5+ Laptop ASUS yang Ada Numeric Keypad Terbaik

Saat ini ASUS telah mengeluarkan seri laptop yang ada fitur numeric keypad, guna memecahkan masalah yang sering dihadapi saat menggunakan laptop yang compact.

Fitur numeric keypad ini sangat memudahkan para pengguna dalam memasukkan data berupa angka, seperti saat melakukan perhitungan melalui aplikasi kalkulator maupun mengolah data di excel.

Rekomendasi Laptop ASUS Yang Ada Numeric Keypad 2021

1. ASUS VivoBook X512FA-EJ137T 

ASUS VivoBook X512FA EJ137T
  • Display: 15.6 inch Full HD
  • CPU: Intel Core i5-8265U
  • GPU: Intel UHD Graphics 620
  • RAM: 4GB
  • Storage: 256GB SSD
  • Harga: 5 jutaan

Laptop ASUS pertama yang memiliki fitur numeric keypad adalah ASUS VivoBook X512FA-EJ137T. Selain dapat memudahkan penggunanya dalam mengolah data karena fitur numeric keypad yang dimilikinya, laptop ASUS yang satu ini juga dapat memudahkan penggunanya saat dibawa kemana-mana karena bobotnya terbilang ringan.

ASUS VivoBook X512FA-EJ137T sangat pas jika dibawa dan digunakan di kafe atau tempat umum lainnya, karena desainnya yang cukup keren dan stylish. Laptop ini menggunakan Prosesor Intel Core i5-8265U, ruang penyimpanan 256 GB SSD, RAM 4 GB dan GPU Intel UHD Graphics 620.

2. ASUS X553MA

ASUS X553MA
  • Display: 14 inch
  • CPU: Intel Dual Core N2840
  • GPU: Intel HD Graphics
  • RAM: 2GB
  • Storage: 500GB HDD
  • Harga: 3 jutaan

Notebook ASUS X553MA memiliki berat 0,05 kilogram lebih berat dari notebook yang berukuran 14 inci, walaupun memiliki dimensi yang lebih besar. Terdapat beragam pilihan warna menarik yang bisa dipilih pengguna, yaitu putih, hitam, lavender purple dan passion pink.

Terdapat Intel Dual Core N2840 yang dapat memperkuat kecepatan ASUS X553MA hingga 2,58 GHz dan membuat grafis yang mutakhir. Proses pengolahan data akan lebih cepat dengan manufacturing 22 nanometer karena prosesor N2840 yang telah mendukung teknologi 64-bit. Artinya kecepatan akan lebih tinggi meskipun menggunakan daya yang lebih rendah yaitu 7,5 watt.

3. ASUS Zenbook 13 (UX333)

ASUS ZENBOOK 13 1
  • Display: 13.3-inch FHD
  • CPU: Intel Core i5-8265U
  • GPU: NVIDIA GeForce MX150
  • RAM: 8GB RAM
  • Storage: 256GB PCIe SSD
  • Harga: 11 jutaan

Seri ZenBook hadir dengan dimensi yang diyakini paling ringkas di kelasnya karena terdapat standar ultracompact dan ultralight di dalamnya. Laptop ini menghadirkan bezel ultra-tipis dengan desain frameless NanoEdge Display. Laptop ini disertai chip grafis terbaik di kelasnya dari NVDIA dan Processor Intel Core Generasi ke-8, meskipun ukuran laptopnya terbilang kecil.

Meskipun bezel yang sangat tipis, webcam yang terdapat di laptop seri ini tetap menghadirkan kualitas yang bagus. Terdapat fitur login Windows Hello yang memungkinkan perangkat memindai wajah meskipun dalam kondisi gelap, karena kamera 3D infrared (IR) yang terdapat dalam laptop ASUS ZenBook ini.

4. ASUS ZenBook 14 UX433

laptop asus yang ada numeric keypad
  • Display: 14-inch FHD
  • CPU: Intel Core i7-8565U
  • GPU: NVIDIA GeForce MX150
  • RAM: 16GB RAM
  • Storage: 256GB PCIe SSD
  • Harga: 13 jutaan

Laptop ASUS yang memiliki fitur numeric keypad yang terakhir ialah Zenbook UX433. Laptop ini memiliki dimensi layar 14 inci, sehingga jika dilihat secara keseluruhan menyerupai laptop 13 inci.

Laptop ini termasuk ke dalam laptop yang mendapatkan turunan desain ASUS Zephyrous, yaitu untuk menaikkan badan laptop adalah dengan memanfaatkan layarnya. Hal tersebut dapat mendinginkan prosesor dengan lebih baik karena tersedianya aliran udara, sehingga tidak perlu menambah ketebalan laptop.

Kinerja komputasi laptop ini lebih baik karena digunakannya prosesor Intel arsitektur Whiskey Lake. Lalu untuk kinerja grafisnya sendiri dapat berjalan dengan cukup baik karena menggunakan graphics card dari NVIDIA MX150.

Sama seperti laptop ASUS sebelumnya, laptop ZenBook Classic UX433 ini juga telah lulus sertifikasi militer. Ada beberapa fitur yang tidak tersedia di laptop ZenBook ini, yaitu tidak adanya fitur layar sentuh dan masih menggunakan USB 2.0 bukan USB 3.0.

5. ASUS ZenBook 15 UX533

ASUS ZenBook 15 UX533
  • Display: 15.6-inch FHD
  • CPU: Intel Core i7-8565U
  • GPU: NVIDIA GeForce GTX 1050 Max-Q
  • RAM: 16GB of DDR4
  • Storage: 512GB PCIe SSD
  • Harga: 18 jutaan

Seri ZenBook ini memiliki penyimpanan sampai 512 GB dan memori yang dapat di-upgrade hingga 16 GB. Selain itu ASUS ZenBook 13, 14, dan 15 hadir dengan USB 3.1 Type-A. Untuk ketahanan baterai ZenBook 13 dan 14 bisa bertahan hingga 14 jam dan untuk ZenBook 15 sendiri dapat mencapai 16 jam.

Untuk beratnya sendiri, ZenBook 13 dan 14 memiliki berat 1,19 kilogram dan 1,67 kilogram untuk ZenBook 15. Seri ZenBook juga menawarkan beberapa varian warna yang elegan, mulai dari Icicle Silver, Burgundy, hingga Royal Blue. Laptop ini juga memiliki durabilitas yang tinggi di berbagai pengujian ketinggian, suhu, kelembapan hingga banting serta getaran. Hal tersebut dibuktikan dengan lolosnya uji ketahanan ASUS ZenBook di Sertifikasi Military Grade MIL-STD-810G.

6. ASUS ExpertBook B9450FA

ASUS ExpertBook B9450FA
  • Display: 14” LED Full HD
  • CPU: Intel Core i5-10210
  • GPU: Integrated Intel UHD Graphics 620
  • RAM: 8GB
  • Storage: 512GB SSD
  • Harga: 9,5 jutaan

Rekomendasi laptop yang terdapat fitur numeric keypad yang keempat adalah ASUS ExpertBook B9450FA. Laptop ASUS yang satu ini bisa menjadi pilihan konsumen yang menginginkan laptop dengan tingkat keamanan tinggi, apalagi untuk urusan bisnis. Ada beberapa keamanan yang terdapat di laptop ini, mulai dari IR Camera, Webcam Shield hingga Fingerprint Sensor. Sehingga data-data penting baik milik pribadi maupun perusahaan akan tetap terjaga dengan aman.

Laptop ASUS ExpertBook B9450FA sudah melewati standar uji ketangguhan kelas militer, seperti mampu menahan guncangan, uji tekanan panel, kelembapan, uji kejatuhan, hingga suhu udara yang ekstrem. Laptop ini dapat dibawa dengan mudah ke mana saja saat melakukan perjalanan bisnis karena ukurannya yang tipis dan ringan.

Laptop yang memiliki kapasitas baterai besar ini memiliki berat sebesar 0,99 kilogram dan dimensi 1.49 x 32 x 20.3 cm. Selain itu laptop disokong charger USB Type-C dengan berat 210 gram dan dapat pengguna gunakan juga untuk mengisi daya smartphone. Laptop ini juga mendukung Cortana yang terdapat di sisi layar dan terdapat pula Far-Field Microphone.

Fungsi dari adanya Far-Field Microphone ini ialah untuk mendengarkan perintah yang diberikan pengguna melalui suara, lalu diproses oleh perangkat laptop secara otomatis. Di sisi kiri pada konektor tersedia HDMI, Thunderbolt 3, hingga Network Port (Micro HDMI) beserta converter. Terdapat juga USB 3.1 Gen 2 Type E, Kensington Lock, dan Audio Combo Jack di sebelah kanan.

Pengertian NumberPaD atau Numeric Keypad Dalam Laptop

Hadirnya teknologi numeric keypad pada laptop sendiri dapat mengurangi atau bahkan mengatasi masalah yang umumnya sering dialami saat masih menggunakan laptop yang compact.

Pengguna dapat melakukan entri data atau melakukan perhitungan saat numeric keypad sedang diaktifkan. Jika touchpad sedang dalam mode normal, terdapat fitur dukungan gerakan multi-sentuh serta kontrol ujung jari yang cukup halus dan presisi.

Untuk mengaktifkan fitur numeric keypad pada laptop tentunya sangat mudah, yaitu pada sudut kanan atas touchpad terdapat ikon NumberPad, klik ikon tersebut. Kemudian akan muncul tombol angka yang menyala pada touchpad. Untuk mengembalikan touchpad ke mode normal, tekan ikon numberpad kembali dalam waktu yang lebih lama.

Touchpad tetap dapat berfungsi sebagai kursor, meskipun numberpad dalam keadaan aktif. Hal tersebut disebabkan oleh software yang dapat mengenali pergerakan jari pengguna, apakah sedang menggerakkan kursor atau mengetik angka. Software bisa mengenali perbedaan tersebut dengan cerdas dan bergantung pada jarak dan ketukan dari gerakan ujung jari.

LED yang berada di bawah touchpad akan menyala saat fitur numberpad diaktifkan, sehingga pengguna dapat melihat dengan jelas angka yang tertera pada touchpad. Bilangan angka pada touchpad akan terlihat jernih dan tajam saat dinyalakan, namun akan terlihat seperti touchpad biasa saat numberpad dimatikan. Hal tersebut dikarenakan ada konstruksi lima lapis khusus pada numberpad.

ASUS sendiri telah menghadirkan laptop dan notebook yang memiliki spesifikasi tinggi serta berlayar besar, sesuai dengan tingginya minat konsumen terhadap laptop atau notebook dengan kriteria yang telah disebutkan sebelumnya.

Para pengguna dapat dengan mudah melakukan pekerjaan seperti pengetikan angka dengan cepat dan mudah karena sudah ada fitur numeric keypad. Selain itu dengan hadirnya laptop yang memiliki layar lebih besar, pengguna dapat merasakan kenyamanan komputasi layaknya PC desktop.

Salah satu notebook ASUS yaitu ZenBook Pro 15 UX580 juga sudah terdapat fitur screenpad yang dapat mengoptimalkan pekerjaan pengguna dengan layar kedua. Inovasi yang dibuat oleh ASUS ini sesuai dengan tren smartphone, mulai dari screenpad, bezel yang semakin tipis hingga numeric keypad yang akan semakin memudahkan pekerjaan pengguna.

Demikianlah artikel mengenai daftar laptop ASUS yang ada numeric keypad dan recommended untuk dibeli. Berbagai penjelasan telah dijelaskan dalam artikel ini dan semoga dapat membantu pembaca yang sedang berencana membeli laptop ASUS khususnya yang memiliki fitur numeric keypad.

Leave a Comment