam hal booting dan startup yang lambat di Windows 10, beberapa pengguna melaporkan hal ini terjadi pada versi tertentu. Oleh karena itu cukup masuk akal untuk mencoba melakukan update untuk mendapatkan versi yang lebih baru dari itu.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik tombol Start

2. Klik tombol Settings (icon gear)

3. Pilih menu Update & Security

4. Klik pada tab Windows Update

5. Klik tombol Check for updates

2 mempercepat booting lambat windows 10

5. Uninstall program yang dicurigai sebagai penyebab startup lambat

Tips untuk mempercepat startup Windows 10 yang selanjutnya adalah menghapus program terakhir yang diinstall apabila masalah ini muncul setelah menginstall program tersebut.

Hal ini masih berhubungan dengan poin yang pertama di atas. Beberapa program akan berjalan pada saat startup dan memakan cukup banyak resource sehingga proses dimuatnya Windows menjadi lebih lama. Coba Anda ingat-ingat, apakah ada program terakhir yang kira-kira menjadi penyebab masalah ini?

Bila ada hapus dulu program tersebut dan lihat apakah ada pengaruhnya. Untuk memastikan program terhapus hingga bersih Anda bisa mengikuti cara uninstall aplikasi sampai bersih di Windows 10 ini.

6. Sesuaikan kapasitas Virtual Memory

Virtual Memory merupakan memori yang dibuat secara virtual dari sebagian kapasitas hardisk, fungsinya secara sederhana adalah sebagai perpanjangan dari RAM di laptop Anda. Menambah virtual memory akan membantu kinerja RAM terutma saat menjalankan program dengan ukuran cache yang besar.

Sementara menambah virtual memori bisa membantu meringankan kinerja RAM, sebagian pengguna mengalami boot dan startup menjadi lambat ketika menggunakan ukuran virtual memory yang melebihi kapasitas yang direkomendasikan. Untuk mengatasinya coba cek dan ubah Virtual Memory di laptop Anda.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Control Panel kemudian pilih menu System

2. Pilih menu Advanced system settings

3. Klik pada tab Advanced

4. Pada bagian Performance klik tombol Settings

5. Klik lagi tab Advanced

6. Pada bagian Virtual Memory klik tombol Change

7. Pilih pada Drive C. Centang pada pilihan Custom size lalu masukkan nilai Virtual Memory

2 mempercepat startup lambat windows 10

Ukuran virtual memory yang disarankan adalah separuh dari kapasitas RAM atau maksimal sama dengan RAM. Tidak disarankan lebih dari itu. Misalnya Anda memiliki RAM 8GB maka gunakan virtual memory 4GB.

7. Upgrade ke SSD

Sudah bukan rahasia lagi kalau SSD jauh lebih cepat dari pada hardisk biasa. SSD memiliki kecepatan membaca dan menulis data hingga 4-5 kali lebih cepat dari hardisk dan ini adalah perbedaan yang cukup jauh.

Melakukan upgrade ke SSD akan membuat semua proses di Windows 10 menjadi lebih cepat secara keseluruhan, termasuk pada saat booting dan startup. Perbedaan yang paling terasa adalah pada saat membuka program, waktu yang dibutuhkan untuk loading menjadi sangat singkat.

Jika laptop Anda masih menggunakan hardisk biasa, coba sisihkan sedikit uang Anda untuk merencanakan upgrade ke SSD. Saat ini harga SSD di pasaran juga sudah cukup terjangkau.

8. Jalankan File System Scan dengan Command Prompt

Cara mengatasi booting yang lambat di Windows 10 yang selanjutnya adalah menjalankan File System Scan untuk mencoba mendeteksi apakah ada file sistem yang korup dan memperbaikinya. Untuk melakukan ini kita bisa memanfaatkan fitur bernama System File Checker yang dijalankan lewat Command Prompt (CMD).

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik tombol Start lalu ketik: cmd

2. Pada menu Command Prompt yang muncul pilih Run as administrator

3. Pada program CMD ketik atau copy paste perintah berikut: sfc /scannow

4. Tunggu hingga proses scan selesai

3 mempercepat booting lambat windows 10

9. Update driver VGA

Apabila Anda mengalami booting yang lambat diikuti dengan munculnya black screen (layar menjadi hitam blank) dan tidak bisa masuk ke desktop maka ini bisa disebabkan karena masalah pada graphics driver di laptop.

Masalah ini bisa terjadi baik pada pengguna integrated graphics (VGA onboard) maupun dedicated graphics card seperti Nvidia dan AMD. Penyebabnya bisa karena bug pada driver atau file driver yang rusak. Untuk mengatasinya Anda bisa cek apakah ada versi terbaru dari driver VGA yang digunakan.

Untuk pengguna VGA Intel HD Graphics bisa melihat daftar drivernya di sini: Download VGA Intel HD Graphics Windows 10.

Untuk pengguna merek lain bisa langsung cek di situs resminya. Download file program yang baru dan lakukan fresh install untuk memastikan file driver lama yang rusak diganti dengan yang baru.

10. Jalankan System Restore

System Restore merupakan fitur backup yang ada di Windows 10 untuk melakukan roll back system pada kondisi sebelumnya (yang lebih baik, sebelum terjadinya suatu masalah). Apabila Anda rutin melakukan backup dengan membuat System Restore maka inilah saat yang tepat untuk menggunakannya.

Menggunakan System Restore merupakan pilihan yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai error setelah mencoba berbagai cara namun tidak berhasil. Anda bisa menggunakan Restore Point untuk mengembalikan Windows 10 pada kondisi sebelum masalah startup dan booting lambat terjadi.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka Control Panel kemudian pilih menu Recovery

2. Klik pada pilihan Open System Restore kemudian klik Next

3. Semua Restore Point yang pernah dibuat akan ditampilkan

4. Pilih Restore Point dengan tanggal yang paling baru atau pada saat masalah startup dan booting lamat belum terjadi

5. Klik tombol Next lalu klik lagi tombol Finish

3 mempercepat startup lambat windows 10

11. Reset PC

Jika Anda sudah mencoba semua tips untuk mempercepat startup Windows 10 yang lambat di atas namun tidak ada yang berhasil, maka solusi terakhir yang tersisa adalah melakukan Reset PC.

Ketika menemui jalan buntu dan tidak tahu lagi harus melakukan apa maka Reset PC adalah hal yang bisa dilakukan tanpa harus install ulang Windows 10.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik tombol Start lalu pilih Settings

2. Pilih menu Update & Security

3. Klik pada tab Recovery

4. Klik tombol Get started pada bagian Reset this PC

5. Pilih opsi Keep my files

6. Klik tombol Next lalu klik Reset

4 mempercepat booting lambat windows 10

Melakukan reset dengan cara di atas tidak akan menghilangkan data-data Anda. Yang akan terhapus hanyalah aplikasi pihak ketiga yang bukan bawaan Windows 10. Setelah selesai Reset Anda mungkin perlu menginstall kembali program-program yang diperlukan.

Itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mempercepat booting dan startup yang lambat di Windows 10. Semoga bisa membantu, jika masih mengalami kesulitan silakan komentar di bawah.

Leave a Comment