5 Cara Mengambil Screenshot di PC & Laptop Windows 10

Untuk mengambil screenshot atau ss di Windows 10 bisa dilakukan tanpa aplikasi atau menggunakan aplikasi. Keduanya bisa Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Windows 10 sudah menyediakan fitur bawaan untuk mengambil tangkapan layar tanpa menginstall aplikasi tambahan. Anda bisa gunakan tombol Print Screen (PrtScn) yang ada pada keyboard, menggunakan fitur Game Bar, atau menggunakan aplikasi Snipping Tool yang merupakan aplikasi bawaan.

Pada kesempatan kali ini Winpreso akan berikan tutorial beberapa cara untuk mengambil screenshot dengan cepat di PC dan laptop yang menggunakan Windows 10.

1. Menggunakan Snip & Sketch (Windows+Shift+S)

Cara pertama untuk mengambil screenshot di Windows 10 tanpa aplikasi adalah menggunakan fitur bernama Snip & Sketch. Fitur ini merupakan fitur terbaru yang hanya ada pada Windows 10 mulai dari versi 1607, kehadirannya dikabarkan akan menggantikan Snipping Tool.

Snip & Sketch memiliki editor sederhana yang bisa digunakan untuk mengedit gambar hasil tangkapan layar. Kita bisa menambahkan highlight, garis, dan tulisan tangan pada gambar sebelum menyimpannya ke komputer.

Berikut ini cara mengambil screenshot di Windows 10:

  1. Posisikan layar pada tampilan atau jendela yang ingin di ss
  2. Tekan tombol Windows+Shift+S pada keyboard
  3. Pilih mode tangkapan layar yang diinginkan
  4. Pilih area pada layar yang ingin discreenshot
  5. Klik pada notifikasi yang muncul di bagian kanan bawah layar
  6. Edit gambar sesuai keinginan
  7. Simpan file hasilnya ke komputer
gambar 1 cara screenshot di windows 10

Aplikasi Snip & Sketch ini memiliki empat mode capture yaitu,

Rectangular snip: mengambil screenshot dengan metode seleksi persegi

Freeform Snip: seleksi bebas, bisa memilih area mana saja sesuai dengan gerakan kursor

Windows Snip: untuk screenshot pada jendela aktif yang dipilih

Fullscreen Snip: menangkap layar secara full screen

2. Menggunakan tombol Print Screen (PrtScn)

Metode kedua untuk mengambil tangkapan layar di laptop dengan cepat adalah menggunakan tombol PrtScn yang ada pada keyboard. Ini merupakan cara paling tradisional yang bisa dilakukan hampir pada semua sistem operasi Windows, termasuk di Windows 10.

Berikut ini adalah cara mengambil screenshot menggunakan tombol PrtScn:

  1. Posisikan layar pada jendela yang ingin di ss
  2. Tekan tombol PrtScn pada keyboard untuk copy tangkapan layar ke clipboard
  3. Buka aplikasi foto editor, misalnya Paint
  4. Tekan tombol CTRL+V untuk paste ss yang tadi sudah diambil
  5. Edit screenshot sesuai keinginan

Tombol PrtScn juga bisa digunakan untuk menyimpan screenshot langsung menjadi file gambar, caranya:

  1. Posisikan layar pada jendela yang ingin di ss
  2. Tekan tombol Windows+PrtScn pada keyboard
  3. File hasil ss akan tersimpan di folder Pictures > Screenshots

Menggunakan tombol PrtScn memang terlihat sangat praktis karena kita tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan, namun cara ini memiliki beberapa kekurangan.

Pertama screenshot yang diambil adalah tampilan full screen dari layar, kita tidak bisa memilih jendela atau area tertentu. Kedua, tidak ada fitur untuk edit cepat seperti memberi lingkaran, tanda panah, dan border. Semua proses editing harus dilakukan pada aplikasi terpisah.

Untuk menyimpan ss dalam bentuk file gambar menggunakan tombol PrtScn juga tidak sama pada setiap laptop. Beberapa merek tertentu mungkin memiliki kombinasi tombol yang berbeda seperti Windows+CTRL+PrtScn atau Windows+Fn+PrtScn. Anda harus melihat panduan manual pada merek laptop yang digunakan.

2. Menggunakan Snipping Tool

Cara ketiga untuk mengambil screenshot di Windows 10 adalah menggunakan aplikasi yang bernama Snipping Tool. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan yang sudah sejak Windows Vista dan versi setelahnya termasuk Windows 7 dan Windows 8.

Snipping Tool bisa mengambil tangkapan layar secara full screen, pada jendela aplikasi aktif, maupun area tertentu yang diseleksi oleh pengguna. Hasil ss berupa file gambar bisa langsung diedit menggunakan editor yang masuk dalam paket aplikasi.

Berikut ini cara mengambil screenshot menggunakan aplikasi Snipping Tool di Windows 10:

  1. Posisikan layar pada tampilan yang ingin dicapture
  2. Buka aplikasi Snipping Tool dengan cara klik tombol Start > ketik snipping > pilih aplikasi Snipping Tool yang muncul pada menu Start.
  3. Pilih mode pengambilan screenshot
  4. Klik tombol New untuk mulai mengambil screenshot
  5. Hasil ss akan masuk ke editor
  6. Simpan file gambar di lokasi yang diinginkan
gambar 2 cara screenshot di windows 10

4. Menggunakan Game Bar (Windows+G)

Game Bar merupakan salah satu fitur dari aplikasi Xbox di Windows 10 yang berfungsi untuk record dan capture layar. Fitur ini juga bisa kita manfaatkan untuk mengambil screenshot dengan cepat pada jendela aplikasi aktif yang ada di layar.

Berikut ini caranya:

  1. Posisikan layar pada tampilan aplikasi yang ingin di ss
  2. Tekan tombol Windows+G pada keyboard
  3. Tekan tombol capture
  4. File hasil capture akan tersimpan pada folder C:\Users\Nama User Anda\Videos\Captures
gambar 3 cara screenshot di windows 10

Fitur screen capture pada Xbox Game Bar hanya bisa digunakan pada jendela aplikasi atau game yang sedang aktif. Kita tidak bisa menyeleksi area tertentu atau mengambil tangkapan layar full screen.

5. Menggunakan aplikasi screenshot

Cara yang terakhir untuk mengambil screenshot di Windows 10 adalah dengan menggunakan aplikasi. Ada banyak sekali pilihan aplikasi screenshot yang bisa Anda gunakan secara gratis. Salah satu yang kami rekomendasikan adalah Lightshot.

Lightshot merupakan salah satu aplikasi wajib di Windows 10 yang ringan sekali. Kita bisa mengambil tangkapan layar dan langsung mengeditnya disaat bersamaan, seperti memberi tanda lingkaran, persegi, tanda panah, dan menambahkan teks. Hasil capture bisa langsung diupload ke server atau disimpan pada komputer.

Berikut ini cara mengambil screenshot dengan Lightshot:

Pertama download dan install dulu aplikasinya melalui tautan berikut ini:

Download Lightshot

Setelah diinstall, Lighshot sudah bisa digunakan untuk mengambil screenshot.

Caranya dengan menekan tombol Printscreen (PrtScn) pada keyboard, lalu pilih area yang ingin di ss. Anda bisa mengedit screenshot dengan memberikan garis, teks, dan tanda panah. Untuk mengupload file ss klik tombol upload, untuk menyimpannya ke komputer tekan tombol save.

gambar 4 cara screenshot di windows 10

Untuk memudahkan pengambilan screenshot dengan aplikasi ini kita bisa mengganti kombinasi tombol hotkey (tombol keyboard yang ditekan untuk mengambil screenshot) sesuai keinginan.

Caranya pergi ke tray icon area > klik kanan pada icon Lightshot > pilih Options.

Klik pada tab Hotkeys > centang pada opsi General hotkey > ganti kombinasi tombolnya sesuai keinginan > klik OK.

gambar 5 cara screenshot di windows 10

Selanjutnya untuk mengambil screenshot Anda tinggal menekan tombol hotkey yang sudah diatur tadi.

Kelebihan menggunakan aplikasi ini adalah fungsinya yang cukup powerful dan saat berjalan juga tidak memakan banyak resource. Kita bisa membiarkannya tetap berjalan di background tanpa merasa ada gangguan sama sekali.

Dengan menggunakan Lightshot kita bisa capture area mana saja yang diinginkan pada layar. Fitur hotkey yang bisa dimodifikasi juga akan memudahkan kita untuk mengambil screenshot dengan cepat kapan saja dibutuhkan.

Leave a Comment