Cara Mematikan HP Android Tanpa Tombol Power

Pada setiap HP Android terdapat tombol power yang berfungsi untuk mematikan dan menghidupkan perangkat tersebut. Apabila berfungsi dengan normal, maka tombol power bisa digunakan seperti biasa.

Tapi masalahnya terkadang tombol power menjadi tidak berfungsi, bisa karena rusak atau HP Android Anda mengalami hang sehingga tidak bisa mematikannya dengan tombol power.

Lalu bagaimana solusinya? Bisakah kita mematikan HP Android tanpa menekan tombol power? Berikut ini kami berikan beberapa cara yang bisa Anda coba.

Cara Mematikan HP Android Tanpa Tombol Power

1. Masuk ke menu Settings

Langkah pertama masuk ke menu Settings atau Pengaturan untuk yang menggunakan bahasa Indonesia. Menu ini biasanya dilambangkan denga simbol icon gear.

2. Pilih Accessibility

Selanjutnya pilih pada menu Accessibility. Bila HP Android Anda menggunakan bahasa Indonesia maka menu tersebut menjadi bernama Aksesibilitas.

cara mematikan hp android tanpa tombol power 1

3. Pilih menu Interaction and dexterity

Selanjutnya temukan dan tap pada menu Interaction and dexterity atau dalam bahasa Indonesia Interaksi dan ketangkasan.

cara mematikan hp android tanpa tombol power 2

4. Aktifkan Assistant menu

Pada menu bagian atas Anda akan melihat opsi bernama Assistant menu. Tap satu kali menu tersebut untuk hingga menjadi On. Ini akan membuat tombol Assistant menu aktif dan muncul di layar.

cara mematikan hp android tanpa tombol power 3

5. Tap tombol Assistant menu pada layar

Setelah Anda mengaktifkan Assistant menu maka di layar akan terlihat tombol virtual yang lokasinya bisa dipindah-pindahkan. Tap satu kali untuk memunculkan menu-menu yang ada di dalamnya.

cara mematikan hp android tanpa tombol power 4

6. Tap pada Power off menu untuk mematikan HP tanpa menekan tombol Power

Pada saat tombol Assistant menu ditekan maka akan muncul beberapa menu. Geser ke kanan hingga Anda menemukan menu bernama Power off menu. Tap satu kali tombol tersebut untuk memunculkan menu power seperti Turn off, Restart, dan Emergency Mode.

Pilih Power off untuk mematikan HP Android tanpa menekan tombol power. Selanjutnya HP Anda akan mati seperti biasa. Gunakan cara ini setiap kali Anda ingin mematikan HP.

7. Untuk mematikan layar pilih menu Screen of

Apabila Anda hanya ingin mematikan atau mengunci layar saja maka tap pada menu yang bernama Screen off.

Cara alternatif bagi yang tidak memiliki Assistant menu

Beberapa merek HP Android mungkin tidak memiliki Assistant menu seperti pada HP yang kami gunakan pada tutorial ini. Jika demikian maka cara pertama di atas tidak bisa Anda gunakan.

Bila demikian, maka alternatif selanjutnya untuk mematikan Hp Android tanpa tombol power adalah dengan menukar fungsi tombol Power ke Tombol Volume. Untuk melakukan ini kita bisa menggunakan aplikasi yang bernama Power Button to Volume Button.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama download dan install dulu aplikasinya dari sini: Download

2. Setelah selesai diinstall kemudian langsung Anda jalankan dengan menekan tombol Open

3. Tap satu kali pada Enable/Disable Volume Power untuk mengaktifkannya

cara mematikan hp android tanpa tombol power 5

4. Centang pada pilihan Boot

5. Centang pada pilihan Screen Off

cara mematikan hp android tanpa tombol power 6

6. Tap satu kali pada menu Activate this device administrator

cara mematikan hp android tanpa tombol power 7

7. Gunakan menu yang ada pada notification area untuk mematikan layar tanpa tombol power

cara mematikan hp android tanpa tombol power 8

8. Untuk menghidupkan layar kembali Anda tinggal menekan tombol Volume. Jadi tombol power tidak perlu digunakan saat Anda ingin mematikan dan menghidupkan layar HP Android Anda.

Menggunakan aplikasi Power to Volume Button ini memang hanya bisa digunakan untuk mematikan atau mengunci layar tanpa tombol power saja. Untuk mematikan HP (power off) maka tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

Penyebab rusaknya tombol power di HP Android

HP Android dengan built body yang tidak kokoh memang sering mengalami kerusakan pada tombol power. Hal ini tidak selalu berasal dari kesalahan kita, terkadang memang bahan atau desainnya yang tidak kuat.

Berikut ini adalah beberapa penyebab tombol power rusak sehingga tidak bisa digunakan:

1. Tombol lepas atau patah

Biasanya masalah ini terjadi karena pengguna terlalu sering menggunakan tombol power untuk screenshot. Beberapa merek HP melibatkan tombol power untuk mengambil screenshot, sehingga setiap kali ini menangkap layar tombol power selalu ditekan. Lama kelamaan tombol bisa rusak, patah, bahkan lepas.

2. Usia HP yang sudah tua

Sebagus dan semahal apapun HP yang Anda gunakan pasti seiring waktu akan mengalami penyusutan. Bagian yang paling sering mengalami masalah pada HP yang sudah tua adalah tombol power dan tombol volumenya.

3. Cacat pada saat pembelian

Seperti yang sudah disinggung di awal tadi, rusaknya tombol power tidak selalu berasal dari kesalahan pengguna. Bisa saja tombol power memang sudah rusak karena cacat bawaan pabrik. Jika ini yang terjadi maka Anda bisa kembali ke toko untuk melakukan klaim.

4. HP terbentur atau jatuh

Terakhir, HP yang jatuh atau terbentur terlalu keras juga bisa menyebabkan kerusakan pada tombol power. Meskipun umumnya HP yang jatuh akan mengalami kerusakan atau pecah pada layar tapi tidak menutup kemungkinan bagian tombol power juga ikut rusak karena terbentur tepat pada bagian ini.

Cara mencegah tombol power rusak di HP Android

Untuk mencegah agar tombol power di HP Anda tidak cepat rusak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Idenya adalah meminimalkan penggunaan tombol power sebisa mungkin dan mengganti fungsinya dengan tombol atau fitur yang ada di hp.

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda coba:

1. Menggunakan aplikasi untuk mematikan layar dan mengambil screenshot

Tips yang pertama, Anda bisa meminimalkan penggunaan tombol power dengan mengganti fungsinya dengan aplikasi atau fitur yang ada di HP. Anda bisa menggunakan Assistant menu seperti pada tutorial di atas untuk mematikan layar.

Bila fitur tersebut tidak ada di HP Anda, maka masih bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk mematikan dan menghidupkan layar tanpa harus menekan tombol power. Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa didapatkan dari Playstore, di antaranya seperti Power to Volume Button, Screen Off, dan Gravity Screen Off.

2. Hindari menekan tombol power terlalu sering

Kedua, usahakan untuk tidak menekan tombol power terlalu sering. Ini biasanya sering dilakukan saat mengambil screenshot. Jika memang di HP Anda mengambil screenshot harus melibatkan tombol power, maka solusinya bisa menginstall aplikasi screenshot. Jadi tiap kali akan mengambil screenshot Anda tinggal mengakses menu aplikasi dari notification area tanpa menekan tombol power.

3. Menukar fungsi tombol power dengan tombol lain

Apabila tombol power sudah terlanjur bermasalah atau rusak, maka Anda bisa melakukan remapping dengan mengganti fungsi tombol power ke tombol lainnya seperti tombol volume atau tombol home bila ada.

Itulah beberapa tips yang bisa kami berikan mengenai cara mematikan HP Android tanpa menekan tombol power. Selamat mencoba semoga bisa membantu.

Leave a Comment