Cara Menggunakan Dark Mode di Windows 10

Di Windows 10 kita bisa menggunakan dua mode tampilan yaitu light dan dark mode. Secara default Windows 10 akan hadir dengan tampilan mode light, yang mana layar akan didominasi oleh warna putih atau abu-abu dan warna biru sebagai aksen default.

Kita bisa menggunakan dark mode (mode gelap atau mode malam) untuk mengubah tampilan warna menjadi gelap dengan di dominasi warna hitam dan abu-abu tua. Untuk membuat tampilan menjadi lebih serasi kita juga bisa mengganti warna aksen yang akan menghiasi tampilan border, taskbar, dan jendela aplikasi.

Mengapa menggunakan dark mode?

Salah satu alasan mengapa menggunakan dark mode adalah karena mode gelap ini bisa memberikan nuansa yang lebih sejuk di mata, mengurangi blue light, dan menjaga mata agar tidak cepat lelah.

Anda yang bekerja dengan menggunakan komputer setiap hari akan lambat laun akan merasakan efek negatif radiasi cahaya dari monitor. Efeknya seperti membuat mata perih, pusing, dan sulit tidur.

Untuk mengurangi efek negatif ini Anda bisa menggunakan kacamata anti radiasi saat bekerja, mengurangi kecerahan layar, dan menggunakan dark mode.

Cara menggunakan dark mode di Windows 10

1. Klik tombol Windows lalu klik lagi tombol Settings

2. Pilih menu Personalization

1 cara menggunakan dark mode di windows 10

3. Klik pada tab Colors di panel sebelah kiri

4. Pada menu Choose your color pilih Dark

2 cara menggunakan dark mode di windows 10

5. Pada menu Transparency effects bisa pilih On atau Off, ini berfungsi untuk menampilkan efek transparan.

6. Terakhir pilih warna aksen pada menu Choose your accent color. Usahakan untuk memilih warna yang tidak terlalu mencolok.

3 cara menggunakan dark mode di windows 10

Setelah mengaktifkan dark mode maka tampilan Windows Explorer dan jendela pengaturan lainnya akan otomatis berubah menjadi dark mode.

Khusus untuk efek transparency sebaiknya dimatikan karena ini merupakan salah satu tips untuk mempercepat kinerja Windows 10 dan mengurangi penggunaan RAM.

Menggunakan dark mode pada sebagian elemen Windows 10

Selain mengubah tampilan secara keseluruhan, kita juga bisa memilih untuk menampilkan mode gelap pada elemen tertentu saja di Windows 10. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan menu Custom pada pengaturan Colors.

Caranya masuk ke Settings > Personalization > Colors.

Pada menu Choose your color > pilih Custom.

Di bawahnya akan muncul dua pilihan tambahan yaitu:

  • Choose your default Windows: untuk mengubah warna taskbar dan border jendela aplikasi.
  • Choose your default app mode: untuk mengubah warna tampilan aplikasi.
4 cara menggunakan dark mode di windows 10

Anda bisa memilih dark mode pada salah satu di antara keduanya sesuai selera.

Menggunakan dark mode pada Microsoft Edge

Microsoft Edge merupakan browser bawaan di Windows 10 yang cukup bagus dan ringan. Meskipun saat ini ekstensi yang tersedia masih belum selengkap Google Chrome, akan tetapi dari segi performa dan fungsi jauh lebih bagus dibandingkan Internet Explorer.

Apabila Anda menggunakan browser Microsoft Edge sebagai browser default maka bisa juga mengubah tampilannya menjadi dark mode.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka browser Microsoft Edge di laptop atau PC Anda

2. Klik pada tombol menu (icon titik tiga di pojok kanan address bar)

3. Pilih Settings

4. Pada panel sebelah kiri klik pada tab Appearance

5. Pada bagian Default theme pilih Dark

Anda akan melihat keseluruhan tampilan pada aplikasi Microsoft Edge berubah menjadi hitam dan abu-abu gelap. Nuansa seperti ini akan terlihat lebih sejuk dan tidak membuat mata cepat perih, terutama saat Anda harus bekerja dalam waktu yang cukup lama.

Selamat mencoba, semoga bisa membantu.

Leave a Comment