Cara Memindahkan WhatsApp Tanpa Verifikasi Nomor Yang Sudah Mati

Bisakah kita memindahkan WhatsApp ke HP lain tanpa verifikasi? Jawabannya adalah TIDAK BISA. Hal ini karena setiap kali login WhatsApp pada perangkat baru, akan ada kode verifikasi yang dikirim ke nomor yang bersangkutan. Tanpa kode ini maka kamu tidak akan bisa login.

Lalu bagaimana apabila nomor yang digunakan untuk WhatsApp tersebut sudah tidak aktif lagi? Adakah solusi untuk tetap bisa menggunakan akun WhatsApp yang sama apabila nomornya sudah mati, dan bisakah kita memindahkannya ke HP yang baru?

Untungnya ada solusi dari permasalahan ini. Apabila kamu termasuk salah satu yang mengalami nomor HP mati namun ingin memindahkan WhatsApp ke HP baru maka kami akan berikan sebuah trik untuk melakukannya.

Cara memindahkan WhatsApp ke HP lain tanpa verifikasi nomor lama yang sudah mati

Langkah 1: Masukkan nomor baru ke HP lama

Agar bisa memindahkan WhatsApp dari HP lama ke HP baru tanpa verifikasi ke nomor lama (yang sudah tidak aktif), maka kita harus mengganti nomor terlebih dahulu pada akun WhatsApp sebelum memindahkanya.

Jadi dalam hal ini kamu membutuhkan sebuah nomor baru sebagai pengganti nomor yang lama. Nantinya nomor ini akan menjadi nomor akun WhatsApp kamu.

Silakan siapkan sebuah nomor baru, kemudian masukkan ke HP lama,  jangan lupa untuk mengaktifkannya dengan memasukkan data KTP dan KK seperti biasa.

Langkah 2: Ganti nomor akun WhatsApp

Setelah memiliki nomor baru yang siap digunakan dan sudah diaktifkan, langkah selanjutnya adalah mengganti nomor pada akun WhatsApp dengan nomor baru tersebut.

Langkah ini merupakan tahapan paling penting agar bisa memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa harus melakukan verifikasi ke nomor lama yang mana sudah tidak aktif lagi.

Buka aplikasi WhatsApp di HP lama > kemudian masuk ke menu Settings > Account > Change number > Next.

Masukkan nomor HP lama dan nomor HP baru > tekan tombol Next.

Kamu akan diberikan opsi untuk memberitahukan semua teman WhatsApp kalau kamu mengganti nomor.

Jika ingin melakukannya maka hidupkan opsi Notify my contacts.

Jika tidak, maka bisa langsung menekan tombol Done.

memindahkan whatsapp tanpa verifikasi 1

Selanjutnya WhatsApp akan mengirimkan kode verifikasi lewat SMS ke nomor baru, tunggu hingga SMS tersebut masuk dan gunakan kodenya untuk mengisi kolom verifikasi.

Setelah berhasil maka sekarang akun WhatsApp kamu sudah berubah menjadi menggunakan nomor yang baru.

Langkah 3: Backup chat ke Google Drive

Setelah berhasil mengganti nomor pada akun WhatsApp selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat backup semua chat agar nanti bisa dipindahkan ke HP yang baru.

Ini bisa dilakukan dengan menggunakan Google Drive sebagai media penyimpanan sehingga nanti proses restore bisa dilakukan secara otomatis.

Pastikan kamu sudah memiliki akun Gmail aktif yang akan digunakan untuk backup, jika sudah ikuti langkah-langkah berikut ini.

Buka aplikasi WhatsApp kemudian  tekan tombol titik tiga (⋮) > pilih menu Settings > Chats > Chat backup > Google Account > login dengan akun Google yang kamu miliki.

Setelah proses login berhasil selanjutnya kamu tekan tombol BACKUP > centang opsi Include videos apabila ingin backup konten video dalam chat > tunggu hingga proses upload selesai.

memindahkan whatsapp tanpa verifikasi 2

Ini akan memakan waktu beberapa menit tergantung dari banyaknya chat yang ada di akun WhatsApp kamu. Apabila kamu mengaktifkan opsi Include videos maka prosesnya akan lebih lama karena kapasitas video lebih besar daripada hanya teks.

Langkah 4: Backup semua kontak di HP lama

Saat berganti HP tentunya kamu ingin agar kontak di HP lama tidak hilang, untuk itu perlu membuat backup agar nanti bisa dipindahkan ke HP baru.

Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Super Backup & Restore yang bisa didapatkan secara gratis dari Playstore.

File backup kontak juga sebaiknya di upload ke Google Drive yang sama dengan file backup chat, agar nanti lebih mudah dalam proses restore di HP yang baru.

Setelah menginstall aplikasi Super Backup & Restore kemudian kamu jalankan aplikasinya. Pada tampilan awal klik tombol Backup > pilih All Contacts.

Setelah selesai sekarang waktunya mengupload backup ke Google Drive. Pilih menu Send to Cloud > pilih Google Drive > pilih akun Google Drive yang tadi digunakan.

memindahkan whatsapp tanpa verifikasi 3

Langkah 5: Install aplikasi WhatsApp dan Google Drive ke HP baru

Setelah selesai mengganti nomor WhatsApp lama yang sudah tidak aktif dengan nomor baru serta membuat backup chat dan kontak, sekarang kamu sudah siap untuk memindahkan WhatsApp ke HP baru.

Silakan buka HP baru kamu kemudian install aplikasi WhatsApp dari Playstore seperti biasa. Install juga aplikasi Google Drive dan login menggunakan akun Gmail yang tadi digunakan di HP lama.

Pada tahap ini kamu juga bisa memindahkan SIM Card nomor baru ke HP baru agar lebih mudah nantinya, atau bila tidak maka pastikan nomor tersebut berada di HP aktif agar bisa menerima kode verifikasi.

Langkah 6: Login akun WhatsApp di HP baru dan restore chat

Setelah aplikasi WhatsApp selesai diinstall, selanjutnya kamu login menggunakan nomor baru yang tadi digunakan > kemudian tekan tombol Next.

Tunggu hingga kode verifikasi masuk kemudian input pada kolom yang disediakan. Apabila nomor berada pada HP yang sama dengan aplikasi WhatsApp maka verifikasi kode akan dilakukan secara otomatis tanpa harus mengetiknya.

Pada tahap selanjutnya akan ada pilihan untuk melakukan pemulihan chat, kamu tekan tombol RESTORE > pilih Google Drive > pilih akun Google Drive yang kamu gunakan tadi.

Setelah backup berhasil terdeteksi kemudian tekan tombol Allow.

memindahkan whatsapp tanpa verifikasi 4

Tunggu hingga proses pemulihan chat selesai.

Langkah 7: Restore kontak WhatsApp di HP baru

Setelah berhasil memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa verifikasi ke nomor lama, tahapan terakhir adalah memulihkan kontak WhatsApp yang tadi sudah dibackup.

Caranya dengan buka aplikasi Google Drive > temukan file kontak dengan ekstensi .vcf > tap tombol menu titik tiga di pojok kanan atas file > pilih Download

Setelah proses download selesai selanjutnya kamu buka aplikasi File Manager > masuk ke folder Download > tap satu kali file kontak > tunggu hingga proses restore selesai.

Sampai tahap ini proses pemindahan WhatsApp ke HP baru sudah sempurna dan Anda sudah bisa menggunakannya untuk keperluan komunikasi seperti biasa.

Syarat agar bisa memindahkan WhatsApp tanpa verifikasi ke nomor lama

Terdapat beberapa kondisi yang harus terpenuhi agar Anda bisa memindahkan WhatsApp yang nomornya sudah mati tanpa harus verifikasi ke nomor tersebut, yaitu:

1. Aplikasi WhatsApp di HP lama masih berfungsi dengan normal

Syarat yang pertama adalah aplikasi WhatsApp di HP yang lama masih berfungsi dengan normal. Maksudnya masih bisa dibuka dan tidak mengalami masalah.

Alasannya karena apabila tidak bisa dibuka maka kita tidak bisa mengganti nomor dan membuat backup. Bila kasusnya aplikasi WhatsApp tidak mengalami error dan tidak bisa dibuka, sementara nomornya sudah mati, maka akun WhatsApp kamu sudah tidak bisa diselamatkan lagi.

2. Belum melakukan Clear data aplikasi WhatsApp, uninstall, atau reinstall

Saat melakukan Clear data WhatsApp maka secara otomatis akan membuatnya logout, ini akan menjadi masalah karena untuk bisa login kembali diperlukan verifikasi, sementara nomor yang digunakan sudah mati.

Selain itu Anda juga jadi tidak bisa membuat backup karena semua data chat sudah terlanjur terhapus ketika Anda melakukan clear data. Hal serupa juga akan terjadi jika Anda menghapus aplikasi atau melakukan reinstall.

3. HP lama tidak hilang

Salah satu alasan mengapa kamu ingin memindahkan WhatsApp tanpa verifikasi adalah karena HP hilang. Tapi sayangnya ini tidak bisa dilakukan karena apabila HP tidak berada di tangan kita maka kita tidak bisa mengganti nomor dan membuat backup chat.

4. Membuat backup harus dilakukan setelah mengganti nomor WhatsApp

Hal selanjutnya yang perlu diingat adalah kamu harus mengganti nomor terlebih dahulu baru membuat backup chat, jangan sampai terbalik.

Apabila kamu sudah membuat backup namun nomor belum diganti maka file backup tidak akan bisa digunakan untuk restore chat di nomor baru.

Perlu diketahui jika proses restore di WhatsApp hanya bisa dilakukan apabila nomornya cocok, jadi bila membuat backup sebelum mengganti nomor maka file tersebut masih memiliki data nomor lama dan tidak bisa digunakan di nomor baru.

5. Login WhatsApp di HP baru harus dilakukan setelah mengganti nomor di WhatsApp pada HP lama

Terakhir yang perlu diingat adalah nomor baru tidak boleh digunakan untuk login ke WhatsApp sebelum digunakan untuk mengganti nomor lama.

Apabila kamu sudah login duluan ke WhatsApp dengan nomor baru sementara nomor tersebut belum terhubung dengan WhatsApp di HP lama maka nanti jadi tidak bisa digunakan lagi.

Alasannya karena satu nomor hanya bisa digunakan untuk satu akun. Jadi pastikan nomor tersebut masih fresh dan belum terhubung dengan akun WhatsApp manapun.

Akhir kata

Demikian tutorial yang bisa kami berikan mengenai bagaimana caranya memindahkan WhatsApp ke HP baru tanpa verifikasi ke nomor lama. Ini bisa jadi solusi bagi Anda yang mengalami nomor WhatsApp mati karena lupa isi pulsa atau penyebab lainnya.

Nomor HP saat ini memang sudah jarang digunakan untuk SMS dan nelpon karena aktivitas komunikasi tersebut sudah dilakukan lewat aplikasi pesan singkat seperti WhatsApp. Akibatnya kita jadi sering lupa mengisi pulsa dan pada akhirnya nomor menjadi mati. Semoga tutorial ini bisa membantu.

1 thought on “Cara Memindahkan WhatsApp Tanpa Verifikasi Nomor Yang Sudah Mati”

Leave a Comment