Cara Membatasi Akses User di Windows 10

Dalam satu komputer sebaiknya hanya ada satu akun dengan akses penuh (administrator) sedangkan akun pengguna lainnya adalah user biasa. Hal ini penting untuk menjaga keamanan pada komputer, juga untuk memastikan pengguna lain tidak membuat kesalahan yang dapat merusak sistem, atau lebih parah lagi memasukkan virus.

Saat menggunakan Windows 10 untuk keperluan bekerja, browsing internet, atau bermain game, sebaiknya Anda menggunakan user biasa atau reguler. Ini disarankan demi tujuan keamanan karena user reguler akan memiliki keterbatasan untuk membuat perubahan pada level administrator.

Gunakan user administrator saat Anda akan menginstall software, melakukan update, atau mengubah konfigurasi tertentu pada sistem. Selain dari itu gunakan akun user biasa.

Cara membatasi akses user di Windows 10

1. Masuk ke Windows Settings

Langkah pertama klik pada tombol Start lalu klik tombol Settings (icon gear)

2. Pilih menu Accounts

Pada jendela Settings klik pada pilihan menu Accounts

1 cara membatasi akses user di windows 10

3. Klik tab Family and other users

Panel sebelah kiri klik pada tab Family and other users

2 cara membatasi akses user di windows 10

4. Pilih user yang ingin dibatasi aksesnya

Perhatikan pada panel sebelah kanan, di sana akan terlihat daftar user yang ada di Windows 10 Anda. Klik pada user yang ingin dibatasi aksesnya.

5. Klik tombol Change account type

Selanjutnya klik pada tombol Change account type yang ada di bawahnya.

3 cara membatasi akses user di windows 10

6. Pilih Standard User

Terakhir pilih pada opsi Standard User lalu klik OK.

4 cara membatasi akses user di windows 10

Standard User adalah pengguna dengan akses terbatas. User jenis ini bisa menggunakan semua program yang ada, menyimpan file pada folder user maupun partisi data, namun tidak bisa mengubah pengaturan komputer maupun menginstall aplikasi baru.

Menggunakan Control Panel

Membatasi akses user di Windows 10 juga bisa dilakukan melalui Control Panel. Pengaturan lewat Control Panel memberikan fitur yang lebih lengkap dari pada lewat Windows Settings.

Melalui Control Panel Anda bisa mengubah username, mengganti jenis user, membatasi akses, dan melakukan pengaturan pada user lain yang ada di komputer.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka Control Panel degan cara klik pada tombol Start lalu ketik: control > klik pada Control Panel yang muncul pada Start menu
  2. Pada jendela Control Panel, pastikan Anda menggunakan mode View by Smalls icon
  3. Pilih menu User Accounts
  4. Selanjutnya klik pada menu Manage another account
  5. Pilih user yang ingin dibatasi aksesnya
  6. Klik pada menu Change the account type
  7. Centang pada opsi Standard
  8. Klik tombol Change Account Type
  9. Tutup semua jendela pengaturan
5 cara membatasi akses user di windows 10

Dengan menggunakan cara di atas Anda bisa membatasi akses user lain yang ada di komputer. Ini cukup efektif untuk komputer yang digunakan oleh beberapa orang seperti pada komputer kantor.

Cara membuat user dengan akses terbatas di Windows 10

Anda juga bisa membuat user baru dengan akses yang terbatas. Apabila Anda memiliki laptop atau PC yang harus digunakan bersama-sama dengan orang lain seperti teman satu kos, rekan kerja, atau saudara maka sebaiknya pisahkan user yang digunakan untuk login.

Hal ini bertujuan agar mereka tidak mengacaukan file-file yang ada di folder user maupun konfigurasi Windows 10 secara keseluruhan. Anda bisa membuat user baru dengan type standard user yang mana tidak bisa melakukan perubahan pada system maupun menginstall aplikasi baru.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk ke menu Settings Windows 10
  2. Pilih menu Accounts
  3. Pilih Family & other users
  4. Klik tombol Add someone else to this PC
  5. Pilih I don’t have this person’s sign-in information
    Jendela untuk login akun Microsoft akan muncul, skip langkah ini dan buat user lokal tanpa akun microsoft agar lebih simpel, caranya klik pada pilihan I don’t have this person’s sign-in information.
  6. Pilih Add a user without a Microsoft account
    Windows akan tetap meminta kita untuk memasukkan email Microsoft klik pada opsi Add user without a Microsoft account untuk skip langkah ini.
  7. Masukkan username dan password
    Selanjutnya masukkan username untuk user baru beserta passwordnya, setelah itu klik tombol Next. Isi data-data lainnya hingga selesai.

Setelah selesai membuat akun dengan cara di atas, berikan username dan password kepada orang yang akan menggunakan komputer Anda. Setiap kali mereka akan menggunakannya maka beritahu agar login menggunakan akun tersebut.

Itulah cara membatasi akses user di Windows 10, cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bisa membantu. Kala ada kesulitan Anda bisa menceritakannya di kolom komentar.

Leave a Comment