Cara Downgrade Windows 11 ke 10 Tanpa Kehilangan Data

Windows 11 merupakan sistem operasi terbaru dari Microsoft yang belum lama ini dirilis. Pengguna bisa langsung mencobanya melalui fitur upgrade yang bisa dilakukan pada perangkat mereka masing-masing. Microsoft sendiri memberikan masa percobaan selama sepuluh hari bagi pengguna untuk menggunakan Windows 11, apabila mereka merasa kurang cocok maka bisa melakukan downgrade pada periode tersebut.

Bagi Anda yang sudah melakukan upgrade ke Windows 11 dan ingin kembali ke Windows 10 maka bisa melakukan downgrade. Proses downgrade pada periode sepuluh hari pertama penggunaan bisa dilakukan tanpa harus melakukan install ulang, sehingga Anda bisa tetap menyimpan data-data yang ada. Namun jika periode tersebut sudah terlewati maka Anda harus melakuakn downgrade dengan cara clean install.

Cara downgrade Windows 11 ke Windows 10 Tanpa Kehilangan Data

1. Pertama buka Windows Settings kemudian klik pada tab System

2. Pada jendela sebelah kanan klik menu Recovery

1 cara downgrade windows 11 ke 10

3. Di bawah menu Recovery akan muncul beberapa piihan, pada menu Previous version of Windows klik tombol Go Back

2 cara downgrade windows 11 ke 10

4. Pada jendela selanjutnya yang muncul silakan pilih alasan apa saja sesuai keinginan kemudian klik tombol Next

5. Selanjutnya pada opsi Check for updates klik tombol No thanks

6. Klik tombol Next > Next

7. Klik tombol Go back to earlier build untuk memulai proses downgrade Windows 11 ke Windows 10

3 cara downgrade windows 11 ke 10

Proses downgrade akan memakan waktu selama beberapa menit, Anda tinggal menunggu saja hingga prosesnya selesai. Setelah itu komputer akan melakukan restart dan ketika kembali ke desktop sistem operasi di komputer Anda sudah kembali ke Windows 10 lagi.

Apakah melakukan downgrade Windows 11 ke Windows 10 akan menghilangkan data?

Tidak. Jika Anda melakukan downgrade masih pada masa 10 hari percobaan yang diberikan oleh Microsoft. Semua file pengguna dan pengaturan yang sudah dibuat tidak akan terhapus dan tetap ada ketika Anda sudah downgradeke Windows 10. Meskipun demikian Anda tetap disarankan untuk membuat backup file-file penting ke lokasi penyimpanan lain untuk berjaga-jaga.

Berbeda halnya jika Anda sudah menggunakan Windows 11 lebih dari 10 hari, proses downgrade dengan langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas tidak bisa lagi dilakukan. Jika ingin kembali ke Windows 10 maka harus melakukan clean install (install ulang).

Downgrade Windows 11 ke Windows 10 dengan install ulang

Untuk pengguna yang sudah menggunakan Windows 11 lewat dari 10 hari setelah upgrade, maka proses downgrade dengan cara pertama tadi sudah tidak bisa dilakukan. Oleh karena itu opsi yang tersisa untuk bisa kembali menggunakan Windows 10 adalah dengan melakukan install ulang.

Kami sudah membuat tutorial lengkap bagaimana cara melakukan isntall ulang Windows 10 lengkap dengan persiapan dan hal apa saja yang harus Anda lakukan setelahnya.

Silakan lihat tutorialnya di sini:

Demikian tutorial singkat bagaimana cara downgrade Windows 11 ke Windows 10 tanpa kehilangan data dan solusi apabila Anda sudah tidak bisa lagi melakukan downgrade karena sudah melewati masa percobaan 10 hari yang diberikan oleh Microsoft. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Leave a Comment