Cara Sharing Printer di Windows 10

Untuk menggunakan printer secara bersama-sama kita bisa memanfaatkan fitur sharing printer di Windows 10. Saat bekerja di kantor atau sebuah ruangan yang menggunakan jaringan yang sama baik LAN atau Wi-Fi, maka semua komputer yang ada di tempat tersebut bisa menggunakan printer yang terhubung ke jaringan tanpa harus menggunakan kabel.

Melakukan sharing printer lewat jaringan akan terasa lebih praktis dan efektif karena pekerjaan mencetak dokumen menjadi lebih mudah. Anda bisa print dokumen langsung dari komputer atau laptop yang Anda gunakan tanpa harus mencolok kabel USB ke printer.

Jika dalam sebuah ruangan ada beberapa komputer yang digunakan oleh orang yang berbeda, maka tiap komputer tersebut bisa menggunakan sebuah printer secara bersama-sama. Syaratnya baik komputer ataupun printer harus terhubung ke network yang sama, bisa lewat kabel LAN maupun Wi-Fi.

Pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan tutorial langkah demi langkah bagaimana melakukan sharing printer di Windows 10. Anda bisa mempraktikkannya sendiri di kantor atau di rumah tempat Anda bekerja.

Cara sharing printer di Windows 10 lewat jaringan kabel LAN dan Wi-Fi

1. Aktifkan Network Discovery dan File and Printer Sharing

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghidupkan fitur Network Discovery, fitur ini berfungsi agar komputer bisa ditemukan dan terhubung dengan komputer atau perangkat lain yang ada pada sebuah jaringan.

Kedua, aktifkan juga fitur File and Printer Sharing untuk membagikan printer yang kita gunakan ke komputer lainnya yang terhubung dalam jaringan yang sama.

Caranya dengan masuk ke Control Panel > pilih Network and Sharing Center > pilih Change advanced sharing settings > centang Turn on network discovery > centang Turn on file and printer sharing > Save changes

sharing printer di windows 10 lewat jaringan

Fitur Network discovery dan File dand printer sharing ini harus hidup baik pada komputer server yang melakukan sharing printer dan komputer client yang ikut menggunakan printer.

2. Share printer pada komputer server

Pada komputer server (komputer yang melakukan sharing printer) buka Control Panel > Devices and Printers > Klik kanan pada printer yang ingin di sharing > pilih Printer Properties.

Perhatikan pada jendela Properties, klik pada tab Sharing > klik tombol Change Sharing Options > centang Share this printer > beri nama sesuai keinginan > klik OK.

Centang juga pada opsi Render print jobs on client computers.

cara menghubungkan printer lewat jaringan windows 10

Anda bisa menamai printer yang di sharing dengan nama bebas, tapi lebih baik jika diberi nama jenis printer atau lokasi atau keterangan lainnya agar lebih mudah mengidentifikasi printer mana yang akan digunakan.

3. Add printer pada komputer client

Langkah selanjutnya adalah menambahkan printer yang sudah di sharing pada komputer client. Setelah Anda melakukan dua langkah di atas, maka printer seharusnya sudah ready dalam jaringan dan siap digunakan oleh komputer lain.

Untuk menambahkan printer baru caranya dengan buka Control Panel > Devices and Printers > Add printer.

menghubungkan printer baru

Windows akan melakukan scanning, setelah itu akan muncul daftar printer dalam jaringan yang siap digunakan.

Klik pada printer yang akan dipakai lalu klik tombol Next.

sharing printer lewat lan wifi di windows 10

4. Cetak dokumen Print a test page

Setelah menekan tombol Next pada langkah di atas Anda hanya perlu menunggu sebentar hingga komputer dan printer berhasil terhubung.

Jika berhasil maka akan muncul jendela baru dengan sebuah tombol untuk mencetak dokumen untuk test apakah printer sudah berfungsi dengan baik.

Klik pada tombol Print a test page dan lihat apakah printer sudah bisa bekerja mencetak dokumen tersebut. Jika sudah klik tombol Finish.

cara sharing printer di windows 10 terbaru

5. Printer sudah berhasil terhubung ke komputer lewat LAN dan Wi-Fi

Selesai, sampai di sini kita sudah berhasil melakukan sharing printer di Windows 10.

Selanjutnya Anda tinggal mengganti printer yang digunakan pada saat akan mencetak dokumen di aplikasi-aplikasi seperti word, excel, pdf, dan lainnya dengan printer ini. Printer akan muncul dengan nama sesuai dengan yang tadi Anda beri.

Cara menghubungkan printer lewat jaringan di Windows 10

Untuk menambah printer baru yang sudah di sharing dari jaringan di Windows 10 ada cara lain yang bisa Anda gunakan. Syaratnya printer harus sudah dalam keadaan “shared” artinya sudah siap digunakan oleh komputer-komputer lain yang terhubung pada jaringan tersebut.

Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik tombol Start
  2. Ketik “printer
  3. Pilih pada menu Printers and Scanners
  4. Klik pada tombol Add a printer or scanner
  5. Tunggu hingga daftar printer yang di sharing dalam jaringan muncul
  6. Klik printer yang ingin digunakan
  7. Klik Next
  8. Ikuti langkah-langkahnya hingga Finish
cara menambahkan printer baru ke windows 10

Cara menghubungkan printer lewat IP Address di Windows 10

Kita juga bisa menggunakan IP address untuk menghubungkan printer lewat jaringan LAN dan Wi-Fi di Windows 10.

Caranya yaitu dengan mengakses shared direcotry pada computer server menggunakan IP Address lalu menghubungkan printer yang di sharing dari sana.

Ikuti langkah-langka berikut ini untuk sharing printer lewat IP Address:

  1. Pertama ketahui dulu berapa IP Address komputer yang sharing printer (server)
  2. Tekan tombol Windows+R pada keyboard, lalu ketik alamat IP dari komputer server.
  3. Klik tombol OK
  4. Kita akan masuk ke jendela shared directory (tampilannya seperti windows explorer)
  5. Temukan nama printer yang di sharing di sana
  6. Klik kanan pada printer
  7. Pilih Connect
  8. Proses install akan dimulai tunggu hingga selesai
  9. Printer siap digunakan
  10. Lakukan test print dokumen untuk memastikan printer sudah berfungsi dengan baik
cara sharing printer lewat ip address

Mengatasi printer tidak terdeteksi dan print job macet

Pada saat melakukan sharing printer di Windows 10 mungkin akan terjadi masalah seperti printer yang tidak terdeteksi atau tidak muncul sehingga tidak bisa dihubungkan.

Untuk mengatasinya pastikan Anda sudah mengaktifkan fitur Network discovery dan File and printer sharing seperti yang sudah dijelaskan pada langkah di atas.

Selanjutnya adalah memastikan kalau komputer dan printer harus terhubung dalam jaringan yang sama, bisa menggunakan kabel LAN atau Wi-Fi.

Masalah kedua adah printer yang macet. Pada saat mencetak dokumen lewat fitur sharing printer di Windows 10 mungkin Anda akan mengalami masalah printer yang tidak bisa mencetak.

Biasanya akan muncul pesan error seperti print job cannot be sent atau yang lainnya. Masalah ini cukup sering terjadi dan untuk mengatasinya bukanlah hal yang sulit.

Cara mengatasi print job macet di Windows 10:

  1. Buka Control Panel
  2. Pilih Devices and Printers
  3. Klik dua kali pada printer yang bermasalah
  4. Tekan tombol CTRL+A untuk menyeleksi semua print job yang ada
  5. Pilih Cancel all document atau tekan tombol delete pada keyboard
  6. Tutup semua jendela
  7. Coba lagi lakukan print dokumen

Seharusnya setelah melakukan langkah-langkah di atas printer akan kembali normal. Coba saja tes untuk mencetak sebuah dokumen dan lihat apakah printer sudah bagus lagi.

Demikian tutorial cara sharing printer di Windows 10 lewat jaringan LAN maupun Wi-Fi serta beberapa solusi mengatasi masalah yang sering terjadi. Semoga bisa membantu.

Leave a Comment