Cara Install Driver Bluetooth Windows 7 Tanpa Aplikasi Driver Installer

Setelah melakukan install ulang Windows 7 Anda akan mendapati ada banyak driver yang belum terinstall, jika dicek melalui device manager maka akan terliat terdapat beberapa perangkat dengan tanda seru seperti driver Ethernet Controller, Network Device, beberapa Unknown Device, termasuk Bluetooth.

Ini memang menjadi salah satu kekurangan menggunakan Windows 7, terutama saat Anda melakukan install ulang karena kebutuhan, kita masih harus mencari driver sendiri secara manual. Meskipun demikian, Windows 7 tetap banyak penggunanya karena beberapa alasan seperti cukup ringan, tidak menghabiskan data untuk update, dan alasan lain.

Kembali ke bahasan utama kita, pada kesempatan kali ini kami akan berikan tutorial bagaimana caranya mencari driver Bluetooth yang tepat untuk Windows 7, mengunduhnya dari internet, dan menginstallnya ke komputer Anda. Semua akan kita lakukan secara manual tanpa aplikasi driver installer.

Mengapa tanpa aplikasi?

Karena prosesnya akan lebih mudah dan cepat. Selain itu aplikasi driver installer yang banyak beredar saat ini biasanya mengandung iklan yang cukup mengganggu. Belum lagi jika Anda sembarang download dari sumber yang tidak tepercaya bukan tidak mungkin malah akan memasukkan virus ke sistem Anda yang masih bersih karena baru diinstall.

Cara Install Driver Bluetooth Windows 7 Tanpa Aplikasi Driver

1. Buka program Device Manager

Pertama Anda buka program Device Manager di Windows 7 dengan cara menekan tombol Windows+R kemudian ketik: devmgmt.msc > klik tombol OK atau tekan Enter.

2. Temukan perangkat Bluetooth

Pada program Device Manager, temukan perangkat Bluetooth Anda. Biasanya ada di dalam direktori Other devices. Klik tanda panah kecil yang ada di samping Other devices untuk melihat semua perangkat yang ada di dalamnya. Di sana akan terlihat perangkat yang bernama Bluetooth Peripheral Device atau semacamnya.

3. Buka Properties driver Bluetooth

Setelah menemukan lokasi driver Bluetooth selanjutnya klik kanan pada driver kemudian pilih Properties.

cara install driver bluetooth windows 7 5

4. Salin informasi Hardware Ids

Setelah masuk ke jendela Properties selanjutnya klik pada tab Details. Kemudian pada bagian Property klik menu dropdown dan pilih Hardware Ids.

Pada kolom di bagian bawah Anda akan melihat informasi Hardware Ids, klik kanan pada baris pertama kemudian pilih Copy.

cara install driver bluetooth windows 7 4

5. Download driver Bluetooth yang sesuai dari internet

Langkah selanjutnya setelah Anda menyalin informasi Hardware Ids dari perangkat bluetooth adalah mencari driver yang sesuai di internet dan menginstallnya ke komputer. Anda bisa download driver bluetooth dari situs pencari driver yang saat ini banyak tersedia.

Kami rekomendasikan untuk menggunakan situs ini: https://driverpack.io/id/catalog

Buka situs tersebut kemudian paste atau tempel salinan Hardware Ids tadi di kolom pencarian lalu klik tombol Temukan.

cara install driver bluetooth windows 7 7

6. Download driver dalam format zip

Situs akan melakukan pencarian, apabila driver yang cocok untuk perangkat Bluetooth Anda ditemukan maka hasilnya akan muncul. Silakan klik pada opsi Unduh ZIP. Jangan lupa untuk memastikan versi driver yang didownload adalah untuk Windows 7 32/64bit ses

download driver bluetooth windows 7

7. Install driver Bluetooth ke komputer

Setelah mendapatkan file driver yang sesuai dengan perangkat Anda, langkah selanjutnya adalah menginstallnya ke komputer. Untuk menginstall driver dalam format zip, langkah pertama yang harus dilakuakan adalah mengekstraknya ke dalam satu folder.

Klik kanan pada driver zip yang tadi didownload > pilih 7zip/WinRAR > pilih Extract to.

cara install driver bluetooth windows 7 9

Setelah itu kembali ke program Device Manager > klik kanan pada perangkat Bluetooth > pilih Update driver.

cara install driver bluetooth windows 7 6

Pilih opsi Browse my computer for drivers.

cara install driver bluetooth windows 7 1

Pada jendela selanjutnya klik pada tombol Browse > kemudian pilih folder driver hasil ekstrak tadi.

cara install driver bluetooth windows 7 2

Terakhir klik tombol Next dan tunggu hingga proses instalasi driver selesai.

cara install driver bluetooth windows 7 3

Setelah proses install drive selsai, Anda akan melihat icon Bluetooth yang muncul pada tray area, sampai di sini proses sudah selesai dan Bluetooth siap digunakan untuk mengirim dan menerima file atau menghubungkan berbagai perangkat ke laptop Anda.

Leave a Comment