Mengatasi Format File Tidak Didukung WhatsApp

Pesan error “Format File Tidak Didukung WhatsApp” akan muncul ketika pengguna mencoba membuka file yang dikirim melalui chat. Masalah ini biasanya terjadi karena file tidak dikenali oleh perangkat Anda atau karena tidak ada aplikasi yang support untuk membuka file tersebut.

Pada kesempatan kali ini kami akan berikan beberapa solusi yang bisa Anda coba untuk mengatasi format file tidak didukung whatsapp dengan mudah. Sebelumnya kita coba bahas dulu apa saja kemungkinan-kemungkinan yang dapat menjadi penyebab masalah ini muncul di perangkat Anda.

Penyebab format file tidak didukung WhatsApp

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan file tidak bisa dibuka dari chat WhatsApp dan memunculkan keterangan error format file tidak didukung WhatsApp, yaitu:

  1. File tidak memiliki ekstensi. Seperti misalnya file foto biasanya memiliki ekstensi atau akhiran pada nama filenya yaitu JPG, PNG, HEIC, dan sejenisnya, video memiliki ekstensi MP4, AVI, MPEG dan juga file lainnya. Apabila tidak ada ekstensi ini maka file menjadi tidak dikenali dan tidak bisa dibuka.
  2. File mengalami kerusakan atau korup. Hal ini bisa disebabkan karena file memang sudah rusak dari perangkat pengirim sehingga pada saat Anda menerimanya melalui chat WhatsApp tidak bisa dibuka.
  3. Pada perangkat smartphone Anda tidak ada aplikasi yang mendukung untuk bisa membuka file yang dikirim. Ini biasanya terjadi apabila file yang dikirim memiliki format yang tidak umum atau hanya bisa dibuka dengan aplikasi tertentu.

Cara mengatasi format file tidak didukung WhatsApp

Untuk mengatasi error format file tidak didukung WhatsApp ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, dalam hal ini harus sesuai dengan apa yang menjadi sumber masalahnya. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Rename file sesuai dengan formatnya

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dan paling mudah adalah mengubah nama file dengan menambahkan ekstensi sesuai dengan format file. Seperti misalnya Anda menerima file video namun tidak bisa dibuka dan memunculkan error format file tidak didukung WhatsApp maka Anda bisa memberikan ekstensi file video.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama download dulu file yang diterima dari chat WhatsApp ke penyimpanan internal
  2. Buka file manager di perangkat Anda
  3. Tap tahan pada file kemudian pilih Rename
  4. Pada ujung nama file tambahkan ekstensi file yang sesuai
  5. Contoh pada file video bisa diberi ekstensi .mp4, avi, mpeg, pada file foto bisa diberikan ekstensi .jpeg, jpg, png, file PDF diberikan ekstensi .pdf, file dokumen bisa diberikan ekstensi .docx, .xlsx, .csv
format file tidak didukung whatsapp 1

Setelah file diberikan ekstensi pada ujung namanya selanjutnya Anda tinggal tap satu kali untuk membukanya dan nanti akan otomatis terbuka pada aplikasi yang mendukung. Misalnya file video akan otomatis terputar pada video player di perangkat Anda.

2. Install aplikasi pendukung yang mampu membuka file

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi format file tidak didukung WhatsApp adalah menginstall aplikasi pendukung yang sesuai dengan jenis file yang akan dibuka.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika salah satu penyebab munculnya masalah ini adalah karena tidak adanya aplikasi yang mampu membuka file yang dikirimkan lewat chat WhatsApp tersebut di HP Anda. Ini bisa diatasi dengan mudah apabila Anda menginstall aplikasi yang mendukung sesuai dengan jenis file tersebut.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Ketahui jenis file apa yang dikirimkan lewat chat WhatsApp tersebut
  2. Misalnya jenis file video, foto, pdf, docx, dan lain sebagainya
  3. Buka Playstore kemudian install aplikasi pembuka yang sesuai
  4. Untuk jenis file PDF bisa menginstall aplikasi PDF Reader
  5. Untuk jenis file video bisa menginstall VLC Player
  6. Untuk jenis file dokumen bisa menginstall WPS Office
format file tidak didukung whatsapp 2

Silakan Anda sesuaikan aplikasi yang perlu diinstall dengan jenis file yang akan dibuka. Untuk mengetahui jenis file yang dikirimkan tersebut Anda bisa melihat ekstensi filenya yang ada di ujung nama file. Anda bisa download ke penyimpanan terlebih dahulu file tersebut kemudian lihat dari file manager.

3. Salin file ke laptop

Cara selanjutnya untuk mengatasi format file tidak didukung WhatsApp adalah dengan menyalin file ke laptop kemudian membuka file dari sana. Aplikasi pada laptop mungkin lebih lengkap daripada di perangkat HP Anda. Selain itu file yang dikirimkan tersebut mungkin saja hanya bisa dibuka dengan menggunakan aplikasi laptop.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama download file dari chat WhatsApp ke penyimpanan internal
  2. Hubungkan HP ke laptop menggunakan kabel USB
  3. Salin file yang sudah didownload ke laptop
  4. Bisa juga menggunakan pengiriman via Bluetooth atau WiFi
  5. Setelah itu buka file di laptop menggunakan aplikasi yang sesuai

Apabila file masih belum bisa dibuka maka Anda bisa melihat Properties file tersebut untuk mengetahui jenis dan formatnya. Setelah itu silakan download dan install aplikasi yang mendukung untuk membuka file tersebut.

4. Minta kirim ulang apabila file mengalami kerusakan

Kerusakan pada file bisa saja terjadi ketika file tersebut berpindah-pindah dari satu perangkat ke perangkat lainnya baik dengan metode pengiriman lewat internet maupun perangkat penyimpanan lain. File yang sudah rusak atau sering juga disebut dengan file korup ini tentu saja akan bermasalah ketika Anda mencoba membukanya.

Pada sebagian pengguna akan muncul pesan error format file tidak didukung WhatsApp ketika mencoba membuka file ini yang dikirimkan melalui chat. Sayangnya file yang sudah korup ini tidak bisa diperbaiki menggunakan cara-cara yang sudah disebutkan sebelumnya. Satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah meminta si pengirim untuk mengirimkan ulang file yang baru.

5. Kirim file dalam format zip

Tips yang terakhir ini bisa menjadi solusi masalah pada langkah sebelumnya di mana file yang dikirim lewat chat WhatsApp selalu korup atau rusak sehingga tidak bisa dibuka dan memunculkan pesan error format file tidak didukung WhatsApp. Apabila file selalu rusak saat dikirim lewat chat, maka Anda bisa mengarsipkan atau mengompres terlebih dahulu file tersebut ke dalam format zip.

File yang dikompres menjadi zip biasanya tidak akan rusak ketika dilakukan pengiriman secara online karena file tersimpan di dalam archive sehingga terlindungi dari proses yang bisa membuatnya menjadi korup. Untuk membuat file menjadi zip Anda bisa menggunaka aplikasi archiver untuk Android yang saat ini banyak tersedia di Playstore.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama buka Playstore kemudian install aplikasi archiver sesuai keinginan
  2. Anda bisa menggunakan aplikasi yang bernama ZArchiver
  3. Download dan install aplikasi tersebut
  4. Setelah selesai diinstall buka aplikasi ZArchiver di HP Anda kemudian temukan file yang ingin dikirim
  5. Tekan dan tahan file tersebut kemudian pilih Compress
  6. Beri nama file sesuai keinginan kemudian pilih format zip
  7. Tekan OK
format file tidak didukung whatsapp 3

Setelah proses kompres selesai selanjutnya buka aplikasi file manager kemudian temukan file zip yang tadi Anda buat, kemudian kirim ulang file tersebut melalui chat WhatsApp. Sekarang file sudah diarsipkan ke dalam bentuk zip sehingga kerusakan tidak akan terjadi lagi. Apabila Anda adalah penerima file maka Anda bisa meminta teman Anda untuk melakukan hal ini sebelum mengirimkan file agar tidak korup.

Itulah beberapa cara yang bisa kami berikan untuk mengatasi masalah format file tidak didukung WhatsApp yang mudah dan ampuh. Semoga bisa membantu. Jika masih mengalami masalah jangan sungkan untuk berkomentar di bawah.

Leave a Comment