Cara Membersihkan File Sisa Update di Windows 10

Setelah melakukan update Windows 10, file lama masih tersimpan di dalam drive dan kita bisa membersihkannya untuk memberikan ruang kosong baru. Hal ini juga akan membersihkan Drive C agar tidak cepat penuh.

Selama menggunakan Windows 10 pasti Anda sudah sangat familiar dengan update yang rutin baik mingguan maupun bulanan. Ukuran update juga bisa sangat besar dan menguras kuota, mungkin Anda ingin mematikan update Windows 10 untuk sementara waktu dan melanjutkannya di waktu luang dengan cara yang pernah kami bahas di postingan sebelumnya.

Pada postingan ini Winpreso akan berikan tutorial bagaimana cara untuk menghapus file sisa update agar tidak menjadi file sampah yang bikin drive cepat penuh. Kita akan melakukannya tanpa aplikasi tambahan, karena di Windows 10 sudah ada fitur untuk membersihkan file sampah yang cukup powerful.

Cara membersihkan file sisa update Windows 10

1. Masuk ke menu Settings

Langkah pertama adalah masuk ke menu Settings Windows dengan cara klik tombol start lalu klik pada tombol Settings (icon gear). Bisa juga dengan menekan tombol Windows+i pada keyboard Anda.

cara membersihkan file sisa update windows 10

2. Pilih System

Setelah masuk ke menu Settings, klik pada menu System yang ada di bagian kiri atas.

gambar 2 cara membersihkan file sisa update windows 10

3. Klik pada tab Storage

Perhatikan pada panel sebelah kiri, kemudian klik pada tab Storage.

gambar 3 cara membersihkan file sisa update windows 10

4. Klik Show more categories

Di panel sebelah kanan akan muncul beberapa opsi, perhatikan pada bagian Local Disk (C:), di sana ada keterangan This is how your storage is used and how you can free up space. Ini adalah fitur untuk membersihkan PC kita dari file sampah.

Pada bagian bawah terdapat menu Show more categories. Klik menu tersebut untuk memunculkan opsi membersihkan sisa update Windows 10.

gambar 4 cara membersihkan file sisa update windows 10

5. Pilih Temporary files

Klik pada menu Temporary files.

gambar 5 cara membersihkan file sisa update windows 10

6. Scan file sisa update

Selanjutnya Windows akan melakukan scanning secara otomatis, tunggu hingga proses scan selesai. Setelah itu Anda akan melihat file sisa update sudah terdeteksi. Ukurannya biasanya cukup besar.

gambar 6 cara membersihkan file sisa update windows 10

7. Centang Windows Update Cleanup

Setelah file sisa update terdeteksi, klik untuk mencentang opsi Windows Update Celanup.

gambar 7 cara membersihkan file sisa update windows 10

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, file lama sisa update Windows 10 ukurannya cukup besar yaitu 4,61GB. Jika file ini kita bersihkan maka akan memberikan ruang kosong baru pada drive C.

8. Klik tombol Remove files

Langkah terakhir adalah klik pada tombol Removes files untuk membersihkan file sampah sisa update Windows 10. Tunggu hingga prosesnya selesai.

gambar 8 cara membersihkan file sisa update windows 10

Menggunakan fitur Storage sense

Storage sense adalah fitur management drive yang sangat bermanfaat untuk menjaga agar ruang penyimpanan PC bebas dari file sampah. Fitur ini hanya ada pada Windows 10, Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan file sisa update yang masih tersimpan di hard disk.

Caranya:

Pertama masuk ke Settings dengan cara menekan tombol Windows+i pada keyboard > kemudian pilih menu System.

gambar 9 cara membersihkan file sisa update windows 10

Pada menu System, perhatikan panel sebelah kiri lalu klik pada menu Storage.

gambar 10 cara membersihkan file sisa update windows 10

Pada sebelah kanan di bagian Storage klik pada opsi Configure Storage Sense or run it now.

gambar 11 cara membersihkan file sisa update windows 10

Tarik ke bawah hingga menemukan menu Free up space now > klik pada tombol Clean now.

gambar 12 cara membersihkan file sisa update windows 10

Proses pembersihan akan dilakukan secara otomatis, Anda tinggal menunggu saja hingga prosesnya selesai.

Anda juga bisa mengatur agar Storage sense membersihkan file sampah secara otomatis di Windows 10, jadi kita tidak perlu lagi melakukannya secara manual. Anda bisa mengatur pembersihan dilakukan setiap hari, seminggu sekali, atau setiap bulan.

Caranya dengan menghidupkan fitur Storage sense lalu pilih jadwal pembersihan sesuai keinginan, biasanya saya mengaturnya setiap satu bulan sekali (Every month).

gambar 13 cara membersihkan file sisa update windows 10

Menggunakan Disk Cleanup

Untuk membersihkan file update lama yang masih tersimpan kita juga bisa menggunakan disk cleanup di Windows 10. Program ini merupakan fitur bawaan yang ada di setiap versi Windows dan cukup ampuh untuk membersihkan hard disk tanpa harus install aplikasi tambahan.

Cara menggunakannya sangat mudah, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah pertama buka program disk cleanup dengan cara klik tombol Start kemudian ketik disk cleanup > pada menu Start akan muncul program bernama Disk Cleanup > klik satu kali untuk membukanya.

gambar 14 cara membersihkan file sisa update windows 10

Selanjutnya klik pada tombol Clean up system files, tunggu hingga prosesnya selesai.

gambar 15 cara membersihkan file sisa update windows 10

Program ini juga bisa digunakan untuk membersihkan file Windows lama setelah Anda melakukan update Windows 10 ke versi baru. Jika terdapat file sampah sisa upgrade maka akan ada opsi bernama Previous Windows Installation. Centang file tersebut kemudian klik tombol OK untuk membersihkannya.

Disk Cleanup juga bisa digunakan untuk membersihkan file sampah dari browser, temporary files, thumbnails, dan file di folder download yang sudah tidak terpakai.

Demikian beberapa cara untuk membersihkan file sisa update Windows 10 yang bisa Anda gunakan, semoga bisa membantu.

Leave a Comment