Cara Membuka dan Setting File Explorer di Windows 10

File Explorer adalah aplikasi file manager di sistem operasi Windows. Melalui program ini pengguna bisa membuka semua file yang ada di penyimpanan, melakukan copy-paste, mengubah nama file, dan masih banyak lagi.

Fungsi file explorer sangat penting sehingga apabila terjadi masalah seperti file explorer not responding karena virus atau karena file sistem yang korup bisa menyebabkan semua pekerjaan Anda akan terganggu.

Di Windows 10 terdapat beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk bisa mengakses program file explorer, mulai dari menggunakan shortcut keyboard, melalui Start menu, maupun dengan membuat shortcut pada Taskbar.

Cara membuka file explorer di Windows 10

1. Menggunakan shortcut keyboard

Menggunakan shortcut keyboard merupakan cara tercepat untuk membuka file explorer di Windows 10. Anda tidak perlu meraih mouse atau touchpad untuk membukanya, cukup dengan menekan kombinasi tombol Windows +E pada keyboard maka file explorer akan terbuka.

2. Lewat Start menu

Start menu merupakan menu yang akan muncul setelah Anda menekan tombol Windows pada keyboard, atau klik pada icon yang ada di Taskbar. Caranya dengan klik pada tombol Windows lalu scroll ke bawah hingga Anda menemukan folder bernama Windows System. Klik folder tersebut lalu buka file explorer.

2 cara membuka dan setting file explorer windows 10

3. Menggunakan shortcut di Taskbar

Pada Taskbar di Windows 10 Anda juga bisa mengakses file explorer lewat shortcut yang ada di sana. Cara ini juga kami rekomendasikan karena Anda bisa membuka file explorer hanya dengan sekali klik.

Jika pada Taskbar Anda tidak ada icon file explorer maka bisa membuatnya terlebih dahulu.

Caranya dengan masuk ke menu Settings > Personalization > Start > Choose which folder appears on Start

3 cara membuka dan setting file explorer windows 10

Centang pada File Explorer untuk mengaktifkannya.

4 cara membuka dan setting file explorer windows 10

Selanjutnya klik tombol Start > pada panel sebelah kiri akan terlihat icon File Explorer > klik kanan pada File Explorer > pilih Pin to taskbar.

5 cara membuka dan setting file explorer windows 10

Icon shortcut file explorer akan terlihat pada Taskbar. Klik satu kali untuk membukanya. Anda juga memindahkannya dengan cara klik tahan lalu geser ke posisi yang diinginkan.

4. Menggunakan Windows power menu

Anda juga bisa membuka file explorer di Windows 10 dengan mengakses Power Menu. Caranya tekan tombol Windows+X lalu pilih File Explorer.

5. Menggunakan Windows search

Windows Search merupakan fitur yang bisa Anda gunakan untuk menemukan apa saja yang ada di komputer, mulai dari file, halaman pengaturan, dan aplikasi. Untuk membuka file explorer Anda juga bisa memakainya, caranya dengan mengetik file explorer pada search bar, nanti program file explorer akan langsung muncul.

6 cara membuka dan setting file explorer windows 10

6. Menggunakan Run

Membuka file explorer di Windows 10 selanjutnya juga bisa dilakukan melalui fitur Run. Caranya dengan menekan tombol Windows+R > kemudian ketik explorer.exe > klik OK.

7. Menggunakan shortcut desktop

Untuk memudahkan setiap kali Anda ingin membuka file explorer maka bisa membuat shortcut-nya di desktop. Caranya dengan klik pada tombol Start > temukan program File Explorer > drag ke area kosong di desktop. Shortcut akan otomatis dibuat. Selanjutnya Anda bisa menggunakannya setiap kali ingin membuka explorer.

8. Menggunakan Task Manager

Salah satu fungsi Task Manager adalah untuk menjalankan program yang ada di Windows 10. Task Manager bisa dibuka degan cara klik kanan pada area kosong di Taskbar > lalu pilih Task Manager. Selanjutnya klik pada menu File > Run a new task > ketik: explorer.exe > klik OK.

9. Menggunakan CMD

CMD atau command prompt merupakan program console yang ada di Windows 10. Program ini bisa dilakukan untuk berbagai keperluan administratif, troubleshoot, maupun menjalankan file explorer. Caranya tekan tombol Windows+R kemudian ketik cmd, setelah command prompt terbuka masukkan perintah: explorer lalu tekan enter.

10. Menggunakan PowerShell

Cara membuka file explorer di Windows 10 yang terakhir adalah menggunakan PowerShell. Pertama buka dulu program PowerShell dengan cara menekan tombol Windows+X lalu pilih PowerShell. Setelah itu ketik perintah: explorer kemudian tekan enter.

Cara setting File Explorer di Windows 10

Dalam menggunakan File Explorer Anda mungkin perlu menyesuaikan beberapa pengaturan sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Anda lakukan.

  1. Menampilkan file tersembunyi: klik menu View > centang pada Hidden Items
  2. Menampilkan ekstensi atau format file: klik menu View > centang pada File name extensions
  3. Mengubah ukuran tampilan icon: klik menu View > pilih Small icons, Medium icons, Details, Tiles, Lists, atau Content
  4. Mengubah folder default file explorer: klik File > Pilih Change search and folder options > pada bagian Open File Explorer to ganti jadi Quick access
  5. Membuka folder baru di jendela terpisah > Pilih Change search and folder options > pada bagian Browse folders pilih Open each folder in its own Window
  6. Pengaturan tampilan file di Explorer > Pilih Change search and folder options > klik pada tab View
  7. Reset pengaturan explorer > Pilih Change search and folder options > klik tab Search > klik Restore Defaults.

Anda juga bisa memodifikasi Quick Access Toolbar yang ada pada bagian paling atas File Explorer.

  1. Icon folder (New folder): berfungsi untuk membuat folder baru
  2. Undo: berfungsi untuk membatalkan tindakan terakhir yang dilakukan. Misalnya Anda secara tidak sengaja menghapus sebuah file, maka dengan menekan tombol Undo file tersebut akan kembali ke tempat semula.
  3. Redo: berfungsi untuk membatalkan Undo
  4. Properties: berfungsi untuk menampilkan Properties dari file atau folder yang diseleksi
  5. Rename: berfungsi untuk mengubah nama file atau folder
  6. Delete: berfungsi untuk menghapus file atau folder, proses penghapusan ini tidak permanen, file atau folder yang dihapus akan masuk ke Recycle Bin

Beberapa tips lain yang mungkin bermanfaat untuk Anda:

Itulah cara membuka dan setting File Explorer di Windows 10, semoga tutorial ini bisa memberikan manfaat.

Leave a Comment