Mengatasi Laptop Tidak Bisa Connect Internet LAN di Windows 10

Penyebab utama kenapa laptop tidak bisa connect ke internet lewat kabel LAN biasanya disebabkan karena driver Ethernet yang belum terinstall. Masalah ini sangat mudah diatasi dengan mencari driver yang tepat dan menginstallnya.

Akan tetapi terkadang masalahnya lebih dari itu, meskipun kita sudah menginstall driver namun tetap saja koneksi tidak berjalan. Jika Anda berada pada ruangan yang di dalamnya ada beberapa komputer lain yang terhubung ke jaringan yang sama, coba cek dulu apakah komputer lain mengalami hal yang sama?

Jika yang internet yang bermasalah hanya laptop atau PC yang Anda gunakan maka bisa dipastikan masalahnya ada pada komputer Anda, bukan pada jaringannya.

Pada kesempatan kali ini Winpreso akan coba berikan beberapa solusi yang bisa dicoba untuk mengatasi laptop yang tidak bisa terhubung ke internet dengan kabel LAN.

1. Hidupkan koneksi dari Ethernet

Hal yang paling sering menjadi penyebab laptop tidak bisa tersambung ke internet dengan kabel LAN adalah karena ethernet connection dalam keadaan tidak aktif (disabled).

Saat mengalami masalah ini, maka memastikan ehternet dalam keadaan aktif adalah hal pertama yang harus Anda lakukan.

Pertama masuk ke Control Panel > pilih pada menu Network and Sharing Center.

Selanjutnya klik pada tab Change adpater settings.

Jendela baru akan terbuka, di sana temukan koneksi dengan label Ethernet atau Local Area Network.

Lihat statusnya apakah dalam keadaan enabled atau disabled. Jika icon berwarna abu-abu dan ada label Disabled di bawahnya maka ethernet di laptop Anda dalam keadaan mati.

Yang perlu kita lakukan adalah menghidupkannya dengan cara klik kanan > pilih Enable.

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect internet LAN 1

Tunggu sebentar hingga Ethernet berhasil dinyalakan, setelah itu sambung kembali kabel LAN ke laptop Anda.

2. Cek driver Ehternet

Driver ethernet yang rusak atau hilang juga sering menjadi penyebab laptop tidak tidak bisa tersambung ke koneksi dengan kabel LAN. Jika driver ehternet hilang maka ciri-cirinya adalah network icon pada taskbar ada tanda silang merah.

Selama menginstall driver ehternet yang sesuai maka koneksi LAN tidak akan bisa tersambung. Oleh karena itu satu-satunya solusi untuk mengatasinya adalah dengan mencari dan menginstall driver yang tepat.

Anda bisa mencoba mencari driver secara manual dengan langkah-langkah berikut ini:

Pertama buka Device Manager dengan cara menekan tombol Windows+R pada keyboard > ketik devmgmt.msc.

Setelah program Device Manager terbuka pilih pada device bernama Network adapters > klik pada tanda panah kecil di sampingnya untuk expand.

Cek apakah di sana ada device bernama Ethernet controller?

Jika tidak ada, klik expand pada menu Other devices, di sana akan terlihat device Ethernet Controller dengan tanda warning berwarna kuning, ini artinya driver perangkat tersebut belum terinstall, rusak, atau terhapus.

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect internet LAN 2

Yang harus kita lakukan adalah mencari dan menginstall driver yang sesuai.

Klik kanan pada Ethernet Controller > pilih Properties.

Selanjutnya klik pada tab Details > pada bagian Property pilih Hardware Ids > Copy baris kedua pada kolom Value > Paste ke Notepad.

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect internet LAN 3

Selanjutnya buka situs driver finder, Anda bisa menggunakan situs ini:

https://drp.su/en/catalog

Paste Hardware Ids yang tadi sudah disalin di Notepad ke kolom yang tersedia pada situs tersebut > klik tombol Search.

Tunggu hingga hasilnya keluar. Selanjutnya Anda download driver dalam format zip.

Setelah itu install driver yang sudah didownload. Jika tidak tahu bagaiman acara install driver dalam format zip maka bisa lihat langkah-langkahnya di sini:

Cara install driver dalam bentuk zip

Setelah driver Ehternet diinstall, coba lagi colok kabel LAN ke laptop. Seharusnya sekarang sudah berhasil tersambung ke internet dengan normal lagi.

3. Cek kabel pada router

Salah satu ujung dari kabel LAN yang digunakan pasti terhubung ke router, modem, atau switch untuk mendapatkan koneksi internet. Saat masalah laptop tidak bisa terhubung ke internet terjadi, coba Anda cek ujung kabel yang terhubung ke router dan pastikan sudah terpasang dengan benar.

Koneksi bisa terputus disebabkan karena kabel yang longgar atau tidak terpasang dengan benar. Anda bisa memastikannya dengan melepas dulu sambungan kemudian sambungkan kembali.

4. Pastikan kabel LAN yang dipakai tidak rusak

Setelah memastikan ujung kabel yang tersambung ke router sudah benar namun masih belum bisa terhubung ke internet, maka hal selanjutnya yang perlu dicek adalah kabel LAN yang digunakan.

Pertama, jika Anda berada dalam sebuah ruangan di mana ada beberapa laptop atau PC yang terhubung ke jaringan yang sama, coba gunakan kabel LAN yang terhubung ke komputer lain kemudian coba sambung ke komputer Anda. Jika ternyata internet berhasil tersambung maka bisa dipastikan yang bermasalah adalah kabel LAN milik Anda.

Kedua, jika tidak ada komputer lain, maka Anda bisa menggunakan kabel lain. Jika menggunakan kabel lain ternyata bisa menyambungkan komputer ke internet maka tidak diragukan lagi kalau yang bermasalah adalah kabel yang lama.

Kerusakan pada kabel LAN bisa karena ada salah satu kabel yang putus atau lepas dari kepala connector (RJ45). Anda bisa mengatasinya dengan melepas dulu connector RJ45, kupas kabel lalu sambungan kembali ke kepala connector kemudian potong sisa kabel dengan rapi menggunakan crimping tool (tang khusus kabel LAN). Lakukan hal ini pada kedua ujung kabel.

Lain ceritanya jika bagian kabel yang putus ada di tengah-tengah, memperbaikinya bukanlah hal yang mudah apalagi untuk pemula. Akan lebih mudah jika mengganti kabel LAN dengan yang baru.

5. Restart dan reset router

Setelah memastikan kabel LAN yang digunakan bagus dan sudah tersambung dengan benar pada kedua ujungnya namun internet masih belum bisa, maka hal yang perlu dicoba selanjutnya adalah melakukan restart dan reset modem.

Pertama restart router dengan cara mematikan lalu menghidupkannya kembali. Tunggu sebentar hingga router kembali menyala dan lampu indikator menunjukkan sudah tersambung ke jaringan. Lihat apakah koneksi internet di laptop sudah bisa.

Jika masih belum bisa maka selanjutnya Anda bisa lakukan reset. Untuk reset router caranya berbeda-beda, tergantung dari tipe dan merek router yang digunakan. Anda bisa melihatnya di buku manual atau pada situs vendor router yang Anda gunakan.

6. Jalankan Internet Troubleshooter

Setelah melakukan langkah-langkah di atas dengan benar maka kemungkinkan besar internet di laptop sudah berhasil tersambung. Akan tetapi jika ternyata masih belum bisa, maka langkah selanjutnya adalah menjalankan troubleshooter.

Di Windows 10, fitur troubleshooter ini cukup ampuh untuk mencari tahu apa penyebab dari suatu error terjadi, biasanya juga akan diberikan rekomendasi yang harus pengguna lakukan untuk meperbaikinya.

Untuk menjalankan internet troubleshooter di Windows 10 ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama masuk ke menu Settings > lalu pilih Update & Security.

Selanjutnya klik pada tab Troubleshoot > pada panel sebelah kanan pilih menu Additional troubleshooters.

Klik pada Internet Connection > klik tombol Run the troubleshooter.

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect internet LAN 4

Setelah selesai, di layar akan terlihat keterangan yang menyebabkan mengapa koneksi internet di laptop bermasalah. Ikuti rekomendasi yang diberikan oleh troubleshooter untuk memperbaikinya.

Selanjutnya kembali lagi ke menu Additional troubleshooter > Network adapter > klik tombol Run the troubleshooter.

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect internet LAN 5

Tunggu hingga proses selesai, lihat apakah ada masalah yang berhasil dideteksi oleh troubleshooter, ikuti rekomendasi perbaikan yang diberikan.

7. Matikan VPN, Proxy, dan Firewall

Langkah selanjutnya untuk mengatasi koneksi LAN yang tidak bisa internet di laptop adalah mematikan VPN, Proxy, Firewall, dan antivirus (jika ada) untuk sementara waktu. Tujuannya untuk mengecek apakah salah satu di antaranya menjadi penyebab koneksi internet tidak jalan.

Pertama matikan VPN dan kembalikan koneksi internet menggunakan konfigurasi standar. Jika menggunakan software biasanya ada tombol on/off yang bisa dipakai. Lihat apakah dengan mematikan VPN koneksi bisa jalan lagi atau tidak.

Selanjutnya matikan firewall untuk sementara waktu.

Caranya dengan masuk ke Control Panel > pilih Windows Defender Firewall.

Pada panel sebelah kiri klik pilihan Turn Windows Defender Firewall on or off.

Matikan firewall pada private network dan public network > klik OK.

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect internet LAN 6

Setelah itu restart komputer, kemudian cek apakah koneksi internet bisa tersambung dengan normal lagi atau tidak.

Jika ternyata tetap tidak bisa maka hidupkan kembali firewall dengan langkah-langkah yang sama seperti di atas.

Terakhir, jika Anda menggunakan antivirus pihak ketiga. Maka coba disable dulu antivirus tersebut dan lihat apakah ada perubahan. Konfigurasi tertentu pada antivirus terkadang bisa menyebabkan pemblokiran koneksi internet, oleh karena itu sebaiknya Anda lebih selektif dalam memilih antivirus.

Lihat rekomendasi dari kami di sini: 5 Antivirus Terbaik di Windows 10

8. Cek konfigurasi IP dan DNS

Konfigurasi IP Address dan DNS yang salah juga bisa menjadi penyebab laptop tidak bisa connect WiFi maupun kabel LAN. Saat mengalami masalah pada koneksi internet, maka salah satu langkah yang wajib dilakukan adalah memastikan konfigurasi IP dan DNS sudah benar.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama masuk ke Control Panel > pilih Network and Sharing Center.

Pada panel sebelah kiri pilih Change adapter settings > klik kanan pada Ethernet > pilih Properties.

Pilii Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4) > klik tombol Properties.

Anda bisa memilih Obtain IP address automatically dan Obtain DNS server address automatically untuk mendapatkan IP dan DNS secara otomatis.

Cara mengatasi laptop tidak bisa connect internet LAN 7

Namun apabila konfigurasi jaringan Anda memerlukan IP dan DNS tertentu, maka isi IP Address dan DNS server sesuai dengan konfigurasi pada jaringan yang Anda gunakan. Anda bisa tanyakan pada teknisi jaringan atau IT yang menginstall jaringan tersebut.

Setelah selesai, tutup semua jendela pengaturan. Kemudian coba cek apakah internet sudah bisa berjalan dengan normal.

9. Flush DNS dan reset TCP/IP

Langkah selanjutnya untuk memperbaiki koneksi internet dengan kabel LAN yang bermasalah di laptop adalah dengan menghapus DNS cache dan reset konfigurasi TCP/IP. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan cmd (command prompt).

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Pertama buka cmd dengan akses administrator, caranya tekan tombol Windows+R > ketik cmd > klik OK.

Setelah program cmd terbuka, ketik perintah berikut ini satu per satu diakhiri dengan menekan tombol enter setiap barisnya.

netsh winsock reset

netsh int ip reset

ipconfig /release

ipconfig /renew

ipconfig /flushdns

Setelah selesai menjalankan semua perintah di atas pada command prompt, restart laptop untuk memastikan semua dimuat ulang dari awal. Setelah itu coba sambung lagi ke jaringan LAN, seharusnya sekarang internet sudah bisa connect.

Mereset koneksi internet dengan cmd ini juga cukup ampuh untuk mengatasi masalah No internet access saat menggunakan WiFi.

Fungsi dari tiap baris perintah di atas:

  • netsh winsock reset > berfungsi untuk mengembalikan konfigurasi windows socket (wsock32.dll) menjadi default.
  • netsh int ip reset > berfungsi untuk reset konfigurasi TCP/IP dan mengembalikannya ke keadaan default.
  • ipconfig /release > menghapus konfigurasi IP yang sekarang.
  • ipconfig /renew > membuat konfigurasi IP yang baru.
  • ipconfig /flushdns > membersihkan DNS cache.

10. Reset PC

Sampai di sini kita sudah melakukan hampir semua cara yang ada untuk mengatasi masalah koneksi internet di laptop yang tidak bisa tersambung dengan jaringan LAN. Masih ada satu lagi solusi yang bisa dicoba yaitu melakukan reset pc.

Reset PC berbeda dengan install ulang Windows 10, kita tidak membutuhkan CD atau file ISO, fitur ini sudah ada pada pengaturan bawaan Windows 10 dan bisa digunakan saat terjadi masalah yang sulit ditemukan jalan keluarnya.

Apakah data-data akan hilang setelah melakukan reset PC?

Tidak, data Anda tetap aman. Anda tinggal memilih opsi untuk tidak menghapus data. Namun, semua aplikasi yang bukan bawaan akan tetap terhapus, jadi setelah reset Anda harus menginstall lagi satu per satu.

Silakan ikuti langkah-langkah yang ada di sini:

Cara reset PC Windows 10

11. Perbaiki Ethernet card

Setelah melakukan semua langkah-langkah di atas namun masalah belum juga bisa teratasi, maka di tahap ini kita sudah bisa curiga kalau yang rusak adalah hardware atau perangkat kerasnya.

Perangkat keras yang bertanggung jawab untuk menangani koneksi dengan kabel LAN di laptop adalah Ethernet card. Sama seperti perangkat lainnya, Ehternet card juga bisa mengalami kerusakan.

Anda bisa coba untuk membawa laptop ke service komputer terpercaya yang ada di kota Anda. Teknisi akan coba untuk mendiagnosis apakah ada kerusakan pada Ethernet card, apakah masih bisa diperbaiki atau tidak, jika tidak bisa maka ganti baru adalah solusi terakhir yang bisa Anda lakukan.

Demikian solusi-solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah laptop tidak bisa connect internet dengan kabel LAN. Semoga bisa membantu.

Leave a Comment