Mempercantik Tampilan Windows 10 Agar Terlihat Keren

Memiliki tampilan desktop Windows 10 yang keren bisa memberikan kepuasan tersendiri dan mencegah rasa bosan, terutama bagi Anda yang sehari-sehari selalu bekerja di depan komputer.

Mempercantik tampilan Windows 10 bisa dilakukan mulai dari hal-hal yang sederhana seperti mengganti warna, wallpaper, tema, hingga menggunakan skin dan widget tambahan seperti Rainmeter.

Untuk membantu Anda memberikan inspirasi bagaimana membuat tampilan Windows 10 agar lebih bagus dan terlihat keren, berikut ini kami berikan beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan.

1. Ganti warna aksen

Berbicara soal tampilan yang enak dipandang mata pastinya tidak akan terlepas dari pemilihan warna yang bagus dan padu. Di Windows 10 Anda bisa mengganti warna aksen sesuai dengan selera. Warna ini akan diterapkan pada beberapa elemen penting seperti taskbar, start menu, dan action center.

Cara mengganti warna aksen Windows 10:

  1. Klik tombol Start
  2. Pilih Settings
  3. Pilih menu Personalization
  4. Klik pada tab Colors
  5. Pilih warna yang Anda inginkan
  6. Gunakan custom color jika ingin meracik warna Anda sendiri
  7. Centang pada opsi Start, taskbar, and action center
  8. Centang pada opsi Title bars and windows borders (opsional)
1 cara mempercantik tampilan windows 10

2. Gunakan tema yang disukai

Ada banyak sekali tema keren yang bisa Anda gunakan, mulai dari tema yang berasal dari Microsoft Store maupun tema buatan komunitas yang banyak tersebar di internet.

Menggunakan tema custom memungkinkan Anda mempercantik tampilan Windows 10 sesuai keinginan. Anda bisa mengubah tampilannya seperti tampilan Ubuntu Linux, Windows 7, macOS, dan masih banyak lagi.

2 cara mempercantik tampilan windows 10

Jika Anda ingin benar-benar mengubah tampilan Windows 10 sesuai dengan keinginan, maka bisa menggunakan tema kostum dari internet. Kami sudah merangkumnya di sini: Tema keren Windows 10

Setelah menemukan tema yang disukai, Anda bisa memasangnya di komputer Anda dengan mengikuti tutorial ini: Cara ganti tema Windows 10

3. Memasang wallpaper yang cantik

3 cara mempercantik tampilan windows 10

Wallpaper desktop adalah tampilan yang pertama kali kita lihat ketika login ke desktop dan mungkin akan menjadi gambar yang paling sering kita lihat setiap bekerja menggunakan komputer. Mengganti wallpaper juga bisa memberikan nuansa yang lebih cantik pada Windows 10 Anda.

Anda bisa menggunakan Bing Wallpaper untuk mendapatkan wallpaper dari Microsoft yang bisa diatur agar berganti secara otomatis setiap hari, atau bisa juga download wallpaper yang Anda sukai dari internet.

Dalam memasang wallpaper ada satu hal yang paling penting yaitu kecocokan resolusi. Sebaiknya wallpaper yang Anda gunakan memiliki resolusi yang sama dengan resolusi monitor, tujuannya agar gambar tidak terlihat pecah, melebar, atau menyusut.

Lihat tips berikut ini: Cara memasang wallpaper di Windows 10 agar bagus

4. Pastikan monitor Anda menggunakan resolusi yang pas

Setelah Anda install Windows 10 dan melakukan update, biasanya semua driver akan ikut terpasang secara otomatis termasuk display driver. Setelah itu yang perlu Anda lakukan adalah cek apakah resolusi monitor yang digunakan sudah pas, jika belum Anda bisa menyesuaikannya terlebih dahulu.

Caranya:

  1. Klik kanan pada area kosong di desktop
  2. Pilih Display settings
  3. Klik pada menu Display resolution
  4. Pilih resolusi yang pas dengan monitor Anda
  5. Resolusi yang pas biasanya ada label (Recommended)
4 cara mempercantik tampilan windows 10

Setelah mengganti resolusi monitor, kembali ke desktop dan lihat apakah ukuran icon, taskbar, dan elemen-elemen Windows lainnya sudah terlihat proporsional. Jika masih belum bisa jadi penyebabnya karena driver kartu grafis di laptop yang belum terinstall.

Driver grafis bisa terdiri dari VGA onboard atau dedicated VGA. Coba Anda cek dulu mana yang digunakan pada laptop Anda. Setelah itu download dan install dulu driver yang sesuai.

Tutorial berikut ini akan membantu Anda:

  1. Cara mengetahui seri Intel HD Graphics
  2. Download driver Intel HD Graphics Terbaru
  3. Cara mencari driver yang tepat untuk Windows 10

5. Hidupkan efek transparan

Efek transparan pada sistem operasi Windows pada awalnya merupakan bagian dari efek Windows Aero yang pertama kali diperkenalkan pada seri Windows Vista. Di Windows 10 efek ini juga tetap ada dan bisa Anda gunakan.

Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik tombol Start
  2. Pilih menu Settings
  3. Pilih Personalization
  4. Klik pada tab Colors
  5. Temukan menu Transparency effects lalu aktifkan
5 cara mempercantik tampilan windows 10

Mengaktifkan efek transparan di Windows 10 akan memberikan efek tembus pandang pada tampilan jendela aplikasi, taskbar, dan start menu. Sayangnya di Windows 10 tidak ada opsi untuk mengatur seberapa bening efek yang diberikan.

Untuk bisa melakukannya maka kita membutuhkan bantuan tool yang bernama TransculentTB, lihat panduannya di sini: Cara membuat efek transparan di Windows 10

6. Gunakan icon dan taskbar kecil

Secara default, icon dan ukuran Taskbar yang digunakan di Windows 10 akan menggunakan ukuran besar. Anda akan mendapati icon yang ada di desktop ukurannya terlihat kurang proporsional, terutama jika menggunakan laptop dengan layar 14inch.

Untuk membuat tampilan desktop terlihat lebih cantik dan rapi maka menggunakan icon kecil adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Begitu pula dengan taskbar, jika menggunakan taskbar ukuran kecil maka shortcut yang bisa ditampung menjadi lebih banyak.

Caranya:

  1. Klik kanan pada area kosong di desktop
  2. Pilih menu View
  3. Centang pada opsi Medium atau Small icons
  4. Selanjutnya klik kanan pada area kosong taskbar
  5. Pilih menu Taskbar settings
  6. Centang pada opsi Use small taskbar buttons
6 cara mempercantik tampilan windows 10

Menggunakan Taskbar ukuran kecil mungkin akan membuat tampilan jam dan tanggal pada notification area terlihat tidak penuh. Untuk mengatasinya bisa mengikuti tips berikut ini: Cara menampilkan jam dan tanggal di Taskbar

7. Rapikan icon shortcut desktop

Untuk membuat tampilan desktop terlihat lebih bagus dan rapi maka Anda juga perlu mengurangi jumlah icon yang terlalu banyak.

Setiap kali kita menginstall aplikasi baru maka shortcut di desktop juga akan bertambah dan membuat tampilannya terlihat penuh. Apalagi jika Anda termasuk orang yang suka menyimpan file atau folder di desktop karena lebih praktis, pasti hal ini akan membuatnya terlihat berantakan.

Oleh karena itulah sebaiknya icon shortcut yang jarang digunakan perlu dihapus, jika sewaktu-waktu diperlukan Anda bisa membukanya melalui Start menu atau Windows Search. Selain itu pindahkan juga file dan folder yang ada di desktop ke lokasi lain.

Sebagai alternatif, jika Anda ingin memiliki tampilan desktop yang bersih maka bisa menyembunyikan semua icon shortcut dengan cara klik kanan pada area kosong di desktop > pilih View > hilangkan centang pada Show desktop icons

8. Rapikan Start menu

Start menu merupakan salah satu fitur yang cukup penting di Windows 10, dari sini Anda bisa mengakses semua program yang ada di komputer, menemukan halaman pengaturan, dan melakukan pencarian. Start menu juga bisa digunakan untuk melakukan pencarian cepat di web dengan menggunakan Bing Search.

Panel yang ada di Start menu bisa diisi dengan shortcut aplikasi, folder, dan halaman lainnya dan akan ditampilkan dalam bentuk tiles. Untuk membuatnya terlihat lebih rapi maka Anda bisa mengaturnya agar menampilkan aplikasi yang paling sering digunakan saja.

Caranya:

  1. Klik pada Start menu atau tekan tombol Windows pada keyboard
  2. Pada panel sebelah kiri cari aplikasi yang ingin Anda tambahkan ke Start menu
  3. Klik kanan pada icon aplikasi tersebut lalu pilih Pin to Start
  4. Geser posisinya sesuai keinginan
  5. Ulangi langkah di atas untuk menambahkan aplikasi lainnya
7 cara mempercantik tampilan windows 10

Untuk menghapus shortcut aplikasi yang tidak diinginkan caranya dengan klik kanan pada icon shortcut > pilih Unpin from Start.

9. Mengaktifkan dark mode

Mengunakan tema bernuansa gelap bisa menghemat penglihatan dan membuat mata tidak cepat lelah. Selain itu tema mode gelap juga bisa mempercantik tampilan desktop Windows 10 dan membuatnya terlihat lebih keren.

Di Windows 10 sudah ada tema dark mode bawaan yang bisa Anda gunakan, ikuti langkah-langkah berikut untuk mengaktifkannya:

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Pilih Personalization
  3. Klik pada tab Colors
  4. Pada bagian Choose your color pilih Custom
  5. Pada bagian Choose your default Windows mode pilih Dark
  6. Pada bagian Choose your default app mode pilih Dark
8 cara mempercantik tampilan windows 10

10. Ganti lock screen wallpaper

Wallpaper pada halaman lock screen juga bisa Anda ganti untuk mempercantik tampilan Windows 10. Lock screen merupakan halaman di mana Anda memasukkan password ketika akan login ke desktop, di belakangnya terdapat background yang bisa diganti dengan foto sendiri maupun menggunakan fitur Windows Spotlight.

Caranya:

  1. Masuk ke menu Settings
  2. Pilih Personalization
  3. Klik pada tab Lock screen
  4. Pada bagian Background pilih Picture
  5. Pada bagian Choose your picture klik tombol Browser
  6. Pilih gambar yang ingin dijadikan wallpaper
9 cara mempercantik tampilan windows 10

Jika ingin menggunakan wallpaper yang bisa berganti-ganti sendiri maka Anda bisa pilih opsi Slideshow atau Windows spotlight. Menggunakan slideshow akan menampilkan gambar atau foto Anda sendiri, sedangkan jika menggunakan spotlight maka gambar akan diambil dari Bing Wallpaper.

11. Menggunakan Rainmeter skin dan widget

10 cara mempercantik tampilan windows 10

Rainmeter adalah desktop customization tools yang bisa Anda gunakan untuk mengubah tampilan di Windows 10 menggunakan skin dan widget yang bisa Anda desain sendiri. Aplikasi ini berbasis open source sehingga bisa digunakan secara gratis.

Download Rainmeter dari sini: https://docs.rainmeter.net/

Anda juga bisa menemukan skin-skin keren yang dibuat oleh komunitas Rainmeter di situs seperti DeviantArt, Reddit, atau Customize.org

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempercantik tampilan Windows 10. Anda bisa berkreasi sendiri untuk mendapatkan tampilan yang paling Anda sukai. Selamat mencoba.

Leave a Comment