10 Laptop yang Bagus untuk Home Recording

Jika Anda seorang musisi atau seorang yang aktif melakukan kegiatan perekaman maka setidaknya membutuhkan Laptop yang bagus untuk home recording.

Laptop yang bagus untuk mendukung kegiatan home recording biasanya harus sudah memiliki spesifikasi khusus yang mencukupi.

Baik CPU dan RAM yang ada pada laptop memiliki peran penting saat melakukan home recording. Setiap kali Anda membuat dan memuat instrumen MIDI atau mengisi piano roll dengan data, CPU akan bekerja keras untuk menerjemahkannya menjadi format audio.

Besarnya kapasitas RAM pada laptop juga perlu Anda perhatikan agar bisa menangani pengaturan perekaman dengan lancar.

Nah, supaya Anda tidak bingung dalam memilih laptop, berikut ini beberapa rekomendasi Laptop terbaik yang bagus untuk kegiatan home recording.

Laptop yang bagus untuk home recording tahun 2022

Merek LaptopHarga
Dell XPS 1313 jutaan
Apple MacBook Pro M1 1320 jutaan
Apple MacBook Pro 1622 jutaan
Razer Blade 15 Studio Edition25 jutaan
Asus Rog Strix Scar III15 jutaan
Microsoft Surface Laptop 212 jutaan
MSI GF63 8RC11 jutaan
Samsung Notebook 920 jutaan
Microsoft Surface Pro 711 jutaan
Asus ZenBook Flip S UX37014 jutaan

1. Dell XPS 13

01 Dell XPS 13
  • CPU: 10th Gen Intel Core i5 – i7
  • Graphics: Intel Iris Plus
  • RAM: 8GB – 16GB
  • Display: 13.3” FHD (1920×1080)
  • Storage: 256GB – 1TB SSD

Pilihan pertama jatuh pada Dell XPS 13 yang merupakan sebuah laptop handal dengan prosesor bertenaga Intel core i5 atau core i7 generasi ke 10.

Laptop Dell ini mempunyai layar tanpa bingkai yang enak untuk dipandang mata. karena tanpa bingkai tentunya tampilan visual pada layar akan terlihat lebih luas dan jelas.

Laptop jenis ultrabook ini memiliki desain yang terkesan mewah karena material yang digunakan sudah tentu memiliki kualitas berkelas.

Selain tampilan desain yang mewah, laptop Dell ini juga dibekali dengan teknologi canggih yang berjalan dengan sistem operasi Windows 10.

Kapasitas RAM sebesar 8GB DDR3 pada laptop Dell ini tentunya akan memberikan space yang luas untuk menjalankan aplikasi secara bersamaan tanpa lag.

2. Apple MacBook Pro M1 13

02 Apple MacBook Pro M1 13
  • CPU: Apple M1
  • Graphics: Apple M1
  • RAM: 8-16GB
  • Display: 13.3” Retina display (2560 x 1600p)
  • Storage: 256GB – 2TB

Tidak sedikit musisi atau pemilik studio yang menggunakan laptop dari brand Apple karena kinerjanya yang sudah terkenal handal untuk para konten creator.

Apple MacBook Pro M1 13 hadir sebagai laptop yang cocok untuk keperluan home recording Anda. Baik untuk pekerjaan profesional maupun hanya untuk sekedar hobi merekam, laptop ini bisa Anda gunakan dengan kinerja yang memuaskan.

Laptop dengan brand Apple ini menggunakan prosesor yang sudah memiliki delapan core yang sering kita sebut dengan M1.

Apple MacBook Pro M1 13 memiliki kapasitas RAM sebesar 8GB dan SSD hingga 512 GB. Baik untuk kebutuhan recording maupun untuk menjalankan software lainnya dapat dipastikan kalau MacBook Pro M1 13 ini mampu berjalan dengan sangat baik.

Sedangkan pada layarnya memiliki ukuran 13,3 inci dengan resolusi 2560 x 1600 Pixel yang tentunya sudah mendukung retina display.

3. Apple MacBook Pro 16

03 Apple MacBook Pro 16
  • CPU: 6-core Intel Core i7 – 8-core Intel i9
  • Graphics: AMD Radeon Pro
  • RAM: 16GB – 64GB
  • Display: 16” Retina display with True Tone (3072 x 1920)
  • Storage: 512GB SSD – 8TB SSD

Jika Anda membutuhkan layar laptop yang lebih besar maka Apple MacBook Pro 16 bisa menjadi pilihan yang tepat. MacBook ini memiliki layar berukuran 16 inci dengan resolusi tinggi 3072 x 1920.

CPU menggunakan Intel Core i7 yang sanggup bekerja dengan cepat menyelesaikan berbagai tugas-tugas berat. Sedangkan RAM berkapasitas hingga 64 GB yang diimbangi dengan SSD 512GB.

Bentuk laptop yang elegan pada bodinya bisa menjadi daya tarik sendiri ketika Anda sedang menggunakan laptop Apple ini.

Laptop Apple MacBook Pro 16 ini menawarkan kinerja terbaik untuk kebutuhan musisi atau produser studio yang bisa Anda gunakan secara portabel.

Salah satu keunggulan yang tak kalah menarik dari MacBook Pro 16 ini yaitu Anda bisa menambahkan kapasitas RAM hingga 64GB dan storage hingga 8TB.

4. Razer Blade 15 Studio Edition

04 Razer Blade 15
  • CPU: 8th Gen Intel Core i7
  • Graphics: NVIDIA GeForce GTX 1060
  • RAM: 32GB
  • Display: 15.6” OLED 4K Touch
  • Storage: 1TB SSD

Jika Anda seorang yang aktif melakukan home recording maka Razer Blade 15 Studio Edition bisa Anda pilih sebagai laptop yang cocok.

Terlebih jika Anda suka memainkan berbagai game baik itu online maupun offline melalui laptop. Razer Blade 15 memiliki tampilan desain laptop gaming yang keren yang dapat memberikan kesan premium ketika sedang dipakai penggunanya.

Dengan berbekal prosesor generasi ke-8 dari Intel Core i7, laptop Razer Blade 15 mampu bekerja secara single task maupun multitasking dengan sangat baik.

Intel telah mengklaim bahwa kinerja prosesor generasi ke-8 core i7 ini memiliki kemampuan kinerja yang lebih cepat 40 persen dari generasi pendahulunya.

Razer Blade 15 juga memiliki spesifikasi RAM berkapasitas 32GB serta storage 1TB yang sudah bertipe SSD. Dan tidak hanya itu saja, laptop Razer ini juga sudah mendukung layar berukuran 15,6 inci dengan resolusi 4K touch screen.

Dengan spesifikasi yang begitu tinggi, Anda bisa menggunakan laptop razer ini tidak hanya untuk home recording saja. Melainkan bisa juga menjalankan aplikasi lain seperti game atau film dengan resolusi hingga 4K.

5. Asus Rog Strix Scar III

05 Asus Rog Strix Scar III
  • CPU: Intel i7
  • Graphics: NVIDIA GeForce RTX 2060 6GB
  • RAM: 16 GB (base)
  • Display: 15.6” Full HD
  • Storage: 1TB SSD

Selain smartphone gaming yang tergolong canggih dengan desain keren, Asus juga menghadirkan laptop bernuansa gaming yang tentunya memiliki kinerja sangat bagus.

Asus Rog Strix Scar III merupakan laptop yang bagus untuk digunakan sebagai home recording maupun untuk kebutuhan game maniak.

Jika kita lihat dari spesifikasi nya, pihak Asus terlihat tampak sangat serius dalam merancang laptop andalannya ini.

Laptop Asus Rog Strix Scar III menggunakan dapur pacu Core i7 9750H sebagai otak utamanya. Prosesor dari intel ini menggunakan Hexa core yang tiap core-nya mampu bekerja dengan sangat efisien dan cepat.

Dan bagusnya lagi, jenis RAM nya sudah DDR4 dengan kapasitas 16GB yang tentunya termasuk besar untuk kelas laptop.

Anda juga bisa menyimpan berbagai file atau menginstall berbagai software penting ke dalam SSD bawaan nya yang berukuran 1TB.

6. Microsoft Surface Laptop 2

06 Microsoft Surface Laptop 2
  • CPU: Intel Core i5-i7
  • Graphics: Intel UHD Graphics 620
  • RAM: 8GB – 16GB
  • Storage: 128GB, 256GB, 512GB or 1TB SSD

Lebih mantap rasanya jika menggunakan sistem operasi dan laptop yang sama-sama berasal dari perusahaan Microsoft. Bagi Anda yang sudah terbiasa menggunakan windows 10 untuk bekerja bisa memilih laptop Microsoft Surface sebagai pilihan terbaiknya.

Laptop buatan Microsoft ini bertenaga CPU Intel Core i7, RAM 16GB, serta SSD yang mendukung hingga 1TB. Anda bebas bisa menginstall software recording apapun kedalam laptop buatan microsoft ini karena terdapat cukup ruang penyimpanan yang sangat luas.

Seperti kita ketahui bahwa performa Windows 10 sudah tidak perlu kita ragu kan lagi dalam menjalankan berbagai software apa pun.

Microsoft Surface Laptop 2 bisa Anda bawa dengan mudah untuk bekerja di mana pun dan kapan pun karena laptop ini memang sangat portabel.

7. MSI GF63 8RC

07 MSI GF63 Laptop
  • CPU: 9th Generation Intel i5
  • Graphics: NVIDIA GeForce GTX 1650 4 GB
  • RAM: 8 GB (max 64 GB)
  • Display: 15.6” Full HD display/120 Hz
  • Storage: 256 GB SSD

Selain terkenal memproduksi kartu grafis, MSI ternyata juga mengeluarkan laptop gamingnya yang bernama MSI GF63 8RC.

Laptop MSI GF63 8RC sudah mendukung sistem operasi windows 10 64 bit yang beroperasi menggunakan prosesor Intel Core i7 8750H dengan clock speed 2.2 GHz.

Beberapa software tentunya membutuhkan ruang memori sementara yang besar ketika beroperasi. Pada laptop MSI ini sudah memiliki RAM berkapasitas 8GB dual channel DDR4 yang bisa mendukung software berjalan dengan lancar.

Untuk masalah penyimpanan Anda tidak perlu khawatir untuk menggunakan HDD eksternal lagi karena laptop MSI GF63 8RC  ini memiliki storage bawaan sebesar 1TB.

Berbagai game PC pun dapat Anda mainkan dengan lancar pada laptop MSI ini karena sudah menggunakan kartu grafis Nvidia GTX 1050.

Baik prosesor maupun kartu grafisnya selain memiliki kinerja yang bagus juga sudah lebih hemat daya sehingga bisa memperpanjang pemakaian umur baterai laptop.

8. Samsung Notebook 9

08 Samsung Notebook 9
  • CPU: Intel i7-8550U
  • Graphics: Nvidia GeForce MX150
  • RAM: 8GB-16GB
  • Display: 15-inch 1,920 x 1,080 LED
  • Storage: 256-512GB SSD

Selalu terkenal dengan terobosan inovasinya yang unik, Samsung juga ikut meramaikan pasar laptop yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan home recording.

Meskipun popularitas laptop Samsung masih kalah dengan pesaing lainnya, namun dengan munculnya Notebook 9 ini telah berhasil menarik minat banyak orang.

Samsung Notebook 9 hadir dengan desain yang keren sebagai laptop yang bisa Anda pakai untuk menangani berbagai macam pekerjaan kantor.

Pada bagian layarnya hanya terdapat sedikit bezel sehingga bisa memberikan tampilan yang lebih penuh ketika menampilkan video atau gambar.

Laptop Samsung Notebook 9 ini menggunakan CPU Intel i7 8550U dengan kapasitas RAM 8GB dan bisa Anda tambahkan lagi menjadi 16GB.

Selain spesifikasi prosesor dan RAM yang sudah mumpuni, Samsung Notebook 9 juga memiliki storage hingga 512GB. Dengan teknologi milik Samsung, layar laptop ini yang berukuran 15 inci ini mampu menampilkan tingkat kecerahan gambar yang tinggi.

Keberhasilan Samsung dalam mendesain Notebook 9 ini dapat menarik banyak orang untuk membelinya. Jika pada laptop lain memiliki bobot lebih dari 2 kg, maka pada notebook 9 ini hanya memiliki bobot 1,3 kg saja.

Tak hanya itu, ketebalan laptop Samsung ini juga tergolong tipis yaitu hanya 14 mm saja. Dengan demikian para pengguna akan lebih mudah dan praktis untuk membawa atau menyimpannya di mana pun Anda suka.

9. Microsoft Surface Pro 7

09 Microsoft Surface Pro 7
  • CPU: Intel Core i3 – i7
  • Graphics: Intel Iris Plus
  • RAM: 4 GB – 16 GB
  • Display: 12.3” Full HD
  • Storage: 128 GB – 1 TB SSD

Jika Anda punya budget tinggi sekitar dua puluh jutaan rupiah maka pilihlah Microsoft Surface Pro 7 sebagai laptop pribadi Anda.

Dengan harga yang tinggi tentunya Microsoft menawarkan laptop dengan banyak fitur yang dapat berguna bagi para penggunanya.

Microsoft Surface Pro 7 memiliki luas layar sebesar 12,3 inci yang sudah beresolusi FullHD, dan tentunya sudah mendukung layar sentuh.

Dengan adanya fitur touch screen yang super peka terhadap sentuhan jari tangan ini, Anda bisa menjalankan berbagai software yang sudah mendukung fitur layar sentuh melalui laptop ini.

Agar bisa menyasar ke lebih banyak segmen pasar, pihak Microsoft memberikan beberapa varian spesifikasi yang tentunya dibarengi dengan harga yang berbeda-beda pula.

Untuk segmen low-end, Anda bisa memilih laptop Microsoft ini yang menggunakan prosesor Intel Core i3. Laptop varian ini sudah terbilang cukup untuk menangani kegiatan home recording ringan untuk Anda yang memiliki budget minim.

Sedangkan satunya lagi, Microsoft menggunakan prosesor Intel Core i7 yang jauh lebih bertenaga untuk calon pembeli yang memiliki budget lebih.

10. Asus ZenBook Flip S UX370

10 Asus ZenBook Flip S UX370
  • CPU: Intel Core i7-855OU
  • Graphics: Intel UHD Graphics 620
  • RAM: 16GB
  • Display: 13.3-inch full HD touchscreen
  • Storage: 512GB PCIe SSD

Untuk Anda yang suka dengan laptop desain tipis, ringan tapi kuat dan kokoh, Asus ZenBook Flip S UX370 bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bobot laptop ini hanya 1,1 kg saja yang tentunya tergolong sangat ringan untuk sekelas laptop pada umumnya. Anda bisa dengan mudah membawanya untuk bepergian ke mana saja tanpa perlu merasa keberatan ketika dimasukkan ke dalam tas.

Inovasi Asus yang ada pada laptop ini dapat kita lihat pada bagian engselnya yang bisa kita putar hingga 360 derajat tanpa patah.

Dengan demikian para penggunanya bisa lebih mudah untuk memakai laptop ini karena layarnya yang sangat fleksibel. Ukuran layarnya sebesar 13,3 inci resolusi FullHD yang tentunya sudah memiliki kerapatan piksel tinggi.

Asus ZenBook Flip S UX370 menggunakan dapur pacu Intel Core i7-855OU, RAM 16GB dan SSD 512 GB. Laptop ini sudah pasti cocok sekali untuk memenuhi kebutuhan home recording Anda.

Leave a Comment