Penyebab Mengapa Charger Laptop Berbunyi dan Cara Mengatasinya

Berbeda dengan laptop yang biasanya membuat berbagai suara selama bekerja, adaptor AC atau charger laptop Anda seharusnya melakukan pekerjaannya dalam keadaan senyap. Meskipun demikian, pada kenyataan terkadang charger berbunyi saat digunakan dan mengeluarkan suara seperti mendengung, mendesis, kretek-kretek, atau kresek-kresek.

Perlu Anda ketahui jika tidak semua suara tersebut mengindikasikan adanya kerusakan, beberapa di antaranya adalah suara yang normal ditimbulkan dari proses yang sedang terjadi di dalam charger.

Pada kesempatan kali ini kita akan coba bahas apa saja penyebab charger laptop berbunyi dan mengapa hal tersebut bisa terjadi pada laptop dari semua merek, baik itu Asus, Acer, Dell, HP, MSI, Samsung, dan Lenovo.

Mengapa charger laptop berbunyi?

Adaptor AC atau charger modern yang ada saat ini disebut juga sebagai switching regulator, alat ini menggunakan sinyal frekuensi tinggi (biasanya 20-100khz) untuk mengkonversi voltase. Frekuensi ini tidak terdengar oleh telinga manusia karena manusia hanya bisa mendengar suara sampai 16khz.

Akan  tetapi dalam beberapa kasus komponen elektronik yang harus berurusan dengan sinyal frekuensi tinggi (kapasitor dan induktor) mulai bergetar – sehingga menciptakan bunyi-bunyian yang bisa didengar oleh telinga kita. Inilah yang sering juga disebut denga istilah “coil whine”.

Perlu Anda ketahui kalau hal tersebut merupakan hal yang normal terjadi pada hampir semua perangkat, terutama pada komponen yang berhubungdan dengan regulasi daya seperti induktor atau transformer.

Untuk meminimalisir bunyi-bunyian ini, umumnya komponen-komponen terkait akan dilekatkan ke papan dengan menggunakan lem panas dan melapisinya dengan plastik atau silikon untuk meredam getaran. Akan tetapi dalam beberapa kasus manufaktur mungkin melakukan kesalahan dalam hal ini, atau tidak dilakukan dengan benar sehingga terjadilah masalah suara yang mengganggu dan terdengar jelas muncul dari charger.

Beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan charger laptop berbunyi lebih keras, di antaranya:

1. Arus listrik yang tidak stabil

arus listrik tidak stabil

Salah satu fungsi utama dari adaptor charger adalah menstabilkan arus yang masuk dari sumber listrik (AC) ke DC. Proses ini seharusnya tidak menimbulkan suara yang bisa didengar oleh manusia, kalau pun terdengar biasanya sangat pelan dan hanya akan terdengar bila kita mendekatkan telinga ke adaptor.

Pada kasus arus listrik yang buruk, kerja adaptor menjadi lebih berat sehingga proses menstabilkan arus bisa menimbulkan noise yang lebih keras dari biasanya dan bisa didengar oleh telinga kita.

2. Masalah pada kapasitor

kapasitor rusak

Penyebab paling umum yang kedua mengapa adaptor charger laptop berbunyi adalah masalah pada bagian kapasitor, bisa karena rusak atau bocor. Kapasitor bertugas untuk melakukan filtering arus dan frekuensi tegangan yang masuk, apabila bagian ini mengalami masalah, terutama pada saatu arus yang masuk besar maka akan muncul suara mendesis.

3. Korsleting

korsleting

Korsleting disebabkan karena terjadi arus pendek pada komponen-kompnen listrik. Penyebabnya bisa karena kerenggangan yang menyebabkan posisi komponen tidak lagi apda tempatnya atau bisa juga karena ada tetesan air yang masuk ke dalam adaptor.

Apabila Anda mendengar bunyi-bunyian yang tidak wajar keluar dari adapter saat dipakai untuk charge laptop diikuti dengan bau seperti terbakar maka segera cabut charger dari sumber listrik dan lakukan pengecekan. Bisa jadi komponen di dalam adaptor sudah ada yang terbakar.

4. Kabel rusak

kabel laptop rusak

Kabel charger laptop adalah bagian yang paling rentan mengalami kerusakan. Bisa karena terlipat, tertarik pada saat dipakai untuk charging, dan hal lainnya dapat membuat kabel merenggang atau putus sebagian. Dari luar memang terlihat seperti tidak ada masalah, tapi ketika charger mengeluarkan bunyi yang aneh bisa jadi bagian dalam kabel charger sudah mengalami kerusakan.

5. Usang karena masa pemakaian

komponen charger rusak

Penyebab terakhir mengapa charger laptop berbunyi pada saat digunakan adalah karena masa pakainya yang sudah terlalu lama. Sama seperti alat elektronik lainnya, charger laptop juga akan mengalami penyusutan dan memiliki masa pakai terbatas. Apabila Anda punya laptop tua dengan charger yang masih belum pernah diganti sama sekali, sangat wajar bila akhir-akhir ini charger mulai mengeluarkan suara pada saat digunakan.

Apakah charger yang berbunyi menandakan masalah atau kerusakan?

Seperti yang sudah kita bahas di awal, suara yang ditimbulkan oleh adaptor charger merupakan fenonema normal yang akan terjadi pada setiap perangkat listrik yang berfungsi untuk meregulasi arus.

Apabila suara yang dihasilkan hanya seperti mendengung yang tidak terdengar dengan jelas maka Anda bisa mengabaikannya, karena ini adalah hal yang normal dan bukan pertanda bahwa charger Anda rusak.

Tiap orang juga mungkin memiliki sensitifitas pendengaran yang berbeda-beda, sehingga suara mendengung yang bisa Anda dengar mungkin sulit untuk bisa didengar oleh orang lain. Bila suara tersebut bukan suara berisik yang terdengar jelas maka Anda bisa mengabaikannya.

Pada kondisi adaptor charger mengeluarkan suara yang terdengar jelas, mendesis, kretek-kretek, atau kresek-kresek yang cukup mengganggu maka Anda bisa mulai curiga jika ada masalah yang terjadi pada charger laptop Anda.

Cara mengatasi charger laptop yang berbunyi

Tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk mengatasi charger yang berbunyi kecuali Anda bisa mendiagnosa dengan tepat sumber masalahnya ada di mana dan memperbaiki atau mengganti komponen yang rusak tersebut.

Hal pertama yang perlu diingat adalah, bahwa suara yang ditimbulkan oleh adaptor charger bila hanya pelan dan tidak mengganggu maka itu bukanlah masalah dan Anda bisa mengabaikannya.

Selain itu, Anda juga bisa mengupayakan untuk menghindari terjadinya bunyi-bunyian pada charger dengan cara melakukan charging hanya pada tempat dengan arus listrik yang stabil, menghindari melipat-lipat kabel agar tidak putus di dalam, serta mencegah agar adaptor tidak terkena cairan karena bisa menyebabkan korslet.

Apabila charger Anda sudah terlanjur mengeluarkan suara berisik yang mengganggu maka pilihannya adalah mencoba membawanya ke tempat servis atau menggantinya dengan yang baru.

Leave a Comment