Memperbaiki Laptop Windows 10 Tidak Bisa Konek WiFi

Masalah yang paling sering dialami pengguna Windows 10 adalah WiFi yang tidak bisa konek dengan pesan error “Can’t connect to this network“, jaringan tidak terdeteksi, atau bahkan WiFi tidak bisa hidup (on) sama sekali. Tanpa mengetahui apa penyebabnya, mengatasi hal ini akan cukup merepotkan.

Pada kesempatan kali ini Winpreso akan coba berikan beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi PC dan laptop Anda yang tidak bisa terhubung ke WiFi.

WiFi merupakan protokol jaringan nirkabel yang bisa kita gunakan untuk terhubung ke internet. Berkat kemajuan teknologi saat ini, mendapatkan akses WiFi bukanlah sebuah hal yang mewah lagi, kita bisa menggunakan smartphone atau modem untuk membuat jaringan WiFi sendiri di rumah.

Selain untuk mengakses internet, jaringan WiFi juga bisa dimanfaatkan untuk sharing file antar perangkat dan sharing printer. Dengan cara ini pekerjaan akan lebih cepat dan tempat kita bekerja menjadi lebih rapi karena tidak perlu lagi banyak kabel untuk menghubungkan perangkat-perangkat tersebut.

Cara mengatasi laptop Windows 10 tidak bisa konek WiFi

1. Buka Device Manager

Masalah koneksi pada WiFi seringkali berhubungan dengan driver, oleh karena itu hal pertama yang perlu kita coba adalah memastikan driver WiFi di laptop bekerja dengan baik.

Buka Device Manager dengan cara klik pada tombol Start > ketik device manager pada kolom pencarian > klik pada program Device Manager yang muncul pada Start menu.

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa konek 1

2. Temukan driver WiFi laptop pada Device Manager

Setelah masuk ke Device Manager akan terlihat semua device beserta drivernya yang ada di komputer Anda. Klik tanda panah pada Network adapters kemudian temukan driver WiFi milik Anda.

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa konek 2

3. Cek apakah ada error pada driver

Driver yang bermasalah akan terlihat icon tanda seru berwarna kuning. Ini artinya driver tersebut tidak bisa berjalan dengan baik, menyebabkan perangkat yang digerakkannya berhenti bekerja.

Lihat apakah driver WiFi yang ada di laptop Anda ada tanda icon kuningnya. Jika ada maka bisa dipastikan kalau driver tersebut mengalami masalah.

4. Uninstall driver WiFi

Untuk memperbaiki driver WiFi bisa dilakukan dengan cara uninstall lalu install kembali drivernya. Dengan cara ini kita akan mendapatkan versi clean dari driver untuk menghilangkan file-file yang sudah rusak.

Klik kanan pada driver WiFi > lalu pilih Uninstall device

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa konek 3

5. Restart komputer

Setelah driver diuninstall, langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adala restart komputer. Setelah komputer menyala kembali maka driver WiFi akan otomatis diinstall ulang oleh Windows.

Bagaimana jika cara di atas masih belum berhasil?

WiFi yang tidak bisa connect di Windows 10 itu penyebabnya bisa bermacam-macam, jadi solusi untuk memperbaikinya juga akan berbeda-beda, tergantung dari sumber masalahnya.

Agar bisa mengatasinya sendiri hingga berhasil memang diperlukan kesabaran dan ketelitian.

Apabila Anda sudah mencoba cara pertama tadi namun belum berhasil maka bisa mencoba beberapa solusi di bawah ini.

Aktifkan mode pesawat lalu nonaktifkan

Sebelum mencoba yang lain-lain, coba lakukan dulu hal sederhana ini. Aktifkan mode pesawat di laptop Anda untuk mematikan semua sinyal yang ada kemudian nonaktifkan mode pesawat, lalu hubungkan lagi dengan jaringan hotspot.

Cara melakukannya sangat mudah, pertama klik tombol notifikasi yang ada di pojok kanan taskbar.

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa konek 4

Kemudian klik pada tombol Airplane mode.

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa konek 5

Tombol Airplane mode akan berubah warna menjadi biru, ini tandanya sudah aktif.

Diamkan sebentar kurang lebih selama satu menit, setelah itu tekan lagi tombol tersebut untuk menonaktifkannya.

Setelah itu coba hubungkan lagi laptop dengan jaringan WiFi.

Gunakan IP dan DNS otomatis

Solusi untuk mengatasi koneksi WiFi yang bermasalah pada Windows 10 yang selanjutnya adalah dengan menyetel IP dan DNS menjadi automatic. Ini biasanya cukup ampuh untuk mengatasi WiFi yang sudah konek tapi internet tidak jalan, terutama pada laptop yang sering terhubung ke jaringan hotspot yang berbeda-beda.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama buka Control Panel kemudian pilih menu Network and Sharing Center.

Pada bagian Access type klik pada jaringan WiFi Anda.

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa konek 6

Kemudian klik tombol Properties > pilih Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > kemudian klik tombol Properties lagi.

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa konek 7

Centang pada pilihan berikut ini,

Obtain an IP address automatically

Obtain DNS server address automatically

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa konek 8

Klik OK.

Forget network kemudian reconnect

Ketika terjadi masalah pada jaringan WiFi maka forget network kemudian menhubungkannya lagi adalah solusi yang cukup ampuh. Ini sama seperti melakukan restart pada komputer.

Jika WiFi di laptop Anda tidak bisa konek, coba lakukan langkah-langkah berikut ini.

Klik kanan pada icon WiFi di taskbar > pilih Open Network & Internet settings.

Klik pada menu Wi-Fi > pilih pada menu Manage known networks.

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa konek 9

Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang pernah digunakan di sana, klik pada WiFi yang bermasalah kemudian klik tombol Forget.

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa konek 10

Tutup jendela pengaturan tersebut, kemudian tunggu sebentar, setelah itu coba lagi sambungkan dengan jaringan WiFi yang tadi tidak bisa konek.

Kemungkinan besar cara ini akan berhasil, namun jika belum lakukan langkah selanjutnya di bawah ini.

Reset network settings

Koneksi WiFi bisa juga bermasalah dikarenakan konfigurasi jaringan yang salah pada Windows Anda. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan melakukan reset network, dengan cara ini pengaturan akan dikembalikan menjadi default, dan Anda bisa menyesuaikan pengaturannya lagi sesuai kebutuhan.

Ikuti langkah-langkah berikut ini,

Pertama klik pada tombol Start > klik tombol Settings (icon gear). Bisa juga dengan menekan tombol Windows+i pada keyboard Anda.

Setelah masuk ke halaman Settings > pilih menu Network & Internet.

Klik pada tab Status > pada panel sebelah kanan temukan menu Network reset > klik satu kali > klik pada tombol Reset now.

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa konek 11

Tunggu sebentar hingga prosesnya selesai. Setelah itu pengaturan jaringan di laptop Anda akan kembali seperti pengaturan awal. Coba lagi hubungkan ke jaringan WiFi yang tadi bermasalah dan lihat apakah sudah berhasil.

Disable IPv6

Anda juga bisa mencoba untuk mematikan versi IPv6 untuk mengatasi masalah ini. Kebanyakan PC dan laptop bisa terhubung dengan internet melalui IPv4, jadi sebenarnya IPv6 ini tidak terlalu dibutuhkan.

Caranya klik kanan pada icon WiFi di taskbar > pilih Open Network & Internet settings.

Klik pada menu Change adapter options > temukan jaringan WiFi yang ingin diperbaiki > klik kanan > pilih Properties.

Hilangkan centang pada opsi Internet Protocol Version 6 (TCP/IPv6) > kemudian klik tombol OK.

cara mengatasi wifi windows 10 tidak bisa konek 12

Tutup semua jendela pengaturan dan coba lagi hubungkan jaringan WiFi di laptop Anda.

Memperbaiki WiFi tidak bisa konek dengan CMD

Kita juga bisa menggunakan Command Prompt untuk mengatasi jaringan internet di laptop yang bermasalah, dan ini adalah cara yang cukup ampuh.

Berikut ini caranya,

Pertama buka program CMD dengan akses administrator di Windows Anda, caranya klik pada tombol Start > pada kolom pencarian ketik cmd > menu Command Prompt akan muncul > pada panel sebelah kanan klik pada Run as administrator.

Setelah itu ketik perintah berikut ini, diikuti dengan menekan tombol ENTER setiap selesai mengetik tiap barisnya:

netsh winsock reset

netsh int ip reset

ipconfig /release

ipconfig /renew

ipconfig /flushdns

Setelah selesai tutup program cmd, kemudian restart laptop Anda. Setelah menyala kembali coba lagi hubungkan dengan jaringan WiFi yang tadi bermasalah, seharusnya sekarang sudah bisa.

Restart modem dan router

Berdasarkan laporan banyak pengguna, melakukan restart pada modem dan router yang digunakan terkadang berhasil mengatasi masalah WiFi yang tidak bisa konek di laptop.

Jika Anda sudah mencoba semua langka di atas namun belum berhasil maka bisa jadi masalahnya ada pada perangkat modem dan router, dan melakukan restart adalah cara paling sederhana untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara paling mudah untuk melakukan restart adalah mematikan perangkat, diamkan sebentar, lalu hidupkan kembali. Jika Anda menggunakan hotspot tethering dari hp maka restart hp-nya.

Setelah itu coba lagi hubungkan jaringannya ke laptop Anda dan lihat apakah masalah sudah bisa teratasi.

Gunakan wireless adapter eksternal

WiFi yang tidak bisa terhubung di laptop juga bisa disebabkan karena perangkat kerasnya yang mengalami kerusakan. Apabila ini yang terjadi maka semua cara di atas tidak akan bisa berhasil sebelum perangkat kerasnya diperbaiki.

Jika memiliki waktu luang Anda bisa membawanya ke tempat service, namun jika Anda sangat sibuk maka menggunakan wireless adapter eksternal adalah cara yang sangat efektif.

Wireless adapter eksternal bisa didapatkan di toko komputer dengan harga yang murah. Untuk menggunakannya juga sangat mudah cukup sambungkan ke port usb dan WiFi di laptop Anda akan bisa digunakan lagi.

Reset PC (tanpa install ulang)

Ada sebagian orang yang menyarankan untuk mengatasi masalah WiFi di Windows 10 yang tidak bisa konek itu harus melakukan install ulang, namun ini bukanlah pilihan yang bijak. Windows 10 memiliki fitur reset, fitur serupa seperti factory reset pada smartphone yang bisa kita manfaatkan tanpa harus install ulang.

Dengan melakukan reset PC maka konfigurasi Windows akan kembali seperti keadaan setelah install ulang, namun Anda bisa memilih untuk tidak menghapus data-data yang ada di drive C, jadi yang hilang hanya program-program dari pihak ketiga saja.

Anda bisa melihat langkah-langkahnya di sini: Cara reset Windows 10

Demikian beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memperbaiki masalah jaringan Wi-Fi atau Hotspot yang tidak bisa terhubung di PC dan laptop Windows 10. Semoga bisa membantu, kalau masih belum berhasil Anda silakan komentar di bawah dan jelaskan seperti apa masalah yang Anda alami.

Leave a Comment