Cara Edit Foto Background Merah Untuk Pasfoto CPNS

Gelombang pendaftaran CPNS untuk tahun 2021 telah dibuka kembali. Anda yang memenuhi persyaratan untuk mengikutinya sudah bisa melakukan pendaftaran pada situs BKN.

Salah satu syarat administratis untuk mendaftar CPNS secara online di situs sscasn.bkn.go.id adalah mengupload pasfoto dengan background merah. Apabila saat ini Anda hanya memiliki foto dengan warna background lain, maka harus mengeditnya terlebih dahulu menjadi warna merah.

Pada kesempatan kali ini kami akan berikan beberapa cara edit pasfoto background merah untuk mendaftar CPNS tahun 2021.

1. Edit foto background merah menggunakan aplikasi PhotoScape X

Cara pertama mengubah background foto menjadi berwarna merah adalah menggunakan aplikasi PhotoScape X. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis bagi pengguna Windows 10, Windows 11, dan macOS. Untuk mengedit background ada sebuah fitur yang bisa melakukannya dengan cepat, terutama untuk foto yang memiliki background satu warna. Langsung saja kita akan coba.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama silakan install dulu aplikasi PhotoScape X di komputer Anda. Caranya sangat mudah, silakan buka program Microsoft Store kemudian pada kolom pencarian ketik: photoscape x kemudian install aplikasinya. Bagi pengguna macOS bisa menginstall aplikasinya dari App Store.

2. Buka aplikasi PhotoScape X yang sudah diinstall kemudian pilih pada editor Cut Out. Ini adalah editor khusus untuk mengedit background pada foto.

3. Klik tombol Open di pojok kanan bawah aplikasi setelah itu pilih foto yang ingin diedit. Bisa juga dengan drag-drop foto langsung ke halaman utama editor.

4. Pilih Magic Eraser tool kemudian arahkan krusor pada area background yang ingin dihilangkan. Setelah itu klik satu kali pada background untuk menghapusnya. Background dengan warna yang sama akan otomatis terhapus.

Pastikan opsi Contiguous dalam keadaan dicentang. Anda bisa mengatur nilai Tolerance, semakin tinggi nilainya maka akan semakin agresif eraser dalam menghapus backgroud.

cara edit foto background merah 1

5. Hasil dari menghapus dengan tool Magic Eraser akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini

cara edit foto background merah 2

6. Bersihkan background yang masih tersisa. Setelah menghapus background dengan Magic Eraser, Anda akan melihat masih ada sisa background yang masih tersisa, biasanya ada di sekitar rambut, telinga, leher, dan daerah yang ada lekukan dan lipatan.

Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan tool Brush > atur jenis dan ukurannya sesuai dengan kondisi background yang ingin dihapus. Setelah itu silakan hapus background yang masih tersisa hingga bersih. Anda bisa membesarkan foto dengan fitur Zoom untuk mempermudah dalam menghapus bagian-bagian yang kecil.

cara edit foto background merah 3

Setelah selesai. Klik tombol Save pada bagian pojok kanan bawah lalu simpan foto yang sudah diedit ke komputer Anda. Pastikan menggunakan format PNG.

7. Klik pada tool Editor kemudian klik New. Tentukan resolusi foto yang Anda inginkan. Pada bagian Background pilih warna merah, setelah itu klik OK.

cara edit foto background merah 4

8. Selanjutnya klik menu INSERT > IMAGE > pilih foto yang tadi sudah dihapus background. Setelah itu silakan sesuaikan ukuran foto agar pas dengan background dengan cara menarik titik resize hingga terlihat pas.

cara edit foto background merah 5

9. Bila foto sudah terlihat pas dan bagus, terakhir klik tombol Save > Save as > kemudian simpan foto hasil edit di lokasi yang inginkan. Selesai. Sampai di tahap ini kita sudah berhasil mengedit foto background merah.

2. Mengganti background pasfoto merah secara online (tanpa aplikasi)

Selain menggunakan aplikasi, kita juga bisa mengedit background foto merah tanpa aplikasi. Kita bisa memanfaatkan editor online yang saat ini sudah banyak tersedia di internet. Ini merupakan cara yang praktis dan cepat jika Anda tidak ingin repot menginstall aplikasi ke laptop. Sama seperti cara yang pertama tadi, foto yang akan lebih mudah diedit dengan cepat adalah foto yang memiliki background satu warna.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Siapkan foto yang ingin diedit, bila ada lebih dari satu foto maka simpan semua foto dalam satu folder agar nanti lebih mudah menemukannya.

2. Setelah itu buka aplikasi browser, bisa menggunakan Google Chrome atau Mozilla Firefox.

3. Masuk ke situs berikut ini: https://www.remove.bg/upload

4. Klik pada tombol Upload Image kemudian pilih file foto yang ingin diedit

cara edit foto background merah 6

5. Tunggu hingga proses upload selesai. Setelah itu background pada foto akan otomatis terhapus. Hasilnya akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini. Selanjutnya Anda klik pada tombol Edit.

cara edit foto background merah 7

6. Klik pada menu Color kemudian pilih warna merah. Hasilnya akan langsung diterapkan pada foto dan background akan otomatis berubah menjadi berwarna merah.

cara edit foto background merah 8

7. Klik tombol Download untuk menyimpan foto hasil editan ke komputer Anda.

Selesai, kita sudah berhasil mengedit foto background merah dengan sangat cepat dan praktis. Silakan ulangi langkah-langkah di atas untuk mengedit foto-foto selanjutnya.

3. Edit pasfoto CPNS background merah menggunakan Photoshop

Dua metode yang sudah dijelaskan di atas hanya bisa digunakan untuk foto yang memiliki background satu warna. Jika foto yang Anda miliki memiliki background yang tidak satu warna maka harus mengeditnya dengan aplikasi editor seperti Photoshop. Hal ini karena kita harus melakukan proses seleksi secara manual untuk memisahkan objek foto dengan latar belakangnya.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi Photoshop kemudian klik pada menu File > Open > lalu pilih foto yang ingin diedit.

2. Pada panel layer klik kanan pada Background lalu pilih Layer from Background > OK. Setelah itu Anda akan melihat Background sudah berubah menjadi Layer 0.

cara edit foto background merah 9

3. Buat layer baru dengan cara klik pada menu Layer > New > Layer > OK. Kemudian pada tool bar pilih Paint Bucket Tool > pilih warna merah > kemudian klik pada foto untuk mewarnai layer yang baru.

cara edit foto background merah 10

4. Sekarang foto akan terlihat berubah menjadi warna merah, namun sebenarnya yang berubah warna merah adalah Layer 1, ini nanti akan kita gunakan sebagai background. Selanjutnya pindahkan Layer 1 di bawah Layer 0. Bila dilakukan dengan benar akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

cara edit foto background merah 11

3. Pada Tool Bar yang ada di sebelah kiri klik kanan pada selection tool kemudian pilih Polygonal Lasso Tool.

cara edit foto background merah 12

4. Pastikan saat ini Layer 0 adalah layer yang sedang aktif, caranya dengan klik satu kali pada Layer 0. Setelah itu seleksi semua bagian tepi foto dengan Polygonal Lasso Tool. Perbesar foto untuk menyeleksi dengan lebih akurat bagian-bagian kecil seperti pada lipatan dan rambut. Lakukan dengan hati-hati hingga semua tepi foto terseleksi.

cara edit foto background merah 13

5. Klik pada menu Select > Inverse. Ini akan mengubah seleksi ke bagian background

6. Langkah selanjutnya adalah menghapus background. Caranya bisa dengan langsung menekan tombol Delete pada keyboard. Hasilnya akan terlihat seperti ini.

cara edit foto background merah 14

7. Terakhir kita perhalus bagian tepi-tepi foto. Hilangkan dulu seleksi dengan cara klik menu Select > Deselect. Kemudian pada tool bar pilih tool Blur setelah itu rapikan tepi-tepi foto menggunakan Blur hingga merata. Hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

4. Mengubah background pasfoto merah menggunakan GIMP

Sebagai alternatif untuk Anda yang tidak memiliki aplikasi Photoshop maka bisa menggunakan GIMP. Aplikasi ini bisa digunakan secara gratis tanpa harus membeli lisensi seperti Photoshop. GIMP merupakan aplikasi berbasis open source sehingga bebas digunakan oleh siapa saja, fitur-fiturnya juga tidak kalah lengkap dengan Photoshop. Anda bisa menggunakannya untuk mengedit background foto menjadi warna merah.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Pertama silakan download dan install dulu aplikasinya ke laptop atau PC Anda. Aplikasi bisa didownload dari sini: https://www.gimp.org

2. Setelah foto terbuka pada aplikasi GIMP selanjutnya klik pada menu Layer > Transparency > Add Alpha Channel. Ini bertujuan untuk memberikan efek transparan pada background agar nanti kita bisa memberi layer warna merah pada background.

cara edit foto background merah 15

3. Selanjutnya tambahkan sebuah layer baru dengan cara klik pada menu Layer > New Layer > OK. Layer ini nantinya akan digunakan sebagai background.

4. Langkah selanjutnya adalah memberi warna merah pada layer yang baru dibuat. Pada tool bar di sebelah kiri klik pada pilihan Bucket Fill Tool > pilih warna merah > kemudian klik pada foto untuk mewarnai layer. Setelah itu pindahkan layer yang sudah berwarna merah ke bawah layer foto. Jika dilakukan dengan benar maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

cara edit foto background merah 16

5. Selanjutnya kita akan menyeleksi tepi-tepi objek foto untuk memisahkannya dari bagian background. Pada Tool Bar pilih Free Select Tool kemudian seleksi tepi-tepi objek foto secara teliti. Gunakan zoom untuk menyeleksi bagian-bagian sempit seperti celah pada rambut dan lekukan. Lanjutkan hingga semua bagian tepi terseleksi.

Setelah itu klik pada menu Select > pilih Invert.

cara edit foto background merah 17

6. Tekan tombol Delete untuk menghapus background pada foto, nanti hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

cara edit foto background merah 18

7. Langkah terakhir adalah memperhalus bagian tepi dengan menggunakan tool Blur. Pertama klik pada menu Select > pilih None. Kemudian pada tool bar pilih tool Blur lalu rapikan bagian tepi-tepi foto dengan blur, hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini.

Selesai. Sampai di sini kita sudah berhasil mengedit background foto dengan latar belakang merah. Anda bisa gunakan metode mana saja yang paling cocok dan dirasa paling mudah. Semoga bisa membantu.

Leave a Comment