Cara Update Driver di Windows 10

Setelah install ulang Windows 10, hal yang perlu kita lakukan adalah memastikan semua driver dalam keadaan up to date. Untuk melakukan update driver ini bisa dilakukan secara otomatis dan manual.

Setiap kali kita melakukan update Windows 10 maka pembaruan driver juga akan otomatis terdownload. Namun terkadang ada beberapa driver yang tidak didukung langsung oleh Microsoft, sehingga kita harus melakukan update secara manual.

Di postingan ini Winpreso akan tunjukkan bagaimana caranya update driver di Windows 10 dengan mudah. Jika Anda sedang mengalami masalah seperti perangkat tertentu yang berhenti bekerja, maka melakukan update driver bisa menjadi salah satu solusi yang wajib dicoba.

Sebelumnya kita ulas dulu sedikit mengenai apa itu driver dan fungsinya.

Apa itu driver?

Driver adalah sebuah program yang menghubungkan sistem operasi dengan perangkat keras yang ada pada sebuah komputer. Dengan kata lain driver berfungsi untuk menjembatani komunikasi antara sistem operasi dengan perangkat-perangkat yang ada, hal ini membuat pengguna bisa mengontrol berbagai perangkat seperti keyboard, mouse, touch pad, VGA, Wi-Fi, Bluetooth dan berbagai perangkat lainnya.

Mengapa kita perlu melakukan update driver?

Update berfungsi untuk menyesuaikan perubahan yang terjadi pada aplikasi maupun pada sistem operasi Windows 10 itu sendiri. Saat melakukan update kita akan mendapatkan pembaruan fitur, patch, bug fix, dan menjamin driver tetap kompatibel.

Driver yang sudah outdated (sudah lama tidak pernah diupdate) maka bisa menyebabkan masalah. Apabila sebuah driver bermasalah maka perangkat keras yang digerakkannya juga akan ikut bermasalah bahkan membuatnya berhenti bekerja. Oleh karena itu melakukan update driver adalah hal yang cukup penting.

Melakukan update driver juga merupakan salah satu upaya untuk mempercepat Windows 10 agar tetap lancar digunakan saat bekerja.

Cara update driver di Windows 10

1. Hubungkan komputer ke internet

Pertama Anda harus memastikan terlebih dahulu jika komputer sudah terhubung ke internet. Disarankan untuk menggunakan Wi-Fi atau koneksi lain yang stabil, pastikan juga kuota internet cukup apabila menggunakan internet dari modem usb atau tethering dari smartphone.

2. Buka Device Manager

Langkah selanjutnya masuk ke Device Manager dengan cara klik kanan pada tombol Start > pilih Device Manager.

3. Temukan driver yang ingin diupdate

Setelah masuk ke aplikasi Device Manager Anda akan melihat seluruh daftar driver yang ada di komputer. Temukan driver mana yang ingin Anda update.

Anda mungkin perlu melakukan expand menu pada device untuk menemukan driver yang diinginkan, contohnya apabila ingin update driver VGA maka Anda harus expand pada menu Display.

4. Klik kanan pada driver

Setelah menemukan driver yang diinginkan, klik kanan pada driver tersebut.

5. Pilih Update Driver

1 cara update driver di windows 10

Setelah klik kanan kontekstual menu akan muncul, yang perlu Anda lakukan adalah klik pada menu Update Driver.

6. Pilih Update otomatis

Selanjutnya jendela update wizard akan muncul. Untuk melakukan update secara otomatis pilih Search automatically for updated driver software.

2 cara update driver di windows 10

7. Tunggu hingga proses update selesai

Windows akan melakukan proses pencarian update secara otomatis pada server mereka. Anda hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai.

8. Lakukan langkah yang sama pada driver lainnya

Untuk mengupdate driver yang lainnya Anda bisa mengulangi langkah yang sama seperti di atas.

Cara update semua driver secara otomatis

Pada metode yang pertama tadi kita melakukan update pada driver spesifik yang kita pilih saja. Bila Anda ingin melakukan update semua driver secara otomatis tanpa harus memilihnya satu per satu maka caranya bisa dengan melakukan update Windows.

Saat kita update Windows 10 maka semua driver juga akan mendapatkan update bila tersedia. Dengan cara ini kita tidak perlu lagi repot melakukannya secara manual.

Untuk update Windows caranya sangat mudah, yaitu:

  1. Klik tombol Start
  2. Klik tombol Settings (icon gear)
  3. Pilih Update & Security
  4. Pilih Update
  5. Klik pada tombol Check for updates
    3 cara update driver di windows 10
  6. Tunggu hingga selesai
  7. Restart komputer Anda

Perlu Anda ketahu jika proses update secara otmatis ini tidak selalu 100% berhasil, kadang ada driver yang tidak bisa ditemukan oleh Windows. Jika hal ini terjadi, maka solusi lain yang bisa Anda coba adalah melakukan update secara manual.

Cara update driver secara manual di Windows 10

  1. Buka Device Manager
  2. Temukan driver yang ingin diupdate
  3. Klik kanan driver tersebut
  4. Pilih Properties
  5. Klik pada tab Details
  6. Pada bagian Property pilih Hardware ids
  7. Klik kanan Hardware ids > Copy
    4 cara update driver di windows 10
  8. Buka situs https://drp.su/en/catalog
  9. Paste hardware id pada kolom pencarian di situs tersebut
  10. Download driver dalam format zip kemudian install ke komputer Anda

Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara update driver dalam bentuk zip maka bisa lihat caranya di sini: Cara install driver dalam bentuk zip

Cara update driver secara manual di atas bisa Anda gunakan untuk perangkat yang drivernya tidak didukung oleh Microsoft. Bila Anda menggunakan perangkat dari brand terkenal seperti VGA NVIDIA atau AMD maka driver bisa Anda temukan di situs resmi mereka.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk update driver di Windows 10, semoga bisa membantu.

Leave a Comment